Cara Super dan Tips Jitu Lulus Tes CPNS 2018
Cara Super dan Tips Jitu Lulus Tes CPNS 2018

Cara Super dan Tips Jitu Lulus Tes CPNS 2018

Sering dilihat:

Tips Jitu Lulus Tes CPNS 2018 - Pengumuman resmi dari pemerintah tentang penerimaan CPNS 2018 belumlah dilakukan, namun antusiasme masyarakat dalam mencari informasi kapan jadwal resmi pendaftaran penerimaan CPNS 2018 sangat tinggi dalam beberapa hari belakangan ini.

Tips Jitu Lulus Tes CPNS


Tips Jitu Lulus Tes CPNS 2018
Masyarakat masih sabar menunggu sejak dari adanya keinginan pemerintah untuk membuka pendaftaran penerimaan CPNS 2018 karena banyaknya PNS yang memasuki usia pensiun, sejak dari akhir tahun 2017 yang lalu.

Awalnya pemerintah berencana akan membuka lowongan CPNS 2018 pada bulan April-Mei 2018, namun kemudian ditunda setelah Pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018 kemarin.

Sekarang Pilkada serentak telah selesai dilaksanakan, dan masyarakatpun berharap-harap cemas, apakah benar pemerintah akan membuka lowongan penerimaan CPNS 2018.

Karena hingga hari ini, masih belum ada informasi terkini mengenai kapan jadwal pasti Penerimaan CPNS 2018 ini.

Akan tetapi jika dilihat dari situs resmi kegiatan Kementerian PAN RB, pemerintah dipastikan akan membuka lowongan CPNS 2018. Hanya saja hingga saat ini pemerintah masih mengkaji segala aspek dalam penerimaan CPNS 2018 nanti.

Tips Jitu Lulus Tes CPNS 2018

Semua dilakukan pemerintah agar dengan perencanaan yang matang penerimaan CPNS 2018 ini berjalan mulus dan sesuai dengan harapan pemerintah, yakni mempersiapkan aparatur negara yang professional dalam menghadapi era Industri 4.0.

Pekerjaan sebagai abdi negara (PNS) hingga saat ini masih menjadi primadona, hingga seakan-akan tidak ada pekerjaan lain yang lebih baik dibandingkan dengan PNS.

Karena itu, disetiap seleksi penerimaan CPNS, jumlah pesertanya selalu bertambah, hingga mencapai jutaan pelamar setiap ada pembukaan penerimaan tes CPNS.

Jadwal Pembukaan Pendaftaran CPNS 2018


Anda mungkin adalah salah satu dari sekian juta orang yang juga menanti dan menunggu pengumuman resmi dari pemerintah seputar informasi lowongan dan pendaftaran penerimaan CPNS 2018 ini.

Jika iya, jangan sampai anda salah dan terperangkap dalam modus penipuan seputar penerimaan CPNS yang marak terjadi.

Karena itu untuk mendapatkan informasi yang akurat seputar pembukaan pendaftaran penerimaan CPNS 2018, anda bisa melihat kanal resmi dari pemerintah, atau terus ikuti blog awambicara ini, karena hanya memberikan informasi yang dikeluarkan pemerintah, tidak yang lain.

Jika Anda adalah salah satu dari sekian juta orang yang menanti dan menunggu jadwal resmi pendaftaran penerimaan CPNS 2018, dan sambil menunggu informasi resmi dari pemerintah, ada baiknya anda mulai mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

Agar anda bisa lulus dan diterima sebagai PNS, ada beberapa cara super dan tips jitu untuk Anda dalam menghadapi tes CPNS 2018 nanti, dan telah kami rangkum di sini.

Dan semua cara, tips dan trik menghadapi ujian atau tes seleksi penerimaan CPNS telah kami berikan di blog awambicara ini. 

Jadi, sambil mencari informasi jadwal resmi pendaftaran penerimaan CPNS, anda juga bisa belajar dan mulai mempersiapkan diri dengan berbagai bentuk soal, kunci jawaban serta tips dan trik menjawabnya di awambicara ini.

Berikut ini adalah beberapa cara atau tips super lulus tes CPNS 2018.


Membaca Buku-buku Tes CPNS


Untuk lulus dalam tes apapun juga, baik itu ujian sekolah, ujian masuk perguruan tinggi, ataupun tes masuk kerja di perusahaan swasta maupun BUMN, adalah dengan belajar.

Dan belajar bisa dilakukan dengan membaca buku-buku. Dalam hal menghadapi tes seleksi penerimaan CPNS, buku yang harus anda baca dan pelajari adalah buku-buku tes CPNS.

Cara Super Lulus Tes CPNS 2018

Anda bisa membeli buku-buku tips jitu lulus tes penerimaan CPNS ditoko-toko buku dikota anda, baik di salemba ataupun gramedia.

Atau jika anda tidak ingin mengeluarkan uang, anda bisa googling, tepatnya anda bisa mengikuti portal awam bicara id ini.

Karena disini telah kami berikan beragam bentuk soal tes penerimaan CPNS, baik itu yang termasuk dalam Tes Kompetensi Dasar, yakni Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) ataupun Tes Kompetensi Bidang.


Karena bentuk dan jenis soal yang kami berikan berasal dari sebuah modul yang telah admin pelajari dan buktikan sendiri, karena admin pun saat ini berstatus PNS di salah satu Instansi Pusat pemerintah.

Selain itu, jumlah soalnya pun banyak dan beragam, sehingga dapat dipastikan akan menambah perbendaharaan soal-soal tes CPNS Anda.

Dan terakhir, kami tidak hanya memberikan soal-soalnya saja, namun juga kami sertakan dengan kunci jawabannya. Bahkan tidak hanya itu, kami juga menyertakan tips-tips nya, serta cara atau trik dalam menjawabnya.

Sehingga akan lebih memudahkan Anda nanti dalam menjawab semua soal tes CPNS dalam waktu singkat.

Latihan Simulasi Computer Assited Test (CAT)


Selain membaca buku, atau belajar dari contoh soal cpns dari kami, serta mengikuti dan mempelajari trik yang telah kami berikan, anda juga bisa melakukan latihan dengan melakukan simulasi Computer Assisted Test (CAT).

Simulasi Computer Assited Test (CAT) ini bisa anda lakukan di portal resmi BKN, namun jika anda merasa soal yang diberikan disana masih kurang banyak dan kurang beragam, anda juga bisa mengikuti simulasi CAT tes CPNS dari kami.

Semua adalah agar Anda lebih siap lagi dalam menghadapi dan menjalani ujian yang sebenarnya nanti. 

Dan pada akhirnya nanti Anda lulus serta bisa diterima dan diangkat sebagai PNS, yang mungkin merupakan pekerjaan idaman dan cita-cita Anda.

Kisi-Kisi Soal Tes CPNS dari BKN


Sebagai gambaran, setiap penerimaan CPNS, pemerintah akan terlebih dahulu membuat dasar hukumnya, yakni berupa Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), serta Peraturan Kepala BKN.

Dalam peraturan-peraturan tersebut, biasanya yang disebutkan selain mengenai jadwal dan tata cara penerimaan CPNS, juga memuat tentang materi serta bentuk dan jenis soal tes CPNS.

Seperti pada penerimaan CPNS 2017 kemarin, yakni dalam peraturan Menteri PAN RB Nomor 20 Tahun 2017.

Dan menurut kami, tidak ada salahnya anda mendowload peraturan Menteri PAN RB Nomor 20 tahun 2017 tersebut dan melihat kisi-kisi soal tes cpns tahun yang lalu.

Sedangkan untuk tahun 2018 ini, seperti yang kami lansir dari situs BKN, dan mengikuti berita perkembangan informasi penerimaan CPNS 2018.

Peserta CPNS 2018 ini perlu lebih mempelajari soal-soal tes CPNS yang berkaitan dengan sejarah bangsa Indonesia, rasa kebangsaan (NKRI) dan Pancasila yang termasuk dalam Tes Wawasan Kebangsaan.

Contoh soal dan kunci jawaban tentang sejarah bangsa Indonesia, rasa kebangsaan (NKRI) dan Pancasila pun telah kami berikan di blog awam bicara ini. Anda tinggal lihat di sub menu TWK, atau bisa dengan menggunakan menu search/ pencarian kami.

Dan sebagai informasi tambahan untuk Anda. Kategori Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah salah satu tes cpns yang banyak menggugurkan peserta tes CPNS.

Jadi, sekali lagi, jangan pernah anda menganggap remeh tes TWK ini, pun terhadap bentuk tes yang lain, baik itu TIU ataupun TKP. 

Padahal, TWK ini sangat penting, karena Anda disini mau bekerja sebagai Abdi Negara, jadi seorang Abdi Negara harus tahu mengenai sejarah bangsanya sendiri.

Menghadapi tes TWK ini, tidak ada trik khusus seperti yang saya bahas di tes TIU. 

Disini yang terpenting adalah hafalan Anda. Namun ada cara yang lebih mudah dalam menghafal atau mengingatnya, yakni dengan memahami peristiwa sejarahnya, maka anda akan lebih mudah mengigat nama, tanggal dan dokumen-dokumen terkait sejarah.

Mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel) Lulus Tes CPNS 2018


Saya tidak akan membatasi Anda dalam belajar. 

Jika Anda merasa contoh dan bentuk soal serta tips jitu dan trik menjawab soal tes CPNS di awam bicara ini masih kurang, Anda dapat mencari di portal atau blog lain, atau juga bisa membeli buku dan mengikuti bimbel (Bimbingan Belajar Lulus Tes CPNS 2018).

Mempersiapkan Diri Menghadapi Tes CPNS 2018


Jika menjadi PNS adalah pekerjaan primadona dan cita-cita Anda, maka jangan kendor, teruslah belajar dan tetap semangat. Pergunakan waktu anda sebaik-baiknya untuk belajar mempersiapkan diri Anda menghadapi tes CPNS.

Untuk itu, persiapkan diri Anda dengan mempelajari semua bentuk soal sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan BKN/ Pemerintah.

Bidang soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) mencakup materi soal:


Materi TWK Soal CPNS


TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) pilar kebangsaan Indonesia. Empat pilar itu meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Indoensia (NKRI).

NKRI mencakup sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Materi TIU Soal CPNS


Materi kedua soal CPNS adalah Tes Intelegensi Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis.

Tes ini juga untuk menilai kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

TIU juga untuk mengetahui kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis, dan kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Materi TKP soal CPNS


Adapun Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi.

Orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas.

Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.

TKP juga untuk menilai kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Bidang Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)


Selain bidang soal SKD atau TKD diatas, masih ada tes terakhir yakni bidang soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB/ TKB). 

Seleksi Kompetensi Bidang ini dilaksanakan oleh masing-masing instansi dimana Anda mendaftar untuk melamar CPNS.

Jika tahun 2017, instansi penerima CPNS tidak diwajibkan untuk mengadakan seleksi kompetensi bidang (SKB), namun pada tahun ini, semua instansi baik pusat maupun daerah, harus melakukan SKB.

Demikianlah tips jitu lulus tes CPNS 2018 dari kami, semoga bermanfaat. Terimakasih.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar