10 Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet
10 Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

10 Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Sering dilihat:

Kepanjangan atau singkatan dari Internet adalah "interconnection-networking" adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/ IP).

Pertama Kali Ada dan Pertama Kali Terjadi di Internet


TCP/ IP berfungsi sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia, yang disebut dengan internetworking atau "antarjaringan".

Adalah Leonard Kleinrock yang lahir di New York, Amerika Serikat, pada tanggal 13 Juni 1934 yang merupakan seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang disebut sebagai Bapak Internet. 

Leonard Kleinrock adalah seorang profesor ilmu komputer di UCLA Henry Samueli Sekolah Teknik dan Sains, dimana ia membuat kontribusi penting pada beberapa bidang jaringan komputer, khususnya untuk sisi teoretis jaringan computer.


Ia dikenal karena kontribusinya dalam dunia jaringan. Gagasan internet dimulai pada tahun 1959 dan pada tahun 2961 dimana karyanya yang paling terkenal dan signifikan adalah teori pertukaran paket melalui makalahnya tentang pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi.
Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Pada tanggal 29 Oktober 1969 ia menciptakan salah satu penemuan terbesar menjelang abad modern yaitu Internet yang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. 

Leonard Kleinrockpun adalah salah satu pelopor jaringan komunikasi digital, dan membantu membangun ARPANET.

Sejarah Internet

Internet pertama kali tercipta merupakan sebuah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Amerika Serikat sebagai negara yang pertama kali mengembangkan Internet melalui proyek ARPANET nya, mendemonstrasikan bagaimana kerja sebuah jaringan berupa hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Pada awalnya, fungsi dan tujuan dibangunnya proyek ini adalah untuk keperluan militer. Yang mana pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir.

Dan juga untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang yang dapat dengan mudah dihancurkan.

Jadi sejarah internet pertama kali digunakan di amerika yaitu digunakan untuk melakukan koneksi komputer-komputer di daerah-daerah vital di Amerika untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir. 

Internet pertama kali digunakan oleh ARPANET yang hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum Internet (ARPANET) diperkenalkan dan mulai dikenal pada bulan Oktober 1972. 

Dan tidak membutuhkan waktu lama, proyek ini pun berkembang pesat di hampir seluruh wilayah di Amerika, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung dalam proyek ini, sehingga ARPANET pun mengalami kesulitan dalam mengaturnya.

Karena itu ARPANET pun dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. 

Gabungan dari kedua jaringan tersebut akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Internet saat ini telah membuat dunia menjadi tempat yang sangat kecil, dengan pengaruh luasnya yang telah mengubah cara pandang kita pada dunia. 

Tetapi terlepas dari apa yang telah memberikan kita kemudahan untuk segala bentuk kehidupan kita didunia, internet juga telah memberikan lebih banyak informasi, dan itu semua berada di ujung jari kita.

Internet memiliki efek yang sangat besar pada segala sisi kehidupan masyarakat di seluruh dunia dalam berbagai cara. Namun segala kemudahan, informasi dan teknologi yang berkembang saat ini, dan telah kita nikmati secara online, semua berasal dari sebuah awal yang sangat sederhana. 

Dan bahkan tidak mustahil suatu saat nanti, dalam perkembangan besar berikutnya yang akan terjadi di garasi mendatang atau bahkan mungkin sudah terjadi di suatu tempat dan kita hanya menunggu waktunya untuk melihat dunia semakin berubah dengan segala bentuk kemudahan-kemudahannya. 

Yang mana mungkin bagi generasi sekarang, generasi Milenial, Internet telah berkembang dengan pesatnya ini bisa jadi merupakan sebuah awal yang juga kecil dimana saat pertama kali internet ditemukan dan diperkenalkan pada dunia seperti yang terjadi pada tahun 1969 lalu bagi generasi yang akan datang.

Atas semua sejarah perkembangan internet yang ada saat ini, tahukah anda bahwa hal-hal kecil dan yang PERTAMA KALI TERJADI dan yang PERTAMA KALI ADA di internet itu telah menjadi sebuah cerita sejarah yang sangat menarik untuk diikuti.

10 Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet


Untuk itu, berikut ini adalah 10 Hal yang pertama kali terjadi dan ada di Internet, apakah itu? simak ulasannya, seperti yang kami lansir dari toptenz.

#1. Domain Pertama di Dunia


Domain pertama yang terdaftar di dunia adalah Symbolics Inc yang mendaftarkan nama domain pertama dengan nama: Symbolics.com, pada tanggal 15 Maret 1985. 

Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Symbolics Inc tumbuh dari Artificial Intelligence Lab MIT, dan merupakan perusahaan pertama yang membuat komputer workstation. 

Mereka sebenarnya sangat jauh di depan dari permainan "komputer workstation", yang bahkan istilah tersebut belum tercipta atau dikenal pada saat itu. 

Perusahaan ini bangkrut pada akhir 1980-an, tetapi pemilik domain terus membayar iuran di situs web hingga Agustus 2009 ketika dijual ke XF.com Investments untuk harga yang tidak diungkapkan. 

Situs web ini sekarang menjadi semacam museumnya internet, di mana Anda dapat mengunjungi dan mempelajari fakta-fakta acak tentang Internet.

#2. Website Pertama di Dunia


Meskipun Symbolics adalah domain pertama yang terdaftar, tidak berarti itu adalah situs web pertama didunia. 
Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Bagaimanapun, internet dan World Wide Web (WWW) sebenarnya adalah dua hal yang berbeda. Dalam istilah yang paling sederhana, Internet adalah yang Anda sambungkan dan Web adalah bagaimana Anda melihatnya.

Anda mungkin ingat CERN dari foto Les Horrible Cernettes atau mungkin Large Hadron Collider? Mereka juga meluncurkan situs web pertama pada tanggal 6 Agustus 1991. 

Itu adalah halaman situs web sederhana, mirip dengan dokumen Word dengan huruf hitam dengan latar belakang putih dengan warna biru hyperlink. 

Secara singkat dijelaskan proyek W3, lebih dikenal sekarang sebagai World Wide Web.

Pada 30 April 2013 pada peringatan ke-20 pengumuman World Wide Web, CERN mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan kembali situs web tersebut. 

Mereka menemukan salinan yang dibuat pada tahun 1992, dengan harapan menggali lebih dalam arsip untuk versi yang sedini mungkin.

#3. Email Pertama di Internet dan Dunia


Email dimulai pada awal 1960-an ketika para peneliti ingin meninggalkan pesan di kotak surat untuk rekan-rekan mereka, yang hanya bisa mengakses catatan di terminal yang sama. 

Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Email komputer-ke-komputer dimulai pada tahun 1968 ketika Bolt Beranek dan Newman (BBN) dipekerjakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk bekerja pada ARPANET, Internet pertama didunia. 

Seorang karyawan BNN bernama Ray Tomlinson mulai bekerja pada protokol transfer file eksperimental yang disebut CYPNET dan melihat bahwa itu dapat digunakan bersama dengan SNDMSG, program yang dirancang untuk meninggalkan pesan elektronik. 

Dengan demikian, ia telah menemukan bahwa ia dapat mengirim pesan dari satu komputer ke komputer lain.

Tomlinson menyadari bahwa untuk melakukan ini, dia harus memiliki pengenal yang pada dasarnya disamakan dengan alamat surat. 

Saat itulah dia datang dengan salah satu ide paling inovatif, namun sangat sederhana dari awal abad ke-20, yakni dengan membuat simbol “@” untuk menghubungkan pengguna dan jaringan, karena pada saat itu, hanya simbol itulah yang paling masuk akal untuk digunakan baginya. Hal ini akan mencakup nama pengguna dan host tempat ia harus dikirim.

Pada bulan Juli 1971 Tomlinson mengirimkan email pertama di dunia ke komputer di sebelahnya, yang berbunyi, "QWERTYIOP"

Setelah mencari tahu cara mengirim pesan dari komputer ke komputer, gagasan itu berkembang menjadi pokok penting dalam kehidupan sehari-hari yang kita kenal sekarang ini.

#4. Gambar Pertama di Dunia Internet


Gambar pertama yang pernah diunggah ke World Wide Web (WWW) atau internet adalah gambar dari grup komedi cilik perempuan "Les Horrible Cernettes"

Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Kelompok ini terdiri dari asisten administrasi dan mitra peneliti di Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir (CERN). 

Silvano de Gennaro, manajer grup, mengambil gambar di belakang panggung di festival musik yang diselenggarakan setiap tahun oleh CERN. Dia photoshopped dan menyimpannya sebagai file .gif.


Bagaimana gambar khusus ini yang alih-alih sebuah gambar yang artistik atau menarik atau sesuatu yang berbasis sains menjadi sesuatu (sejarah internet) dan menjadi sebuah gambar pertama yang diunggah ke Web (internet) adalah karena fakta bahwa de Gennaro bekerja di CERN dan dekat Tim Berners-Lee, sang penemu World Wide Web (WWW). 

Ketika tiba saatnya untuk memilih gambar untuk diunggah, Berners-Lee menggunakan gambar band ini karena dia ingin menunjukkan di CERN bahwa daripada hanya menjadi sebuah cara bagi para ilmuwan untuk berkomunikasi, internet juga bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. 

Dia mengunggah gambar "les horrible cernettes" pada tanggal 18 Juli 1992, dan hingga saat ini gambar yang mengabadikan foto klip komedi ini telah menyuarakan sebuah lelucon tentang sains.

#5. Video Pertama di Youtube


Situs web ketiga yang paling populer di dunia Youtube dimulai pada awal 2005 yang dibuat oleh karyawan PayPal Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. 

Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Kisah populer, yang sekarang disengketakan Karim, adalah bahwa Hurley dan Chen berada di sebuah pesta makan malam dan sedang berjuang untuk menampilkan video, dan kesulitan-kesulitan itu menanamkan benih yang kemudian tumbuh dan menjadi ide awal berdirinya YouTube.

Mereka pertama kali mendaftarkan domain ini pada 14 Februari 2005, dan bekerja di YouTube di luar garasi selama beberapa bulan. 

Pada 23 April 2005, jam 08.27 malam mereka memposting video pertama yang disebut "Me at the Zoo".

Video 19-detik ini menampilkan Karim yang sedang berdiri di depan gajah di Kebun Binatang San Diego, yang berbicara tentang minatnya pada "hidung yang sangat, sangat, sangat panjang."

Sejak diluncurkan, YouTube telah menjadi situs video streaming yang dominan dan identik dengan video online. 

Google dan Facebook adalah situs web yang paling populer, dan diurutan ketiga adalah YouTube yang menerima setidaknya tiga miliar pengunjung setiap harinya.

#6. Streaming Live Musik Pertama di Dunia


Perbedaan utama antara munculnya World Wide Web (WWW) dan media lain seperti radio dan televisi adalah bahwa Web tidak bergantung pada umpan langsung dari suara atau video. 

Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Sebaliknya, Web pada dasarnya merupakan pembaruan dari mesin cetak. Pada awalnya itu hanya teks, dan karena teknologi menjadi lebih canggih kemungkinan untuk melakukan siaran video secara langsung muncul pada tahun 1993 pun terbuka. 

Jadi superstar musik mana tahun 1993 yang memainkan konser musik online pertamanya? Bjork? Counting Crows? atau Celine Dion?

Tidak satupun dari ketiga superstar era 90-an diatas. Bahkan sebenarnya, itu adalah sebuah band yang kurang dikenal bernama "Severe Tire Damage", yang bermain langsung di Internet untuk pertama kalinya pada tanggal 24 Juni 1993. 

STD (Severe Tire Damage) adalah band rock yang terdiri dari ahli teknologi komputer dari Digital Equipment Corp., Xerox, Apple, dan Sun, yang memberi mereka pengetahuan tentang teknologi yang disebut dengan Multicast Backbone (M-bone). M-bone memanfaatkan suara dan video dan digunakan oleh Gugus Tugas Teknik Internet.

Pada saat itu, tidak banyak orang melihat konser mereka dan mereka mungkin tidak menerima pengakuan atas terobosan yang mereka lakukan, seandainya jika bukan karena The Rolling Stones. 

Pada tanggal 22 November 1994, Rolling Stones melakukan streaming 20 menit dari konser mereka di Dallas menggunakan M-bone, dan label rekaman mempromosikannya sebagai band rock pertama di dunia maya. 

Sudah berpengalaman dalam M-bone, STD melompat di aliran yang sama dan bermain sebelum dan sesudah Rolling Stones, sebuah langkah yang mengumpulkan pengakuan mereka sebagai band pertama yang bermain online langsung.

#7. Musik Pertama yang Didownload di Dunia Internet


Sulit untuk mengatakan secara pasti lagu apa yang pertama kali ada di Internet, karena tidak ada yang benar-benar tahu apa hubungan web dengan musik di awal 1990-an. 

Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Namun, diyakini secara luas bahwa orang pertama yang memasang lagu secara online adalah dua orang yang bernama Jeff Patterson dan Rob Lord. 

Di awal tahun 1993, kadang-kadang mereka mengunggah beberapa file audio MP2 dari band punk yang dimainkan "Lord" yakni single "The Ugly Mugs" menjadi portal transfer file (FTP) portal.

The Ugly Mugs kebanyakan dimainkan di Santa Cruz, tetapi ingin mencari audiens yang lebih luas. 

Segera setelah mendapatkan musik mereka sendiri secara online, mereka mulai mengunggah band-band lokal lainnya, secara efektif menciptakan Internet Underground Music Archive (IUMA). 

Akhirnya, mereka memiliki lebih dari 25.000 band dan artis, dan lebih dari 680.000 lagu.

Single Internet pertama yang dirilis oleh label besar terjadi tidak lama berselang kemudian yakni pada tahun 1993, ketika Geffen Records merilis single "Head First" oleh Aerosmith di Internet dalam format .WAV.

#8. Barang Pertama yang Terjual di eBay


"Kisah" eBay telah menjadi legendaris, dengan ciptaannya diduga berasal dari seorang programmer bernama Pierre Omidyar yang ingin memberikan platform kepada istrinya untuk memperdagangkan dispenser Pez-nya. Yang mana secara natural legenda ini lebih menarik daripada cerita sebenarnya.

Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Pada tahun 1995, Omidyar berpikir bahwa web dapat menjadi pasar yang hebat, khususnya menggunakan format lelang untuk harga yang adil untuk setiap item. 

Dia meluncurkan situs web AuctionWeb pada 3 September 1995. Item pertama yang dijual adalah laser pointer yang rusak, yang harganya $ 14,83. 

Bingung oleh seseorang yang rela membayar uang sebanyak itu untuk barang rusak, Omidyar menyadari bahwa ia telah menemukan seseorang pembeli atau kolektor yang mengumpulkan laser pointer yang rusak.

Yang mana pada awalnya ia bertujuan untuk menjual dispenser Pez milik istirnya, ketika Omidyar meluncurkan AuctionWeb. 

Omidyar kemudian berpikir bahwa hal itu sangat menarik yang mana seorang kolektor sangat bersemangat tentang barang-barang biasa, dan tanpa ia sadari ia telah menciptakan sebuah perusahaan miliaran dolar hanya karena gagasan sederhana itu.

#9. Buku Pertama yang Dijual Amazon


Amazon.com dimulai pada tahun 1995 ketika pendirinya Jeff Bezos meninggalkan posisinya sebagai wakil presiden pada sebuah perusahaan di Wall Street. 

Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Dia pindah ke Seattle dan mulai mengerjakan situs webnya, yang awalnya dia sebut "Cadabra"

Bezos akhirnya mengubahnya menjadi Amazon karena Cadabra terdengar terlalu mirip bangkai, tetapi yang lebih penting adalah karena Amazon dimulai dengan huruf "A", yang berarti akan tinggi pada daftar yang disusun berdasarkan abjad.

Amazon awalnya diluncurkan sebagai pengecer buku online, dan buku pertama yang dijual pada bulan Juli 1995 adalah "Fluid Concepts And Creative Analogies: Computer Models Of The Fundamental Mechanisms Of Thought, by Douglas Hofstadter". 

Seorang ilmuwan komputer bernama John Wainwright membeli buku itu, dan berterima kasih atas usahanya, Amazon kemudian menamai sebuah gedung di kampus mereka dengan John Wainwright. 

Dan sekarang Jeff Bezos telah menjadi orang paling kaya didunia saat ini.

#10. Iklan Banner Pertama di Dunia Internet


Mereka mungkin menjadi sebuah kutukan bagi eksistensi situs web Anda, tetapi iklan spanduk (banner ads) sangat penting dalam menjaga Internet tetap berkembang bersama, menyediakan aliran pendapatan untuk semua situs web gratis yang anda nikmati di browing dan gadget anda.

Hal yang pertama terjadi dan ada di internet

Asal usul dari pokok dasar Internet dan e-commerce ini adalah pada tanggal 27 Oktober 1994, dimana seseorang yang bernama Joe McCambley, yang mengelola sebuah perusahaan iklan digital kecil, membuat iklan banner pertama untuk AT & T. 

Iklan Spanduk yang isinya berupa-teks-yang bertuliskan “Have you ever clicked your mouse here?”("Pernahkah Anda mengklik mouse Anda di sini?") - muncul di Hotwired.com, majalah digital pertama. 

Ketika pengguna mengekliknya, tautan membawa mereka ke situs tempat mereka dapat melakukan tur virtual dari tujuh museum terbaik dunia. Idenya adalah untuk menunjukkan bahwa AT & T dapat membawa Anda ke mana saja di Internet.


Sulit dipercaya memang, akan tetapi orang-orang benar-benar menyukainya. Hebatnya lagi 44 persen pengunjung Hotwired mengeklik iklan, dan beberapa bahkan membagikannya dengan teman-teman mereka. 

Coba anda Bandingkan dengan hari ini, ketika hanya sekitar 0,0004 persen pengunjung situs web mengeklik iklan spanduk, dan mengirimkannya kepada salah seorang teman Anda adalah merupakan cara yang baik untuk kehilangan teman anda itu. 

McCambley yakin bahwa iklannya berhasil karena itu adalah bagian dari strategi pemasaran, itu menyenangkan, dan itu tidak dibuat dengan niat buruk. Iklan spanduk saat ini tetap mendesak Anda untuk menjelajah dengan adanya iklan pop-up. 
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar