10 Negara dengan IQ Tertinggi di Dunia! Indonesia Dimana?

10 Negara dengan IQ Tertinggi di Dunia! Indonesia Dimana?

Sering dilihat:

Negara dengan IQ Tertinggi di Dunia - Ujian Nasional Berbasis Komputer siswa kelas 3 tingkat SMA akhirnya selesai, walaupun nantinya masih akan ada ujian-ujian yang lainnya.

Negera dengan IQ Tertinggi di Dunia


Namun tetap saja UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) ini dirasa sebagai sebuah perjuangan yang paling banyak memakan waktu, pikiran dan energi para peserta ujian, karena sangat menentukan apakah nanti mereka akan lulus dari sekolah atau tidak.

UNBK yang telah selesai menyisakan banyak sekali persoalan-persoalan, mulai dari errornya sistem komputer, sampai yang menjadi viral di media sosial tentang banyaknya siswa yang mengeluhkan tentang soal ujian yang dianggap sangat sulit, bahkan untuk siswa terpintar di kelas. 

Mereka menganggap tingkat kesulitan terutama soal matematika sungguh membuat mereka hampir putus asa, hingga banyak siswa yang melampiaskan keputus asaan mereka dengan membanjiri kolom komentar akun @kemdikbud.ri.
negara dengan iq tertinggi di dunia

Ada yang berkomentar serius, sampai komentar-komentar gokil yang membuat orang membacanya tertawa sekaligus miris dengan keadaan yang mereka hadapi. 

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy pun akhirnya meminta maaf terkait soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dianggap terlalu sulit oleh para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Menteri Pendidikan sendiri mengakui bahwa pemerintah memang menaikkan tingkat kesulitan soal UNBK pada tahun 2018 ini. Karena soal UNBK 2018 ini sudah menerapkan High Order Thinking Skills (HOTS). 


HOTS diterapkan untuk mendorong siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, dan dianggap penting dalam membentuk karakter siswa. 

Nah, sekarang coba kita bayangkan dunia ini adalah sekolah menengah, dan kita mendapatkan negara-negara peserta yang besar seperti Amerika Serikat, Afrika Selatan, dan tentu saja Indonesia. 

Dunia ini pasti dan akan selalu diisi dan memiliki manusia-manusia pintar, cerdas hingga super cerdas. Ilmuwan-ilmuwan dari berbagai bidang ilmu datang silih berganti pada setiap zamannya. 

Namun, kita kerap kali berpikir bahwa ilmuwan, orang-orang cerdas dan pintar selalu datang dari dunia barat. Karena tidak dapat kita pungkiri, daftar pemenang nobel di bidang ilmu pengetahuan (sience) memang sebagian besarnya datang dari belahan Eropa.

Serta kita berpikir bahwa perkembangan teknologi informasi selalu bermula dari negara-negara maju. Akan tetapi, jika kita ingin melihat lebih jauh dan lebih dalam lagi, ada banyak negara yang memiliki penduduk dengan rata-rata IQ nya sangat tinggi, serta memiliki penduduk yang cerdas-cerdas. 

Antara tahun 2002 dan 2006, sebuah studi gabungan antara Inggris dan Finlandia telah melakukan tes IQ di negara-negara di seluruh belahan dunia, dan kemudian memberi peringkat masing-masing negara dengan skor nasional rata-rata mereka. 

Walaupun studi khusus ini masih menjadi perdebatan dan kontroversial karena metodologi penelitian yang dilakukannya, akan tetapi tidak ada salahnya jika kita membuat sebuah perbandingan yang paling tidak bisa membuat kita lebih kreatif, lebih maju lagi dalam mengembangkan dunia pendidikan kita, mengingat apa yang terjadi pada UNBK tingkat Sekolah Menengah Atas yang baru selesai kemarin.

Yang pada akhirnya, tingkat kecerdasan penduduk suatu negara sebenarnya tidak terlalu berpengaruh dengan bagaimana sebuah negara memegang suatu peranan penting terhadap perkembangan teknologi dinegerinya. 

Pada kenyataannya, negara paling cerdas dan memiliki penduduk dengan IQ rata-rata tinggi adalah negara yang baik dalam keuangannya dan tentu saja yang utama adalah baik dalam sistem pendidikannya.

Negara mana sajakah itu? dan Indonesia berada dimana? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari laman toptenz.

10 Negara dengan IQ Tertinggi di Dunia


10. Austria (Rata-rata IQ 100)


Penduduk Austria memiliki IQ rata-rata sekitar 100. 

negara dengan iq tertinggi di dunia

Bagian dari kejeniusan Austria mungkin karena kekayaannya. CIA World Factbook menempatkannya sebagai negara terkaya ke-33 berdasarkan PDB per-kapita, yang terdengar tidak begitu mengesankan sampai kita menyadari bahwa Inggris yang merupakan negara yang jauh lebih besar berada di peringkat ke-40. 

Kekayaan dan pendidikan cenderung berjalan beriringan, dan anggapan bahwa Austria diuntungkan pada kedua kombinasi itu, ditambah lagi dengan populasi nya yang kecil. 

Berpenduduk sekitar 8.474 juta orang yang menyebut mereka sebagai bangsa pegunungan yang spektakuler ini, dan lebih sedikit daripada Republik Ceko, lebih sedikit dari Kuba, lebih sedikit daripada London.

Secara historis, Austria telah menempatkan otak besar mereka untuk digunakan dengan baik. Dinasti Hapsburg mereka pernah menguasai sebagian besar Eropa. Belum lagi banyak di antara orang Austria yang meraih penghargaan Nobel, yakni, total 21 orang.

9. Swiss (Rata-rata IQ 101)


Penduduk Austria memiliki IQ rata-rata 101.

negara dengan iq tertinggi di dunia

Swiss adalah tempat yang tepat jika Anda ingin jam cuckoo, cokelat segitiga, senjata, atau emas Nazi, dan juga rumah bagi beberapa orang terpintar di planet ini. 

Ya, orang Swiss tampaknya menghargai intelektualisme hampir sama seperti mereka menghargai netralitas yang meragukan secara moral, dan mereka memiliki tokoh-tokoh historis yang mendukung klaim ini. 

Di ibu kota Bern, Swiss lah seorang yang dianggap paling jenius di jagat ini, yakni Albert Einstein yang merupakan kelahiran Jerman memimpikan dan menemukan teori relativitas umumnya.

Dan sama seperti Austria, bagian utama dari penyumbang kejeniusan mereka adalah kekayaan perekonomian penduduknya. Swiss memberi bobot yang sama pada bahasa Jerman, Prancis, dan Italia, yang mungkin secara signifikan meningkatkan kecerdasan penduduknya, karena beberapa studi yang telah dilakukan menghubungkan menguasai berbagai bahasa dapat meningkatkan kecerdasan.

Di sisi lain, Swiss menjadi salah satu yang negara dengan penduduk terpintar di planet ini mungkin adalah karena asas netralitas mereka dalam setiap peristiwa yang terjadi didunia. Sehingga, mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar, ketimbang ikut berperang seperti negara-negara lainnya.

8. Mongolia (Rata-rata IQ 101)


Penduduk Mongolia juga memiliki IQ rata-rata 101, seperti halnya Swiss.

negara dengan iq tertinggi di dunia

Mongolia menjadi negara urutan ke-8 dunia dalam hal rata-rata kecerdasan penduduknya mungkin adalah salah satu hal yang mungkin sangat mengejutkan, betapa tidak! Mongolia tidaklah kaya seperti Austria dan Swiss, mengingat peringkat mereka berada di peringkat 122 berdasarkan tolak ukur PDB menurut CIA World Factbook.

Sebuah hamparan padang rumput besar yang luas dan besar di Asia, Mongolia memiliki gurun, gunung, yurt, dan hampir tidak ada yang lain, dan rumah bagi hampir 3 juta penduduk.

Yang membuat Mongolia menjadi salah satu dalam 10 daftar negara tercerdas didunia adalah mungkin karena Mongolia dapat mengelola keuangan negaranya secara efektif untuk kepentingan pendidikan, yang membuat sistem pendidikan mereka lebih baik, bahkan dari sejumlah besar negara-negara di Eropa.

Mongolia mungkin secara alami memiliki kesadaran visual-spasial yang lebih baik, memberikan nilai IQ secara keseluruhan kepada mereka sebagai dorongan tambahan.

Namun, apapun kebenaran dibaliknya, satu hal sudah jelas, jika Anda mendambakan diskusi intelektual yang gemerlap di dataran yang paling kosong yang pernah Anda lihat, maka pergilah ke Mongolia.

7. Islandia (Rata-rata IQ 101)


Penduduk Islandia memiliki IQ rata-rata 101.

negara dengan iq tertinggi di dunia

Dan dari Mongolia, kita kembali lagi ke Eropa. Kali ini di daerah yang sedikit lebih jauh dan beku di utara. Di mana “perbankan” identik dengan “kejahatan” dan musim panas adalah hanya lelucon kejam Tuhan yang melanggar hukuman musim dingin. 

Ya, Islandia adalah pulau kecil yang sangat kecil, tempat yang dulunya hanya pelabuhan nelayan, menjadi kiblat perbankan dan kasino, dan sekarang terkenal sebagai salah satu negara terkaya dan teraman di muka Bumi. 

Terbukti, semua rasa aman itu berkombinasi dengan waktu yang mungkin lebih banyak dihabiskan di dalam rumah karena menghindari cuaca dingin sehingga menciptakan negara yang sangat suka belajar.


Yang paling luar biasa dari negeri ini adalah sebelum tahun 1980-an, tanah es yang benar-benar bernama seperti apa adanya, yakni "es", sebuah pos terdepan yang membosankan dari para nelayan. 

Perekonomian mereka meledak pada tahun 80-an, bahkan meletus lebih besar lagi di tahun 90-an, dan entah bagaimana mereka berhasil keluar dari kehancuran finansial dan krisis moneter dengan mengubah seluruh negara menjadi salah satu spot wisata terbaik, terpopuler dan paling hits dunia. 

Itulah bukti bahwa orang-orang Islandia memiliki otak yang cerdas, mereka mampu memikirkan jalan keluar dari kekurangan yang dimiliki negeri mereka.

6. Italia (Rata-rata IQ 102)


Penduduk Italia memiliki IQ rata-rata 102.

negara dengan iq tertinggi di dunia

Mungkin sebagian besar dari anda berpikir, "ayolah, itu tidak mungkin! Italia memiliki kelasnya sendiri, negara yang hebat dan memiliki kepribadian yang keren. 

Kita tahu, Italia memiliki sejarah yang panjang dan termasyur sebagai kedudukan dari Kekaisaran Romawi yang besar itu, negara multi-bangsa yang membuat kemajuan ilmiah dan rekayasa yang mengejutkan pada tingkat yang biasanya disediakan untuk negara-negara dalam cengkeraman revolusi industri. 

Penyebab mereka menjadi salah satu negara yang masuk dalam daftar negara terpintar di dunia ini adalah mungkin karena masa lalu mereka yang panjang dan nilai historis yang mereka miliki sebagai salah satu lokasi pusat Kekaisaran Romawi.

Tak hanya itu, sumbangsih mereka pada sejumlah kemajuan ilmiah, industri, seni, dan kesusasteraan yang berlangsung lama, sejak 2.000 tahun lalu hingga kini, juga dianggap sebagai salah satu faktor yang patut dipertimbangkan.

5. Taiwan (Rata-rata IQ 104)


Penduduk Taiwan memiliki IQ rata-rata 104.

negara dengan iq tertinggi di dunia

Taiwan yang masuk dalam 10 daftar negara paling cerdas dan memiliki IQ tinggi di dunia ini sedikit kontroversial, karena mengecualikan Hong Kong, yang mana komunitas internasional mengakui bahwa baik Taiwan maupun Hong Kong adalah bagian dari China. 

Yup, benar sekali bahwa Taipei tidak memiliki kursi di PBB dan juga tidak termasuk dalam daftar negara resmi lainnya. Akan tetapi mereka juga sebenarnya mengatur diri mereka sendiri sepenuhnya dan menganggap mereka terpisah dari China, dan menjadi negara yang benar-benar independen seperti negara-negara didunia lainnya yang telah diakui, dan karena itulah Taiwan masuk dalam daftar ini. 

Taiwan pada hari ini adalah sebuah negara maju dan juga berpikiran maju yang berpikir sejahtera. Sebuah studi tahun 2015 oleh OECD yang membandingkan data dari 76 penelitian menempatkan pendidikan Taiwan pada peringkat ke-4 terbaik di seluruh dunia, yang mana masih sangat lebih baik dibandingkan dengan Amerika yang masuk pada peringkat ke-28, memalukan memang. 

Taiwan juga menggunakan kemakmuran negaranya untuk berinvestasi pada kaum mudanya.

4. China (Rata-rata IQ 105)


Penduduk China memiliki IQ rata-rata 105.

negara dengan iq tertinggi di dunia

Jika anda orang Taiwan dan berharap China tidak masuk dalam 10 daftar negara tercerdas di dunia ini, atau setidaknya dapat mengalahkan mereka dalam peringkat ini, kami punya berita buruk. 

IQ rata-rata penduduk China adalah 105 lebih baik dibandingkan dengan 104 Taiwan. 

Sebenarnya apa yang mendorong skor tinggi China sayangnya sulit untuk dikatakan. Beijing terkenal tidak kooperatif tentang pengungkapan data yang aktual dan berguna yang berkaitan dengan banyak bidang, termasuk pendidikan. 

Namun, tentu saja Cina memiliki pangsa yang adil dari orang-orang yang sangat cerdas. China menjadi salah satu negara yang sangat memenuhi stereotip dunia terhadapnya, di mana hampir sebagian besar orang-orangnya sangat cerdas. Tiongkok juga ketat dalam bersaing dengan dan mengungguli AS di sektor teknologi, dan sebagian besar teknologi terdepan yang paling menarik sekarang datang dari China dengan cap 'buatan China'.

3. Jepang (Rata-rata IQ 105)


Penduduk Jepang memiliki IQ rata-rata 105.

negara dengan iq tertinggi di dunia

Masih di seputaran negara dari Benua Asia, negara berikutnya di dalam daftar ini adalah salah satu yang terkenal karena teknologi, kelucuan, dan umumnya banyak melakukan hal dengan cara yang aneh. 

Yap, Jepang adalah pemimpin dunia lain yang benar-benar cerdas. Kita semua terbiasa dengan stereotip penduduk Jepang: kerja keras yang absurd. Dalam studi 2015 yang dilakukan OECD, Jepang berada di urutan keempat bersama Taiwan untuk pendidikan, di mana matematika dan sains sangat diperhatikan.

Dengan sistem pendidikan mereka yang hebat dan otak encer yang hampir dimiliki setiap warga, mungkin tidak mengherankan jika Jepang menghabiskan puluhan tahun di garis depan perubahan teknologi. Sejak lama sekali, segala sesuatu yang menarik dan penting keluar dari Tokyo.

2. Korea Selatan (Rata-rata IQ 106)


Penduduk Korea Selatan memiliki IQ rata-rata 106.

negara dengan iq tertinggi di dunia

Tahukah Anda bahwa Korea Selatan menempati peringkat ketiga dalam peringkat pendidikan global? 

IYA! Korea Selatan adalah negara yang menempati peringkat ketiga dalam peringkat pendidikan global, ingat dan catatlah referensi ini. 
Korea Selatan adalah surganya hi-tech, surganya teknologi canggih yang ada saat ini. Memiliki kecepatan internet paling cepat didunia, penggunaan smartphone yang meluas, dan semua hal lainnya yang mengarah ke seluruh industrinya orang-orang berotak encer, yang melakukan hal-hal cerdas untuk bersama-sama menjadikan dunia menjadi sebuah tempat yang pintar. 

Kembali pada abad kegelapan pertengahan abad ke-20, Pyongyang sebenarnya lebih kaya daripada tetangga selatannya dengan margin yang sangat signifikan. Korea Utara diberkati dengan dukungan moneter dari Soviet, dan memiliki kekayaan mineral dalam jumlah yang besar. 

Korea Selatan, sebaliknya, harus mengubah dirinya sendiri melalui tekad kuat semata. Kepintaran Korea Selatan mungkin datang dari fakta bahwa negara itu menjadi negara kaya saat ini dengan sistem pendidikannya yang ciamik.

1. Singapura (Rata-rata IQ 108)


Penduduk Singapura memiliki IQ rata-rata 108.

negara dengan iq tertinggi di dunia

Ketika Singapura menyatakan kemerdekaannya dari Malaysia pada tahun 1965, mereka adalah salah satu negara termiskin di dunia. Keaksaraan mereka berada di tingkat dunia ketiga. 

Awal yang buruk untuk sebuah negara yang ingin menjadi pemimpin dunia dalam bidang pendidikan, perekonomian dan kekayaan. Namun, entah bagaimana, Singapura berhasil melakukannya. 

Dari sebuah pulau kecil tanpa sumber daya alam, pemimpin yang sangat lama berkuasa Lee Kuan Yew berhasil mengubah rumahnya menjadi pembangkit tenaga listrik global. 

Dengan demikian, ia menaikkan tingkat pendidikan orang Singapura begitu tinggi sehingga mereka melaju ke tempat pertama dengan mudah dalam 10 daftar peringkat negara dengan penduduk paling cerdas dan memiliki IQ tinggi ini.

Menurut OECD, Singapura memiliki sistem pendidikan tunggal terbesar di dunia. Satu-satunya wilayah lain yang dapat menyainginya pada tingkat yang sama pada peringkat IQ tertinggi di dunia ini adalah Hong Kong.

Akan tetapi, Hong Kong bukan sebuah negara, jadi tidak dapat dimasukkan dalam daftar ini. Singapura adalah rumah bagi infrastruktur yang fantastis dengan kebersihan yang sangat ketat Anda.

Indonesia ada dimana?


Jangan berkecil hati, Indonesia masih terus berjuang (setidaknya begitu yang dikatakan oleh menteri pendidikan kita) berada di peringkat 20 dengan penduduk yang memiliki IQ rata-rata 87. Menurut laman iq-research. info.

Anak Cerdas Indonesia

Di posisi ini, Indonesia tidak sendiri, ada beberapa negara yang turut menempati posisi 20, yakni; Azerbaijan, Bolivia, Nauru, Guyana, Irak, Myanmar, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.


Namun, masih di bawah Laos yang berada di peringkat 18 dengan IQ rata-rata 89, dan Malaysia yang berada di peringkat 15 dengan IQ rata-rata 92. Dan sedikit baik dari Filipina yang berada di peringkat 21 dengan IQ rata-rata 86, yang sama-sama berasal dari kawasan Asia Tenggara.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar