Cara Mempercepat Kinerja Ponsel Android dalam 6 Langkah

Cara Mempercepat Kinerja Ponsel Android dalam 6 Langkah

Sering dilihat:

Salah satu masalah utama yang dihadapi pengguna perangkat atau ponsel Android adalah kinerjanya yang mulai melambat.
cara mempercepat kinerja ponsel android

Masalah kinerja ponsel Android yang melambat ini bahkan dialami oleh beberapa perangkat dengan ROM atau prosesor tercepat sekalipun.

Mempercepat Kinerja Ponsel Android


Untuk itu, kami memiliki beberapa tips dan trik dalam mengoptimalkan dan mempercepat kinerja perangkat Android, baik itu Smartphone maupun Tablet.

Lihat: Apa itu GBWhatsApp?

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan opsi pengembang pada perangkat Anda.

Yakni dengan menuju Pengaturan > Tentang Ponsel atau Tentang Tablet, lalu ketuk Build Number beberapa kali hingga Anda mendapatkan jendela (popup) yang menyatakan bahwa perangkat Anda dalam mode pengembang saat ini.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan beberapa pengaturan yang hanya terbatas untuk pengembang.

Sekarang adalah 6 langkah yang harus Anda lakukan sebelum Anda dapat melihat dan merasakan peningkatan kinerja perangkat Android Anda.

1. Memperlambat Animasi


Hampir semua orang suka memiliki animasi pada perangkat ponsel atau tablet mereka, karena hal itu sangat menyenangkan mata.

Akan tetapi apakah Anda tahu bahwa animasi ini dapat memperlambat sistem pada perangkat Android Anda?

Sayangnya jawabannya adalah IYA.

Dan Anda juga dapat memilih untuk memperlambat animasi itu atau bahkan mungkin Anda dapat mematikannya jika Anda ingin meningkatkan tingkat kinerja Ponsel atau Tablet Android Anda.

Caranya:

Pergi ke pengaturan dan temukan opsi Pengembang di bawahnya dan kemudian pergi ke Skala Animasi Window (Window Animation Scale), Transition Animation Scale (Skala Animasi Transisi) dan the Animator duration scale (skala durasi Animator) dan pilih the Animation scale .5x (skala animasi) atau opsi Animation off yang ada di Skala Animasi 1x.

cara mempercepat kinerja ponsel android

Dengan ini, Anda akan melihat bahwa menu dan transisi akan muncul lebih cepat dibandingkan dengan sebelum Anda mengubah animasi scale ini.

2. Hapus Browsing Cache


Memori cache adalah tempat semua memori sementara tersimpan, seperti rincian penjelajahan (browsing) yang telah Anda kunjungi sebelumnya.

Lihat: Aplikasi Musik Online Gratis Terbaik untuk Android dan iPhone 2018

Hal ini dilakukan agar saat Anda membuka situs/ laman web yang telah pernah dibuka atau kunjungi sebelumnya lebih cepat dari pada saat Anda pertama kali mengunjunginya.

Simpanan sementara ini akan menyimpan semua detail penjelajahan (riwayat berselancar Anda di Internet), cookie, dan kata sandi.

Browsing cache ini akan selalu tersimpan, meskipun sudah sangat lama tidak Anda kunjungi.

Jadi dengan menghapus semua browsing cache pertanggal ini, maka ia akan dapat meningkatkan kinerja data Anda.

Caranya:

Pergi ke pengaturan browser yang Anda gunakan (Dalam hal ini kami menggunakan Google Chrome) dan pergi ke opsi privasi di mana Anda akan menemukan pilihan untuk membersihkan browsing cache ini.

cara mempercepat kinerja ponsel android

Jika Anda menggunakan beberapa browser, seperti opera dan yang lainnya, ikuti langkah yang sama dan hapus cache di semua browser.

3. Hapus Cache Aplikasi dan Aplikasi yang Tidak Perlu


Cache aplikasi juga mirip dengan cache browser, di mana semua data sementara tersimpan.

Jadi di sini, di cache aplikasi Anda dapat menemukan semua data yang tersimpan dalam aplikasi tersebut sebelumnya.

Namun, sebelum Anda menghapus cache aplikasi ini, Anda harus memastikan bahwa yang Anda hapus hanya cache yang tidak perlu dan data dari aplikasi yang tidak digunakan lagi oleh Anda karena jika tidak Anda akan kehilangan semua data-data penting dari aplikasi.

Untuk menghapus cache aplikasi ini, caranya:

buka Pengaturan > Penyimpanan, lalu pilih aplikasi yang tidak atau jarang Anda gunakan dan Anda akan menemukan opsi untuk mengosongkan cache.

cara mempercepat kinerja ponsel android

Bahkan Anda juga dapat menghentikan secara paksa aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang jika Anda ingin melakukannya.

Kemudian, cari dan pilih serta hapus juga semua aplikasi yang sudah tidak Anda perlukan lagi yang telah Anda instal ke dalam perangkat Anda.

Aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan lagi ini akan mengambil space memori perangkat Android Anda dan bahkan juga sering kali berjalan di latar belakang, yang akibatnya akan memperlambat kecepatan pemrosesan sistem Android Anda.

Catatan: 

Menghapus cache aplikasi akan menghapus semua kata sandi dan akan meminta Anda untuk login kembali ke aplikasi jika Anda akan menjalankan atau menggunakan aplikasi tersebut dikemudian hari. 

4. Hapus Widget


Widget adalah cara pintas yang dimiliki di layar beranda perangkat Android.

Pintasan ini cenderung dibuat untuk memudahkan kita dalam mengaksesnya dengan mudah.

Secara default ada banyak widget yang terpasang diberanda perangkat Android, dan tidak semua widget yang ada dilayar beranda tersebut kita gunakan, bukan?

cara mempercepat kinerja ponsel android

Jadi cukup tinggalkan widget yang Anda gunakan dan hapus widget yang jarang Anda gunakan, serta kurangi juga penggunaan beberapa layar beranda dengan mengatur ikon aplikasi ke dalam satu halaman dan hapus halaman yang kosong.

Hal ini akan membantu meningkatkan kinerja perangkat Android Anda.

5. Memperbarui Aplikasi (Update Aplikasi)


Memperbarui aplikasi atau mengupdate Aplikasi akan membuat peningkatan kinerja aplikasi dan tidak hanya membuat aplikasi berjalan lancar, akan tetapi juga akan memberikan pembaruan keamanan yang lebih banyak lagi di perangkat Android Anda.

Lihat: Tips dan trik Google Chrome versi Seluler - Android dan iOS

cara mempercepat kinerja ponsel android

Anda akan mendapatkan pembaruan secara langsung jika Anda mengaktifkan pembaruan otomatis dari Google Play Store atau Anda juga dapat melakukannya secara manual dengan cara pergi ke Play Store dan kemudian ke Aplikasi Saya di mana Anda perlu untuk mengklik memperbarui semua.

6. Instal Launcher


Memasang peluncur baru akan menambahkan sedikit kecepatan pada kinerja sistem Android perangkat ponsel atau tablet Anda melalui stok peluncur android yang Anda gunakan.

Meskipun mungkin tidak akan mengubah banyak hal secara drastis, akan tetapi Anda akan dapat melihat peningkatan kinerja secara signifikan.

Anda juga dapat menemukan beberapa peluncur (launcher) yang memberikan Anda opsi untuk pengoptimalan, sehingga Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Demikianlah 6 langkah mudah untuk mempercepat kinerja ponsel Android.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar