21 Tips Blogging Untuk Pemula (Pengalaman Pribadi)

21 Tips Blogging Untuk Pemula (Pengalaman Pribadi)

Sering dilihat:

Jangan salah, dunia blogging itu adalah bisnis yang cukup menjanjikan.

Walaupun ada sebagian orang yang skeptis menganggap blogging hanyalah sekedar trend teknologi yang sifatnya sementara.

Tips Blogging Untuk Pemula


Seperti halnya dengan trend teknologi yang lainnya yang muncul dan tenggelam dalam sesaat.
21 Tips Blogging Untuk Pemula

Sebut saja bbm messenger, game pokemon go, tik tok, dan lain sebagainya.

Namun, jika kita melihat sejarah bagaimana perkembangan dunia blogging itu sendiri, dapat dikatakan anggapan-anggapan miring tentang blog, terpatahkan dengan sendirinya.

Buktinya, dunia blogging yang mulai diperkenalkan sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu, hingga kini masih menjadi salah satu media dalam mempromosikan produk, jasa maupun informasi yang cukup menjanjikan.

Untuk itu, jika Anda baru ingin memulai dan menjadikan blogging sebagai salah satu media untuk mempromosikan produk dan jasa Anda, atau menjadi media untuk Anda dalam menghasilkan uang dari internet (menjadi publisher misalnya), tidak ada kata terlambat untuk Anda.

Dunia blogging, masihlah menjadi primadona dan dapat diandalkan sebagai sarana untuk Anda dalam berusaha dan berbisnis serta menghasilkan uang dari internet.

Untuk memulai blog baru sebenarnya tidak lagi sulit. Bahkan bisa dikatakan hampir gratis (tentu saja minus paket data internet atau langganan indihome Anda).

Memulai blog baru dengan platform blogger/ blogspot tanpa costum domain saya pastikan itu masih gratis.

Cukup daftarkan email google baru Anda, atau jika sudah punya tinggal masuk ke blogger.com, buat blog baru dan kemudian ikuti langkah selenjutnya. (selengkapnya dapat dilihat di: Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat).

Atau jika Anda ingin membuat blog yang terlihat lebih profesional dengan domain TLD, dan hosting sendiri dengan platform wordpress misalnya, kami merekomendasikan untuk menggunakan jasa layanan dari hostinger. Artikel lengkapnya lihat disini.

Hingga saat ini, tidak terhitung jumlah blogger baru yang terjun di bidang blogging ini. Karena seperti yang telah kami katakan, dunia blogging masih sangat menjanjikan untuk mengembangkan usaha dan bisnis serta menghasilkan uang dari internet.

Namun, kebanyakan dari blogger pemula "KALAH", dan berhenti ditengah jalan.

Banyak alasan yang membuat mereka berhenti ditengah jalan, sebelum mereka benar-benar merasakan manfaat dan hasil dari blogging.

Saya pun mengalaminya.

Saya terjun kedunia blogging untuk pertama kalinya bukan untuk mengembangkan bisnis saya, namun lebih kepada ingin mendapatkan uang dari internet.

Ternyata mindset yang tertanam dibenak saya itu salah besar.

Menghasilkan uang dari internet dengan blogging itu ibaratnya adalah reward, atau penghargaan atas apa yang kita berikan kepada pembaca.

Artinya, jika konten kita berguna dan bermanfaat untuk orang lain (pembaca) maka uang akan datang dengan sendirinya.

Namun tentu saja, tidak datang begitu saja, namun dilakukan dengan cara-cara yang benar dan yang telah banyak diajarkan oleh blogger-blogger senior yang telah lama berkecimpung didunia blogging.

Misalnya dengan menjadi publisher.

Bisa dengan menjadi publisher Google Adsense, MGID, Ad-Center, Ad-Now dan lain sebagainya.

Atau bisa juga dengan menjadi afaliate atau berafaliasi dengan menawarkan produk dari toko-toko online besar semacam amazon, dan lain sebagainya.

Intinya, untuk menghasilkan uang dari blogging itu banyak sekali jalannya.

Dan semua akan Anda ketahui dengan sendirinya sejalan dengan aktifnya anda didunia blogging itu sendiri.

Didalam artikel saya kali ini saya ingin membagikan beberapa kiat agar blog Anda menjadi lebih baik lagi, dan tidak terputus serta berhenti ditengah jalan.

Tips blogging untuk pemula ini ditujukan kepada Anda yang baru ingin memulai ngeblog, ataupun belum memulai sama sekali, dan bahkan mungkin juga akan berguna untuk Anda yang telah lama ngeblog.

Karena dari beberapa kiat dan tips ngeblog untuk pemula ini, dapat membuat perbedaan yang cukup besar dan berarti dalam usaha blogging Anda.

Tips Blogging untuk Pemula Agar Blog Jadi Lebih Lebih Baik


1. Buat Rencana Sebelum Meluncurkan Blog


Perencanaan itu penting. Karena bagaimana nanti dan apa tujuan serta apa yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan itu sudah Anda pikirkan sebelumnya, sudah ada dalam buku catatan rencana ngeblog Anda.

Misalnya, pertama Anda harus memikirkan terlebih dahulu nama domain yang akan Anda pilih. Karena nama domain ini adalah brand Anda nantinya. Anda akan mulai dikenal dari sini.

Buat nama domain yang unik, sederhana dan mudah diingat serta jika bisa tidak terlalu panjang.

Kemudian, Anda harus menentukan niche atau tema blog yang akan Anda angkat. Ini sangat penting, karena berdasarkan pengalaman saya sendiri, jika tidak ada rencana yang matang, ide dan pemikiran kita bisa berkembang kemana-mana saat kita sudah berada setengah jalan dalam ngeblog.

Karena itu, tentu kan niche atau tema blog Anda secara spesifik, dan fokus disana. Jadi walaupun nantinya ide dan pemikiran Anda berkembang, Anda tetap fokus pada satu niche saja, dan jikapun Anda menulis tentang hal yang lain itu bisa menjadi konten simpanan Anda, jika saja suatu saat diperlukan.

2. Tentukan Platform Blog Anda


Jika Anda benar-benar baru dalam dunia blogging, kami menyarankan Anda untuk menggunakan platform yang gratis dahulu, blogger/ blogspot misalnya.

Walaupun fitur dan kemampuan yang diberikannya masih sangat terbatas jika dibandingkan dengan hosting sendiri, namun untuk blogger pemula itu sudah lebih dari cukup, bahkan bisa dikatakan sangat bagus malah.

Namun, saya tetap menyarankan untuk menggunakan domain TLD, atau costum domain, tidak menggunakan nama domain blogspot, karena domain TLD lebih terpercaya dan lebih terlihat bonafide dibandingkan subdomain blogspot.

Biaya yang Anda keluarkan untuk membeli domain TLD pun tidaklah mahal, paling berkisar 130 ribu hingga 250 ribu per TAHUN.

Namun, jika Anda sudah sangat memahami dunia blogging, dan menguasai pemograman html atau web, database hosting dan sebagainya, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan hosting dari Hostinger.

3. Gunakan WordPress


Jika Anda memutuskan untuk menggunakan hosting sendiri, maka kami menyarankan Anda menggunakan platform wordpress, karena sampai saat ini, wordpress adalah platform blogging terbaik dengan banyak fitur dibandingkan Blogspot.

21 Tips Blogging Untuk Pemula

Bagaimana membuat blog dengan wordpress Anda bisa menuju dan melihat artikel lengkapnya melalui link yang telah saya sebutkan diatas tadi.

4. Pilih Tema yang SEO friendly dan Fast Loading


Anda bisa mencari tema blog wordpress yang fast loading dan SEO friendly dengan mencarinya di internet. Ada banyak theme wordpress untuk blog Anda, silahkan Anda eksplorasi dan cari yang sesuai dengan keinginan Anda.

Namun yang paling utama adalah pastikan bahwa tema blog Anda SEO Friendly dan Fast Loading.

5. Belajar SEO


Belajar SEO itu penting jika Anda ingin membawa blog Anda ke tingkat berikutnya.

Anda tentu ingin blog Anda berada dalam halaman pertama hasil penelusuran google bukan?

Mendapatkan trafik organik dari kata kunci yang Anda targetkan.

Pasti, semua blogger mengharapkan ini. Bahkan tidak sedikit blogger yang melakukan cara-cara curang agar blog nya bisa tampil pada halaman pertama Google Search Engine.

Namun, tentu saja saya tidak menyarankan hal ini. Karena teknik black SEO tidak akan bertahan lama, walaupun nantinya Anda berhasil mendapatkan peringkat yang baik di hasil penelusuran search engine, cepat atau lambat, blog Anda akan hilang dalam peredaran.

Jadi, belajar SEO, dalam hal ini white SEO.

Anda bisa memulainya disini (lihat: Tips SEO Terbaik untuk Pemula).

6. Jangan COPAS


Ingat, satu hal yang sangat dibenci oleh Google dan juga blogger yang lain adalah COPAS (Copy Paste).

Jika Anda melakukan ini, dapat dipastikan Anda akan menjadi musuh bagi blogger-blogger lainnya, dan dapat dipastikan pula Blog Anda akan di banned oleh Google.

Buatlah konten sendiri.

Jangan takut, jangan minder, jangan pernah beranggapan bahwa tulisan Anda itu jelek, kurang bagus, dan lain sebagainya.

Selama saya terjun kedunia blogging, ketika saya membaca postingan-postingan awal saya, terkadang saya lucu sendiri, senyum-senyum sendiri.

Kok bisa saya menulis tentang itu, menulis seperti itu.

Namun, sampai sekarang, yang sudah lebih dari satu tahun menjalankan blog awambicara ini, tidak pernah ada orang atau pembaca yang membully tulisan saya, dan karena itu, saya yakin Anda pun begitu.

Jangan takut untuk menulis dan mengungkapkan apa yang Anda pikirkan, karena setiap orang punya cara dan teknik sendiri dalam menyampaikan pemikiran lewat tulisan.

7. Jalin Hubungan Sesama Blogger


Buat jaringan yang kuat untuk blog Anda. Buat halaman bisnis facebook untuk blog Anda, buat komunitas sendiri di Google+, grup bisnis sendiri di Linkedin, dan sebagainya.

Hal ini akan sangat membantu dan dapat membuat Anda menjadi dikenal oleh dunia online.

8. Update Blog Anda Secara Teratur


Publish artikel atau update blog secara teratur bukan berarti Anda harus membuat artikel setiap harinya, Anda bisa menjadwalnya.

Misalnya, dua hari sekali satu artikel, atau tiga hari sekali satu artikel atau bahkan bisa juga satu minggu sekali satu artikel.

Yang pasti buat dan publish artikel Anda di blog secara teratur.

Buatlah artikel yang disukai oleh pembaca Anda. Walaupun terkadang ada blogger yang idealis, namun juga terkadang ia menulis sesuatu yang disukai pembacanya.

9. Berkomentar di Blog Lain


Perkenalkan diri Anda kepada sesama blogger lainnya.

Mulailah dengan jalan berkomentar diblog lain.

Anda tidak harus meninggalkan "jejak" dengan meletakkan backlink blog Anda disana.

Cukup dengan nama Anda saja, jika Anda aktif berkomentar dan berinteraksi di kolom komentar blog lain, maka dengan sendirinya Anda akan mulai dikenal, dan orang akan datang sendiri ke profil Anda dan pada akhirnya melihat blog Anda.

Anda bisa meninggalkan backlink dikolom komentar blog lain, tapi tidak melakukan SPAM.

Artinya, Anda berkomentar sesuai topik yang dibahas, dan kemudian memberikan link atau tautan balik ke blog Anda sendiri yang sesuai dengan topik yang dibahas.

10. Jangan Terlalu Berharap dan Bermimpi Besar


Berharap dan bermimpi boleh, tidak ada yang melarang Anda. Namun jangan terlalu berharap dan terlalu bermimpi besar.

Daripada Anda terlalu berharap dan bermimpi, akan lebih baik jika Anda ciptakan TARGET realistis Anda.

Misalnya: Saya ngeblog awalnya tidak berharap akan menghasilkan uang, namun seiring waktu dan diterimanya saya sebagai publisher Adsense, saya menetapkan target bahwa yang penting saya dapat membayar langganan paket Indihome saya.

Dan setelah target tercapai, saya menargetkan bahwa setiap bulan saya PO dari Google Adsense.

Setelah saya berhasil mengejar target PO setiap bulan, saya tetapkan lagi target PO setiap bulan diatas gaji pokok pekerjaan dunia nyata saya, dan begitu seterusnya.

Saya menetapkan target, setahap demi setahap.

Kesalahan fatal dari blogger Indonesia adalah "Ingin Cepat Kaya".

Blogger Indonesia yang kebanyakan menyerah dan putus ditengah jalan adalah karena mereka berharap cepat kaya, berharap cepat menghasilkan uang, sehingga ketika dua tiga bulan tidak terealisasi, mereka berhenti, mereka menyerah.

Ingat, tidak ada yang instan. Mie instan saja harus dimasak terlebih dahulu, baru bisa dinikmati. Begitu juga dunia blogging, tidak ada yang namanya sukses instan.

Jika Anda tidak percaya silahkan baca pengalaman-pengalaman blogger senior Indonesia yang telah berhasil.

Mereka mengalami berbagai halangan dan rintangan, hingga akhirnya mereka berhasil sekarang ini.

Intinya bermimpi boleh, tapi jangan terlalu bermimpi besar.

11. Tetaplah Menjadi Blogger yang Sederhana 


Baik dalam bersikap, membalas komentar, berinteraksi dengan blogger lain atau pembaca.

Begitu juga dengan artikel dan tulisan Anda. Tetaplah sederhana.

Menulislah sesuai dengan apa yang Anda pikirkan. Menulislah untuk manusia, untuk pembaca, bukan untuk search engine.

Karena hanya pembaca yang dapat membuat posting blog Anda menjadi viral, bukan Mesin Pencari.

12. Bersikap Baik Terhadap Pembaca Anda


Jangan arogan. Walaupun Anda telah menjadi salah satu blogger terkenal, tetaplah sederhana dan rendah hati.

Jika ada pembaca yang berkomentar dan bertanya diblog Anda, jawab mereka dengan santun, selesaikan masalah mereka, berikan mereka segala sesuatunya dengan gratis (jika bisa).

Kalaupun ada pembaca yang membully atau mencari-cari kesalahan Anda, ataupun sengaja menge-test Anda, jawablah mereka dengan santun, jangan balik membully atau marah, jangan pula menjelek-jelekkan mereka.

Karena biar bagaimanapun juga, pembaca adalah raja. Kita ada karena mereka.

13. Blogging Tidak Bisa Sukses Dalam Semalam


Blogging membutuhkan proses, membutuhkan banyak waktu, upaya dan kerja keras.

Seperti pada tips kami nomor 10, jangan terlalu bermimpi besar, dunia blogging tidak bisa sukses dalam semalam.

Saya sendiri baru merasakan kenikmatan dan mendapatkan hasil setelah satu tahun terjun kedalam dunia blogging.

Bahkan tidak sedikit blogger yang baru sukses setelah beberapa tahun.

Jadi, jangan terlalu bermimpi besar, tetap fokus pada target pertama Anda, dan ngebloglah dengan hati.

14. Jangan Bebani Blog Anda dengan Widget 


Mengapa hal ini saya masukkan? Karena saya dulu juga seperti ini.

Semangat ngblog yang menggebu-gebu, membuat saya sering berganti-ganti templates, membuat saya sering dan banyak menggunakan widget.

Widget Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya.

21 Tips Blogging Untuk Pemula

Memang membuat tampilan blog saya terlihat cantik dan ramai.

Namun sebenarnya terlihat sangat kacau.

Jika dilihat dari desktop memang terlihat cantik dan ramai, namun jika dibuka dalam versi mobile maka akan terlalu berat loadingnya, dan membuat pembaca cepat meninggalkan blog kita.

15. Buat Blog Anda SEO Friendly 


Gunakan tema premium. Paling Anda hanya perlu mengeluarkan modal sekitar 100 sampai 200 ribu saja, untuk mendapatkan templates premium yang SEO Friendly.

Namun jika Anda ahli coding dan programmer, maka membuat templates sendiri yang SEO Friendly akan sangat lebih baik lagi. Bahkan Anda bisa menjualnya dan mendapatkan uang dari sana.

16. Menulis di Blog Tamu


Promosikan dan perkenalkan blog Anda dengan menjadi penulis tamu diblog lain. Banyak blogger lain yang sudah cukup terkenal memberikan ruang untuk "guest post".

17. Tanyakan Pendapat Tentang Blog Anda dari Pembaca


Balas setiap komentar di blog Anda. Ini penting!

Tanya pendapat mereka, apa yang dirasa kurang, apa yang harus diperbaiki dan ditambahkan dalam postingan blog Anda.

Dengan begitu, Anda telah menjalin sebuah hubungan yang erat antara anda dan pembaca blog Anda.

Mengetahui bagaimana tanggapan dan saran dari pembaca, adalah sebuah cara meningkatkan kemampuan blogging Anda, dengan begitu perlahan namun pasti Anda berada pada level berikutnya dalam dunia blogging.

18. Jangan Menggunakan Gambar Orang Lain


Ingat, hal ini berlaku sama dengan konten atau artikel yang copas.

Bahkan, pinalti yang diberikan Google untuk blog yang mengambil gambar orang lain tanpa izin sangat keras.

Anda bisa menggunakan gambar orang lain, namun tentu saja dengan seizin pemilik gambar, dan memberikan kredit kepada pemiliknya.

Namun, jika Anda merasa itu kurang aman juga, Anda bisa mendapatkan dan menggunakan gambar yang dibagikan secara gratis di internet.

Saya sendiri melakukan itu.

Saya mengambil dan menggunakan gambar dari Pixabay.

19. Kualitas bukan Kuantitas


Tulis konten yang luar biasa dan artikel yang detail.

Mengapa tadi saya mengatakan Anda bisa saja membuat atau mempublish artikel dua hari sekali, tiga hari sekali atau bahkan seminggu sekali asalkan rutin dan teratur, bukan mengatakannya setiap hari.

Karena saya disini menekankan Anda untuk membuat konten yang berkualitas, bukan membuat konten yang banyak (kuantitas).

20. Subscribes Blog Lain yang se-niche dengan Anda. 


Jangan hanya fokus pada blog Anda sendiri, tapi fokus juga pada blog lain.

Jika Anda mengikuti dan melakukan ini, maka blog Anda akan berhasil dalam waktu singkat.

Karena bisa jadi blog yang Anda subscribes akan ikut mensubscribes dan mempromosikan blog Anda.

Dan dengan mengikuti blog lain, yang seniche dengan blog Anda besar kemungkinan Anda akan mendapatkan ide-ide baru yang fresh yang bisa Anda tulis dan publish di blog Anda sendiri.

21. Jangan Berhenti Nge-Blog


Tips terakhir dari saya, namun bukan paling akhir.

Jangan berhenti ngeblog jika blog Anda belum cukup menghasilkan uang.

Ingatlah, jangan jadikan blogging sebagai penghasilan utama Anda, namun jadikanlah sebagai penghasilan tambahan dan hobi Anda.

Jika Anda berorientasi pada penghasilan, maka ketika blog Anda belum juga menghasilkan seperti yang Anda harapkan, maka Anda akan cepat menyerah, Anda akan cepat putus asa.

Alih-alih menjadikan blog sebagai sarana menghasilkan uang, mengapa tidak jadikan blog sebagai sarana untuk belajar.

Mempelajari hal-hal baru untuk membangun brand nama Anda sendiri. Dan membuat blog Anda sebagai sarana untuk membantu orang lain bukan untuk menghasilkan uang.

Begitulah yang saya tanamkan pada diri saya sendiri, ketika saya memutuskan untuk kembali ngeblog.

Saya ingin membantu orang lain. Hal ini karena dalam dunia nyata, didunia kerja saya, saya sering mendapati masyarakat kebingungan jika berhubugan dengan hukum dan keadilan.

Karena itu, saya membuat blog ini.

Saya ingin membantu masyarakat bagaimana cara berhadapan dengan hukum. Bagaimana cara beracara di pengadilan. Bagaimana cara mengajukan gugatan, permohonan dan lain sebagainya.

Niatnya hanya ingin membantu, dan memberikan pembelajaran tentang hukum di Indonesia.

Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan halaman di blog Anda yang menjelaskan tentang blog Anda. Halaman kontak dimana pembaca bisa menghubungi Anda, serta halaman tentang privacy policy nya.

Karena semua halaman itu penting, dengan adanya halaman itu, pembaca tahu bahwa blog Anda adalah blog yang professional dan blog yang benar-benar dikelola secara serius oleh Anda.

Jika Anda, menginginkan lebih banyak Tips Blogging untuk Pemula, jangan lupa berlangganan blog awambicara ini. Cukup masukkan alamat email Anda di bawah ini, dan dapatkan pembaruan eksklusif, sumber daya dan kiat blogging terbaik untuk pemula langsung di kotak masuk email Anda. (No Spam, Saya Janji!).

Bagaimana menurut Anda? Apakah ada yang terlewatkan dari saya tentang tips blogging untuk pemula ini?

Dan Tips blogging untuk pemula nomor berapa yang paling Anda sukai? Tinggalkan kesan dan komentar Anda dikolom komentar awambicara ini.

Jika Anda mempunyai tambahan tips blogging untuk pemula yang lain, silahkan bagikan dikolom komentar kami.

Terakhir, jangan lupa untuk membagikan posting ini karena bisa jadi teman dan kerabat Anda menyukai dan terbantu dengan tips blogging pemula dari saya. Sukses untuk Anda!
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar