Cara Menguatkan Sinyal WiFi dengan Benar, Cepat dan Mudah

Cara Menguatkan Sinyal WiFi dengan Benar, Cepat dan Mudah

Internet sudah bisa dipastikan menjadi kebutuhan pokok diera milenial ini. Rasanya mencari orang yang hidup tanpa internet itu susah untuk saat ini.
cara menguatkan sinyal wifi dirumah

Bahkan, ketika kita mendengar berita ada orang yang sengaja mengasingkan diri dari Internet, kita sudah anggap sebagai orang yang aneh, atau bahkan mungkin sebagai orang yang hebat karena bisa hidup tanpa internet.

Cara Mudah Menguatkan Sinyal WiFi


Saya masih ingat dulu, pertama saya mengenal dunia internet. Saat itu layanan internet yang ada hanya telkomnet@instan.

Menggunakan jaringan telepon rumah, dan dengan biaya yang cukup besar.

Lihat: Apa itu GBWhatsApp? Apa Saja Fiturnya? Dan Bagaimana Cara Instalasinya?

Namun sekarang banyak penyedia jasa internet yang menawarkan kecepatan tinggi dan dengan harga yang relatif murah.

Akan tetapi masih terbatas untuk kota-kota besar saja. Sedangkan di daerah atau kota kecil, untuk akses internetnya kita masih mengandalkan indihome dari telkom, atau paket data 4G dari telkomsel.

Karena hanya telkomsel dan indohome telkom lah yang layanannya sampai ke daerah-daerah pelosok.

Saat ini, dikota-kota besar, untuk menarik pelanggannya banyak cafe atau bahkan rumah makan biasa yang menawarkan layanan WiFi gratis.

Koneksi internet dengan menggunakan jaringan WiFi saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan vital masyarakat.

Sebelum mereka mulai nongkrong bersama teman disebuah cafe, kita pasti bertanya terlebih dahulu, apakah cafe tersebut menyediakan layanan WiFi gratis dan meminta password WiFi nya jika memang ada.

Selain di cafe, rumah makan ataupun restoran, untuk kota-kota besar jaringan WiFi juga biasanya tersedia secara gratis ditaman-taman kota ataupun dipusat-pusat perbelanjaan.

Baik itu yang disediakan oleh pemerintah setempat maupun oleh pengelola pusat perbelanjaan. Selain itu, telkom juga memberikan layanan WiFi ditempat-tempat publik dengan layanan wifi,id, wifi,seamless nya.

Untuk pelanggan Indihome, apabila mengaktifkan layanan Movin, maka saat pengguna berada dalam jaringan wifi seamless, maka akan terkoneksi secara otomatis ke wifi seamless.

Gedung-gedung perkantoran, kantor pemerintahan, perbankan, sekolah dan hampir semua tempat pelayanan publik telah mendukung dan menyediakan koneksi internet via WiFi.

Berselancar didunia maya tanpa kabel, yakni melalui jaringan seluler 4G maupun WiFi sangat mudah, efektif dan efisien, dibandingkan dengan layanan internet dengan menggunakan kabel.

Namun, walaupun berselancar di Internet dengan menggunakan WiFi lebih efektif dan efisien, sering kali sinyal WiFi yang kita terima turun naik, bahkan melemah hingga tinggal satu bar.

Akibatnya, koneksi internet jadi lemot, dan aktifitas berselancar didunia maya kitapun jadi terganggu.

Walaupun pada saat dirumah kita menggunakan layanan internet Indihome, namun saat berselancar atau menggunakannya seringkali kita berselancarnya dengan smartphone, dan sudah barang tentu melalui jaringan WiFi yang dipasang dirumah.

Admin sendiri menggunakan layanan Indihome dirumah, untuk menulis artikel ini juga menggunakan layanan Indihome, dan pernah merasakan sedang enak-enaknya internetan, membuat artikel, membaca artikel, koneksi WiFi melemah hingga membuat koneksi Internet jadi lemot.

Karena yang menjadi masalah adalah jaringan WiFi nya, maka saya mencoba untuk memperbaikinya dengan mencari-cari di internet, bagaimana cara menguatkan sinyal WiFi dengan cepat dan mudah.

Setelah browsing dan membaca banyak artikel tentang menguatkan sinyal WiFi dengan cepat dan mudah, saya menemukan beberapa cara untuk menguatkan sinyal WiFi di rumah, yang menurut saya lebih efektif, cepat dan mudah.

Tips menguatkan WiFi dengan cepat dan mudah ini dapat juga Anda coba di perusahaan, restoran ataupun kafe Anda.

Cara Menguatkan Sinyal WiFi dengan Cepat dan Mudah


Berikut ini adalah cara menguatkan sinyal WiFi dengan cepat dan mudah:

1. Ubah Posisi Router WiFi


Jika Anda menggunakan modem router WiFi di rumah, dan ternyata Anda mendapati kendala sinyal yang jelek, pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengubah posisi router wifi Anda.

cara menguatkan sinyal wifi dirumah

Sebelum Anda melakukan cara yang lain, cara merubah posisi Router ini yang harus Anda lakukan, karena bisa jadi Anda salah meletakkan posisi router yang mengakibatkan kinerja modem menjadi lambat.

Cobalah untuk memindahkan Router ke tempat yang lebih tinggi dan terbuka sehingga jangkauan sinyal WiFi nya lebih kuat dan stabil.

Anda bisa saja meletakkan Router diatas meja, di tempel didinding, atau di atas lemari ruma Anda.

Tempat terbaik untuk meletakkan Router adalah diruang tengah rumah Anda. Dan jika dengan memindahkan atau merubah posisi Router belum juga berhasil, cara ampuh lainnya untuk memperkuat sinyal WiFi adalah dengan mencoba memposisikan antena Router tegak lurus.

2. Pakai Router Teknologi Terbaru


Tips lain untuk memperkuat sinyal WiFi dengan cepat adalah mengganti modem router lama ke modem router dengan teknologi terbaru.

Anda mungkin asing dengan tipe-tipe router yang dijual diluar sana. Karena penyebutan dan namanya yang mungkin terdengar sangat milenial.

Lihat: Tips dan trik Google Chrome versi Seluler - Android dan iOS

Namun pada dasarnya harga itu tidak bohong, artinya semakin bagus sebuah router maka semakin mahal harganya, dan sebaliknya juga demikian.

Saat ini, perangkat router versi terbaru dan canggih sudah banyak beredar dipasaran dan dijual bebas, dengan harga yang sangat bervariasi.

Sebenarnya tidak susah untuk melihat kode-kode teknologi dari router itu sendiri, karena biasanya teknologi router paling baru dapat Anda lihat dari setiap wireless yang dimiliki masing-masing tipe.

Router dengan tipe A, B, G, dan N, serta AC. A/ B/ G/ N/ AC ini menerangkan generasi dari masing-masing perangkat WiFi yang ada.

3. Jauhkan dari Perangkat Elektronik Lainnya


Sinyal WiFi dirumah Anda yang melemah dan mengakibatkan jaringan internet jadi lemot tidak selalu disebabkan oleh perangkat yang telah aus, rusak, atau karena jaringan dari penyedia layanan internetnya yang jelek.

Karena bisa jadi disebabkan Anda salah meletakkan posisi dari Router WiFi itu sendiri, atau bahkan juga mungkin karena Anda meletakkannya didekat perangkat elektronik lain yang dapat mempengaruhi pancaran sinyal dari Router WiFi itu sendiri.

Contohnya peralatan elektronik seperti microwave, telepon wireless, dan sebagainya karena perangkat itu berada pada saluran yang sama dengan modem router.

Apalagi Anda yang menggunakan layanan Indihome Triple Play, yang dibarengin dengan layanan Telepon juga, yang biasanya berdekatan dengan modem router WiFi Indihome Anda.

Solusi memperkuat sinyal WiFi yang melemah dan internet jadi lemot ini adalah dengan jalan menjauhi perangkat router WiFi Anda dari perangkat dan peralatan elektronik lainnya dengan menggunakan saluran yang berbeda.

Anda bisa mengganti kabel UTP yang lebih panjang sehingga Anda bisa meletakkan Modem Router WiFi Indihome Anda ketempat yang lebih jauh dari perangkat elektronik lainnya.

Atau Anda bisa membeli perangkat WiFi baru yang terpisah dengan Modem Router WiFi bawaan dari Indihome tersebut.

4. Lindungi WiFi dan Ganti Password


Jika dari ketiga langkah diatas masih belum berhasil memperkuat sinyal WiFi dan melancarkan jaringagn internet Anda, langkah berikutnya adalah dengan menyetting ulang perangkat Modem Router dan WiFi Anda.

cara menguatkan sinyal wifi dirumah

Karena bisa jadi ada hal lainnya yang mengganggu jaringan internet rumah Anda, seperti ada orang lain yang mencoba untuk menyusup dan menggunakan jaringan WiFi atau Internet rumah Anda.

Solusinya adalah dengan jalan menyetting ulang Modem Router dan WiFi internet rumah Anda dengan menggunakan username dan password baru yang sulit ditebak, atau bisa juga dengan mengganti SSID WiFi rumah Anda.

5. Menggunakan Aplikasi yang Tepat


Terkadang tanpa disadari, kamu dan tetangga kamu bisa saja menggunakan kanal router yang sama sehingga mengakibatkan performa router menurun.

Nah, untuk penyebab yang satu ini solusinya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia di Appstore (Apple) maupun Google Play Store (Google).

Aplikasi Penguat Sinyal WiFi


Berikut ini adalah beberapa aplikasi penguat sinyal WiFi yang bisa Anda download di ponsel Anda, antara lain:

WiFi Manager


WiFi Manager ini dikembangkan oleh Kostya Vasilyev yang berasal dari Rusia. Aplikasi ini fungsi utamanya adalah untuk memperkuat sinyal WiFi.

Untuk reputasinya sendiri, aplikasi ini terbilang laris manis karena sudah diunduh 10 juta pengguna.

Dan aplikasi ini sendiri tidak memakan banyak space di ponsel Anda, karena hanya berkapasitas memori 2,2 MB saja.

WiFi Signal Booster + Extender


Aplikasi WiFi Signal Booster + Extender ini adalah aplikasi penguat sinyal WiFi yang dapat membantu Anda lebih cepat berselancar di dunia maya.

Selain menguatkan sinyal, aplikasi WiFi Signal Booster + Extender ini juga memberikan informasi tentang jaringan WiFi mana saja yang sinyalnya kuat dan lemah sehingga Anda dapat memilihnya untuk internetan.

Aplikasi ini telahh di unduh oleh 100 ribu orang, serta dapat Anda download secara gratis, dengan kapasitas 2,6 MB saja.

WiFi Master Key


Aplikasi WiFi Master Key dikembangkan LinkSure Network yang bermarkas di Singapura.

Telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna, dan selain berfungsi untuk memperkuat sinyal WiFi, juga dapat memberikan informasi kecepatan jaringan WiFi yang ada saat itu.

Apabila WiFi Master Key mendeteksi sinyal WiFi 100%, maka dapat dikatakan sinyal WiFi yang Anda miliki bagus.

Aplikasi ini untuk kapasitasnya lebih besar dibandingkan tiga aplikasi diatas, yakni sebesar 8,7 MB, namun dengan space masih dibawah 100MB masih tergolong rendah.

WiFi Doctor-Speef & Fast


WiFi Doctor-Speef & Fast selain sebagai penguat sinyal WiFi, juga dapat menjadi ‘dokter’ yang dapat mengecek jaringan WiFi apa saja yang terhubung dengan ponsel Anda.

Aplikasi ini akan memberikan Anda informasi apakah jaringan WiFi Anda aman atau tidak.

Aplikasi WiFi Doctor-Speef & Fast bisa Anda unduh dengan kapasitas 5,5 MB.

Network Master-Speed Test


Network Master-Speed Test adalah aplikasi penguat sinyal lainnya, yang selain mampu menguatkan sinyal WiFi Anda juga mampu menguji kecepatan WiFi.

Aplikasi ini hanya menghabiskan memori 5,1 MB, dan Anda bisa mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi ini selain Anda sendiri. 

Lihat: Aplikasi Musik Online Gratis Terbaik untuk Android dan iPhone 2018

Penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk bersenang-senang maupun untuk urusan pekerjaan, sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat di seluruh dunia.

Karena itu, jangan sampai persoalan internet lemot, sinyal WiFi lemah dapat mengganggu aktivitas Anda saat belajar, bermain maupun bekerja.

Pacu semangat Anda dengan koneksi Internet cepat dengan mempertahankan kecepatan koneksi internet Anda melalui jaringan WiFi yang mumpuni. Selamat mencoba.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar