Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Agar Mobil Tidak Mudah Rusak, Berikut Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Tiba!

Musim hujan tiba. Sudah saatnya melakukan antisipasi dini untuk mengurangi risiko kerusakan pada mobil kesayangan Anda.

Ketahuilah, beberapa tips dibawah ini akan sangat membantu untuk menjaga kondisi mobil Anda walaupun sering Anda gunakan dikala hujan, dan hampir setiap hari selalu basah.

merawat mobil dikala hujan

Saat musim hujan tiba, sudah saat bagi pemilik mobil untuk mulai waspada dan mengetahui tips merawat mobil kesayangan dikala hujan agar tidak mudah rusak.

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Tiba!

Sehingga kondisi mobil kesayangan Anda bisa tetap terlihat menawan dan minim kerusakan akibat air hujan. 

Semua jenis kendaraan baik itu mobil maupun motor, rentan terhadap paparan air hujan. Sebab air hujan bersifat asam yang jika tercampur dengan debu, pasir ataupun limbah berbahaya lainnya dari jalanan dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan jika tidak langsung dibersihkan. 

Untuk menjaga kondisi mobil tetap dalam kondisi prima, kinclong dan tidak mudah rusak dikala hujan, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, berikut ulasan lengkapnya!

1. Segera Keringkan mobil

Saat mobil digunakan dikala hujan, yang pertama kali Anda lakukan untuk menjaga kondisi mobil Anda adalah dengan langsung mengeringkan seluruh bagian body mobil Anda setelah terkena air hujan.

Jadi, pastikan, tidak ada air hujan ataupun rembesannya yang mengering dengan sendirinya di bagian mobil. 

Karena air hujan bersifat asam, cat mobil Anda akan mudah rusak jika tidak segera dikeringkan.

Selain itu, jika air hujan dibody mobil Anda dibiarkan mengering dengan sendirinya dapat memberikan efek jangka panjang, sepertinjamur hingga karat pada lapisan pelindung body mobil. 

Untuk itu, ada baiknya mobil Anda segera dicuci dengan sabun khusus sampai benar-benar bersih. Dengan begitu, kandungan asam dan garam pada air hujan tidak akan menimbulkan masalah serius pada cat mobil Anda. 

2. Selalu bersihkan kaca depan mobil

Selanjutnya yang Anda lakukan untuk menjaga kondisi mobil agar tidak mudah rusak dikala musim hujan tiba adalah dengan memperhatikan kebersihan kaca depan mobil agar selalu jernih.

Selain itu tips yang satu ini juga adalah demi keselamatan Anda sendiri dalam berkendara. Caranya cukup mudah, yakni cukup dengan mengelap kaca tersebut secara rutin sesaat setelah digunakan atau ketika terkena air hujan. 

Selain itu, jagan lupa untuk selalu menyalakan AC mobil dengan suhu yang tidak terlalu dingin saat berkendara di tengah derasnya air hujan.

Karena hal ini bisa sangat membantu menjernihkan tampilan kaca mobil dari embun yang menempel, dan membuat jarak pandang Anda dalam berkendara tetap jelas. 

3. Memeriksa komponen mesin secara seksama

Komponen mesin menjadi salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan disaat musim hujan. Sebab air hujan cenderung lebih mudah masuk ke dalam komponen mesin karena saking banyaknya celah. 

Oleh sebab itu, periksa setiap bagian mesin dan pastikan tidak ada satupun komponen yang terganggu karena air hujan. 

4. Memastikan kondisi rem dan ban  

Memastikan kondisi rem dan ban merupakan salah satu hal yang sangat penting. Sebisa mungkin kondisi ban dan rem selalu Anda perhatikan setiap saat.

Apalagi disaat musim hujan, dimana kondisi jalan bisa jauh lebih licin dari biasanya, sehingga jika kondisi ban bagus, ban cenderung mencengkeram lebih kuat.

5. Memastikan kondisi karet wiper

Tips berikut ini terkait keamanan, keselamatan dan kenyamanan Anda dalam berkendara dikala hujan. 

Selalu periksa kondisi wiper mobil Anda, terutama pada bagian karetnya. Sebab wiper berfungsi sebagai alat pembersih kaca depan dari debu ataupun percikan air hujan. 

Jika kondisi wiper tidak baik, sudah dapat dipastikan akan menggangu pandangan Anda dalam berkendara.

Cara paling mudah untuk memastikan kondisi wiper adalah dengan mengganti karetnya setiap 6 hingga 12 bulan sekali. 

Atau Anda bisa menggunakan produk rain repellent supaya kondisi karet wiper tersebut tetap terjaga dan awet. 

6. Periksa fungsi defogger dan AC secara rutin

Salah satu poin yang tak boleh ketinggalan dalam menjaga kondisi mobil dikala musim hujan adalah memeriksa defogger dan AC.

Sebab kedua komponen ini mampu menjaga suhu di dalam mobil jadi lebih dingin dibandingkan luar kendaraan. 

Sehingga efek pengembunan yang terjadi pada kaca dikala hujan bisa tereduksi.

Jika defogger dan AC ini dalam kondisi kurang baik, maka pandangan pengemudi saat menerjang derasnya hujan bisa terganggu akibat kaca yang tertutup embun. 

7. Jaga jarak dan kecepatan saat berkendara

Tips selanjutnya dalam menjaga kondisi mobil agar tidak mudah rusak dikala hujan adalah terkait dengan cara berkendara.

Menyetir mobil dengan tetap memastikan jarak aman sekaligus mengurangi kecepatan mobil demi menghindari potensi bahaya di jalan saat berkendara dikala hujan.

Genangan air hujan yang diterjang dengan kecepatan tinggi, dapat memicu terjadinya aquaplaning, yakni kondisi dimana roda tidak mencengkeram permukaan jalan. Sehingga roda tidak mendapat traksi sesuai kebutuhan dan menyebabkan mobil tergelincir di jalanan yang licin. 

8. Servis mobil secara berkala dibengkel resmi

Tips terakhir untuk untuk merawat dan menjaga mobil saat musim hujan adalah dengan rutin melakukan servis secara berkala pada bengkel resmi yang ditunjuk. 

Pada dasarnya, mobil memang telah dirancang sedemikian rupa agar tetap kedap air. Bahkan, tidak hanya itu, cover mesin mobil telah dilindungi dengan sealant. 

Walaupun begitu, tentu menjaga lebih baik dari pada memperbaiki. Untuk itu tidak salahnya jika Anda tetap melakukan servis secara berkala atau mungkin sekadar mengganti oli jika sering melewati genangan air atau banjir.

Tindakan menjaga-jaga ini akan sangat membantu Anda dalam meminimalisir risiko terjadinya rembesan air pada area mesin yang sangat berbahaya untuk mobil Anda.

Itulah tadi 8 tips dasar menjaga dan merawat mobil agar tidak mudah rusak dikala musim hujan tiba, yang bisa Anda terapkan pada mobil Anda. Semoga bermanfaat!


TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Agar Mobil Tidak Mudah Rusak, Berikut Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Tiba!"