Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Bergabung dengan Metaverse!

Setelah menjelaskan apa itu metaverse, dengan lebih lanjut, sekarang ini kita akan membahas tentang bagaimana cara kita bergabung kedalam dunia metaverse.

Mungkin kita sudah memiliki pemahaman tentang apa itu metaverse, namun masih belum yakin bagaimana cara untuk memulainya dan bergabung kedalam dunia metaverse. 

cara join metaverse

Jika Anda membayangkan dunia metaverse itu seperti melakukan semua aktifitas kehidupan sehari-hari secara bersama-sama diruang digital yang futuristik, mungkin terlihat agak berlebihan. 

Namun jangan pesimis dulu, sebab banyak aspek dari metaverse telah ada selama beberapa waktu, dan benar-benar dapat kita lakukan.

Cara Join Metaverse

Saat ini dunia metaverse sedang berkembang, dan jika Anda ingin ikut andil serta menjadi bagian sejarah, yang mungkin suatu saat nanti, dunia digital yang futuristik benar-benar terwujud, berikut ini panduan langkah demi langkah tentang bagaimana cara bergabung dengan metaverse.

Yang Anda butuhkan hanyalah satu hal saja, yakni "koneksi internet".

Langkah Pertama: Perhatikan Dunia Sekitar Anda

Meskipun metaverse itu berupa dunia virtual yang terpisah dari dunia fisik, namun dalam metaverse itu tidak ada yang namanya batasan.

Sehingga ada kemungkinan banyak aspek metaverse sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari Anda.

Untuk itu, jika Anda ingin bergabung, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu apa yang ada di sekitar Anda.

Seperti: pesan singkat (SMS, WhatsApp), panggilan video (video call), live streaming, search engine, belanja online, dan bahkan mungkin google asisten. 

Semua itu, walaupun belum sepenuhnya bisa dikatakan sebagai metaverses, namun semua alat-alat itu dapat membantu Anda.

Menunjukkan kepada Anda seputar dunia digital, yang akan membantu Anda melakukan kontak dengan orang lain.

Langkah Kedua: Main Videogame

Nah, mungkin banyak yang sudah melakukan ini, atau berharap hal ini (gim) dapat masuk kedalam metaverse.

Videogame adalah contoh yang paling tepat untuk menjelaskan tentang seperti apa metaverse itu

Alasan utamanya adalah kemampuan dari videogame yang dapat menunjukkan dunia digital yang sepenuhnya berkembang yang dapat dimainkan oleh siapa saja. 

metaverse game

Game-game multiplayer dengan jumlah pemain yang masif serta dunia gim yang besar dan terbuka ambil contoh Roblox, Fortnite, World of Warcraft atau Final Fantasy XIV, cenderung mendekati gagasan metaverse.

Para pemain dapat membuat avatar untuk mewakili mereka sendiri, berjalan bebas melalui dunia yang hanya ada di ruang digital, bergaul dengan orang lain, dan mengambil bagian dalam ekonomi game.

Langkah Tiga: Masuk Dunia Virtual

Zoom meeting, mengikuti konser secara virtual, atau acara ulang tahun virtual. Intinya adalah Anda bisa mencoba menggunakan ranah digital untuk hal-hal lain selain bermain game.

Berpartisipasilah dalam acara 'kehidupan nyata' yang dilakukan secara online.

Roblox, khususnya, telah bereksperimen dengan konser virtual, dengan membawa artis seperti Twenty One Pilots dan Lil Nas X dan bahkan peragaan busana Gucci.

Jika Anda ingin sesuatu yang lebih serius, Anda juga dapat mencoba mengatur rapat kerja di kantor digital. 

Atau tunggu Microsoft Teams menambahkan avatar 3D tahun depan. 

Itu semua adalah langkah-langkah menuju pengalaman pertemuan yang lebih mendalam yang kita semua harapkan untuk dilihat di metaverse.

Langkah Empat: Gunakan Virtual Reality (VR)

Namun, kita mungkin tidak selalu membutuhkan avatar-avatar tersebut. 

Bill Gates dalam blog pribadinya menulis bahwa pertemuan virtual diharapkan untuk beralih dari avatar 3D menjadi benar-benar berada di sana sendiri.

Ya tentu tidak secara fisik, tetapi dengan penggunaan VR-goggles dan bahkan mungkin sarung tangan penangkap gerak.

Oleh karena itu, langkah selanjutnya untuk bergabung dengan metaverse adalah menggunakan VR. 

Headset Oculus Quest bisa menjadi opsi terbaik, namun Anda juga bisa mendapatkan versi murahnya, seperti cukup dengan menggunakan Handphone (HP) dan beberapa aplikasi VR atau video YouTube 360.

Langkah Lima: Cari Tahu Apa itu Crypto, NFT, dan Eksperimen Metaverse

Berbeda dengan mata uang dalam videogame (robux misalnya) tidak dapat digunakan dalam dunia nyata, adapun cryptocurrency dapat digunakan di dunia nyata.

Ingatlah bahwa saya tidak meminta Anda untuk berinvestasi di Cryptocurrency atau uang digital, melainkan agar Anda bisa melihat lebih dekat dan memahami apa itu Crypto, NFT.

Koin seperti Ethereum, yang terdesentralisasi dan dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki koneksi internet, menawarkan banyak kemungkinan baru.

Lagi pula, ini bukan hanya tentang perdagangan. Melalui teknologi blockchain, Anda mungkin menjadi satu-satunya pemilik aset unik yang bahkan tidak memiliki kehadiran fisik, misalnya sebuah lagu, karya seni digital, atau bahkan perabotan virtual 3D. 

Jika Anda ingin menelusuri token non-fungible (NFT), OpenSea adalah cara terbaik untuk memulai.

pasar nft metaverse

Jika Anda benar-benar ingin membawa ini semua ke tingkat berikutnya, Anda juga dapat bergabung dengan eksperimen metaverse seperti Decentraland atau The Sandbox. 

Daftarnya gratis, akan tetapi buatlah keputusan yang tepat sebelum Anda mencoba membuat rumah virtual di sebelah selebriti ternama misalnya.

Demikianlah, 5 langkah bergabung atau join metaverse. Selamat menikmati kehidupan baru di metaverse!


TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "5 Cara Bergabung dengan Metaverse! "