Bocoran Formasi dan Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2018
Bocoran Formasi dan Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2018

Bocoran Formasi dan Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2018

Walaupun moratorium Penerimaan CPNS yang dicanangkan pada tahun 2014 lalu belum dicabut, namun pemerintah rencananya tetap akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2018 nanti. 

Hal ini dikarenakan pada tahun ini, berdasarkan data peta Pegawai Negeri Sipil baik tingkat pusat maupun daerah akan ada sekitar 250 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan memasuki usia purna bakti (Pensiun). 
Bocoran Formasi dan Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2018

Dan karena pemerintah belum mencabut Moratorium Penerimaan CPNS maka penerimaan CPNS tahun 2018 nanti tidak akan melebihi jumlah pegawai yang pensiun, dengan artian menganut sistem zero growth.

Yang mana sampai tahun 2017 ini pelaksanaan Moratorium Penerimaan CPNS baru berlangsung 2 tahun dari rencana sebelumnya yakni selama 5 tahun mulai dari 2015 sampai dengan 2020 mendatang.

Karena itu, untuk anda yang belum beruntung pada penerimaan CPNS tahun 2017 yang lalu, tahun 2018 nanti, yang sebentar lagi akan kita masuki, adalah satu kesempatan lain yang benar-benar harus anda manfaatkan jika anda masih berharap dan berniat untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil.


Pada Penerimaan CPNS 2018 nanti, rencananya pemerintah akan membuka formasi sekitar 38 ribu untuk Instansi Pusat, dan sisanya untuk formasi Penerimaan CPNS untuk pemerintah daerah (CPNSD).

Yakni sekitar 212 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tingkat Daerah, baik Propinsi maupun Kabupaten/ Kota.

Yang pasti penerimaan CPNS 2018 nanti tidak akan melebihi kuota dari jumlah pegawai yang pensiun, jadi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 nanti, hanya untuk menggantikan Pegawai Negeri Sipil yang pensiun.

Namun walaupun begitu, berdasarkan keterangan dari Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, mengkhususkan formasi untuk jabatan-jabatan tertentu, yakni:

Formasi Penerimaan CPNS 2018, dikhususkan atau ditentukan untuk:

  1. Posisi yang memang sesuai dengan rencana strategis dari masing-masing instansi, baik pusat maupun daerah.
  2. Diprioritaskan lebih banyak untuk jabatan teknis yang memiliki kemampuan khusus.
  3. Jabatan Administrasi Umum ditiadakan.

Saat ini, untuk jabatan teknis yang memiliki kemampuan khusus, lebih didominasi oleh jabatan fungsional/ teknis yang berorientasi pada pertanian, perkebunan dan administrasi.

Sedangkan untuk jabatan fungsional/ teknis khusus pertambangan dan geologi masih sangat minim sekali, dibawah satu persen dari jumlah pegawai negeri sipil jabatan teknis khusus yang ada.

Jadi kemungkinan besar pemerintah dalam penerimaan CPNS 2018 nanti akan lebih memprioritaskan formasi untuk jabatan teknis dari disiplin ilmu pertambangan dan geologi. 

Karena itu, jika anda merupakan lulusan dari disiplin ilmu pertambangan dan geologi, maka bersiap-siaplah dikarenakan kemungkinan besar formasi untuk jabatan teknis khusus pertambangan dan geologi akan mempunyai banyak lowongan dan jumlah formasi yang tersedia. 

Kapan pastinya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil pada Tahun 2018 nanti, pemerintah sampai saat ini belum memberikan waktu yang pasti kapan akan dibukanya lowongan penerimaan CPNS 2018. 

Namun demikian, pemerintah telah memastikan bahwa penerimaan CPNS akan tetap dilaksanakan di tahun 2018 nanti yang mana usulan formasi dan posisi jabatan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dilakukan dengan sistem e-formasi.


Rencananya di bulan Februari-Maret 2018 nanti Pemerintah melalui Kementrian PAN-RB akan melakukan validasi dengan sistem e-formasi atas usulan jumlah formasi dan jabatan yang dibutuhkan oleh masing-masing instansi, baik Instansi Pusat maupun Instansi Daerah.

Yang mana dengan sistem e-formasi tersebut maka akan mempersingkat waktu validasinya sehingga kemungkinan untuk segera dilaksanakannya penerimaan cpns 2018 nanti tidak akan memakan waktu yang lama.

Dan anda pun tidak harus menunggu lama untuk mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil 2018 (Seleksi Penerimaan CPNS 2018) nanti. 

Formasi dan posisi jabatan yang yang akan disetujui oleh Kementerian PAN-RB ini nantinya akan disesuaikan dengan visi-misi dari masing-masing instansi, baik Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Sehingga penerimaan cpns 2018 nanti benar-benar untuk formasi yang memang dibutuhkan oleh instansi masing-masing. 

Sehingga dengan demikian, semakin meminimalisir akan adanya KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme), dalam penerimaan CPNS 2018 nanti.

Karena kalau melihat penerimaan CPNS diwaktu-waktu yang lalu, usulan formasi suatu Instansi, baik Pusat maupun Daerah biasanya tidak didasarkan atas kebutuhan yang sesuai dengan visi-misi dari instansi itu sendiri.

Namun lebih kepada kepentingan politik dan kepentingan pejabat-pejabat pusat maupun daerah dalam hal untuk meloloskan sanak saudaranya ataupun titipan dari mereka yang ingin meloloskan diri dan diterima sebagai CPNS dengan cara yang curang, KKN misalnya. 

Dengan adanya e-formasi ini, maka penelahaan serta seleksi validasi formasi untuk jabatan-jabatan yang diusulkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah akan lebih optimal, lebih melihat dari kebutuhan sebenarnya dari instansi-instansi pemerintah, tidak lagi atas dasar titipan dari pejabat-pejabat yang korup dan nepotisme.

Bocoran Formasi dan Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2018
Pedagang menawarkan buku Panduan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) (Image: Kompas/Vitalis Yogi Trisna)

Setelah proses validasi selesai, dan pemetaan Pegawai Negeri Sipil dilakukan maka kemudian Kementerian PAN-RB akan mengusulkan kepada kementerian keuangan untuk diperhitungkan mengenai kemampuan keuangan negara. 

Setelah itu, baru kemudian pemerintah melalui kementerian PAN-RB akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah tentang waktu pelaksanaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (Seleksi Penerimaan CPNS 2018).

Karena itu, persiapkanlah diri anda dalam menghadapi seleksi penerimaan CPNS 2018 nanti. Dan lakukan persiapan itu sedini mungkin, terutama dalam hal latihan soal dan kemampuan anda menyelesaikan soal dalam waktu singkat. 

Pada dasarnya, bentuk soal yang akan diuji dalam setiap penerimaan CPNS tidak akan berbeda jauh dengan bentuk soal dari tahun-tahun sebelumnya.

Karena itu disini yang terpenting adalah kemampuan anda dalam memahami bentuk soal, mengetahui trik-trik pengerjaan soal cpns, dan kemampuan dalam memanajemen waktu dalam menyelesaikan setiap soal cpns yang akan diuji. 

Semakin sering anda melakukan latihan soal, maka semakin banyak yang anda ketahui tentang bentuk soal dan juga tentang tips dan trik pengerjaan soal CPNS dalam waktu singkat, sehingga dengan sendirinya anda telah melatih kemampuan anda dalam memanajemen waktu pengerjaan soal tes seleksi penerimaan CPNS 2018.

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan anda dalam menjawab setiap soal yang akan diujikan dalam tes penerimaan calon pegawai negeri sipil 2018 nanti. Yang pasti pertama-tama adalah sering-sering berlatih soal, serta memperbanyak perbendaharaan soal yang anda latih. 

Anda bisa mencari atau membeli buku panduan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang banyak dijual ditoko-toko buku maupun oleh pedagang kaki lima dan juga mengikuti les privat latihan soal tes penerimaan CPNS serta tentu saja untuk itu anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Contoh Soal Tes Penerimaan CPNS 2018, Kunci Jawaban dan Pembahasannya


Dan jika anda ingin berlatih soal tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), tanpa harus membeli buku atau pun mengikuti les privat tes penerimaan CPNS dalam artian GRATIS, lengkap dengan pembahasannya, tips dan trik menjawab soal tes penerimaan calon pegawai negeri sipil, anda bisa membookmark blog awam bicara ini. 

Karena kami telah memberikan contoh soal tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil, beserta kunci jawabannya dan dengan dilengkapi tips dan trik dalam menjawabnya, yang kami sajikan sedemikian terstruktur dan dengan penyajian yang seolah-olah anda sedang di privat secara langsung oleh kami.

Anda dapat belajar dari contoh-contoh soal yang telah kami berikan sebelumnya, yang dapat anda lihat di Belajar Soal CPNS, yakni mengenai bimbingan belajar dalam memahami dan menghadapi soal-soal ujian CPNS dalam penerimaan CPNS.

Berupa Tes Kemampuan Dasar yang terdiri dari Tes Inteligensia Umum (TIU: Tes Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Numerik, Kemampuan Verbal, Aritmatika, Spasial, Silogisme, Antonim, Sinonim, Deret Angka), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK : UUD 1945, Pancasila, Sejarah Perjuangan Bangsa, Sistem Tata Negara, Kemampuan Berbahasa Indonesia, Wawasan NKRI), Tes Kemampuan Bidang (TKB), beserta dengan kunci jawabannya serta tip dan trik-trik dalam menjawabnya.
Advertisement

Baca juga:

Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments