Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Super Lulus Semua Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan 2020

Siapa bilang tamatan SMA/ SMK tidak bisa jadi PNS?

tips lulus seleksi sekolah kedinasan (dikdin)

Selain melalui jalur seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham, tamatan SMA/ SMK sederajat BISA jadi PNS di instansi-instansi lainnya!

Tapiii.., tentu saja hanya bisa dilakukan lewat jalur Sekolah Kedinasan atau Sekolah Ikatan Dinas, (Dikdin) serta teruntuk mereka yang baru lulus, atau yang akan lulus SMA sederajat tahun ini.

Perguruan Tinggi Kedinasan atau Sekolah Kedinasan adalah salah satu alternatif pilihan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, namun tidak memiliki kemampuan dalam bidang ekonomi.

Tips Super Lulus Seleksi Sekolah Kedinasan (Dikdin) 2020

Karena untuk masuk perguruan tinggi negeri ataupun swasta membutuhkan biaya kuliah yang tidak murah, mulai dari biaya hidup untuk mereka yang dari perantauan maupun biaya kuliahnya sendiri.

Perguruan Tinggi Kedinasan adalah solusi paling praktis dan paling tepat untuk anak-anak yang memiliki kepintaran akan tetapi dari keuarga yang memiliki kemampuan ekonomi kurang.

Sekolah Kedinasan (Dikdin)/ Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) selain gratis, siswa-siswi atau taruna-taruni nya malah akan mendapat uang saku, dan saat lulus langsung diangkat menjadi PNS. 

Bahkan tidak hanya itu, untuk beberapa Perguruan Tinggi Kedinasan ketika mereka lulus, selain langsung diangkat jadi Pegawai Negeri Sipil, ada yang bisa langsung menduduki jabatan tertentu. 

Tanggal 9 hingga 30 April 2020, pemerintah telah membuka pendaftaran untuk 8 Sekolah Kedinasan Kementerian/ Lembaga untuk foramsi tahun 2020.

Tips Lulus Semua Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan

Adapun kedelapan K/L tersebut, antara lain:
  • Kementerian Keuangan (PKN STAN)
  • Kementerian Dalam Negeri (IPDN)
  • Badan Siber dan Sandi Negara (STSN)
  • Kementerian Hukum dan HAM (POLTEKIP dan POLTEKIM)
  • Badan Intelijen Negara (STIN)
  • Badan Pusat Statistik (POLITEKNIK STATISTIKA)
  • Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
  • Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, POLTEK dan Akademi).
Untuk itu, kami dari awambicara ingin membantu adik-adik tamatan SMU/ SMK sederajat yang bercita-cita ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil melalui jalur Sekolah Kedinasan (Dikdin), berupa tips dan trik untuk menyiasati masuk Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

#1. Tahapan Seleksi Tes Administrasi

Yang pertama sekali yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan segala persyaratan administrasi yang dibutuhkan, sesuai dengan Perguruan Tinggi Kedinasan yang anda pilih. 

Yang mana syarat-syarat administrasinya telah diumumkan di portal resmi http://dikdin.bkn.go.id dengan melihat pengumuman dari sekolah kedinasan yang menjadi pilihan anda.

Seperti:
  • Nilai rata-rata ujian di ijazah 70,00 dengan skala 100,00
  • Untuk calon lulusan SMU/ SMK sederajat tahun 2019:
  • Nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00.
  • Nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
Mempersiapkan kelengkapan surat-surat yang dibutuhkan, seperti;
  1. SKCK dan diperbanyak/ Foto Copy SKCK /SKKB dan tidak lupa untuk dilegalisir
  2. Perbanyak Foto Copy Kartu Keluarga dilegalisir di Dinas  Kependudukan dan catatan sipil
  3. Surat Keterangan belum Menikah dilegalisir di KUA anda berada
  4. Foto Copy KTP orang tua dan yang bersangkutan
  5. Foto Copy Akte Kelahiran dilegalisir di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil 
  6. Pendaftaran seleksi Administrasi dilakukan secara Online, jadi persiapkan persyaratan berupa hard copy dan soft copy untuk di upload.

#2. Tahapan Seleksi Tes Kesehatan

Tahapan seleksi tes kesehatan merupakan sebuah keharusan, dan akan selalu diadakan oleh pemerintah dalam setiap penerimaan taruna-taruni/ siswa-siswi sekolah kedinasan. 

Untuk itu, bagi adik adik yang ngebet ingin menjadi PNS, dan ingin kuliah namun tidak ada biaya, ada baiknya mulai dari sekarang dijaga kesehatannya, jaga pergaulannya, jauhi narkoba dan rokok, terapkan sedini mungkin pola hidup sehat.

Tips seleksi tes kesehatan sekolah kedinasan

Sebelum tes berlangsung, lakukan pemeriksaan diri secara keseluruhan di Rumah Sakit atau Klinik untuk:

1. General chek up tes kesehatan luar seperti:
  • Tes mata, 
  • Buta warna, 
  • Gigi dan mulut, 
  • THT, 
  • Tekanan darah, 
  • Postur, 
  • Varises,
  • Varikokel, 
  • Tinggi badan
  • Berat badan, dll 
2. General chek up tes kesehatan dalam seperti: 
  • rontgen paru-paru, 
  • detak jantung,
  • Urine
  • Darah
Sebelum melakukan general chek up kesehatan, ada baiknya anda berpuasa sejak pukul 21.00 WIB pada malam sebelum tes berlangsung hingga telah menjalani test urine. 

Apabila terdapat beberapa hal atau ditemukannya beberapa penyakit yang nantinya dapat menggugurkan anda pada tes kesehatan, segeralah berobat dan konsultasikan dengan dokter.

#3. Tahapan Seleksi Tes Kesamaptaan

Tes kesamaptaan merupakan tahap seleski yang mengandalkan kekuatan fisik, seperti tes ketahanan lari.

Tes ketahanan lari ini biasanya berlangsung selama 12 menit dengan kriteria nilai paling besar, untuk itu bagi anda yang belum terbiasa atau masih pemula, dan supaya memiliki daya tahan tubuh yang baik, lakukanlah latihan fisik secara rutin yakni lari pada siang hari.

Ingatlah, jangan pernah menganggap remeh setiap tahapan seleksi yang dilakukan, karena jika anda tidak lulus dalam satu tahapan saja, maka impian anda untuk menjadi PNS akan sirna. Karena itu, jika anda tidak pernah latihan fisik lari secara rutin, berlatihlah dari sekarang.

Selain itu lakukan juga latihan push up, pull up dan sit up, minimal setiap harinya 5 kali, serta latihan renang 25 hingga 50 meter. 

Lakukanlah latihan fisik secara rutin dan teratur.

#4. Tahapan Seleksi Tertulis Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Dari semua tahapan seleksi penerimaan siswa-siswi dan taruna-taruni sekolah kedinasan pemerintah ini, seleksi ujian tertulisnya adalah merupakan tahapan seleksi terpenting yang harus dipersiapkan.

Tahapan seleksi pelaksanaan tes tertulis Tes Kompetensi Dasar (TKD) ini adalah menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) atau komputerisasi. 

TKD ini terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris (TBI).

Karena itu Anda harus benar-benar mempersiapkan diri dan mulai belajar sedini mungkin tipe soal serta bentuk soal yang akan diujikan. Berlatihlah mengerjakan soal dengan cepat karena saat tes nanti waktu yang diberikan sangat terbatas.

Untuk itu, kami di awam bicara telah menyediakan berbagai tipe dan bentuk soal beserta simulasi CAT nya untuk anda dalam mempersiapkan diri anda agar bisa lulus dan diterima sebagai taruna-taruni sekolah kedinasan yang pada akhirnya nanti akan diangkat sebagai CPNS/ PNS.

Sebagai bahan belajar contoh soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan dalam memperkaya perbendaharaan soal untuk anda anda bisa melihat di Tips Super Lulus Tes CPNS 2019 - Contoh Soal, Kunci Jawaban dan Trik Menjawabnya. 

Dan untuk Simulasi CAT nya dapat anda ikuti tautan ini Simulasi CAT

#5. Tahapan Seleksi Tes Wawancara (Interview)

Dalam tahapan seleksi tes wawancara anda harus mempersiapakan banyak materi seperti pengetahuan tentang UUD, Sejarah , Pancasila dan yang paling penting adalah Mental Ideologi anda.

Untuk menghadapi tes wawancara, berikut beberapa contoh pertanyaan dan jawaban wawancara kerja untuk Anda pelajari: Tes Wawancara Kerja  

#6. Tahapan Seleksi Penentuan Tahap Akhir (Pantukhir)

Adalah merupakan tahapan seleksi tes tingkat pusat dan tingkat terakhir yang biasanya berisi dengan semua tahapan seleksi tes yang diulang kembali dan biasanya ditambah dengan KESWA (kesehatan jiwa).

Kesimpulannya adalah seleksi masuk sekolah kedinasan ini terdiri dari beberapa tahapan. Jika calon siswa-siswi dan taruna-taruni tidak melakukannya secara benar, maka mereka akan langsung gugur dan harus mengubur asanya untuk diterima di sekolah impian dan diangkat sebagai PNS.

Tahapan seleksi masuk sekolah kedinasan memiliki perbedaan dengan seleksi tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Banyaknya jumlah peserta tentu saja sama dengan banyaknya pesaing dan akan menjadi tantangan besar bagi calon siswa-siswi dan taruna-taruni untuk lolos hingga tahap akhir seleksi (pantukhir).

Namun, jika semua tips dan trik diatas anda lakukan dengan benar dan teratur dan penuh semangat, maka anda tidak perlu khawatir, tidak ada yang tidak mungkin.

Singkat kata, beberapa tips cerdas yang dapat disiapkan sebelum mengikuti seleksi sekolah ikatan dinas tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Siapkan Berkas dengan Benar dan Lengkap

Karena tahapan seleksi administasi adalah tahapan awal sekolah kedinasan untuk menyortir calon siswa-siswi dan taruna-taruni yang layak maju ke proses selanjutnya. Oleh karena itu, pastikan segala dokumen, seperti rapor, KTP, akta kelahiran, surat rekomendasi, kartu keluarga, dan data-data lainnya lengkap dan sudah diperbanyak dan dilegalisasi.

2. Belajar Contoh-contoh Soal

Tahapan selanjutnya, calon taruna akan melewati sejumlah tes tertulis, meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemempuan Dasar (TKD), Tes Kemempuan Bidang (TKB), dan psikotes, serta tes wawancara.

Untuk itu, pelajari tipe-tipe soal dan bentuk soal yang akan diujikan. Berlatihlah mengerjakan soal dengan cepat karena saat tes nanti waktu yang diberikan sangat terbatas.

3. Kuasai Kemampuan Bahasa dan Keterampilan

Kemampuan bahasa Inggris dan keterampilan komputer merupakan salah satu modal penting dalam menjalani seleksi masuk sekolah kedinasan. Tes ini juga menjadi salah satu tahapan penting yang menentukan calon siswa dan taruna untuk lolos ke tahapan berikutnya.

4. Siapkan Mental

Kondisi mental yang baik sangat mempengaruhi seseorang dalam mengerjakan setiap tahapn seleksi tes masuk sekolah kedinasan.

Jangan terlalu stres ketika akan menghadapi ujian. Tidur yang cukup dan mengonsumsi vitamin sebelum menghadapi setiap tes yang diberikan.

5. Jaga Kesehatan

Kesehatan tubuh merupakan faktor yang sangat penting saat menjalani tahapan seleksi sekolah kedinasan.

Terutama sebelum menjalani tes kesehatan, pastikan bahwa kondisi anda dalam keadaan benar-benar fit.

Lakukan pemeriksaan diri secara keseluruhan sebelum tes berlangsung. Setelah mengetahui penyakit-penyakit yang dapat menggugurkanmu dalam tes kesehatan, berobatlah dan berkonsultasilah dengan dokter.

6. Utamakan Kejujuran

Kejujuran adalah juga merupakan salah satu faktor penting lainnya dalam tahapan proses seleksi sekolah kedinasan, terutama pada saat tes wawancara.

Jawablah segala pertanyaan dengan jujur, sopan, dan menggunakan bahasa yang formal. Di samping itu, kejujuran juga penting saat melakukan pengumpulan dokumen.

Jangan berani-berani memalsukan atau memanipulasi data karena bisa membuatmu langsung gugur dalam proses seleksi.

Selamat berjuang, yakinlah anda bisa. Selalu berusaha, belajar dan berdoa, semoga anda bisa lulus dan diterima sebagai praja sekolah kedinasan yang pada akhirnya nanti akan diterima dan diangkat sebagai PNS. Sukses!

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Tips Super Lulus Semua Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan 2020"