Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Asupan Makanan Terbaik untuk Melancarkan ASI

Semua ibu pasti setuju, bahwa menyusui adalah asupan makanan terbaik untuk tumbuh kembang bayi. Namun terkadang ada beberapa kendala yang dihadapi para ibu dalam proses menyusui ini.

Salah satu kendala yang sering dialami oleh ibu menyusui adalah suplai ASI yang rendah. 

Walaupun kendala suplai ASI yang benar-benar rendah ini jarang terjadi, namun sangat penting untuk diketahui ibu menyusui bahwa hal ini bukan terkait penyakit tertentu atau kelainan atau bahkan karena keturunan.

makanan pelancar asi

Namun terkait akan suatu kondisi yang terkadang dikaitkan dengan anatomi payudara dan kondisi kesehatan tertentu, yang tentunya dapat mempengaruhi kenaikan berat badan bayi.

Ada beberapa solusi alternatif yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengatasi masalah suplai ASI yang rendah tersebut.

Contohnya adalah dengan memilih makanan yang bermanfaat bagi kesehatan ibu yang juga akan secara positif dapat mempengaruhi dan melancarkan produksi ASI.

Asupan makanan untuk pelancar asi sangat penting bagi ibu yang sedang menyusui dan yang kurang banyak dalam memproduksi air susu.

Memberi ASI eksklusif adalah harapan setiap ibu, karena ASI akan sangat membantu tumbuh kembang optimal bayi.

Ibu menyusui perlu memastikan untuk mengasup makanan yang kaya akan nutrisi, serta dapat memperlancar produksi ASI.

Apalagi saat ini banyak sekali makanan-makanan pelancar ASI yang beredar di pasaran, baik dalam bentuk makanan segar atau suplemen, sehingga memudahkan para ibu menyusi dalam menentukan pilihan untuk asupan makanan pelancara ASI nya.

Ingatlah, bahwa apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda, juga memengaruhi apa yang Anda dapatkan darinya.

Apa pun yang Anda makan dapat mendukung atau menghambat aliran ASI Anda, yang juga mempengaruhi apa yang bayi Anda makan juga!

Untuk itu, kami dari awambicara lifestyle punya daftar makanan yang dapat melancarkan produksi ASI. Simak ulasan dari kami!

Makanan Terbaik Untuk Melancarkan Produksi ASI

1. Air

Mengapa Air? Pertama-tama, kami ingin Anda tetap terhidrasi dengan mendapatkan cukup asupan air.

Selanjutnya mengapa adalah karena air memang sudah seharusnya masuk dalam daftar makanan pelancar ASI ini.

Sebab tanpa H20 yang cukup, Anda tidak akan bisa menghasilkan suplai ASI yang cukup pula. Hal itu karena saat Anda menyusui, Anda benar-benar akan kehilangan banyak air dari diri Anda.

Anda mungkin sudah menyadarinya, bahwa Anda akan merasa sangat haus dalam beberapa menit setelah Anda menyusui atau memompa ASI.

Tingkatkan asupan air Anda, baik itu saat Anda hamil atau selama Anda menyusui.

2. Oatmeal

Oat adalah makanan gandum dengan profil nutrisi yang luas. Oatmeal juga bisa menjadi asupan makanan yang sehat atau menjadi suatu sarapan mewah untuk ibu menyusui.

Oatmeal selain dapat memperlancar ASI juga meningkatkan kadar hormon oksitosin. Oksitosin memicu ‘letdown reflex’, yaitu sensasi geli pada payudara yang membuat ASI mengalir keluar dari puting. Oleh karena itu, hormon oksitosin berperan penting dalam produksi ASI dan proses menyusui.

Oatmeal dapat Anda siapkan dengan berbagai makanan, seperti kue, roti, dan bubur.

Untuk melancarkan ASI, mulailah hari Anda dengan semangkuk oatmeal. Oatmeal adalah makanan cepat dan mudah yang penuh akan nutrisi, serat, dan energi. 

Selain itu, oatmeal juga akan membantu menurunkan kadar kolesterol Anda! 

3. Nanas

Nanas dalam bentuk buah atau jus akan sangat membantu Anda dalam melancarkan produksi ASI, yang juga kaya akan vitamin C.

Mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kekuatan tulang, serta melindungi mata Anda. 

4. Bawang putih

Ibu menyusui, kini saatnya Anda membumbui hal-hal di dapur Anda untuk melancarkan persediaan ASI Anda.

Tambahkan beberapa bawang putih ke dalam resep makanan favorit Anda, karena selain dapat memperlancar ASI, bawang putih juga kaya akan vitamin, nutrisi, dan asam amino untuk membuat bayi Anda bahagia dan sehat.

Bawang putih juga meningkatkan kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, memiliki sifat antijamur dan banyak lagi. 

Ditambah lagi bayi akan menyukai rasa dari ASI Anda. Tidak perlu menambahkannya dalam jumlah yang banyak, cukup tambahkan sedikit kedalam resep seafood, atau sayuran Anda untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Kacang

Ambil segenggam kacang untuk camilan Anda saat Anda menikmati serial drama Korea favorit Anda. 

Almond, walnut, kacang tanah, dan banyak lagi. Ambil Apa yang menjajdi kesukaan Anda. Sebab semua kacang termasuk dalam daftar makanan untuk meningkatkan ASI dan membuat camilan cepat dan nyaman.

Kacang-kacangan banyak mengandung lemak baik dan antioksidan. Kacang-kacangan juga bergizi dan penuh energi. 

Pastikan untuk memilih kacang yang tidak terlalu banyak diminyaki atau terlalu asin. 

6. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan yang dapat melancarkan ASI Anda. Tidak peduli bagaimana Anda menyiapkannya, ubi jalar penuh dengan potasium dan karbohidrat berenergi tinggi untuk membantu Anda tetap berenergi saat merawat si kecil.

Selain itu, ubi jalar juga kaya akan Vitamin C, Vitamin B, magnesium, dan banyak lagi. Mereka menyediakan banyak nutrisi untuk Anda dan bayi Anda.

7. Wortel

Wortel adalah sayuran akar yang kaya serat dan dapat menambah nutrisi penting untuk diet menyusui Anda.

Anda bisa makan wortel mentah dengan kulitnya dalam salad dan sandwich atau memasaknya dengan jenis makanan yang lain.

Mengonsumsi wortel secara teratur akan memberikan Anda nutrisi dan juga dapat melancarkan ASI Anda. 

8. Daun Kelor

Daun kelor kaya akan zat gizi mikro, seperti kalsium dan zat besi. Ibu menyusui membutuhkan nutrisi ini untuk pemulihan dan kesehatan pascapersalinan.

Selain itu, daun kelor juga dapat meningkatkan dan melancarkan suplai ASI dengan merangsang kelenjar susu.

Anda dapat memasukkan daun kelor ke dalam diet laktasi Anda dengan menambahkannya ke dalam sup, semur, dan kari pilihan Anda.

9. Kunyit

Kunyit biasanya digunakan dalam kuliner dan pengobatan alternatif atau tradisional.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kunyit, bersama dengan fenugreek dan jahe, dapat meningkatkan volume ASI. 

Jadi, tambahkan kunyit sebagai bumbu dalam resep makanan, untuk melancarkan ASI Anda.

10. Pepaya

Selama kehamilan, pepaya tidak dianjurkan, akan tetapi selama menyusui pepaya sangat dianjurkan, karena potensi efek laktogeniknya.

Penelitian menunjukkan bahwa jus pepaya dan daun pepaya dapat meningkatkan produksi ASI. Jadi, Anda bisa mengonsumsi buah pepaya sebagai camilan atau menambahkannya ke makanan lain, seperti bubur misalnya.

Makanan untuk melancarkan ASI sangat mudah untuk ditemukan. Namun, tetaplah berpegang pada dasarnya, yakni dengan buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak untuk banyak vitamin dan nutrisi.

Hanya saja, jangan lupa untuk tetap terhidrasi dan tidak apa-apa untuk sedikit memanjakan diri dengan suguhan favorit Anda sesekali.


TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "10 Asupan Makanan Terbaik untuk Melancarkan ASI"