Loading...

Thursday, 7 December 2017

4 Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Blogging Anda

Blogging adalah sebuah keterampilan, sebuah seni.

Blogging harus diasah, dikembangkan, dan dipraktekkan.

Jangan biarkan diri Anda tertipu dengan banyak nya tip-tip dan trik blogging yang dapat mempercepat peringkat SERP blog atau web anda

Tidak sedikit blogger-blogger yang putus asa dan secara terang-terangan mungkin mengatakan bahwa Anda bisa menguasai blogging dalam waktu 3 sampai 6 bulan saja hanya untuk menarik pemirsa dan demi meningkatkan posisi SERP blog/ situs mereka, namun percayalah itu semua adalah BOHONG BESAR. 
Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Blogging Anda

Apa ada manusia yang bisa menguasai keterampilan apapun hanya dalam kurun wakut 3 sampai 6 bulan? Sebagian besar dari kita bahkan mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun bahkan bisa sampai berpuluh-puluh tahun untuk menjadi mahir dalam disiplin ilmu apapun juga.

Namun syukurnya dunia blogging tidak memerlukan jangka waktu belajar yang terlalu berat, namun kita tetap perlu menghabiskan waktu setidaknya 2-4 tahun untuk cukup mempraktikkan kemampuan kita agar bisa menjadi seorang blogger profesional.

Setelah menjadi blogger selama bertahun-tahun dan mengamati para blogger mapan dan berpengalaman lainnya, serta bergabung dalam forum-forum diskusi blog di grup-grup media sosial, inilah 4 tip yang harus diikuti untuk meningkatkan kemampuan blogging kita.

#1. Menulis 1000 Kata Pertama

Menulislah....

Kemudian menulis lagi...lagi...dan...lagi...

Menulis setiap hari akan sangat membantu dalam melatih serta meningkatkan kemampuan blogging kita seperti yang saya lakukan, tidak ada ritual lain dalam keseharian saya selain menulis dan menulis.

Saya masih ingat betul bagaimana dulu saya memulai karir saya dalam dunia blogging, dimana yang saya lakukan adalah COPAS, copy paste artikel orang lain. 

Tahu apa yang terjadi? Saya tidak memiliki gairah, tidak memiliki semangat, sebentar saja saya putus asa dan meninggalkan dunia blogging. Namun kemudian beberapa tahun belakangan ini, saya mulai terjun kembali ke dunia blogging, semua bermula dari bagaimana saya ingin membantu orang dengan apa yang saya ketahui mengenai dunia Hukum Indonesia. Yang mana kebetulan saya bekerja dan setiap harinya berhadapan dengan hukum, karena saya bekerja di Pengadilan jadi yang saya hadapi adalah permasalahan-permasalahan hukum yang dihadapi oleh banyak masyarakat kita. 

Dan sebagaimana yang saya ketahui, banyak dari masyarakat awam yang belum paham betul atas hukum yang berlaku di negara ini, baik itu hukum pidana maupun hukum perdata.

Saya ingat pertama kali saya membuat postingan blog saya di awambicara ini, februari kemaren, mengirimkan posting pertama saya yang berjudul Mengapa hukum bisa tumpul keatas? 

Jika saya baca sekarang, terkadang saya merasa lucu sendiri, apa yang saya tulis benar-benar dari apa yang saya alami dan rasakan, namun diawal saya mulai menulis, tata bahasa dan cara penulisan saya masih sangat jauh dari bagus. 

Saya akui, awalnya saya memiliki ketakutan-ketakutan tersendiri pada awal-awal saya kembali ke dunia blogging, yang pertama saya rasakan adalah bagian kurang percaya diri. 

Tapi apa yang menjadi ketakutan-ketakutan saya, saya abaikan, saya mulai menulis, diawali dengan 500-1000 kata setiap harinya, bahkan terkadang lebih.

Saya yang memang memiliki hobi membaca, semakin rajin mencari bahan, dan rajin membaca. Apalagi ditempat saya bekerja ada perpustakaan yang memiliki koleksi buku hukum yang lumayan banyak. 

Saya juga mulai rajin berkomentar di blog-blog yang saya temukan dalam upaya saya meningkatkan kemampuan blogging saya. Sekarang, jika saya tidak menulis setidaknya 1000 kata setiap harinya, saya akan kembali merasakan takut dan kembali merasakan tidak percaya diri, karena itu saya akan selalu menyempatkan diri untuk menulis, terkadang saya menulis lewat HP (Smartphone) dari aplikasi Blogger yang ada di HP.

Menulislah dimana saja, di Word Dokument, Di Blogger App Android atau IOS, dan sebagainya, untuk:

1. Meningkatkan dan memperbaiki kemampuan menulis kita di belakang layar.

2. Menemukan Intuisi dan Suara dari Tulisan Anda.

3. Mengembangkan rasa tentang tulisan Anda

Blogger yang memiliki kemampuan menulis yang buruk, memang agak sulit untuk meningkatkan posisi SERP blog nya di search engine, namun bukan berarti tidak akan bisa menduduki posisi teratas dari hasil pencarian mesin telusur, karena selain penyampaian dengan tata bahasa yang baik dan menarik, konten yang di postingpun mempunyai peranan penting dalam meningkatkan posisi SERP di search engine. Misalnya, kita membahas atau membuat konten yang bermanfaat dan mempunyai nilai bagi pemirsa dan yang dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi pengguna, maka tentu saja posisi SERP blog kita akan berada di peringkat teratas dari mesin telusur.

Namun coba anda bayangkan, jika anda menyampaikan konten yang bermanfaat dan mempunyai nilai lebih dengan disajikan dalam bentuk tulisan yang menarik dan memikat, tentu akan semakin mempercepat dan memperkuat posisi SERP blog kita mesin telusur semacam Google Serach Engine.

Bagaimana kita bisa menjadi blogger yang sukses, jika kita tidak meningkatkan kemampuan menulis kita, yang dapat kita tingkatkan dengan sering membaca dan menulis minimal 1000 kata perhari. Dengan sering membaca dan menulis, maka dengan sendirinya tanpa kita sadari kemampuan blogging kitapun semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Jadi....Menulislah...!!

#2. Berkomentar Secara Efektif di 5 Blog per Hari nya

Berkomentar di blog merupakan bagian dari kampanye untuk meningkatkan jangkauan pemirsa blog kita.

Dengan berkomentar di blog-blog yang setema atau seniche dengan kita, minimal dalam 5 blog sehari, maka dengan sendirinya kita akan dikenal, dan kita akan mempunyai audiens bahkan kita akan memiliki komunitas sendiri.

Selain dengan blog comment, mempromosikan blog juga bisa melalui media sosial dengan bergabung di grup-grup yang membahas tentang blogging, atau membahas tentang tema yang se niche dengan blog kita, serta aktif berkomunikasi, berperan dan memberikan kontribusi di grup-grup yang dengan sendirinya kita akan menjadi orang yang diperhitungkan dan juga mendapatkan follower juga.

Dengan sering berkomentar diblog juga akan meningkatkan kemampuan menulis kita, dan dapat secara efektif menjaring pemirsa atau pembaca serta akan membawa kita ketempat atau suasana yang tidak pernah kita bayangkan.

Blog comment telah berdampak positif untuk saya, namun saya harus menjadi lebih baik lagi dalam berkomentar di blog serta sabar dan terus menerus meningkatkan kemampuan saya dalam bidang ini, sehingga saya bisa memberikan dampak lebih baik lagi bagi komunitas-komunitas yang saya ikut.

Dengan berkomentar di blog dan di grup serta forum, kita akan membangun komunitas dan jaringan pertemanan yang lebih luas lagi.

Komentar blog yang efektif memerlukan perhatian, latihan dan komitmen untuk berbagi komentar yang baik, bijaksana, dipersonalisasi, dan sopan di blog otoritas dari niche Anda selama berbulan-bulan.

Berlatihlah dan seringlah mengomentari blog teratas dari niche Anda setiap hari. Bagikan 2-3 paragraf - atau komentar yang dipersonalisasi lebih lama yang menunjukkan titik yang dibuat di pos blog.

Bersikap sopan. Jadilah menyenangkan Jika Anda tidak setuju pada beberapa hal pastikan Anda menemukan sebuah titik untuk disepakati. Anda adalah tamu di rumah cyber sesama blogger. Berlakulah layaknya anda seorang tamu, yang datang kerumah orang, mengucapkan salam, melepaskan sepatu dan bersikap sopan atau jika tidak anda beresiko membuat rusuh dirumah orang dan akan ditendang keluar serta di blacklist untuk selamanya.

#3. Buat 1 Video Tentang Blog Anda

Saya melakukan promosi untuk blog ini juga melalui Video, yakni Youtube. Karena dengan Video Youtube, akan menjadi faktor utama di tahun-tahun mendatang dan akan sangat membantu blog kita memiliki peringkat SERP yang baik di search engine. Karena itu, sangat disarankan untuk membuat saluran YouTube untuk blog diman menjadi tempat kita untuk mendapatkan pemirsa/ pembaca yang lebih luas.

YouTube memainkan peran penting sebagai platform gratis, ini adalah media terbesar untuk memasarkan nama merek (brand) blog Anda. Ada banyak platform gratis online dan offline yang dapat Anda kunjungi dan buat video intro yang keren untuk blog Anda.

Anda bisa melihat Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif Memikat Pembaca, dalam mempromosikan blog anda, dan disana anda akan melihat beberapa penyedia layanan pembuatan video online secara gratis yang bisa anda manfaatkan untuk membuat video dan mempromosikan blog anda.

#4. Belajar dari Blogger Hebat dan Berpengalaman

Dalam meningkatkan kemampuan blogging kita, tidaklah cukup dengan hanya praktek saja, namun juga harus disertai dengan teori. Cara efektif dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan blogging kita, dapat kita lakukan dengan sering-sering melihat dan membaca postingan blogger-blogger yang sudah mahir dan berpengalaman, serta mempraktikkan strategi yang telah mereka lakukan dan telah terbukti, serta dengan mengembangkannya dengan ciri khas kita sendiri. 

Seringlah bertanya dan berkomentar di blog mastah-mastah yang sudah terkenal. Pengalaman saya selama ini, mereka sangat ramah, sangat antusias dalam menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan. Dan mereka pastinya tidak pelit dengan ilmu mereka.
Belajarlah dari para blogger yang terampil untuk mencari tahu apa yang perlu Anda kerjakan setiap harinya untuk mempromosikan kesuksesan blogging Anda.

Jika Anda ingin mempelajari keterampilan dalam menulis, dan menyajikan konten yang berkualitas lihatlah posting dari panduanim, blog yang selama ini menjadi panutan saya dalam dunia blogging.

Rajin-rajinlah membaca, menulis, berkomentar, dan bertanya sehingga anda akan diarahkan ketujuan yang benar, yang pastinya akan meningkatkan keterampilan blogging kita, serta berlatih secara teratur menjadi seorang blogger.

Sekarang ini giliran Anda, Manfaatkan Waktu Luang Mu Wahai Generasi Millenial - Ini Waktunya Kita. Bagaimana Anda menjadi seseorang yang bermanfaat untuk masyarakat dan keluarga anda, bagaimana anda bisa menjadi seorang blogger yang terampil dan sukses? Ini saatnya anda memulai, karena ini waktunya kita. Para Generasi Milenial. AwamBlogging!

No comments:

Post a Comment

Subscribe