Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Mudah

Melacak HP yang hilang hampir bisa dikatakan untung-untungan. Samsung yang memiliki fitur Find My Mobile nya bisa digunakan untuk melacak HP Samsung kita yang Hilang. Pun untuk merk HP yang lainnya, baik itu yang berbasis Android, iOS, ataupun Windows Mobile.

Sebenarnya ada banyak cara dalam melacak HP yang hilang, tergantung pada merk dan fitur yang diberikan masing-masing vendor, serta juga termasuk sistem operasinya. Dan kali ini, Awam Bicara akan memberikan beberapa panduan, atau cara melacak HP yang hilang, terkhusus untuk HP sejuta umat "Samsung".
Cara Melacak HP Samsung yang Hilang
Bicara tentang "HP Sejuta Umat", beda generasi, beda cerita. Pada era tahun 2000 HP Nokia merajai pasar telepon genggam seluruh dunia, karena itu pada generasi ini HP Nokia dijuluki dengan HP Sejuta Umat. 

Handphone pada saat itu, masih merupakan barang yang cukup mewah untuk dimiliki, versi komersialnya yang bertebaran sekitar akhir dekade 90-an, dengan sejumlah merek yang beredar luas kala itu. Namun Nokia-lah yang menjadi penguasa pasarnya.

Posisi Samsung dimana? Maaf, Samsung pada waktu itu masih masuk kedalam kategori vendor ecek-ecek untuk pasar HP. 

Namun, sejarah punya jalan cerita yang kadang kala diluar dugaan kita. Nokia yang menjadi Raja, dijuluki “handphone sejuta umat”, merek yang sempat menjadi ukuran isi kantong dan kelas sosial pemiliknya pun harus tersingkirkan dari kerasnya persaingan pasar Handphone. Namun di era Nokia ini, belum ada fitur yang memberikan kemudahan bagi para pemiliknya untuk melacak HP mereka yang hilang. Dan jika telepon genggam mereka hilang, mereka harus rela menelan pil pahit kerugian karena kehilangan barang mewah mereka.

Bisa dikatakan BlackBerry lah sebagai penyebab tergusur dan menghilangnya Nokia dari pasaran HP. Muncul dengan klaim jaringan yang terenskripsi, dan menjadi smartphone yang digunakan Presiden AS dan para staf-nya, hingga pada layanan pesan BlackBerry Messenger yang menjadikan BlackBerry (BB) menjadi simbol baru dari prestise, strata sosial, dan menjadi tolak ukur kerennya seseorang. BlackBerry pun menjadi Raja pasar handphone dan menjadi versi baru dari “handphone sejuta umat” di kisaran era 2010.

Pun di jaman BlackBerry menjadi raja, walaupun telah menyematkan diri dengan sebutan Smartphone terenskripsi, namun sekali lagi tidak ada fitur yang benar-benar memberikan kemudahan bagi pemiliknya untuk mencari dan melacak hp mereka yang hilang.

Dimana iPhone saat BlackBerry mengkudeta Nokia? Jawabannya, maaf, iPhone belum ada, dan ketika iPhone muncul, ia datang dalam balutan super premium. Hanya mereka yang butuh penampilan dan tentu saja punya uang yang bisa memiliki iPhone generasi-generasi awal.

Kelas menengah saat itu masih terlalu syok dengan mahalnya harga iPhone. Samsung? Oh..Lagi-lagi, Samsung masih jadi merek telepon genggam yang dilirik sebelah mata saat itu, meski sedikit demi sedikit mulai muncul dan tak seterpinggirkan seperti pada era kejayaan Nokia.

Dan sekali lagi, sejarah berulang. Pada hari ini, BlackBerry hampir tidak terdengar lagi, paling saat ini aplikasi messengernya yang legend dan terkenal dengan fitur "ping" nya ini yang masih tersisa. Dan itupun dalam versi Androidnya.

iPhone yang saat itu dianggap menjadi sebuah ponsel super mewah dan mahal, serta Samsung yang mengeluarkan produk-produk gadget berbasis Android lah yang justru menguasai pangsa pasar smarphone saat ini. Yup, dunia berputar, begitupun dengan nasib. HP Samsung yang dulu pada masa jaya Nokia adalah sebuah opsi kepepet saja itu telah merajai pasar HP dunia saat ini.

Karena itu, saat ini kita tidak akan membahas bagaimana cara melacak iPhone yang hilang, dan iPhone masih setia dengan citranya yang mewah dan wah serta ekslusif hingga saat ini, sehingga jelas Samsung dengan OS Androidnya lah yang merajai dan mendapat gelar sebagai Handphone Sejuta Umat saat ini.

Smartphone yang ada dan beredar dipasaran saat ini bisa dikatakan sebagai asisten pribadi, menjadi sebuah benda yang wajib dipunyai dan tidak lagi menjadi gaya hidup tapi telah berubah fungsi menjadi sebuah keniscayaan dan keharusan.

Ibarat kata orang tanpa handphone sama saja dengan orang yang tidak nampak, dan tidak terlihat. Di era yang digital ini, smartphone telah menjadi bagian dari semua orang, berkomunikasi, bersosialisasi, bekerja, hiburan, kesehatan, semua yang menyangkut tentang kehidupan tidak luput dari sebuah smartphone.

HP telah menjadi jati diri kedua dari pemiliknya, sehingga informasi apapun ada disana. Kehilangannya sama saja dengan kehilangan data pribadi, kehilangan teman, bahkan kehilangan harta (yang dalam hal ini tidak hanya HP).

Tapi tunggu dulu, di era sekarang semua produk HP telah memiliki fitur untuk dilacak jika HP itu hilang ataupun dicuri seseorang. 

Kehilangan HP/ smartphone hampir dialami oleh semua orang. Panik, khawatir dan rasa takutpun menyelimuti ketika kita kehilangan HP, karena bukan tidak mungkin data-data penting yang belum disimpan juga ikut hilang atau khawatir data tersebut dimiliki oleh orang lain.

Find My Mobile dari Samsung ini bisa kita gunakan untuk melacak HP kita yang hilang atau untuk melacak kebaradaan dari anak-anak kita, bahkan bisa digunakan untuk melacak keberadaan pasangan kita. 

Cara paling mudah yang dilakukan dalam mencari dan melacak HP Samsung kita yang hilang adalah dengan cara menghubunginya. Atau dengan kata lain cara melacak hp samsung yang hilang dengan nomor HP. Namun cara ini efektif jika HP Samsung kita hanya terselip atau lupa dimana kita meletakkannya, dan dalam keadaan menyala serta dalam keadaan hidup opsi ringtone nya, bukan silent atau getar.

Sedangkan cara melacak hp samsung yang hilang dalam keadaan mati tidak bisa kita lakukan dengan opsi menghubungi nya. Untuk itu kita bisa menggunakan aplikasi Find My Mobile, untuk mendapatkan posisi yang presisi, dimana terakhir HP Samsung kita terdeteksi.

Seperti yang kami ungkapkan diawal tadi, cara melacak hp samsung ini bisa dikatakan untung-untungan. Karena melacak hp samsung yang dalam keadaan mati ini bisa dikategorikan sebagai cara yang persentase berhasilnya sangat kecil sekali.

Melacak HP Samsung yang mati memanglah tidak mudah, namun setiap HP Samsung memiliki kode tersendiri yang berbeda antara hp samsung yang satu dengan yang lainnya, yakni kode IMEI. 

Setiap kode IMEI telah terdaftar di database Samsung, siapa pemiliknya, dan sebagainya. Dan ini bisa kita gunakan sebagai salah satu pilihan atau cara kita melacak hp samsung yang hilang dengan imei. 

Jika kita merasa bahwa HP Samsung kita yang hilang tersebut dipegang oleh seseorang yang mungkin kita kenal, kita dapat menggunakan pilihan ini, yakni cara melacak hp samsung yang hilang dengan imei sebagai bukti kepemilikan HP Samsung kita, walaupun telah diganti akun google ataupun akun samsungnya.

Android yang merupakan salah satu produk google, tentu saja dalam mengaktifkan smarphone Android yang walaupun smartphone tersebut bermerek Samsung haruslah menggunakan akun google atau email dari google yakni GMAIL.

Jadi, dengan begitu kita juga bisa melacak HP samsung dengan cara melacak hp samsung yang hilang dengan gmail. Karena Google telah menyematkan aplikasi Android Device Manager.

Karena itu ada baiknya opsi cara melacak hp samsung yang hilang dengan gmail ini diaktifkan dengan mengaktifkan opsi keamanan HP Android tersebut baik dengan pola, password ataupun pin.

Semua cara melacak hp samsung yang hilang tadi hampir bisa dikatakan tidak akan efektif jika kita tidak menghidupkan opsi GPS dari HP samsung kita. Karena itu, cara yang paling efektif dalam mencari HP samsung kita yang hilang adalah dengan cara melacak hp samsung yang hilang dengan gps.

Berikut ini adalah Cara Melacak HP Samsung yang Hilang.

A. Tambahkan akun Samsung ke HP Smartphone Kamu.

Mengaktifkan Fitur Find My Mobile Samsung

Agar kita bisa melacak HP Samsung kita yang hilang, terselip atau kecurian, atau untuk memata-matai HP Samsung anak-anak kita, dan pasangan kita dengan fitur Find My Mobile Samsung, terlebih dahulu kita harus memiliki Samsung Account. Untuk itu, jika belum memiliki samsung account, bisa mendaftar di Find My Mobile.

Atau melalui HP Samsung anda, masuk ke Settings, pilih "Accounts and sync", pilih "Add account", kemudian pilih "Samsung account".

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Kamu akan diminta untuk memasukkan informasi log in Samsung atau kamu bisa membuat akun baru.

Aktifkan Remote Controls.

Untuk menggunakan layanan "Find My Mobile" Samgsung, opsi ini haruslah diaktifkan. 

Default nya, opsi ini sudah aktif ketika kamu mendaftarkan akun Samsung di HP Smartphone Samsung. 

Kamu bisa memeriksanya untuk memastikan apakah opsi ini telah diaktifkan atau belum dengan membuka menu Settings, pilih "Location and security", kemudian mencentang kotak "Remote controls"

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang


Masuk ke Situs "Find My Mobile" SAMSUNG. 

Bisa di Akses melalui situs resmi samsung dari PC atau laptop anda disini.
Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Mudah
Jika sudah login, maka akan menampilkan "My Device is not shown". Pilih peringatan tersebut dan kita akan memulai untuk menambahkan device/ HP Samsung baru kita. 

Masuk menu setting--->pilih icon security--->pilih find my mobile. 
Cara Melacak HP Samsung yang Hilang
Di tampilan tersebut akan tertera email yang sudah kita daftarkan sebelumnya menggunakan akun Samsung.

Setelah kita memiliki dan mengaktifkan fitur Find My Mobil, baru kita bisa melakukan berbagai cara untuk melacak, atau mengamankan, atau memata-matai HP Samsung dengan fungsi-fungsi yang dimiliki oleh Find My Mobile, yakni:

1. Mencari Posisi Smartphone

Buka aplikasi Find My Mobile dari komputer desktop atau laptop. Nah disinilah kegunaan dari mengaktifkan fungsi GPS yang ada di HP Samsung kita, untuk mendapatkan posisi yang presisi, fitur Google location service haruslah dihidupkan terlebih dahulu. 

Jadi pada saat HP Samsung hilang atau tidak ditemukan kita bisa menggunakan fitur ini. Contohnya jika kita lupa meletakkan dimana HP Samsung kepunyaan kita dengan mengaktifkan fitur “Bunyikan Perangkat” maka secara otomatis HP Samsung kita akan berbunyi dan dengan mudah kita menemukannya. HP Samsung kita akan tetap berbunyi, walaupun kita mengaktifkan fitur Silent ataupun Getar saja.

2. Mengunci Smartphone dan Menghapus Semua Data

Opsi ini jika HP Samsung kita HILANG, baik itu hilang karena kelalaian kita maupun hilang karena dicuri orang. Mengunci dan menghapus data yang ada di dalam HP Samsung kita yang hilang, semudah kita mengklik sebuah ikon di desktop komputer atau laptop kita. 

Kita bisa mengunci perangkat atau HP Samsung kita dari jarak jauh, dengan tujuan agar tidak bisa digunakan oleh orang lain dan juga untuk meminimalkan risiko pencurian informasi data-data pribadi kita. 

Selain itu, kita juga bisa membuat pesan untuk ditampilkan di layar perangkat yang dikunci dan memasukkan nomor yang dapat dihubungi bahkan meski perangkat terkunci.

Jika nantinya HP Samsung kita ketemu dan ingin mengaktivasinya kembali, bisa dilakukan dengan memasukkan pin yang sudah diset di awal sekali.

Aplikasi Find My Mobile juga bisa digunakan untuk mengubah beberapa fungsi keamanan, seperti jika ada penggantian sim card. Sehingga akan memberikan proteksi tersendiri pada HP Samsung kita, dan tidak bisa digunakan oleh orang-orang yang telah menemukan atau mencuri HP Samsung kita.

3. Mendaftarkan HP Samsung Anggota Keluarga dan HP Samsung Tambahan
Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Selain fungsi ini untuk pribadi, juga bisa kita gunakan dengan menambahkan anggota keluarga yang ingin kita monitor. Fungsi ini membantu jika HP Samsung milik anggota keluarga kita hilang, sehingga kita bisa membantu untuk menemukannya. Caranya cukup dengan memasukkan Samsung Account yang dimiliki oleh anggota keluarga kita tersebut. 

Untuk memudahkan kita memonitor HP Samsung anggota keluarga kita tadi, kita harus mengatur periodenya.

Sekarang kita sudah tahu akan banyaknya keuntungan yang dimiliki oleh aplikasi Find My Mobile dari Samsung ini, jadi sudah saat nya kita mulai menggunakan dan mengaktivasinya, sehingga kita bisa melakukan pencegahan untuk hal-hal yang tidak kita inginkan.

Semua fitur cara melacak HP yang hilang, baik itu Samsung, iPhone, Oppo, dan sebagainya tidak akan berguna jika HP Samsung, iPhone, atau Oppo tidak hilang. Baru akan berguna jika HP Samsung kita hilang. Dan kita tidak tahu kapan, dimana HP Samsung kita akan hilang, untuk itu sudah selayaknya kita melakukan pencegahan, dan ancang-ancang sebagai salah satu usaha kita dalam mengamankan HP Samsung kita, yang juga berarti mengamankan pekerjaan, pesan-pesan penting, kontak-kontak penting, atau bahkan informasi data-data keuangan penting kita yang lainnya. 
Loading...

No comments:

Post a Comment