Belajar dan Mahir berbahasa Inggris serta Menaklukkan Tes TOEFL Sendiri


TOEFL (Test of English as a Foreign Language Paper Based Test) adalah suatu tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris.

TOEFL Practice Test


Test TOEFL sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yakni Paper Based Test (PBT), Computer Based Test (CBT) dan yang ketiga Internet Based Test (IBT).

Toefl Paper Based Test (PBT) adalah metode tes yang sudah lama dilakukan, dan meskipun metode tes TOEFL ini terbilang sudah ketinggalan jaman, namun masih banyak dipakai oleh kursus-kursus atau kampus-kampus yang menyelenggarakannya.

Metode tes TOEFL Internet Based Test (IBT) biasanya dipakai untuk bisa melanjutkan studi/ pendidikan ke Amerika Serikat (US).


Sedangkan untuk metode tes TOEFL Computer Based Test (CBT) sudah jarang dilaksanakan atau diselenggarakan di Indonesia.

Bagi anda yang sedang mempersiapkan diri untuk tes TOEFL, atau untuk anda yang ingin belajar dan melatih kemampuan berbahasa Inggris anda, sepertinya halnya saya, bukan untuk mempersiapkan tes atau ingin melanjutkan study ke luar negeri, saya ingin berbagi beberapa tips dan contoh soal tes TOEFL sebagai bahan untuk saya sendiri dan semoga bermanfaat bagi anda pembaca blog awam bicara ini.

Untuk anda yang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL, anda dapat mengikuti kursus atau bimbingan belajar, namun anda juga dapat belajar dan melakukan tes toefl sendiri.

Belajar dan melakukan tes TOEFL sendiri akan dapat lebih menghemat biaya dan lebih bersahabat dengan waktu dan kesibukan Anda.

Jika anda ingin belajar sendiri dan melakukan tes toefl sendiri, Anda harus memiliki bahan uji yang tepat untuk persiapan.

Selain itu, Anda juga harus melengkapi dengan berbagai sumber daya contoh soal dan contoh tes TOEFL secara online yang dirasa cukup untuk studi komprehensif.

Oleh karena itu, penting bagi Anda mencari dan men-download materi uji yang tepat untuk persiapan belajar yang memadai, dan disini saya mempersiapkan bahan yang sebenarnya untuk saya sendiri, namun demikian agar lebih mudah saya akses dan agar dapat berbagi untuk orang banyak, maka saya buat artikel khusus Belajar dan Mahir berbahasa Inggris serta Menaklukkan Tes TOEFL Sendiri.

Buat anda yang sedang menghadapi tes toefl, berikut beberapa tips yang dapat saya kumpulkan dari pembelajaran saya sendiri di internet, yaitu :

Tips Umum Sebelum Mengikuti Tes TOEFL
1.  Sebelum anda mengikuti tes TOEFL, sangatlah penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan tentang bahasa Inggris. Semakin tinggi tingkat penguasaan bahasa Inggris Anda, maka akan semakin besar pula kesempatan anda mendapatkan level yang tinggi.

2. Manfaatkan waktu yang anda miliki dalam persiapan anda untuk tes TOEFL.

3. Belajarlah secara teratur jika bisa setiap hari. Jangan anda gunakan lagi kebiasaan-kebiasaan lama anda saat anda masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, untuk mempelajari segala sesuatu tepat sebelum H ujian. Hal ini sangat tidak efektif.

4. Selami bahasa Inggris lebih dalam lagi. Cobalah untuk menonton TV yang berbahasa Inggris, film, mendengar radio bahasa Inggris, membaca buku atau majalah berbahasa Inggris. Ini penting, dalam meningkatkan pemahaman membaca dan mendengarkan.

5. Berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris sebanyak yang Anda bisa. Bisa juga Anda lakukan dengan berbicara kepada diri sendiri di depan cermin. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kefasihan Anda.

6. Meningkatkan pembendaharaan kosakata (vocabulary). Anda akan membutuhkannya pada setiap tahap tes TOEFL. Secara sistematis dan teratur akan menambahkan kata-kata baru ke dalam daftar kata bahasa inggris Anda. Cobalah untuk mengingatnya, dan yang lebih penting, gunakan ketika anda berbicara atau menulis.

7. Cari dan identifikasi kekurangan Anda dan cobalah untuk memperbaikinya. Contoh, jika Anda merasa lemah dalam menulis, maka mulailah menulis dalam bahasa inggris lebih dari yang Anda lakukan dari pada sebelumnya.

8. Atur waktu belajar Anda, sedapat mungkinkurangi waktu untuk tugas-tugas yang kurang penting dan manfaatkan waktu yang anda miliki semaksimal mungkin untuk lebih fokus dalam materi TOEFL.

9. Fokus dalam mendengarkan dan membaca petunjuk yang diberikan pada masing-masing komponen TOEFL dengan seksama dan hati-hati.

10. Catat perkembangan belajar Anda.

11. Tes TOEFL bisa dikatakan sangat sulit sekali, biasanya banyak sekali soal-soal yang mengecoh dan juga waktu yang tersedia sangat pendek. Biasanya dalam waktu 130 menit anda harus mengerjakan 140 soal dan harus menyelesaikan tugas esai 300 kata dalam waktu hanya 30 menit.

12. Untuk ujian listening, anda harus fokus dan konsentrasi tinggi karena biasanya percakapannya sangat cepat, kadang sering tidak jelas, dan hanya diputar satu kali saja.

13. Tentukan tujuan anda dan pastikan bahwa Anda memiliki target kesuksesan.

14. Perhatikan baik-baik prosedur pelaksanaan tes. Pastikan Anda cukup memahami apa yang harus dilakukan setiap bagian (section).

15. Ajaklah teman atau buatlah sebuah tim. Anda dapat mengajak pasangan (suami/ istri) anda dalam melatih kemampuan berbahasa inggris anda.

16. Carilah bantuan atau arahan dari para guru, teman, dan native speakers.

17. Jangan menyia-nyiakan kesempatan. Berusahalah untuk mencari tahu kapan dan dimana tes akan berlansung.

18. Pastikan semua yang Anda butuhkan dalam tes sudah Anda persiapkan dan tidak ada yang terlewatkan, contoh : formulir pendaftaran, kartu identitas, nomor tes, pena, pensil, dan penghapus. Cek artikel-artikel apa saja yang Anda perlakukan berkaitan dengan tes.

19. Istirahatlah secukupnya, usahakan untuk sarapan dipagi hari sebelum anda melaksanakan tes, tapi jangan makan makanan yang berlebihan yang akan mengganggu aktivitas pagi anda. Misalnya terlalu pedas atau asam.

20. Gunakan media belajar yang tepat, salah satunya dengan mencari artikel tes toefl di internet atau dengan memanfaatkan Software/ Aplikasi belajar dan simulasi Tes Toefl.


21. Kunci utamanya adalah PRAKTIK, PRAKTIK, dan PRAKTIK. Semakin banyak Anda berlatih, maka akan semakin baik. 

Tips diatas dapat Anda gunakan untuk mendapatkan nilai toefl yang Anda inginkan. 21 Tips tersebut saya dapat dari berbagai sumber sebagai bahan pembelajaran Toefl untuk diri sendiri, dan juga untuk anda pembaca awam bicara id.

Berikut daftar isi Pembelajaran Toefl Sendiri :

Answer Key - TOEFL Practice Test
Loading...