Tips Mengerjakan Soal Ujian Seleksi SKD CPNS dengan Sistem CAT BKN di Sscn.bkn.go.id

Tips Mengerjakan Soal Ujian Seleksi SKD CPNS dengan Sistem CAT BKN di Sscn.bkn.go.id

Sering dilihat:

Besar harapan kami, nama Anda ada dalam salah satu dari sekian juta pelamar yang lulus seleksi Administrasi CPNS 2018, yang telah diumumkan oleh BKN.
tips mengerjakan soal skd cat cpns 2018

Bersyukurlah pada Tuhan jika Anda sudah lulus pada tahapan seleksi administrasi ini. Karena tidak sedikit yang gagal lulus seleksi administrasi yang disebabkan oleh keteledoran dan ketidak hati-hatian pelamar CPNS saat mendaftar.

Tips Mengerjakan Soal SKD CAT CPNS 2018


Untuk Anda yang lulus seleksi administrasi dan namanya telah diumumkan di portal resmi penerimaan CPNS 2018, langkah Anda belum usai.

Jangan terlalu gembira dulu, karena masih ada beberapa tahapan lagi yang harus Anda lewati untuk bisa diangkat menjadi PNS.

Dan tahapan selanjutnya ini lebih berat daripada sekedar pendaftaran dan seleksi administrasi cpns 2018.

Sebab Anda akan bersaing dengan puluhan ribu hingga jutaan pelamar lainnya.

Untuk itu, Anda harus selalu dalam keadaan semangat, yakin dan optimis bahwa Anda akan bisa diterima sebagai PNS.

Tahapan berikutnya adalah Anda harus mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Seleksi Kompetensi Dasar ini dilakukan dalam Sistem Computer Assisted Test (CAT).

Sistem CAT ini maksudnya adalah suatu metode seleksi menggunakan alat bantu komputer, sebagai alat untuk mendapatkan nilai standar minimal kompetensi dasar bagi setiap pelamar CPNS.

Soal CPNS 2018 yang akan diujikan dalam sistem CAT nantinya berbentuk multiple choice atau pilihan ganda.

Cara kerjanya adalah para peserta CPNS 2018 akan dihadapkan pada soal cpns 2018 dikomputer dan menjawab soal tersebut dengan mengklik dengan mouse komputer pada pilihan jawaban yang dianggap benar.

Sistem CAT ini sangat berguna baik bagi peserta maupun bagi panitia penerimaan CPNS 2018.

Sebagai peserta Anda akan mendapatkan hasil yang transparan, karena hasil atau nilai dari jawaban-jawaban yang Anda pilih dalam sistem CAT tadi akan ditampilkan di monitor komputer.

Sehingga hasil ujian cpns 2018 yang dilakukan secara nasional lebih transparan, obyektif, akuntabel dan bebas KKN.

Sedangkan bagi panitia penerimaan CPNS 2018, sistem CAT ini akan mempercepat proses pemeriksaan, sehingga akan mempersingkat waktu panitia dalam menentukan kelulusan peserta tes seleksi penerimaan CPNS.

Agar Anda dapat lolos tes SKD, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting, terkait dengan apa itu SKD dan seperti apa bentuk dan contoh soal nya.

Tes Seleksi Kompetensi Dasar ini terdiri dari 3 jenis tes, yakni:

1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP),

2. Tes Intelegensia Umum (TIU),

3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Tips Persiapan Menghadapi Tes CPNS 2018

Pengumuman peserta seleksi administrasi cpns sudah dirilis, artinya segala persiapan harus mulai Anda lakukan agar bisa lolos dalam seleksi CPNS 2018 ini.

Seperti yang selalu kami katakan pada postingan-postingan kami sebelumnya, disini Anda menghadapi puluhan hingga jutaan pelamar lainnya, sehingga persaingan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pun semakin ketat.

Jika sudah demikian, yang harus Anda persiapkan untuk bisa lolos dan diterima sebagai CPNS 2018 tahun ini adalah mengatur strategi secara khusus untuk bisa lolos seleksi cpns dan diangkat sebagai PNS.

Untuk itu, kami dari awambicara akan memberikan Anda beberapa tips untuk Anda dalam menjawab soal tes CAT CPNS 2018 nanti.

Tips Menghadapi dan Mengerjakan Soal CAT BKN CPNS 2018

Mengatur Waktu Pengerjaan Soal SKD CPNS


Disini Anda akan berhadapan dengan waktu pengerjaan soal yang hanya 90 menit. Waktu yang disediakan oleh panitia ini untuk setiap peserta tes SKD CAT CPNS 2018 adalah hanya 90 menit dalam menjawab 100 soal CPNS.

Yang artinya, Anda hanya memiliki waktu sekitar 1,1 menit saja untuk mengerjakan 1 soal cpns 2018.

Jadi dengan demikian, Anda harus benar-benar bisa mengatur waktu Anda ketika menjawab soal cpns dengan sistem CAT nantinya.

Untuk melakukannya, yang harus Anda lakukan adalah:

1. Mengerjakan Soal yang Mudah terlebih dahulu.
2. Jangan pernah merasa penasaran dengan 1 soal, jika tidak bisa lewati dulu
3. Jangan ragu, artinya jika Anda sudah menjawabnya artinya soal itu sudah selesai Anda kerjakan
4. Sisakan waktu sekitar 5-10 menit untuk menjawab soal yang kosong, yang Anda lewati.
5. Optimis

Memahami Passing Grade tiap jenis soal


Dalam mengatur waktu, Anda juga harus mempertimbangkan nilai Passing Grade untuk setiap jenis soal yang akan diujikan nantinya.

tips mengerjakan soal skd cat cpns 2018

Dalam hal ini, Anda harus mempertimbangkan menjawab soal dengan tepat untuk jenis soal yang memiliki nilai Passing Grade paling tinggi.

Adapun passing grade untuk setiap jenis soal adalah sebagai berikut:

1. Jenis Soal TKP memiliki Passing Grade 143 poin

Soal tes CPNS TKP tahun 2018 berjumlah sebanyak 35 soal, dengan nilai Passing grade sebesar 143.

Soal TKP CPNS 2018 ini jika berkaca pada tes seleksi cpns pada tahun yang lalu, biasanya terletak di paling akhir, yakni dari soal nomor 66 sd 100.

Jadi untuk lolos passing grade tkp pada skor 143, Anda setidaknya harus menjawab 25 soal dengan benar (bobot nilai 5).

2. Jenis Soal TIU memiliki Passing Grade 80 poin

Soal tes CPNS TIU tahun 2018 berjumlah sebanyak 30 soal, dengan nilai Passing grade sebesar 80. Bobot nilai untuk soal TIU ini adalah untuk jawaban yang benar bernilai 5 dan yang salah 0.

Untuk soal TIU cpns 2018 ini, Anda setidaknya harus menjawab 16 soal dengan benar (16x5=80).

3. Jenis Soal TWK memiliki Passing Grade 75 poin

Soal tes CPNS TWK tahun 2018 berjumlah sebanyak 35 soal, dengan nilai Passing grade sebesar 75. Bobot nilai untuk soal TIU ini adalah untuk jawaban yang benar bernilai 5 dan yang salah 0.

Untuk soal TWK cpns 2018 ini, Anda setidaknya harus menjawab 16 soal dengan benar (16x5=80), dan disini Anda memiliki kelebihan nilai 5 karena passing grade untuk TWK adalah 75 poin.

Memilih Soal Termudah Saat Menjawab tes CAT CPNS 2018


Setelah Anda bisa memanajemen waktu Anda, membagi berapa waktu paling lama yang harus Anda habiskan untuk 1 soal cpns 2018..,

.., serta memahami berapa soal yang harus Anda jawab dengan benar untuk setiap jenis soal yang diujikan baik itu TKP, TIU maupun TWK untuk lolos skor passing grade agar Anda bisa lulus seleksi kompetensi bidang..,

.., kini selanjutnya adalah Anda harus memulai dengan menjawab soal yang paling mudah untuk setiap jenis tes CAT CPNS 2018 nanti.

Untuk melakukannya, cobalah dengan mengatur menjawab soal seperti ini:

1. Mengerjakan Soal TKP CPNS 2018

Ketika Anda berhadapan dengan komputer CAT BKN untuk seleksi SKD penerimaan CPNS 2018, cobalah untuk mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu.

Dan untuk soal yang dianggap paling mudah adalah soal TKP (tes karakteristik pribadi).  Sebab, tes ini adalah untuk mengambarkan kepribadian Anda sebagai peserta seperti integritas, kejujuran dan ketegasannya.

Setiap Soal TKP CPNS 2018 memiliki nilai skor 1-5, yang artinya adalah jawaban apapun yang Anda pilih, semuanya memiliki nilai.

Adapun materi soal TKP menurut Permenpan No 36 Tahun 2018 adalah:

  • Sosial budaya
  • Kreatifitas dan inovasi
  • Professionalisme
  • Jejaring kerja
  • Integritas diri
  • Semangat berprestasi
  • Kemampuang menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
  • Kemampuan bekerjasama dalam kelompok
  • Pelayanan publik
  • Teknologi informasi dan komunikasi
  • Orientasi kepada orang lain
  • Kemampuan beradaptasi
  • Kemampuan mengendalikan diri
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  • Kemauan dan kemampuan belajar dan berkelanjutan
  • Orientasi pelayanan

2. Mengerjakan soal TIU CPNS 2018

Untuk memilih menjawab soal TIU yang termudah baiknya Anda mengatur untuk mengurutkan dalam menjawabnya sebagai berikut:

- Soal Bahasa Indonesia

- Soal Sinonim

- Soal Padanan Kata

- Soal Antonim

Soal-soal seperti Bahasa Indonesia, Sinonim, Antonim dan Padanan Kata ini tidak terlalu menyita waktu Anda.

tips mengerjakan soal skd cat cpns 2018

Kemudian baru dilanjut pada soal cerita. Dalam menjawab soal cerita dalam jenis tes TIU, cobalah untuk menjawab soal yang ceritanya tidak terlalu panjang paragrafnya, setelah itu baru lanjut ke soal matematika.

Untuk soal matematika ini cobalah untuk menjawab soal Numerik terlebih dahulu, karena biasanya soal Numerik lebih mudah dibanding dengan soal deret angka dan aritmatika.

Adapun materi soal TIU berdasarkan Permenpan No 36 Tahun 2018 adalah:


3. Mengerjakan soal TWK CPNS 2018

Seperti yang pernah kami bahas dalam postingan kami di Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) - Penerimaan CPNS 2018, tes TWK ini adalah termasuk tes CAT CPNS yang cukup berat.

Sebab para pelamar CPNS 2018 nantinya akan diuji mengenai wawasan kebangsaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tes TWK ini sifatnya adalah hafalan, dan juga ada materi soal yang isinya mengenai wawasan daerah tempat dimana pelamar CPNS 2018 akan ditempatkan.

Tidak ada tips secara khusus dan spesifik dalam menjawab tes TWK ini, hanya saja untuk bisa menjawab tes TWK, Anda harus sering-seringlah membaca mengenai Pendidikan Kewarganeraan (PKN).

Dan juga sering-sering menjawab contoh soal tes wawasan kebangsaan.

Anda tidak akan pernah bisa lolos seleksi penerimaan CPNS, jika Anda tidak memiliki persiapan yang cukup matang, terutama dalam hal belajar dan mengulang-ulang contoh-contoh soal CPNS.

Dan Anda bisa belajar dan mengulang-ulang menjawab contoh soal CPNS dengan membeli buku tes cpns, atau bisa juga dengan mendownload contoh soal yang banyak beredar di internet.

Dan yang paling mudah adalah dengan mempelajari dan mengulang-ulang contoh-contoh soal CPNS dari kami awambicara.

Anda bisa melihat contoh-contoh soal cpns kami di menu CPNS/ CASN diatas.

Selain contoh soalnya, kami juga menyertai tips dan trik cara menjawab cepat untuk setiap jenis dan bentuk soal cpns 2018 yang akan diujikan nantinya.

Kuncinya adalah OPTIMIS.. LATIHAN RUTIN.. PERCAYA DIRI..

Layaknya seorang atlet, untuk menjadi juara ia harus dan sangat membutuhkan latihan rutin untuk setiap harinya, dan begitu pula untuk bisa menjawab soal cpns 2018 dan lulus sebagai PNS Andapun harus sering belajar, rutin belajar, optomis, serta percaya diri dalam menjawab semua soal yang akan diujikan nantinya.

Dalam Tips Mengerjakan Soal Ujian Seleksi SKD CPNS dengan Sistem CAT BKN di Sscn.bkn.go.id ini, kami telah menyertai link-link tautan yang menuju ke contoh-contoh soal dari masing-masing materi.

Hal itu kami lakukan untuk memudahkan Anda dalam belajar dan menavigasi artikel Tips Mengerjakan Soal Ujian Seleksi SKD CPNS dengan Sistem CAT BKN di Sscn.bkn.go.id ini. Sukses untuk kalian, terimakasih!
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar