Cara Menghapus Trafik Spam Keyword Amazon di Laporan Google Analytics

Ini adalah pengalaman pribadi saya.

Bagaimana saya mengetahuinya dan mengatasinya, akan saya jelaskan.

Untuk mengetahui apakah trafik yang dihasilkan dari laporan google analytics (GA) itu valid atau tidak, anda harus sering melihat dan memahami laporan-laporan yang ada di dalam google analytics (GA).

Saya mengetahui didalam laporan google analytics (GA) saya ada trafik spam pertama kali karena saya curiga akan satu kata kunci (keyword) yang ada di laporan trafik google analytics (GA).

Keyword tersebut adalah "Amazon".
Cara Menghapus Trafik Spam Amazon Keyword di Laporan Google Analytics

Sekilas, memang tampak alami trafik dengan kata kunci amazon tersebut, namun jika kita lihat lebih jeli, keyword amazon merupakan keyword yang mempunyai persaingan sangat tinggi.
5 Cara Mengamankan Blog dari Kejahatan Cyber dan Hacker
Bahkan teramat sangat tinggi, untuk sekelas blog awambicara ini tidak akan mampu bersaing dengan keyword tersebut. Dengan kata lain, berarti ada yang tidak wajar dengan trafik blog saya.

Perusahaan sebesar amazon, membayar jutaan dolar kepada google untuk terus menguasai keyword tersebut, beserta dengan keyword-keyword turunannya. 

Jadi sangat mustahil ada user yang menuju blog awambicara ini dengan kata kunci di search engine menggunakan keyword "amazon".

Jika Anda mulai melihat kata kunci amazon di Google Analytics (GA) tanpa alasan yang jelas, itu spam. 

Dari sini saya mencoba mencari tahu apa yang terjadi sebenarnya?

Saya sudah mencoba untuk bertanya digrup-grup blogger baik itu di Google+ maupun di Facebook. Namun, saya tidak pernah mendapatkan jawaban, dengan kata lain tidak ada yang mau menjawabnya. Entah mereka tidak mau atau memang karena mereka tidak ingin, entahlah..who knows?

Saya mendapatkan jawaban atas masalah trafik spam ini dari blog bule, setelah mencari-cari di google search engine, carloseo.com.

Spam di Google Analytics (GA) telah menjadi masalah serius. Karena banyaknya spam rujukan dari tombol sosial, situs dewasa, dan banyak sumber lainnya.

Spam organik ini aneh memang, secara sekilas itu merupakan hasil pencarian organik dari search engine, apa maksud dan keuntungan yang didapat dari spammer dengan secara acak menampilkan kata kunci/ keyword "amazon" dilaporan google analytics kita tidak ada yang tahu. Mungkin ini merupakan suatu kampanye negatif dari spammer.

Mengapa mereka melakukannya bukanlah pertanyaannya, namun yang penting adalah hasil laporan ini mengacaukan data Analytics kita. 

GA merupakan tool penting yang harus anda kuasai, jika anda mempunyai keinginan untuk mengembangkan blog/ situs anda menjadi lebih baik dan lebih besar lagi.

Karena melalui GA kita dapat mengambil suatu keputusan yang tepat, agar trafik blog/ web kita terus beranjak naik. 

Namun, jika trafik yang dihasilkan dilaporan Google Analytics (GA) tersebut ternyata trafik sampah (spam), maka tentu saja keputusan yang kita buat akan berdampak buruk terhadap trafik blog/ website kita.

Untuk membuat suatu keputusan yang tepat dimasa yang akan datang, trafik yang baik dan akurat merupakan suatu keharusan, dan yang harus anda lakukan adalah:

A. Anda harus sering melihat dan mempelajari semua sumber trafik yang dihasilkan dari laporan google analytics (GA).

B. Dalam hal jika anda menemukan trafik yang mencurigakan, seperti yang saya alami yakni trafik keyword "amazon", anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Jika kita gali lebih dalam maka kata kunci ini berasal dari "Domain Jaringan" / "Network Domain": paloaltonetworks.com.
Cara Menghapus Trafik Spam Amazon Keyword di Laporan Google Analytics

Mengingat bahwa tidak ada satupun trafik yang berasal dari paloaltonetworks, di laporan google analytics yang telah saya analisa, maka kita harus mem filter Network Domain/ Domain Jaringan dari paloaltornetworks.com tersebut.

Langkah-langkah mem-filter nya yakni :

1. Buka Bagian "Admin" dari Google Analytics Anda.

2. Menuju ke Kolom "View" atau "Tampilan", pilih "Filter" lalu "+ADD FILTER" atau "+TAMBAH FILTER"
Cara Menghapus Trafik Spam Amazon Keyword di Laporan Google Analytics

3. Masukkan "Exclude ISP Spam" sebagai "Name" atau "Nama Filter"

4. Konfigurasi Filter sebagai berikut :
  • Jenis Filter/ Filter Type     : "Khusus > Kecualikan" atau "Custom > Exclude"  
  • Bidang Filter/ Filter Field  : "Domain ISP" atau "ISP Domain"
  • Pola Filter/ Filter Pattern  : "paloaltonetworks"

Cara Menghapus Trafik Spam Amazon Keyword di Laporan Google Analytics

5. Save.

Filter di atas akan mencegah klik organik spam di masa depan dari spammer ini, namun tidak akan berpengaruh pada data yang sudah ada sebelumnya. 

Jika kita ingin membersihkan data historis, maka harus menggunakan segmen lanjutan.
Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine
Ada banyak jenis trafik spam selain trafik organik keyword spam "amazon" diatas. 

Trafik organik keyword spam "amazon" diatas merupakan salah satu dari yang biasa disebut oleh pakar-pakar webmaster dengan istilah "Ghost Spam", yang antara lain adalah: Refferal, Keyword Spam, Page. 

Selain itu ada juga yang disebut dengan "Crawler Spam", Fake Languages dan jenis trafik Spam lainnya. 
Loading...

No comments:

Post a Comment