@BKNgoid: "Lebih Baik Pelajari Tes Wawasan Kebangsaan"
@BKNgoid: "Lebih Baik Pelajari Tes Wawasan Kebangsaan"

@BKNgoid: "Lebih Baik Pelajari Tes Wawasan Kebangsaan"

Sering dilihat:

Melalui akun media sosial twitter resmi @BKNgoid dijelaskan bahwa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN dan salah satunya adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Tes Wawasan Kebangsaan


Para peserta akan mendapat 100 soal pilihan ganda dengan waktu pengerjaan selama 90 menit. 
belajar tes wawasan kebangsaan

Tes atau Seleksi Kemampuan Dasar ini meliputi tiga item, yaitu:
  • Tes Wawasan Kebangsaan 
  • Tes Intelejensi Umum 
  • Tes Karakteristik Pribadi

Dengan jumlah soal yang akan diujikan dalam Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS 2018 untuk:
  • TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) 35 soal, 
  • TIU (Tes Intelegensia Umum) 30 soal
  • TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 35 soal


Semua tahapan seleksi baik itu SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) ataupun SKB (Seleksi Kemampuan Bidang), akan dilaksanakan dengan sistem CAT BKN.

Masih melalui akun media sosial twitter resmi BKN, admin @BKNgoid juga menjelaskan kepada #SobatBKN untuk mempelajari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sambil menunggu pengumuman resmi. 

Daripada menanyakan hal yg sama terus menerus dan jawabannya pun tetap sama, belum ada info resmi terkait persyaratan, kapan, dan ketentuan penerimaan CPNS 2018.

Hal ini terungkap, dikarenakan banyaknya #SobatBKN menanyakan tentang informasi pasti, kapan akan dibukanya penerimaan CPNS 2018.

Nampaknya, Tes Wawasan Kebangsaan ini menjadi sebuah tes yang sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai.

Karena saat konferensi pers di kantor pusat BKN pada tahun 2017 silam, BKN pun menjelaskan tentang Tes Wawasan Kebangsaan ini, dimana para peserta diharapkan untuk belajar mengenai sejarah Indonesia, rasa kebangsaan Indonesia dan Pancasila.

Dijelaskan bahwa tes wawasan kebangsaan ini menjadi hal yang sangat penting bagi peserta seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS), karena PNS merupakan abdi negara yang harus dan perlu untuk mengatahui sejarah bangsanya sendiri, Indonesia.

Dari pengamatan BKN, sejak seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terakhir pada tahun 2014, banyak para peserta CPNS gagal melewati ujian tes wawasan kebangsaan ini.

Jadi, saran admin @BKNgoid kepada masyarakat yang antusias mengikuti perkembangan informasi penerimaan CPNS 2018 untuk mempelajari tentang tes wawasan kebangsaan ini sangat tepat dan beralasan.

Karena itu, ada baiknya untuk Anda yang ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2018, mulai mempersiapkan diri sebaik dan sedini mungkin untuk mempelajari materi soal tes wawasan kebangsaan ini.
Tes Wawasan Kebangsaan adalah untuk mengukur kemampuan para peserta dalam mengimplementasikan 4 Pilar Kebangsaan Indonesia, yakni: 
  • Pancasila
  • UUD 1945
  • NKRI (sistem tata negara, sejarah perjuangan, peranan dalam regional maupun global serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar)
  • Bhinneka Tunggal Ika

Tes Wawasan Kebangsaan ini adalah salah satu tes yang cukup sulit, hingga banyak membuat para peserta seleksi CPNS gagal mencapai Passing Grade.

Banyaknya materi yang harus di pelajari dan dihafalkan pada Tes Wawasan Kebangsaan ini, membuat banyak para peserta yang kewalahan dalam mempelajarinya.

Pemerintahpun telah menjelaskan bahwa penerimaan CPNS 2018 ini diprioritaskan untuk mewujudkan birokrasi Indonesia yang berkelas dunia pada tahun 2024.

Karena itu, ASN/ PNS yang profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki daya hospitality, entrepreneurship, dan networking, sangat dibutuhkan negara saat ini.

Selain itu, tentu saja juga harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dan juga berintegritas.

4 Pilar Kebangsaan Indonesia


Tes Wawasan Kebangsaan merupakan salah satu poin tes CPNS untuk mengukur serta menilai rasa nasionalisme, integritas, hospitality, dan networking para peserta seleksi penerimaan CPNS dalam mengimplementasikan 4 Pilar Kebangsaan Indonesia.

Untuk itu, dikesempatan ini kami memberikan Kumpulan Materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2018 secara Gratis dan akan mengupas tuntas apa saja materi yang kemungkinan akan diujikan dalam ujian seleksi penerimaan CPNS 2018 nanti.

Dan juga sebagai latihan, kami berikan juga Simulasi CAT Online TWK, untuk Anda pelajari.

Untuk bisa melalui tahapan tes wawasan kebangsaan ini, ada cara yang bisa ditempuh bagi para peserta CPNS.

Pertama adalah dengan mempelajari sejarah kebangsaan Republik Indonesia, kemudian mengikuti bimbingan belajar sebelum tes CPNS.

Selanjutnya, belajar secara mandiri dengan menggunakan buku-buku panduan lulus CPNS yang dijual dipasaran atau toko buku, dan juga mengikuti update terbaru dari kami Awambicara ID. 
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar