Macam Search Engine Yang Diperlukan untuk Setiap Jenis Pertanyaan dan Kata Kunci

Macam Search Engine Yang Diperlukan untuk Setiap Jenis Pertanyaan dan Kata Kunci

Google bukanlah satu-satunya mesin pencari atau Search Engine yang ada di luar sana. Macam-macam search engine sebenarnya memiliki banyak keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh Google Search engine, bahkan lebih khusus dan spesifik lagi berdasarkan apa yang di pertanyakan serta kata kunci atau keyword nya.
Macam-macam Search Engine

Ketika kita memiliki pertanyaan dan mencari jawabannya secara online, kita akan langsung menuju Google untuk mencari jawabannya, atau istilahnya googling, di Indonesia biasa dipake - "tanya mbah google". 

Namun sebenarnya Google Search Engine bukanlah satu-satunya search engine yang ada di dunia maya. 

Bahkan Anda bisa menemukan situs search engine yang lebih khusus, seperti "komputasi search engine"; Wolfram Alpha, atau DuckDuckGo yang memberikan privasi-yang dapat membantu Anda melacak secara tepat tentang apa yang Anda cari secara online. 


Macam-macam Search Engine


Meskipun algoritme Google telah teruji sangat baik dalam hal melacak hasil pencarian dari yang kita cari secara online serta Bing yang bisa menjadi alternatif pencarian lain yang bisa kita gunakan jika hasil pencarian google kurang relevan. 

Karena itu, untuk menemukan secara tepat dan relevan dengan apa yang Anda cari secara online, akan sangat membantu jika anda mengetahui mesin telusur atau search engine mana yang terbaik dan lebih tepat untuk melakukan tugas pencarian tersebut.

Pertanyaan Umum, Pembaruan Pribadi, dan Game: Tanya Mbah Google

Ketika kita mencari atau ingin menemukan pertanyaan yang bersifat umum, dalam hal ini kita coba kata kunci: "otomotif". Ketika kita mencari kata kunci yang bersifat umum seperti ini, Google Search Engine mengalahkan semua search engine yang ada dalam hal memberikan hasil pencarian yang tepat dan relevan. 
Macam-macam Search Engine

Google memiliki algoritma yang sangat baik, hampir sempurna serta menawarkan indeks halaman yang sangat besar. Pencarian untuk kata kunci "rumah minimalis" misalnya, menghasilkan 29 juta hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google dibandingkan dengan Bing yang hanya menampilkan 523 ribu hasil pencarian saja. 


Hasil pencarian yang besar dari raksasa mesin telusur - Google Search Engine ini cenderung masih membuka peluang untuk postingan atau artikel dari blog-blog yang tidak jelas, kurang relevan atau menampilkan pesan-pesan forum, serta menampilkan dokumen-dokumen online daripada hasil pencarian yang ditampilkan oleh pesaingnya, yang tentu saja akan lebih ideal untuk anda yang sedang melakukan pencarian lebih khusus tentang pesan error pada komputer atau topik ilmiah khusus lainnya.

Disamping memberikan hasil pencarian yang tepat dan relevan pada pencarian minat atau pertanyaan yang umum, Google Search Engine juga sangat bagus dalam hal mencari informasi yang sangat khusus ...... dan itu "tentang diri Anda". 

Google search engine terhubung dengan layanannya yang lain, seperti Gmail, Google foto, Google Trips, maka ia dapat menarik data pribadi Anda saat Anda log in ke dalam akun Google Anda. 

Cari "penerbangan saya" atau "perjalanan saya", dan Google akan menarik rincian dari email konfirmasi pemesanan Anda. Bahkan pada hal-hal yang mungkin kurang menyenangkan anda, misalnya ketik "tagihan saya", dan Google akan memilah-milah pengingat email Anda, menggunakannya untuk menunjukkan pembayaran-pembayaran atas tagihan mendatang anda. 

Contoh lainnya, "gambar", coba cari "foto saya di Garut" (ganti kota Garut dengan tujuan liburan wisata terakhir Anda), atau cari foto berdasarkan waktu dan tanggal dengan kata kunci "foto saya dari minggu lalu" atau" foto saya dari bulan Juli 2015."

Finally, Google Search Engine sangat hebat dalam hal mencari game-game online berbasis browser chrome atau android. Misalnya, lihat "Atari Breakout," beralih ke tab Images, dan gunakan tombol kursor untuk mengendalikan tindakan selanjutnya. 

Demikian pula, untuk game-game lawas, coba masukkan "solitaire", "pac-man", atau "tic tac toe" untuk menampilkan versi dasar dari judul tersebut. 

Selain game, google juga memberikan tool khusus di mesin telusur nya, sebagai contoh, coba anda masukkan kata kunci "stopwatch," "timer," atau "calculator" atau melakukan konversi ukuran waktu, jarak, berat, dan mata uang, maka google search engin akan menampilkan utilitas yang sangat relevan pada layar. Dan anda dapat langsung mengoperasikan aplikasi mini ini dari laman hasil pencarian Google tersebut.


Gambar dan video: Tanya Bing

Bing yang meskipun bertujuan untuk menjadi pesaing Google dalam hal hasil pencarian umum, salah satu keuntungan yang dimiliki oleh Bing Search Engine sebenarnya adalah terletak pada kemampuan pencarian gambar dan video. 
Macam-macam Search Engine untuk macam jenis pertanyaan
Pada halaman hasilnya, Bing memiliki lebih banyak opsi pemfilteran, tampilan antarmuka yang lebih baik, dan saran yang bagus untuk pencarian terkait.

Saat Anda mencari video, laman hasil pencarian Bing akan menampilkan klip dalam format kotak, dan fotmat yang lebih baik daripada format daftar, sehingga memudahkan penggambaran yang sebenarnya dari video dan memberikan gambar kecil yang ditampilkan sehingga lebih cepat. Bing juga memicu fitur auto-preview setiap kali Anda mengarahkan kursor mouse ke klip Video tersebut.

Sedangkan untuk gambar, Bing menyediakan metode tambahan untuk memfilter hasil pencarian Anda, metode yang tidak ditawarkan oleh Google. Misalnya, jika Anda mencari orang tertentu, Anda hanya bisa fokus pada gambar yang menunjukkan wajah. Ini juga memungkinkan Anda menerapkan kumpulan filter hak gambar (licensi) yang lebih besar.


Gambar yang Bebas untuk Digunakan Kembali (Free Image): Tanya Flickr

Bing yang memungkinkan Anda untuk memfilter gambar berdasarkan hak cipta mereka, bagaimana pemilik gambar mengizinkan atau tidak mengizinkannya untuk digunakan kembali, tidak dapat mengalahkan kekuatan pencarian gambar gratis dari (Image Free Search Engine) Flickr. 
Macam-macam Search Engine untuk macam jenis pertanyaan
Secara khusus, Anda dapat membatasi pencarian gambar Anda ke gambar yang fotografernya telah merilisnya di bawah lisensi Creative Commons, sehingga memungkinkan Anda untuk memposting ulang karya mereka secara gratis, walaupun dengan batasan tertentu.

Untuk memulainya, masukkan kata kunci yang Anda cari, katakanlah "Mobil" untuk contoh ini, dan klik Cari. Anda dapat dengan segera menyesuaikan urutan gambar yang muncul dengan mengklik daftar drop-down Relevan di sebelah kanan.

Flickr memungkinkan Anda menyortir gambar menurut relevansi, tanggal, atau filter "menarik", yang meningkatkan gambar yang telah menarik lebih banyak aktivitas, seperti komentar, view, dan suka. Anda dapat lebih mempersempit pilihan Anda berdasarkan warna, kedalaman bidang, atau pola.

Bahkan setelah Anda membatasi daftar Anda dengan gambar yang Anda sukai, tidak semua dari mereka akan bebas untuk digunakan. Namun, gambar yang dirilis di bawah Creative Commons sering terjadi, walaupun peraturan yang tepat yang mengatur penggunaannya hanya bergantung pada jenis lisensi CC tertentu. 

Untuk melihat lisensi di mana gambar telah dipublish, klik simbol hak cipta di kanan bawah halaman foto. Dan untuk memfilter dengan lisensi, klik menu drop-down Any license di sebelah kiri halaman pencarian dan batasi hasil pencarian Anda pada gambar yang dirilis di bawah Creative Commons.


Data Sains dan Media: Tanya Wolfram Alpha

Wolfram Alpha berfokus pada menjawab lebih banyak ilmu pasti dan matematika. Misalnya, Anda dapat menyeimbangkan persamaan kimia dengan pencarian seperti "Al + O2 -> Al2O3," lihat properti senyawa dengan "titik nyala metana, butana, oktan," dan menjawab pertanyaan sains bumi seperti "waktu tempuh seismik dari Jakarta ke Bali." 
Macam-macam Search Engine untuk macam jenis pertanyaan

Hasil pencarian ini sama tepatnya dengan persamaan matematika: Cobalah "lingkaran, diameter = 2," untuk menemukan sifat dari bentuk itu, atau ujilah figur yang lebih rumit seperti "anulus, jari-jari dalam = 2, jari-jari luar = 5." Gambarlah grafik dari "plot sin x cos y" menjadi "plot 3x2-2xy+y 2=1" dan isi urutan dengan mengetikkan beberapa angka pertama: "1, 2, 4, 8, ..."

Wolfram Alpha yang memulai dengan pencarian khusus matematika, sekarang ia telah memperluas jangkauannya untuk menyediakan data tentang sastra, musik, film, dan acara TV. Cobalah dengan pertanyaan atau kata kunci seperti "berapa banyak kata di Hamlet?" untuk menjawab semua pertanyaan teknis Anda. 

Anda juga bisa membandingkan dua item, seperti "Hamlet vs. Macbeth," untuk melihat bagaimana tanggal publikasi, panjang, jumlah karakter yang disebutkan, dan data-data lainnya. Anda juga dapat membandingkan statistik tentang film dan acara TV dengan cara yang sama. Bahkan pencarian dengan kata kunci bahasa alami - seperti "film yang dibintangi Al Pacino dan Robert De Niro" atau "film dengan waktu terpanjang".

Dan tentu saja, komputasi search engine teleh berhasil menambahkan informasi teknis ke dalamnya: Jalankan query seperti "episode pertama Friends", dan Wolfram Alpha akan memberi tahu Anda tidak hanya saat episode itu ditayangkan, tapi juga berapa hari yang lalu tanggal itu jatuh dan Waktu matahari terbit dan terbenamnya.

Lihatlah apakah Wolfram Alpha bisa memecahkan masalah sains, matematika, dan media Anda?


Daftar Pekerjaan: Tanya LinkedIn

Menggunakan mesin pencari yang terpasang di perangkat anda dan yang Anda kunjungi setiap harinya, sering kali membawa Anda ke informasi atau hasil pencarian yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah masuk perangkat atau ke situs yang sering dikunjungi. Dengan kata lain, hasil pencarian umum dari Google atau Bing tidak akan bisa menghilangkan data-data hasil pencarian ini.
Macam Search Engine Yang Diperlukan untuk Setiap Jenis Pertanyaan dan Kata Kunci

LinkedIn telah memberikan contoh yang lebih baik. Lain kali jika Anda sedang berburu pekerjaan, mulailah pencarian Anda dengan masuk ke akun LinkedIn Anda. Kemudian klik pada kotak pencarian di bagian atas halaman dan pilih Jobs. 

Tekan Semua filter untuk melihat dan membatasi hasil pencarian Anda, termasuk oleh tingkat pengalaman dan industri. Batasi mereka lebih jauh dengan memasukkan jabatan dan lokasi di bidang, yang di atas. Akhirnya, klik Cari, dan Anda sedang dalam perjalanan menuju daftar pekerjaan yang sesuai dengan yang anda cari.

Mencari potensi koneksi baru di LinkedIn sama mudahnya. Klik di kotak di bagian atas, pilih People, dan klik All filters. Sekarang Anda bisa browsing dengan nama, judul, lokasi, perusahaan, industri, dan lain sebagainya. Tinjau kotak centang di sebelah kanan untuk memfilter orang yang Anda kenal secara langsung (klik 1) atau orang yang terhubung ke kontak Anda yang ada (klik 2 atau 3 +).


Pertanyaan Pribadi (Privacy): Tanya DuckDuckGo

Ada satu masalah besar dengan mesin telusur/ search engine: Perusahaan yang ada di belakangnya melacak apa yang Anda cari. Dengan kata lain, apa yang anda cari akan mereka lacak dan simpan, sehingga data-data, kecenderungan minat, dan keinginan anda terekspos secara luas, sehingga disana tidak ada kerahasian, anda membuka diri anda kepada mereka. 
Macam Search Engine Yang Diperlukan untuk Setiap Jenis Pertanyaan dan Kata Kunci
Jika Anda lebih memilih untuk menjaga riwayat penjelajahan Anda tetap pribadi, DuckDuckGo Search Engine solisinya. Mereka tidak menyimpan catatan hasil penelusuran Anda, tidak akan memberi Anda hasil yang dipersonalisasi, dan menolak memberikan umpan bagi iklan bertarget. 

DuckDuckGo juga menjaga privasi Anda saat Anda melihat-lihat di tempat lain, jadi pencarian untuk "smartphone" tidak akan menyebabkan serangkaian iklan HP yang tiada henti mulai muncul saat Anda menuju situs lain. Seolah-olah anda Anda tidak pernah menjalankan pencarian atau penelusuran tentang itu.

Di luar fokusnya, yakni pada privasi, DuckDuckGo bertindak sebagai mesin telusur yang cepat dan komprehensif, membiarkan Anda mencari gambar dan video serta situs web. Ini juga memungkinkan Anda membatasi hasil berdasarkan negara atau tanggal publikasinya. 
Yang pada akhirnya, Anda dapat mencari situs-situs individu melalui antarmuka DuckDuckGo menggunakan tools yang disebutnya Bangs: Coba masukkan kata kunci "Sepatu Amazon" atau "misi apolli wikipedia" ke dalam bilah penelusuran untuk mengetahui kinerjanya.

Ada dua jenis penelusuran yang benar-benar memanfaatkan privasi yang disempurnakan DuckDuckGo. 

Pertama, ada pertanyaan rahasia yang benar-benar Anda tidak ingin Google catat (terutama jika Anda berbagi komputer dengan orang lain atau komputer warnet dan kantor yang digunakan bersama). Bila Anda memutuskan untuk mencari hal-hal yang bersifat pribadi yang tidak Anda inginkan agar diketahui orang, tanya di DuckDuckGo. 

Kedua, Anda harus menggunakan pencarian "sadar-privasi" (privacy-conscious) jika Anda ingin mencari suatu produk namun anda tidak ingin menerima iklan tentang hal itu selama hidup Anda.


Sumber: PopSci



Sekarang tinggal pilih, Search Engine mana yang sesuai dan cocok dengan apa yang ingin anda cari di Internet. Atau mungkin anda ingin mencari sesuatu jawaban namun anda tidak ingin apa yang anda cari diketahui atau dicatat oleh perusahaan dibalik search engine tersebut? Macam-macam Search Engine diatas bisa menjadi alternatif dan pilihan anda dalam menentukan produk search engine mana yang ingin anda gunakan.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar