Mengapa Harus Jadi Pegawai Negeri Sipil - PNS?
Mengapa Harus Jadi Pegawai Negeri Sipil - PNS?

Mengapa Harus Jadi Pegawai Negeri Sipil - PNS?

Sering dilihat:

Berita seputar penerimaan dan pendaftaran CPNS 2018, bisa dikatakan menjadi headline berita media-media mainstream selama beberapa bulan terakhir.

Mengapa Harus Jadi PNS?


Tanggal pendaftaran dan penerimaan CPNS 2018, jumlah formasi CPNS untuk setiap instansi, serta kualifikasi pendidikan menjadi trending topik di penelusuran Google.
mengapa harus jadi pns

Dapat disimpulkan bahwa antusiasme masyarakat dalam setiap penerimaan CPNS yang dilakukan pemerintah sangat tinggi.

Mengapa?

Banyak hal yang bisa menjadi faktor mengapa profesi seorang abdi negara (PNS) begitu menjadi primadona di negeri ini.

Bisa karena jaminan kesejahteraan yang diberikan, bisa pula karena gengsi dan status sosial karena berprofesi sebagai Abdi Negara.

Namun, dari banyak alasan mengapa pekerjaan sebagai Abdi Negara ini begitu banyak menarik minat masyarakat Indonesia, ada beberapa faktor utama yang menjadi alasan mengapa memilih menjadi PNS.

1. Jaminan Kesejahteraan


Sudah tidak bisa kita pungkiri bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hampir setengahnya adalah diperuntukkan sebagai Belanja Pegawai.

Yang artinya, sekitar 30-40 persen APBN digunakan untuk membayar Gaji, Tunjangan-tunjangan, serta pengeluaran lainnya yang diperuntukkan bagi PNS.

Dengan besarnya angka Belanja Negara untuk pegawai ini, jelas menunjukkan bahwa Kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil telah menjadi perhatian negara, yang dalam hal ini pemerintah.

Apalagi diera reformasi ini, dimana pemimpin daerah dan wakil rakyat baik di tingkat daerah maupun pusat, dipilih langsung oleh masyarakat.

Bahkan tidak hanya itu, Presiden dan Wakil Presiden pun dipilih langsung oleh masyarakat.

Dengan keadaan ini, sudah barang tentu PNS telah menjadi "komoditi" politik bagi penguasa maupun bagi mereka yang ingin berkuasa.

Mengapa demikian?

PNS saat ini berjumlah lebih dari 4 juta orang, dan bayangkan jika dari 4 juta PNS tadi memiliki keluarga yang telah punya hak pilih, maka ada berapa suara yang dapat dihasilkan.

Karena itu, pada setiap tahun-tahun politik, PNS selalu menjadi salah satu faktor yang digunakan oleh penguasa, dan yang ingin merebut kekuasaan untuk menjaring suara.

Dan untuk melakukan itu, salah satu cara menarik suara dari para Abdi Negara ini adalah dengan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sebut saja, baru-baru ini pemerintah berencana akan menaikkan gaji pokok PNS pada tahun 2019 nanti.

Belum lagi pemberian tunjangan seperti tunjangan kinerja, tunjangan kesehatan, tunjangan kemahalan, dan tunjangan-tunjangan lainnya.

Selain kesejahteraan saat menjadi PNS, kesejahteraan masa pensiun dan hari tua PNS pun diberikan oleh pemerintah.

Karena itu, tentu tidak mengherankan mengapa saat ini profesi PNS menjadi sebuah profesi primadona di negeri ini.

Jika kita kembali ke 30 tahun yang lalu, profesi PNS ini masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

2. Strata Sosial


Iya, memang betul, kita tidak sedang hidup di jaman feodal, atau hidup dimasyarakat yang menganut sistem KASTA.

Namun kita juga tidak dapat menepis anggapan masyarakat yang berkembang untuk profesi PNS saat ini.

Menjadi PNS bisa sangat membanggakan bagi mereka sendiri dan juga bagi sanak saudara dan keluarganya.

Bisa meningkatkan derajat keluarga, karena dengan menjadi PNS maka suatu saat jika karir PNS nya bagus, bisa menjadi pimpinan di instansi tempat ia bekerja.

Dan semua ini telah banyak dibuktikan, admin sendiri melihat semua ini.

Bahkan tidak sedikit orang tua yang menginginkan menantu seorang PNS. Karena bagi orang tua, jaminan masa depan yang cerah untuk anak mereka dapat membuat hari tua mereka menjadi tenang.

3. Melanjutkan Pendidikan


Untuk sebagian orang, menjadi PNS adalah merupakan sebagai salah satu batu loncatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Karena, pemerintah selalu berupaya meningkatkan kemampuan para pegawainya, dengan memberikan kesempatan dan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Beasiswa yang diberikan ini bahkan kadang bekerjasama dengan universitas-universita bergengsi baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Dengan menjadi PNS, maka membuka peluang serta kesempatan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

4. Ingin Berada di Lingkungan Orang-orang Penting


Dunia politik dan entertaiment tidak dapat dipisahkan. Berita politik selalu menjadi konsumsi utama masyarakat, selain entertaiment (hiburan).

Bahkan terkadang panggung politik bisa menjadi hiburan yang cukup membuat masyarakat terhibur, terutama dengan kisah dan tingkah laku politikus yang terkadang cukup menggelikan.

Sebut saja berita Setnov yang menabrak tiang listrik hanya karena ingin menghindari penyidikan KPK atas kasus korupsi yang menimpanya, dan cerita tentang benjol kepala Setnov sebesar Bakpao.

Profesi dan pekerjaan PNS tidak terlepas dari politik dan entertaiment.

PNS pada dasarnya adalah pelayan masyarakat, yang menjalani semua kebijakan yang telah ditentukan pemerintah, yang mana pemerintah itu sendiri merupakan sebuah jabatan Politik.

Memang benar, bahwa PNS harus dipisahkan dari Politik dan telah ada peraturan tentang itu (lihat: Netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Awam/ ASN dalam PILKADA), namun kenyataannya tidaklah demikian.

Seperti yang telah kami katakan diatas, bahwa PNS telah menjadi komoditi politik para politikus di negeri ini.

Menjadi PNS berarti Anda berada dalam lingkungan orang-orang penting dan terkenal di negeri ini.

Berada dan dekat dengan lingkungan orang-orang penting dan terkenal, artinya ikut berada dan bahkan mungkin juga akan ikut kecipratan terkenal.

Jika masyarakat awam, tentu tidak akan mudah untuk bertemu apalagi bersama dengan Bupati, Walikota, Gubernur, apalagi Presiden.

Namun, jika Anda menjadi PNS, dan ditempatkan di instansi yang berada dilingkungan orang-orang penting tersebut, maka dengan sendirinya membuat Anda menjadi terkenal.

Karena bisa jadi Anda adalah orang (PNS) yang menentukan jadwal acara, jadwal pertemuan atau jadwal wawancara/ talkshow pejabat-pejabat publik tadi.

Jika sudah demikian, maka sudah barang tentu Anda akan berhubungan dengan pihak-pihak pers, televisi, bahkan juga artis-artis.

5. Jalan-jalan


Anda mungkin seorang petualangan sejati. Menyukai tempat-tempat baru. Mencintai perjalanan ketempat dan suasana baru.

Dan berprofesi sebagai PNS adalah salah satu alasan untuk Anda bisa mewujudkan keinginan Anda tanpa harus mengeluarkan biaya. Bahkan dibiayai negara.

Iya, PNS adalah profesi yang tugasnya melayani masyarakat. Dan dalam melayani masyarakat PNS harus berpergian, yang terkadang kedaerah-daerah yang jauh dan terpencil.

Dan juga berpergian dari satu kota ke kota yang lain serta dari provinsi yang satu ke provinsi yang lain, yang biasa nya mengikuti acara pelatihan, diklat, dan lain sebagainya.

Menjadi PNS berarti membuka  kesempatan untuk Anda bepergian ketempat-tempat baru, bahkan ketempat yang belum pernah Anda kunjungi.

Dan jika Anda seorang traveler maka menjadi PNS bisa jadi merupakan salah satu alasan mengapa harus menjadi PNS.

Mungkin masih banyak alasan Mengapa Anda Harus Menjadi Pegawai Negeri Sipil - PNS, yang tidak kami sebutkan diatas.

Namun apapun alasan Anda, PNS bukanlah satu-satunya profesi idaman dan primadona dinegeri ini.

Profesi apapun yang Anda jalani, selama itu sesuai dengan hati dan keinginan Anda, apalagi profesi yang Anda sukai yang menjadi hobi Anda maka itu adalah profesi primadona untuk Anda.

Anda adalah generasi milenial, hidup di era yang serba digital, maka pikiran dan pola pikir Anda pun harus digital.

Manfaatkan apa yang ada disekitar Anda, jadikan semua kelebihan dan keunggulan Anda sebagai modal Anda dalam menjalani profesi Anda.

Saatnya sebagai generasi milenial Anda harus berkarya, menciptakan bukan mengharapkan. Anda harus menjadi seorang penggagas, seorang yang memiliki visi yang jauh kedepan. (lihat: Manfaatkan Waktu Luang Mu Wahai Generasi Millenial - Ini Waktunya Kita).

Tapi, bukan berarti Anda tidak boleh menjadi PNS. Jika keinginan Anda adalah menjadi Abdi Negara, berbakti kepada bangsa dan masyarakat Indonesia, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, maka Anda HARUS menjadi PNS.

Jangan sampai profesi PNS ini diisi oleh orang-orang yang ingin merongrong negara ini, diisi oleh orang-orang yang ingin menggantikan ideologi bangsa, orang yang ingin menjual bangsa ini.

Anda tentu tahu, bahwa bangsa ini sedang dalam keadaan yang sangat mengkhawatirkan, Tenaga Kerja Asing merajalela, paham-paham komunis mulai tumbuh subur dinegeri ini.

Karena itu, Anda harus menjaga negeri ini, jangan sampai yang duduk di birokrasi nanti orang-orang yang disusupkan oleh para pengusung ideologi komunis.

Diisi oleh orang asing yang mungkin telah mendapatkan KTP, atau identitas Indonesia.

Jika Anda mencintai bangsa ini, dan menginginkan yang terbaik bagi NKRI, maka Anda harus menjadi PNS.

Jika Anda menyalurkan suara Anda untuk perbaikan negeri dan bangsa ini, maka menjadi PNS adalah jalan untuk Anda memperbaikinya.

Dan untuk itu, berusahalah, belajar, dan persiapkan diri Anda sebaik mungkin, dalam menghadapi seleksi penerimaan CPNS 2018 ini.

Ikuti bimbingan belajar yang ada, beli buku tes cpns, browsing di internet bentuk soal, contoh soal, kunci jawaban dan pembahasan serta tips dan trik menjawab soal ujian cpns (lihat: Lulus Tes CPNS 2018 - Contoh Soal dan Pembahasannya).

Selamat berjuang untuk Anda yang akan mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2018 ini. Percayalah pada kemampuan diri Anda sendiri.

Berusaha dan berdoa lah secara terus menerus agar cita-cita Anda menjadi Abdi Negara tercapai.

Jika keberuntungan belum menjadi milik Anda, berbesar hatilah, dan tetap optimis serta berharap pada pembukaan penerimaan CPNS ditahun-tahun yang akan datang, Anda dapat diterima.

Ingatlah, hasil tidak pernah mengkhianati usaha. Semakin kuat Anda berusaha, yang diiringi dengan doa kepada Tuhan YME, maka semakin besar peluang Anda untuk diterima sebagai PNS.

Anda adalah seperti apa yang Anda lihat. Jika Anda melihat diri Anda adalah orang yang sukses, maka Anda akan sukses, namun jika Anda selalu berkeluh kesah, tidak yakin pada kemampuan diri, maka kesuksesan akan menjauh dari Anda.

Selamat berjuang!
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar