11 Tips dalam Menghadapi Soal-soal Tes Seleksi Penerimaan Calon PNS

11 Tips dalam Menghadapi Soal-soal Tes Seleksi Penerimaan Calon PNS

Strategi paling jitu menghadapi tes ujian penerimaan CPNS dan LULUS MURNI sebagai PNS adalah RAJIN BELAJAR, TEKUN, FOKUS dan sering MENGULANG SOAL.


11 Tips dalam Menghadapi Soal-soal Tes Seleksi Penerimaan Calon PNS



Persiapkan diri anda, waktu anda dan mental anda untuk TEKUN BELAJAR, FOKUS dalam mengerjakan contoh-contoh soal, begitu juga dalam mengerjakan contoh soal yang sudah kami berikan ini. 
11 Tips dalam Menghadapi Soal-soal Tes CPNS 2018

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, sering MENGULANG SOAL, agar anda terbiasa dalam mengerjakan soal, dan bisa cepat dalam menyelesiakan setiap soalnya.


Berikut beberapa Tips untuk anda dalam menghadapi soal-soal tes CPNS 2018

1. Satu bulan sebelumnya berlatihlah soal-soal CPNS sebanyak mungkin. Dan patuhilah batasan waktu dalam mengerjakan setiap soal-soal CPNS yang ada. 

Ini penting untuk membiasakan diri anda bekerja cepat menyelesaikan soal-soal tersebut. Jika anda tidak mematuhi batasan waktu tersebut, anda akan terbiasa mengerjakannya dengan santai dan dalam waktu yang lama. 

Jika ini terjadi, maka ketika anda mengerjakan soal soal CPNS yang sebenarnya, maka anda akan mengalami kesulitan pengaturan waktu. Latihan soal-soal CPNS sebanyak-banyaknya akan membuat anda akrab dengan berbagai jenis dan model soal. 

Analisa anda dalam mengerjakan soalsoal tersebut juga akan meningkat seiring dengan banyaknya latihan yang anda kerjakan.  

2. Dalam Tes Inteligensia Umum (TIU), tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus matematika tertentu yang rumit. 

Oleh sebab itu, tak perlu anda menghafal berbagai macam rumus-rumus matematika yang rumit untuk menghadapi Tes Inteligensia Umum (TIU), karena akan membebani anda saja. 

Yang diperlukan adalah logika berpikir terstruktur

Dengan banyak latihan soal, logika berpikir anda akan terbantu untuk semakin terstruktur sehingga memudahkan anda mengerjakan soal-soal serupa dengan cepat dan benar.  

3. Saat anda mengerjakan soal-soal CPNS, kondisikan diri anda dalam keadaan yang konsentrasi tapi rileks. Tidak tegang. Tidak panik.  

4. Sebelum mulai mengerjakan, lihatlah jumlah soal dan jumlah waktu yang diberikan. Lalu hitunglah berapa alokasi waktu persoal. 

Misalkan persoal, anda punya waktu 30 detik, maka kerjakanlah masing-masing soal maksimal dalam waktu 25 detik saja. Sisa 5 detik ini penting untuk mengerjakan soal-soal yang terlewati atau masih ragu-ragu dalam jawaban. 

Jika dalam waktu 25 detik, anda tidak mampu menemukan jawabannya, lewati saja. Pokoknya lewati saja.  

5. Selain mematuhi alokasi waktu per soal, upayakan pula menabung waktu. Jika dalam mengerjakan satu soal anda hanya membutuhkan 23 detik, maka anda dapat menabung 7 detik. 

Ini sangat penting artinya di saat-saat akhir. Karena anda akan sangat memerlukan waktu untuk mengulangi soal yang terlewati, soal yang masih ragu-ragu jawabannya, dan meneliti ulang lembar jawaban apakah arsiran pensilnya sudah hitam sempurna.    

6. Jika anda menemukan soal (terutama soal dari tes angka) yang bentuknya belum pernah anda temukan sebelumnya dan anda tidak tahu bagaimana mengerjakan soal tersebut, maka jangan ambil pusing. Ya, jangan ambil pusing. Lewati dulu. Berpusing-pusing ria terhadap soal tertentu yang anda belum tahu bentuknya dan bagaimana mengerjakannya, akan menguras energi otak dan menguras stamina berfikir anda.  

7. Jangan sekali-kali merasa penasaran dengan soal tertentu. Soal manapun saja. Disiplinlah dengan alokasi waktu per soal. Ikuti aturan GBYL. Gak Bisa ? Ya Lewati. Rasa penasaran terhadap soal tertentu ini sangat merugikan. Rasa penasaran ini dapat ”mengusik” konsentrasi anda dalam mengerjakan soal-soal berikutnya.  

8. Jangan pilih kasih terhadap soal tertentu. Semua soal adalah sama bobot nilainya. Oleh karena itu, setiap soal mendapatkan alokasi jatah waktu yang sama.  

9. Berdasarkan penelitian ilmiah, kondisi psikis, mental dan kinerja otak memiliki hubungan erat. Jika kondisi psikis tenang, maka otak anda berada pada gelombang tertentu yang sangat kondusif untuk berpikir secara optimal. 

Oleh sebab itu, sebelum melaksanakan tes CPNS, bagi anda yang muslim, sempatkanlah pergi ke mushola atau ruangan untuk sholat, untuk melaksanakan sholat hajat (sholat dalam rangka bermohon sesuatu). 

Bermohonlah kepada Allah agar anda dapat melaksanakan tes CPNS ini dengan baik dan melampaui skor minimum yang diharapkan. 

Anda dapat pula mencontoh doa Nabi Musa ketika yang bermohon agar dipermudah urusannya, yaitu : (Ya Allah) Yassirlii Amrii...” Yang artinya Ya Allah, mudahkanlah urusanku

Dengan melaksanakan sholat hajat sebelum tes dan do’a tersebut, Insya Allah anda akan merasakan kondisi psikis dan mental yang lebih baik. Lebih tenang. Sehingga otak anda berada pada kondisi optimal untuk berpikir. 

10. Berdoalah sebelum mengerjakan tes. Dan bertawakkal terhadap hasil yang diterima. 

11. Jika belum berhasil melampaui skor minimum seperti yang diharapkan, evaluasilah kelemahan anda. 

Apakah berada pada Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Inteligensia Umum (TIU), ataukah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Lalu perbaikilah. 

Tambahlah porsi latihan soal khususnya pada kelemahan anda tersebut. Ada sebagian orang yang bagus dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), tapi kurang bagus dalam Tes Inteligensia Umum (TIU). 

Ada pula yang Tes Inteligensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) nya bagus, tapi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) kurang bagus. 

Semua itu dapat diperbaiki melalui latihan, latihan dan latihan. 

Demikianlah 11 Tips dalam menghadapi soal-soal Tes CPNS 2018 dari saya. Semoga apa yang telah disajikan dalam Bab Pembelajaran Soal CPNS 2018 ini bermanfaat untuk anda dan mengantarkan anda LULUS dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Untuk Kumpulan Contoh Soal CPNS 2018, dapat anda lihat di Bab Belajar CPNS : Bimbingan Belajar dalam Memahami dan Menghadapi Ujian Seleksi CPNS.

Sedangkan untuk tips dan trik nya dapat anda lihat di Bab 2 Kunci Jawaban Soal dalam Bab Belajar CPNS : Bimbingan Belajar dalam Memahami dan Menghadapi Ujian Seleksi CPNS Soal CPNS 2018 tadi.

Selanjutnya saya sangat berharap atas feedback dari anda, baik melalui kolom komentar ataupun melalui contact us di situs ini.

Serta tidak lupa saya harapkan dari anda untuk membagi ulang artikel ini melalui media sosial atau kepada teman dan saudara-saudara anda.

Yakinlah dengan berbagai tidak akan mengurangi kesempatan anda untuk diterima sebagai PNS, bahkan mungkin memuluskan anda untuk LULUS sebagai PNS...AMIINN....

Baca juga : 
5 Kesalahan Paling Umum Penyebab Gagal Lulus Tes Seleksi Penerimaan CPNS

Tips Super Lulus Tes CPNS 2018, Contoh Soal, Kunci Jawaban, Trik Beserta Pembahasan nya

Saya juga berharap agar dapat memperbaiki diri dalam penyajian artikel ini.

Terimakasih!!

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar