Cara Berinteraksi dan Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens Anda
Cara Berinteraksi dan Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens Anda

Cara Berinteraksi dan Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens Anda

Sering dilihat:

Melakukan sebuah usaha akan terasa sangat membosankan ketika tidak ada orang-orang yang memperhatikan dan memberikan apresiasi atas apa yang kita lakukan.



Berinteraksi dan Melibatkan Audiens Blog


Percayalah, saya sudah pernah merasakan hal itu.
cara berinteraksi dan melibatkan audiens blog

Bahkan saya pernah dicibir oleh teman saya sendiri atas kegiatan ngeblog ini.

Dengan nada sedikit mengejek, saat saya baru saja memulai ngeblog, dan diterima google adsense, dimana penghasilan perbulan saya saat itu hanya Rp.12.000 saja, ia mengatakan:

"Wow, usaha yang menjanjikan..setahun belum tentu dapet satu juta.."

Ia mengatakan itu sambil tertawa dan dihadapan banyak teman-teman kantor saya yang lain.

Apakah karena ejekan itu, kemudian saya berhenti ngeblog?

TIDAK!

Saya tidak berhenti, bahkan itu menjadi cambuk buat saya, menjadi pelecut semangat saya untuk bisa berhasil seperti blogger-blogger yang telah menikmati hasil jerih payah mereka.

melibatkan audiens blog

Karena satu hal yang menjadi pegangan saya..Mereka bisa, mengapa saya tidak?

Jadi saya harap, Anda juga tidak keluar dari ngeblog Anda, dan patah semangat jika usaha ngeblog anda tidak mendapat perhatian atau apresiasi atau mungkin bahkan ejekan baik itu dari teman dekat anda ataupun dari audiens anda.

Akan tetapi, itu bukan berarti saya selalu tegar dan kuat menghadapinya..ada kalanya diwaktu-waktu tertentu saya ingin menyerah, dan meninggalkan dunia blogging.

Namun karena kuatnya keinginan saya untuk berhasil, membuat saya urung dan pantang untuk menyerah.

Dan saya juga tahu bahwa Anda pasti juga berpikir seperti saya. 

Bahwa Anda bukanlah orang yang mudah menyerah....

Jadi saya tidak akan menganggap anda orang yang pantang menyerah, namun percayalah....

Ada kalanya anda akan menemukan diri anda dalam keadaan down..hilang semangat dan rasa ingin menyerah.

Bahkan mungkin ada beberapa dari Anda akan berhenti sejenak, atau menunda mengembangkan blog Anda ketika Anda tidak melihat ada kemajuan berarti di blog Anda.

Dan pada akhirnya, Anda akan menghilangkan daftar tugas menulis blog anda dalam kegiatan rutin harian Anda.

Jujur saja, pemicu semangat ngeblog adalah perhatian dan apresiasi dari para pembaca blog kita, para Audiens.

Iya, audiens adalah raja, jadi perlakukan mereka layaknya seorang tamu dan anda adalah seorang pelayan...(lihat: Bagaimana Cara Menjadi Blogger yang Berguna dan Terkenal? Baca Ini!)

Dan jika blog kita sepi komentar, sepi tanggapan audiens, sepi nyinyiran mereka, maka lambat laun tapi pasti, semangat ngeblog kita yang berapi-api akan padam secara perlahan.

Karena itu, kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya bagaimana cara melibatkan pembaca pada blog yang kita bangun.

Mungkin strategi ini juga digunakan oleh blogger-blogger yang lain, namun setidaknya apa yang akan saya bagikan ini adalah hasil dari pengalaman saya sendiri.

Konten Berkualitas


Baiklah, mari kita mulai!

Sebelum kita melanjutkannya, jawab satu pertanyaan dari saya!

"Apa yang membuat blog Anda sangat istimewa?"

Saya rasa semua blogger sepakat, jawabannya adalah: Konten. Betul Tidak?

Konten yang berkualitas

Yang membuat sebuah blog berbeda dengan blog yang lainnya adalah konten. 

Walaupun blog tersebut membahas suatu hal yang sama atau yang lebih dikenal dikalangan blogger adalah niche.

Yang membuat istimewa dari suatu blog adalah konten.

Saya jadi teringat bagaimana dulu saya memulai ngeblog. 

Saat saya mendaftarkan blog saya untuk menjadi publisher google adsene, saya berkali-kali ditolak oleh google adsense.

Saya bingung, apa yang menyebabkan blog saya sampai ditolak google adsense?

Setelah saya pelajari dan baca alasan penolakan dari google adsense adalah karena konten saya tidak memadai.

Jadi jelas, konten adalah suatu hal utama dan terpenting dalam ngeblog, bukan tampilan atau templates blog nya.

Pembaca tidak akan tertarik dengan suatu blog yang tidak memiliki konten yang memadai, walaupun tampilan blognya cantik luar biasa.

Yang Dicari Orang di Internet


Baiklah…

Saya lanjutkan lagi....

Pertanyaan berikutnya:

"Apakah Anda tahu, apa yang membuat konten Anda istimewa?"

Jawaban: Solusi + Cerita + Khasiat

IYA!

Ingatlah satu aturan dunia blogging: BERIKAN APA YANG PEMBACA BUTUHKAN!

yang dicari orang di internet

Orang tidak akan melihat atau mencari sesuatu di internet, kecuali karena mereka memang membutuhkan informasi tersebut, dan karena mereka ingin mencari solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.

Namun, secara umum, ada tiga hal yang pembaca ingin lihat di posting blog:

1. Solusi untuk Masalahnya: 


Pembaca, akan sangat antusias dan terburu-buru meng-klik sebuah judul dari hasil pencarian dan membukanya karena mereka pikir itu akan membantu mereka. 

Ingatlah, bahwa mereka mencari solusi untuk masalahnya, dan terburu-buru mengklik untuk melihat isi konten tersebut.

Hal ini mungkin karena mereka tidak ingin membuang-buang waktu mereka dalam mencari, jadi mereka ingin cepat mengambil sesuatu yang bermanfaat. 

Dan ketika pembaca menemukan solusi yang mereka inginkan, mereka akan mencobanya.

Namun jika ternyata konten tersebut terlalu banyak narasi dan ceritanya serta pada akhirnya tidak memberikan solusi apa-apa, mereka akan dengan cepat meninggalkannya..dan bounce rate blog andapun akan sangat tinggi.

Contoh: Blog Awambicara ini adalah blog belajar dan informasi. Berisi tentang belajar lulus tes CPNS, serta berisi tentang informasi seputar penerimaan CPNS. Selain itu blog ini juga berisi tentang informasi-informasi mengenai hukum di Indonesia, tentang bagaimana berhadapan dengan hukum, tentang hukum pidana, beracara di pengadilan, tentang hukum perdata, gugatan, permohonan, advokat dan yang lainnya. 

2. Panduan tentang sebuah Topik: 


Ada kalanya para pembaca blog ingin mempelajari berbagai hal dan menemukan tutorial yang dapat membantu mereka.

Panduan atau how-to- atau jika di Indonesia kan "Bagaimana Cara-", "Tips untuk-", "Cara untuk-" dan lain sebagainya, yang cukup populer di blog.

Hampir setiap blogger, yang mengangkat tema/ niche tentang blog akan menulis postingan blog berupa panduan yang akan membantu pembacanya.

Tentang bagaimana langkah-langkah ngeblog, tips dan trik ngeblog dan lain sebagainya.

Contoh: Blog ini membahas tentang contoh-contoh soal CPNS beserta kunci jawabannya yang dilengkapi dengan tips dan trik menjawabnya. Panduan tentang bagaimana menjawab soal tes cpns dalam waktu singkat, panduan menghemat waktu dalam menjawab tes cpns. Blog ini juga membahas tentang panduan beracara dipengadilan, mengajukan gugatan, permohonan, dan sebagainya.

3. Peralatan dan Sumber Daya yang Berguna Menyelesaikan Sesuatu: 


Blgo Anda mungkin menawarkan beberapa alat yang berguna dan bermanfaat untuk dibagikan dengan pembaca Anda di dalam konten atau secara langsung memberi tahu mereka di judul posting blog Anda. 

Setelah pembaca blog mengetahui bahwa Anda selalu berbagi alat-alat hebat, mereka akan terus mengikuti dan menunggu artikel-artikel Anda berikutnya.

Contoh: Blog yang membahas tentang peralatan atau sumber daya yang berguna menyelesaikan suatu masalah biasanya blog yang membahas tentang pemograman, coding atau templates blog. Blog awambicara ini tidak membahas tentang peralatan dan sumber daya ini, jadi sebagai contoh Anda bisa melihat blog dari kompi ajaib. Disana banyak dibagaikan tool-tool menarik seputar dunia blogging.

Pada dasarnya, pembaca mencari tiga hal utama tadi di internet. 

Jadi sekarang Anda telah melihat dan tahu apa yang ingin dilihat oleh pembaca di postingan blog.

Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membuat postingan blog Anda menarik pembaca.

Bisa jadi saat anda membaca blog favorit anda, Anda mungkin telah terperangkap oleh sebuah taktik memikat pembaca yang diterapkan oleh penulis blog favorit anda.

Saya sendiri mengakuinya. 

Saya mungkin memang telah berada dibawah perangkap yang dibuat oleh blogger favorit saya, namun saya menyukainya dan itu terasa sangat menyenangkan...(I loved it..)

Sekarang, saatnya untuk mengetahui hal-hal apa saja yang membuat para pembaca untuk tetap terhubung dengan blog kita.

Hal ini bisa menjadi sebuah dorongan yang secara tiba-tiba mengatakan "HENTIKAN" atau "JANGAN LAKUKAN ITU".

Akan tetapi untuk sebagian besarnya, Anda harus ada di sana untuk membantu dan mendidik pembaca Anda, bukan hanya mengatakan "HENTIKAN" atau "JANGAN LAKUKAN ITU".

Cara Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens


Berikut ini tujuh cara untuk melibatkan pembaca blog Anda:

1. Masukkan Cuplikan Inti Artikel/ Konten di Awal


Banyak blogger yang melakukan ini dan saya juga. 

Hal ini sebenarnya adalah strategi untuk membuat pembaca Anda siap secara mental bahwa sesuatu yang menakjubkan ada di sana dan mereka akan menyaksikan itu.

Cuplikan itu sendiri Berisi:

Anda dapat memberi cuplikan berupa petunjuk tentang apa yang akan terjadi, mengapa mereka (pembaca) harus tetap melanjutkan membaca konten Anda.

Dan tunjukkan apa yang akan terjadi jika mereka terus membaca artikel tersebut sampai selesai.

Ketika tujuan Anda adalah untuk melibatkan pembaca di postingan blog Anda, dan Anda yakin bahwa konten Anda pasti akan membantu mereka, kemudian lanjutkan.

Para pembaca akan merasa takjub ketika mereka tahu bahwa Anda akan mengungkapkan rahasia Anda atau membagikan tips yang bagus kepada mereka.

Contoh: Anda bisa lihat artikel saya tentang "Pihak Tanpa Sertifikat Menggugat Kepemilikan Tanah yang Bersertifikat".

2. Memberikan Contoh dalam Konten


Ketika Anda membentuk pandangan Anda dalam tulisan blog Anda dengan kesederhanaan, keaslian, dan kejelasan, menjadi lebih mudah bagi audiens untuk memahami.

Dan ketika Anda menambahkan dengan memberi contoh di konten Anda, bukan hanya membantu pembaca memahami konsepnya, tetapi juga menjelaskan esensi pesan dari konten Anda.

Contoh: Anda bisa lihat di konten atau artikel ini, dimana saya memberikan beberapa contoh dalam setiap panduan yang telah saya berikan. Atau anda bisa melihat juga dari artikel-artikel saya yang lain, yakni: pembahasan soal CPNS, belajar bahasa inggris dan hukum di blog awambicara ini.

Memberikan contoh dalam konten akan memberikan Anda tiga manfaat, yakni:

1) - Membantu membangun kepercayaan audiens.

2) - Memberikan bukti yang autentik tentang sudut pandang Anda.

3) - Memberikan Anda pengaruh untuk menjelaskan topik.

Ketiga manfaat tersebut akan membantu Anda untuk lebih dekat dengan audiens yang berinteraksi dengan Anda. 

Ketika pembaca Anda memahami sudut pandang Anda dengan bantuan contoh yang Anda gunakan, kemungkinannya adalah mereka akan selangkah lebih maju untuk mengikuti Anda.

Gunakan berbagai contoh di posting blog Anda. 

Jangan membuat diri Anda terjebak di bawah pertanyaan yang tidak pasti, seperti:

Berapa banyak contoh yang harus saya tambahkan?

Bisakah saya menambahkan contoh blog saya sendiri?

Haruskah saya menautkan ke orang lain sambil mengutip mereka dalam contoh?

Haruskah saya menggunakan tautan atau screenshot untuk menambahkan contoh?

Anda menginginkan perhatian, Anda menginginkan jangkauan sosial, dan Anda ingin lebih banyak berbagi sosial.

Bagaimana? Apakah sampai saat ini cukup jelas untuk Anda?

Baiklah. Teruslah membaca ...

Banyak blogger dan motivator menggunakan contoh untuk mendidik audiens mereka.

3. Seni Bercerita


Bercerita atau mendongeng bukan hanya sebuah seni tapi ini adalah sebuah seni yang luar biasa.

Ketika Anda memiliki gaya, pengetahuan, dan semangat untuk melibatkan penonton, maka Anda harus melakukannya sebaik mungkin.

Bercerita adalah sesuatu yang dapat memukau pendengar.

Anda pernah menonton film animasi malaysia "Pada Zaman Dahulu"?

seni bercerita blog

Saksikanlah bagaimana anak-anak Anda, atau keponakan Anda, atau bahkan Anda sendiri terpukau dan kagum dengan ceritanya? Dan semuanya terlihat begitu nyata?

Baiklah…

"Aki atau Kakek" yang berperan di serial animasi tersebut memang memiliki bakat menceritakan sebuah kisah atau cerita dongeng. 

Para salesman yang menawarkan dagangannya di komplek-komplek perumahan akan untung besar ketika mereka berhasil memberikan cerita atau kisah mereka yang dapat memukau ibu-ibu kompleks disana. 

Anda bisa melakukannya dengan mengetahui rahasia bagaimana membuat judul posting blog yang menarik dan memikat pembaca. (lihat: Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif Memikat Pembaca).

Buatlah pembaca ingin tahu tentang isi konten, dan pada akhirnya orang ingin memeriksa posting blog dan buletin Anda.


4. Jadilah Pemecah Masalah


Saya memberikan informasi yang saya harapkan bisa menjadi solusi dan pemecah masalah pembaca saya. 

Saya tahu informasi berupa solusi ini akan membantu saya dalam membuat kreasi konten, menulis lepas dengan lebih mudah.

Sedangkan untuk tool-tool blogging, seperti templates, tool SEO, juga saya sertakan diblog ini. 

Khusus untuk templates, saya tidak memberikannya secara langsung, namun saya mengarahkan pembaca saya ke blog lain yang khusus membahas tentang templates, seperti kompi ajaib.

Untuk pencarian kata kunci atau keyword, saya menggunakan tool gratis ekstensi google chrome keywordeverywhare.

Semua alat itu dapat memecahkan masalah saya. Jadi saya menyukai tool-tool tersebut, terutama karena gratis tentunya.

Selain keywordeverywhere, untuk pencarian kata kunci atau keyword yang memiliki volume pencarian tinggi beserta dengan tingkat persaingannya, saya juga menggunakan tool dari neil patel yakni ubersuggest.

Semua alat tersebut yang telah saya sebutkan, adalah alat yang saya gunakan di blog awambicara saya ini.

Ingat, ketika Anda mulai memecahkan masalah audiens Anda di niche Anda, mereka akan mulai menyukai dan mencintai Anda ...

Anda mungkin tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya..

Orang-orang akan mulai mendengarkan Anda, mereka mulai setuju dengan Anda, serta mereka mulai mengikuti jejak Anda. 

Ingatlah selalu, semakin banyak orang mengikuti Anda, semakin Anda harus bertanggung jawab.

Intinya adalah, jika Anda ingin membuat orang datang ke situs web atau blog Anda, Anda harus membuatnya menjadi sebuah alat yang berguna untuk mereka.

Lakukan sesuatu yang membantu mereka seperti yang telah saya sebutkan tadi bahwa saya secara teratur menggunakan alat seperti keywordeverywhere dan ubersuggest.

Mengapa?

Karena tool-tool ini membantu saya, itulah mengapa saya merekomendasikannya.

5. Gunakan Tangkapan Layar (Screecshot) untuk Menarik Pembaca


Berbicara tentang keterlibatan pembaca, screenshot sebenarnya membantu saya untuk menarik pembaca. 

Saya selalu mengambil tangkapan layar/ screenshot jika saya memberikan sebuah konten berupa panduan atau trik, seperti pada konten: Tombol Share atau Bagikan Facebook HILANG? Begini Cara Mengatasinya.

Saya perhatikan bahwa orang-orang menyukai tangkapan layar saya.

Kenapa?

Karena ini membantu mereka memahami maksud saya. 

Dan Anda mungkin ingin melakukan hal yang sama di blog Anda.

Anda tentu tidak ingin membuat pembaca anda pergi begitu saja tanpa mendapatkan apa-apa di blog Anda bukan?

Untuk menghindari itu, Anda harus menggunakan setiap strategi yang memungkinkan untuk terus melibatkan mereka.

Jika Anda mengunjungi blog blogger-blogger terkenal lainnya dan hal itu pemberi pengaruh untuk Anda ...,

....Anda akan melihat bahwa hampir semuanya menggunakan tangkapan layar/ screenshot di postingan blog mereka, karena strategi ini membantu mereka menjelaskan berbagai hal ...

6. Tambahkan Sumber yang Beragam + Referensi


Mencampur media yang berbeda dan menambahkan referensi yang tepat akan membuat konten Anda lebih bermanfaat dalam melibatkan pembaca. 

Sumber yang beragam tidak hanya membantu Anda untuk mengotentikasi sudut pandang Anda tetapi juga menambah nilai pada pekerjaan Anda.

Blogger menggunakan berbagai situs untuk menambahkan referensi di konten mereka.

Dari video YouTube, presentasi Slideshare, artikel, hingga e-book.

Mereka menggunakan referensi dari semua hal yang memungkinkan dan tentu saja relevan.

Flipboard adalah platform yang luar biasa untuk menemukan konten terbaik yang diterbitkan dalam berbagai kategori. 

Scribd membantu Anda menemukan e-book diberbagai kategori.

Semakin Anda membuat konten Anda bermanfaat, semakin banyak orang yang akan terlibat dengan Anda. 

Alasannya sederhana, ketika Anda memiliki artikel yang rinci dan beragam untuk ditampilkan, itu akan memberikan gambaran artikel yang berbasis penelitian yang dapat menggambarkan kerja keras Anda.

Dan orang-orang sangat menghormati sebuah hasil kerja keras.

7. Soroti Artikel yang Relevan


Orang biasanya tidak mengklik pada artikel terkait yang muncul di akhir artikel secara otomatis.

Mungkin karena artikel tersebut keluar secara acak dan tidak ada sinergi apa pun antara artikel yang Anda baca dan artikel terkait yang muncul di footer atau artikel populer di sidebar.

Jika Anda perhatikan, semua blogger menyebutkan artikel mereka yang relevan di konten mereka….

Atau yang biasa kita kenal dengan internal link.

Hal itu, juga bisa anda lihat dikonten/ artikel "Cara Berinteraksi dan Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens Anda" ini.

Artinya, hal ini adalah strategi yang sangat berguna untuk Anda adopsi.

Ada tiga manfaat menyoroti konten atau memberikan tautan internal terkait yang diposting sebelumnya:

•  Anda mendapatkan tautan internal di blog Anda

•  Menurunkan Bounce Rate atau Rasio Pentalan

•  Memandu pembaca dalam menemukan konten terkait

•  Membantu search engine meng crawler konten/ halaman blog Anda dan diindeks dengan cepat dan baik oleh search engine.

Meskipun, peringkat hasil pencarian search engine bergantung pada banyak faktor yang berbeda, tetapi saya memiliki alasan untuk percaya bahwa penautan internal juga membantu situs mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin telusur.

Ketika Anda membuat tautan internal di blog Anda, maka itu akan memaksa Anda untuk selalu membuat konten yang lebih berkualitas lagi.

Hasilnya, Anda akan mendapatkan audiens yang akan jauh lebih terlibat pada Anda blog.

Apa yang akan Anda lakukan sekarang?


Saya tidak dapat menerapkan banyak hal secara bersama-sama. 

Karena dalam menerapkan suatu strategi baru, akan selalu membutuhkan waktu.

Tidak ada blogger yang menolak untuk memiliki audiens yang selalu terlibat dengan mereka.

Karena audiens yang selalu terlibat akan senang mendengarkan Anda, menanti konten terbaru Anda, berbagi konten Anda, dan tetap mengunjungi blog Anda.

Anda mungkin ingin menggunakan plugin posting terkait atau plugin populer post untuk melibatkan pembaca.

Tetapi kembali lagi, saya ingatkan bahwa Anda tidak dapat memaksa seseorang untuk berbagi konten Anda atau memaksa mereka untuk menyukai pekerjaan Anda.

Gunakanlah semua strategi yang sangat memungkinkan untuk melibatkan pembaca blog Anda.

Namun tetap dengan santun, sopan dan tentu saja lemah lembut.

Dari semua tools yang telah saya sebutkan diatas, masih kalah jauh dan tidak akan ada yang dapat menandinginya dengan alat yang satu ini:

APA ITU?

Alat terbesar yang bisa Anda miliki adalah 'KONTEN BERKUALITAS' Anda.

Pembaca Anda harus tahu bahwa mereka tidak boleh melewatkan konten Anda. 

Setelah Anda mulai membuat konten seperti itu, Anda akan melihat lebih banyak orang akan mengomentari artikel Anda dan berbagi dengan teman-teman mereka.

Apa lagi yang akan Anda lakukan untuk melibatkan pembaca blog Anda?

Jika anda memiliki strategi yang lain, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.

Intinya, teruslah berusaha untuk menghasilkan konten yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Selanjutnya, biar hukum alam yang menyelesaikannya. Semoga bermanfaat!
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar