Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Dibuka Akhir Tahun, Pendaftaran CPNS 2019 Prioritaskan Tenaga Guru dan Kesehatan!

Penerimaan CPNS 2019 ini dipastikan akan diprioritaskan untuk Tenaga Guru dan Kesehatan. 

Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan, kekurangan tenaga guru ini sebesar 700ribu orang, namun untuk tahun 2019 ini akan dibuka untuk 100ribu formasi.

Prioritas Tenaga Guru dan Kesehatan


Dan khusus pada tahun 2019 ini, akan ada formasi khusus untuk posisi guru dan tenaga kesehatan.
Pendaftaran CPNS 2018 Prioritaskan Guru dan Kesehatan

Formasi guru dan tenaga kesehatan ini di luar dari teknis yang telah ditetapkan oleh Kementerian PAN-RB. 

Sedangkan khusus guru honorer akan ada teknis khusus yang dilakukan dalam menyeleksi tenaga honorer yang selama ini menanti kepastian status mereka, setelah adanya undang-undang ASN yang baru.

Undang-undang ASN yang baru tidak lagi bisa membuka pengangkatan tenaga honorer, baik itu guru honorer tanpa tes, seperti yang terjadi beberapa tahun silam.

Karena itu, bagi yang telah memenuhi syarat dan masuk kedalam kategori Honorer K2 juga harus mengikuti tes seleksi penerimaan CPNS, yang dilakukan secara terbuka.

Seleksi Penerimaan CPNS dari Tenaga Honorer K2 Guru dan Kesehatan


Namun begitu menurut Menpan-RB, seleksi penerimaan CPNS khusus tenaga honorer K2 guru dan kesehatan akan ada seleksi khusus, namun tetap dilaksanakan secara terbuka.

Berita seputar pembukaan pendaftaran penerimaan CPNS 2019 ini sempat menjadi tidak jelas dan simpang siur.

Pada mulanya pemerintah menjadwalkan akan membuka pendaftaran penerimaan CPNS 2019 pada bulan April-Mei 2018.

Siaran Pers Menteri PAN-RB


Namun kemudian ditunda dan diundur lagi hingga Pilkada serentak 27 Juli 2018. 

Kepastian pembukaan pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka pada akhir Juli ini diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) sendiri.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi kepegawaian nasional di jakarta pada tanggal 11 Juli 2018 kemarin.

Pengumuman Pendaftaran CPNS 2019


Akan tetapi, waktu penerimaan seleksi CPNS 2019 yang direncanakan bakal digelar akhir tahun 2019 ini masih fleksibel, berkaitan dengan penyusunan formasi. 

Yang artinya tentu bakal ada perubahan jadwal pembukaan pendaftaran dan seleksi penerimaan CPNS 2019.

Hal ini juga diungkapkan oleh Menteri PAN-RB, karena merumuskan dan menyusun formasi yang sesuai untuk CPNS 2019, memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Walaupun pembukaan pendaftaran dan seleksi penerimaan CPNS 2019 ini diungkapkan oleh Menteri PAN-RB akan dibuka pada akhir Juli 2019 masih fleksibel.

Jadi tidak ada salahnya untuk Anda yang menanti pengumuman penerimaan CPNS 2019 ini mempersiapkan diri.

Sedangkan untuk pengumuman resminya sendiri anda dapat melihat di portal resmi pemerintah, baik di situs web ataupun di akun media sosial resmi pemerintah, yang bisa anda lihat di Pengumuman Resmi CPNS 2019 dan Persyaratan Pentingnya.

Persyaratan Penting Pendaftaran CPNS 2019


Kementerian PAN-RB juga menyebutkan kepada masyarakat yang ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2019 ini untuk  mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang nanti akan ditentukan.

Terutama yang paling penting adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga.

Karena banyak peserta yang gagal ikut seleksi penerimaan CPNS pada tahun yang lalu dikarenakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu keluarga (KK) yang belum terdaftar di Disdukcapil.

Akhir Juli Pendaftaran CPNS 2018

Untuk itu, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga anda sudah terdaftar di Disdukcapil.

Jika belum, segeralah lakukan pendaftaran agar NIK dan Nomor KK Anda terdaftar disana.

Siap Menghadapi Seleksi Penerimaan CPNS 2019


Persiapkanlah diri Anda sedini mungkin, jangan sampai persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah menjadi penghalang dan pengganggu konsentrasi anda dalam menghadapi seleksi nanti.

Jika semua persyaratan yang diperlukan telah siap (untuk persyaratan SKCK, lihat: Syarat Membuat dan Memperpanjang SKCK) saatnya anda mempersiapkan kemampuan akademik Anda.

Untuk mempersiapkan kemampuan akademik anda silahkan lihat: Cara Super dan Tips Jitu Lulus Tes CPNS 2019.

Saat artikel ini dibuat, situs resmi pendaftaran CPNS 2019 (sscn.bkn.go.id) belum bisa dibuka, dan hanya menampilkan pesan: "Portal SSCN saat ini belum dapat diakses sampai pengumuman resmi dari Pemerintah terkait penerimaan CPNS 2019".

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Dibuka Akhir Tahun, Pendaftaran CPNS 2019 Prioritaskan Tenaga Guru dan Kesehatan!"