Tips Memilih Nama Domain dan Layanan Hosting yang Baik dan SEO Friendly
Tips Memilih Nama Domain dan Layanan Hosting yang Baik dan SEO Friendly

Tips Memilih Nama Domain dan Layanan Hosting yang Baik dan SEO Friendly

Baca juga:

Memilih nama domain dan layanan hosting, bisa dibilang gampang-gampang susah. 

Tips Memilih Nama Domain Dan Hosting SEO Friendly


Disini saya tidak akan menjelaskan apa itu domain, dan apa itu hosting secara lengkap, karena jika anda telah memulai mencari bagaimana cara memilih nama domain dan layanan hosting yang baik dan SEO friendly, berarti anda telah sangat memahami apa itu domain dan apa itu hosting.
Tips Memilih Nama Domain dan Layanan Hosting yang Baik dan SEO Friendly
Namun untuk mengingatkan kembali apa itu domain dan apa itu hosting, berikut kami jelaskan secara singkat mengenai pengertian domain dan hosting.

Apa itu Domain?

Nama domain atau biasa disingkat domain saja merupakan identitas unik yang diberikan untuk mengenal atau mengidentifikasikan nama komputer server sepertu web server atau email server di jaringan komputer secara local maupun internet secara global, dalam hal untuk mempermudah pengguna internet atau jaringan pada saat akan melakukan akses ke server komputer tadi. 

Nama domain ini juga sebagai pengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengingat atau mengenal deretan angka-angka yang rumit yang dikenal dengan istilah alamat IP (IP Address). Nama domain juga dikenal dengan istilah URL, atau alamat website/ blog. Sedangkan.....

Apa itu Hosting?

Adalah berupa layanan web hosting atau jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan bagi sebuah organisasi atau individu untuk menempatkan informasi-informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Agar lebih mudah dipahami apa itu domain dan apa itu hosting dapat kita analogikan dengan tanah dan bangunan, yakni sebagai berikut:

Tanah = Hosting

Rumah/ Bangunan = Situs Web/ Website/ Blog

Alamat Rumah/ Bangunan = Nama Domain

Yang jika diartikan adalah sebagai berikut: Situs web/ website/ blog yang merupakan data dan informasi itu adalah bangunan/ rumahnya, dan berdiri disebuah tanah yakni hosting nya, dan rumah/ bangunan (website) diatas tanah (hosting) tersebut memiliki alamat tertentu atau berlamat di.....(domain/ nama domain).

Untuk layanan hosting sendiri, ada beberapa jenis layanan yang dapat kita gunakan, diantaranya: Hosting berbagai (Shared Hosting), Hosting Dedikasi (Dedicated Hosting), VPS (Virtual Private Server) dan Server Kolokasi (Colocatioan Server).Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu hosting berbagi (Shared Hosting), hosting dedikasi (Dedicated Hosting), VPS (Virtual Private Server) dan server kolokasi (Colocation Server).

Dalam memilih nama domain dan layanan hosting tentu saja sangat berbeda, karena kedua hal tersebut jelas merupakan dua hal yang berbeda. 

Dalam memilih nama domain yang harus diperhatikan adalah menyangkut dengan "keterlihatan" alamat situs web kita di mesin pencarian (Search Engine), karena itu dalam memilih nama domain tentu saja yang harus diperhatikan adalah faktor SEO friendly nya, atau dengan kata lain ramah SEO.

Tips memilih nama domain yang SEO Friendly

1. Terdapat Kata Kunci/ Keyword

Hal ini diperlukan karena akan memudahkan anda dalam mendapatkan hasil terbaik dari hasil penelusuran search engine. Selain itu juga dapat membantu dan juga memudahkan anda dalam membangun link (backlink) untuk situs web/ blog anda dikemudian hari.

Menempatkan kata kunci atau keyword didalam nama domain yang akan digunakan, sebaiknya untuk kata kunci yang dapat menggambarkan secara keseluruhan mengenai topik (niche) yang akan dibahas pada situs web atau blog anda. 

Sebagai contoh adalah blog awam bicara ini, kata kunci yang saya masukkan adalah kata kunci awam dan bicara, yang mana awam berarti orang kebanyakan, orang biasa, dan bicara, yang jika diartikan adalah orang awam yang bicara apa adanya, atau bicaranya orang-orang awam.

Atau contoh lainnya adalah jika anda membangun sebuah situs web bisnis online seperti jual beli batu akik bacan murah, maka anda bisa memilih nama domain Bacanmurah atau Akik Murah.

2. Menggabungkan Merek Bisnis dan Keyword

Menggabungkan merek bisnis/ brand usaha anda dengan kata kunci dalam nama domain situs web ini bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin menciptakan dan membangun sebuah brand atau merek usaha anda sendiri. Yang akan sangat berguna dikemudian hari, dimana brand usaha anda akan semakin dikenal dan pada akhirnya akan menjadi kata kunci sendiri dikemudian hari.
Tips Memilih Nama Domain dan Layanan Hosting yang Baik dan SEO Friendly

Contohnya adalah masih tentang blog awambicara ini. Awam bicara ini telah memiliki brand tersendiri bagi pembacanya, yang mana dalam laporan penelusuran organik google analytic, telah memiliki kata kunci brand bisnis tersendiri yakni "Awam Bicara".

3. Mudah di Ingat dan Singkat

Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca situs web/ blog anda untuk kembali berkunjung ke blog atau website milik anda. Karena itu, upayakan untuk memiliki nama domain yang hanya terdiri dari satu suku kata saja, namun jika tidak memungkinkan bisa menggunakan dua suku kata namun suku kata yang ringkas dan femiliar serta menggambarkan isi seluruh konten blog/ situs web anda. 

Nama Domain yang singkat, sederhana juga memiliki nilai tambah tersendiri bagi mesin pencari (search engine) apalagi nama domain yang singkat tadi memiliki kata kunci yang bisa mewakili isi keseluruhan blog atau website tersebut. 

Memiliki nama domain yang singkat dan memiliki kata kunci yang mewakili isi keseluruhan konten blog/ web memang bukanlah perkara mudah, karena biasanya jenis nama domain ini sudah dimiliki oleh orang lain, dan biasanya dijadikan sebagai usaha jual beli nama domain oleh para pegiat usaha jual beli nama domain.

4. Mudah Dieja

Tujuannya adalah agar pengunjung blog/ situs web anda tidak salah dalam mengetikan alamat URL situs web/ blog Anda. Tentu saja ini sangat merugikan sekali, apalagi brand usaha atau brand situs web anda telah mulai dikenal banyak orang. Jadi jika seseorang mengenal atau mendengar nama blog/ situs web anda dan langsung menuju alamat blog/ situs web anda tadi calon pengunjung tidak diarahkan ke situs web yang salah atau berbeda.

Sebagai contoh, misalkan nama blog ini menggunakan nama domain aw4mb1cara maka ketika orang mendengar awam bicara, dan dia langsung menuju situs web awambicara.id maka yang terjadi adalah pengunjung tadi langsung mengarah kepada situs web awambicara.id bukan brand aw4mb1cara,id milik kita.

5. Kata Unik

Selain memiliki keterkaitan dengan kata kunci, terkadang nama domain juga harus memperhatikan dan menemukan kata-kata unik yang memiliki "clickbait" atau memancing rasa penasaran calon pembaca blog/ situs web.

Memilih nama domain dengan kata unik dan bernuansa clickbait ini menurut saya memang cukup sulit, dan contohnya pun agak sulit untuk saya temukan. 

Namun sebagai gambaran untuk anda, menurut saya nama domain yang memiliki nuansa clickbait atau rasa penasaran calon pembaca adalah terserahdeh,com.

Nama Domain tersebut tidak mengandung kata kunci, akan tetapi sangat femiliar dan sering terdengar ditelinga orang indonesia, terutama dikalangan anak muda Indonesia jaman now. 

Yang mana juga memiliki nuansa clickbait, yakni memancing rasa penasaran, karena mempunyai kata yang sedikit mengandung atau menungkapkan sebuah sikap, sifat atau ego.

6. Tanpa Tanda Hubung dan Angka

Seperti yang telah saya bahas di point 4 Mudah Dieja, penggunaan kata hubung seperti minus (–) dan Angka akan membuat pengunjung kesulitan dalam mengingat Nama Domain situs web atau blog Anda. Dan juga akan mengakibatkan kesalahan ketik alamat URL blog atau website di aplikasi perambat di perangkat pengguna/ pembaca blog kita. 

Karena itu, hindarilah penggunaan Tanda Hubung dan Angka pada Nama Domain yang akan kita buat, contoh nya seperti yang telah dibahas di point 4 diatas untuk nama domain yang menggunakan angka, sedangkan nama domain yang menggunakan kata hubung (-) tentu anda sudah sering melihatnya internet, seperti murah-meriah,com, gadget-murah,com, dll.

Tips memilih Layanan Hosting

Hal ini adalah sebuah dilema: Penyedia layanan hosting mana yang harus dipercaya dengan situs saya? 

Bagi pengembang, blogger, pemilik usaha kecil, dan lainnya, memilih hosting sama halnya seperti mencari "pasangan hidup yang sempurna".

Jika dilakukan dengan benar, Anda bisa menghabiskan kebahagiaan seumur hidup dengan hosting yang handal dan berkinerja tinggi yang selalu tersedia melalui telepon, chat, atau email untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan anda. 

Namun, terburu-buru menjalin hubungan dengan hosting tanpa melakukan penelitian bisa menimbulkan perasaan terperangkap, disesatkan, atau diperas. Memilih hosting yang salah sering berakhir dengan sakit kepala dan juga kerugian materi yang tidak sedikit.

Saat ini saya masih dalam penelitian untuk menjalin suatu hubungan dengan jasa layanan sewa hosting. Saya memang belumlah menggunakan layanan hosting tertentu untuk blog saya ini, saya masih menggunakan blogspot. Namun, walaupun demikian saya telah mengalami pengalaman buruk dalam hal sewa layanan hosting untuk situs web kantor pemerintah tempat saya bekerja. ''

Dan saya tidak ingin hal ini terjadi pada situs web/ blog saya ini, karena itu saya menyusun panduan langkah-demi-langkah ini untuk bahan pembelajaran dan penelitian saya bagaimana saya mencari layanan hosting dan menyoroti beberapa hosting dengan fitur yang paling menarik, sebelum saya beralih dari blogspot ke layanan hosting tertentu pada saat usia blog ini genap memasuki usia 1 tahun. 

Karena saya berencana untuk menggunakan layanan hosting sendiri untuk tahun kedua dan seterusnya demi perkembangan blog awambicara ini.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Situs Web/ Blog Anda

Apa yang ingin dan akan Anda lakukan dengan situs web/ blog Anda? 

Memilih layanan hosting yang tepat dalam mendukung platform atau alat yang dibutuhkan untuk membuat situs web/ blog yang Anda inginkan, ketersediaan penyimpanan, kecepatan, serta keandalan-keandalan lain yang cukup memadai bagi situs web/ blog Anda. 
Misalnya;

Apakah situs web yang ingin anda bangun memerlukan pemrosesan pembayaran online? 

Apakah anda inign membuat situs web galeri visual? 

Atau mungkin hanya sekedar untuk menulis blog pribadi?

Anda harus bisa memilih layanan hosting yang benar-benar tepat untuk kegunaan situs web atau blog anda, dan kebanyakan layanan hosting web telah menawarkan alat dan infrastruktur pembuatan web yang mengkhususkan pada jenis situs atau fungsi tertentu. 

Yang mana bisa bermanfaat untuk jenis situs web tertentu namun tidak sesuai untuk beberapa jenis situs web lainnya. 

Dalam beberapa layanan web hosting sering kali telah menjadi paket bagian dari pembangunan situs web itu sendiri. 

2. Pertimbangkan opsi pembuatan dan bundling web

Anda dapat memilih layanan hosting yang menyediakan web-builder DIY dan ada juga layanan hosting yang hanya menyediakan layanan hosting tanpa layanan web-builder DIY, dalam artian, anda membangun sendiri situs web/ blog anda. Dan juga beberapa pilihan layanan hosting yang menggabungkan keduanya. 

Layanan hosting dan web-builder DIY (layanan gabungan)

Banyak jasa layanan hosting yang juga menawarkan layanan web-building, yang mana memungkinkan kita untuk membangun situs web sendiri serta juga mendapatkan layanan hosting sebagai bagian dari paket pembelian. 

Contoh layanan hosting web yang juga menyertakan pembangun website yakni seperti; Wix, Weebly, Squarespace, Shopify dan Blogger (google domain).
Tips Memilih Nama Domain dan Layanan Hosting yang Baik dan SEO Friendly
Untuk layanan hosting tanpa paket gabungan pembangunan website, Anda dapat memilih host web yang tidak menyertakan bangunan web jika Anda membangun situs web Anda sendiri atau menggunakan pembangun khusus yang tidak menyertakan hosting, seperti WordPress. (Anda dapat menggunakan alat WordPress untuk mempublikasikan situs Anda ke host Anda sendiri, atau menggunakan layanan hosting mereka sendiri, Bluehost.) 

3. Lakukan Penelitian

Setelah mengetahui situs web yang bagaimana yang anda butuhkan, dan layanan-layanan seperti apa yang Anda cari dalam hosting, saatnya untuk meneliti opsi hosting dan pembangun web Anda. Ada beberapa artikel mendalam yang dapat membantu Anda menemukan dan membandingkan berbagai host dan pembangun website (web-builder). (lihat thesitewizard) atau Anda dapat melakukan pencarian sendiri. Lalu buat daftar singkat pilihan utama Anda. Pikirkan kebutuhan situs web/ blog Anda untuk sekarang dan di masa depan.

4. Bandingkan Beberapa Faktor Kunci Berikut

Hal-hal khusus yang harus dicari di layanan hosting web dan pembangun situs web (wen-builder) bervariasi tergantung pada kebutuhan situs web/ blog Anda, jadi gunakan daftar di bawah ini untuk mengetahui hal-hal yang paling penting bagi situs web/ blog Anda.

A. Harga Pendaftaran dan Pembaharuan 

Selain biaya pendaftaran, pastikan untuk memeriksa tingkat perpanjangan dan untuk biaya tersembunyi atau kewajiban apa pun lainnya.

B. Kebutuhan Teknis

Pastikan layanan hosting web dan pembangun situs web (web-builder) yang Anda pilih memenuhi semua persyaratan situs Anda, dan juga memeriksa hal-hal yang mungkin Anda inginkan atau butuhkan di masa mendatang, seperti:
  • Jumlah domain yang bisa Anda host
  • Ruang server
  • Kecepatan 
  • kehandalan
  • Batas bandwidth dan penggunaan
  • Pengaturan pengelolaan
  • Kemudahan penggunaan
  • Dukungan Layanan (tersedia 24jam/7hari seminggu) 
  • Dukungan email, telepon dan livechat
  • Kustomisasi
  • Kemudahan Penyiapan
  • Kebijakan Pembatalan



Setelah memahami tips memilih nama domain dan layanan hosting yang baik dan SEO friendly, sekarang saatnya anda memilih layanan hosting yang terbaik dan lengkap.
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments