Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Komplain dan Mengirim Pengaduan ke JNE untuk Jadwal Pengiriman JNE Reguler

Cara Komplain ke JNE - Jalur Eka Mandiri, atau yang lebih kita kenal dengan JNE merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman yang telah memiliki pengalaman selama 27 tahun.

JNE dalam usahanya selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggannya. Namun kenyataannya tidaklah demikian.

cara komplain ke jne

Saya memiliki pengalaman yang kurang mengenakkan selama beberapa kali menggunakan layanan jasa pengiriman JNE ini.

Saya adalah salah satu pelanggan di aplikasi toko online tokopedia.

Saya lebih menyukai berbelanja secara online, karena selain mudah, terkadang juga jika sedang beruntung, saya bisa mendapatkan produk bagus dengan harga yang relatif murah.

Salah satu kendala yang saya temukan saat berbelanja online adalah mengenai kapan produk yang telah kita beli akan kita terima.

Cara Komplain ke JNE

Jika berbelanja secara konvensional, ketika kita membeli produk, maka produk tersebut bisa langsung kita bawa pulang, namun tidak saat kita berbelanja online.

Kita harus menunggu beberapa hari agar produk yang telah kita beli dikirim dan baru kemudian sampai ke tangan kita.

Jadi kendala utama yang dihadapi saat berbelanja online menurut saya adalah mengenai penentuan atau memilih layanan jasa pengiriman barang.

Ada banyak jasa layanan pengiriman barang yang tersedia saat ini, dan karena katanya yang paling bagus pelayanannya serta paling memperhatikan konsumennya adalah JNE.

Kita juga bisa mengetahui JNE cek ongkir atau mengetahui berapa ongkos kirim yang dibebankan melalui JNE cek ongkir.

Oleh sebab itu, saat saya berbelanja online, saya selalu menggunakan layanan JNE sebagai jasa pengiriman paket produk yang saya beli.

Dan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang buruknya layanan komplain dan pengaduan JNE, serta buruknya layanan jasa pengiriman JNE secara keseluruhan, ketika saya menggunakan jasa pengiriman JNE ini.

Saya membeli satu produk berupa sarung stir mobil MBTECH original, yang saya pesan dan order pada tanggal 11 Desember 2018 melalui penjual di tokopedia yang berdomisili di Depok.

Saya memilih jadwal pengiriman JNE reguler atau biasanya disebut dengan JNE REG15 sebagai jasa pengiriman paketnya.

Jadwal pengiriman JNE reguler ini memiliki estimasi sampainya produk yang kita kirim adalah paling lama 4 hari.

Dan menurut perhitungan, paket yang saya beli melalui olshop tokopedia seharusnya saya terima paling lama pada tanggal 16 Desember 2018.

Karena itu, saya terus memantau dan mengecek pengiriman paket sarung stir MBTECH original yang telah dikirim dengan jne reguler ini sudah sampai dimana.

Saya mengecek kiriman JNE sampai mana menggunakan tracking nomor resi JNE, dan paket saya telah sampai pada status DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY JAKARTA], Gateway Jakarta per tanggal 13 Desember 2018 pukul 07.30 WIB.

Akan tetapi, setelah tanggal 13 Desember 2018, ternyata status pengiriman paket saya tidak berubah ketika saya mencoba untuk memantaunya melalui aplikasi tracking JNE.

Dan sampai pada postingan ini saya buat, yakni tanggal 20 Desember 2018, status pengiriman saya pada tracking JNE tetap tidak berubah.

Masih distatus DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY JAKARTA], kota Gateway Jakarta per tanggal 13 Desember 2018 pukul 07.30 WIB.

Saya menyadari, bahwa kejadian ini bukanlah menjadi tanggung jawab dari penjual di lapak Tokopedia, namun murni karena kesalahan dari pihak JNE sendiri.

Karena itu, saya pun mencoba untuk menghubungi pihak JNE, untuk melakukan komplain atau mengirimkan pengaduan tentang paket yang sampai saat ini masih belum jelas dimana keberadaannya.

Sebelum saya mencari bagaimana cara komplain ke JNE, atau melakukan pengaduan ke JNE, pertama-tama saya menghubungi pihak penjual dimana saya membeli produk stir mobil tersebut.

Berdasarkan keterangan yang diberikan penjual, paket saya masih dalam perjalanan, dan saya diminta untuk bersabar menunggu.

Permasalahannya adalah bukan karena saya tidak sabar, namun karena saya percaya dan meyakini dengan komitmen JNE untuk memberikan pelayanan terbaik pada pelanggannya.

Yang juga menjadi slogan dari perusahaan jasa pengiriman tersebut.

Dimana paket pengiriman JNE REG15, yakni paket Reguler JNE, paling lama diterima oleh pelanggan 4 hari sejak paket dikirimkan.

Lihat: Cara Membuat dan Mengurus Izin Mendirikan Bangunan - IMB

Namun hingga saat ini, sudah melebihi waktu 1 minggu, saya belum juga menerima paket yang telah dikirim sejak tanggal 12 Desember 2018 lalu.

Memang kesalahan ini terletak pada kurir atau perusahaan jasa pengiriman tersebut, maka seharunya saya tidak menanyakan produk yang saya beli tersebut kepada penjual.

Karena pada dasarnya baik penjual maupun pembeli sama-sama tidak mengetahuinya dimana keberadaan paket tersebut.

Pihak JNE lah yang harus bertanggungjawab 100% atas pengiriman, sehingga akan lebih efektif dan menghemat waktu, jika saya langsung menanyakannya kepada JNE.

Akan tetapi, untuk menghubungi pihak JNE, dan melakukan komplain atau membuat pengaduan tentang ketidakjelasan status paket yang telah dikirim, ternyata tidak semudah yang di iklankan oleh pihak JNE.

Langkah Pertama Sebelum Melakukan Komplain dan Membuat Pengaduan ke JNE

JNE memang telah memberikan beberapa informasi di situr resmi mereka, termasuk cara mengecek kiriman JNE sampai mana dengan menggunakan layanan tracking paket, atau cek resi dan melihat status paket yang dikirim.

Untuk mengetahui cara mengecek kiriman JNE sampai mana, kita bisa menggunakan tracking nomor resi di www.jne.co.id

Nomor resi dari pengirim itu sendiri pasti ada ketika kita membeli barang secara online melalui olshop seperti tokopedia, bukalapak, blibli, dan yang lainnya.

Nomor resi pengiriman paket JNE inilah yang kita digunakan untuk pelacakan posisi barang yang telah kita beli.

Berikut contoh hasil tracking nomor resi saya di JNE:

cara mengecek kiriman jne sampai mana

Dari hasil tracking resi tersebut kita bisa mengetahui bahwa:

Tracking JNE
Shipper Consignee
03 GUDANGLEATHER Y*** H******O
DEPOK JL JALUR II TAMPUK PINANG PURA

History
12-12-2018 18:09 SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [DEPOK]
12-12-2018 18:28 RECEIVED AT SORTING CENTER [DEPOK]
12-12-2018 22:36 SHIPMENT PICKED UP BY JNE COURIER [DEPOK]
13-12-2018 01:24 PROCESSED AT SORTING CENTER [DEPOK]
13-12-2018 07:30 DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY JAKARTA]

Permasalahannya adalah, bahwa dari tracking tersebut, jelas bahwa paket saya nyangkut di Gateway Jakarta, per tanggal 13 Desember 2018, jam 07.30 WIB.

Melihat hasil tracking cek resi JNE tersebut memang terjadi masalah, mandeg, mentok, terlambat, telat, lalai, dan tidak profesional.

Lihat: Cara Tambah Daya Listrik PLN Secara Online dan Pembayarannya Via ATM BCA

Tidak seperti yang mereka koar-koarkan tentang pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan, dan paket akan tetap sampai walaupun dikirim ke pelosok-pelosok desa.

Bahkan mereka berani memberikan jaminan uang kembali apabila paket tidak sampai seperti yang dijanjikan. Terutama untuk layanan pengiriman paket JNE YES (Yakin Esok Sampai).

Paket saya telah melebihi waktu estimasi pengiriman yang seharusnya, yakni selama 4 hari, dan hingga satu minggu lebih barang saya belum juga sampai.

Karena itu, saya pun berencana untuk membuat pengaduan kepada JNE.

Saya pun mencari-cari bagaimana cara komplain ke JNE untuk kejelasan paket saya yang hingga saat ini belum saya terima, bahkan belum sampai sama sekali di kota saya, namun masih nyangkut di Jakarta.

Mengapa saya komplain kepada pihak JNE adalah karena masalah pengiriman paket hingga sampai ke alamat tujuan adalah 100% tanggung jawab JNE, bukan penjual.

Cara Komplain dan Membuat Pengaduan ke JNE

1. Komplain atau Melakukan Pengaduan ke JNE via Telepon

cara komplain ke jne dengan telepon

Pihak JNE telah menyediakan layanan kostumer service via telepon, yakni di nomor telepon:

Telepon JNE Pusat Jakarta: (021) 2927 8888

Jika ternyata dari hasil tracking resi JNE paket tersebut telah sampai di kota tujuan, namun belum dikirim ke alamat penerima, maka kita bisa menghubungi JNE cabang kota tersebut, melalui telepon layanan/ kostumer services JNE Cabang.

Cara ini belum saya coba, karena untuk menghubungi JNE via telepon ini, setidaknya saya harus menghabiskan pulsa telepon seluler saya hingga 30ribu.

Karena itu, cara komplain atau pengaduan ke JNE via telepon ini belum saya lakukan.

2. Komplain atau Melakukan Pengaduan ke JNE via ASK JONI

cara komplain ke jne melalui ask joni

Ketika saya mencoba untuk komplain ke JNE via ASK JONI, disana saya mengisi formulir pengaduan, yakni mengisi NAMA, EMAIL, TELEPON, MEMILIH SUBJEK Komplain ke JNE, dan PESAN untuk JNE.

Saya telah mengisi semua kolom tersebut dengan benar, dan mengirim pesan yang isinya tentang keluhan-keluhan saya, dan tidak lupa pula saya sertakan nomor resi pengiriman paket REG15 JNE saya.

Ketika saya mencoba untuk mengklik tombol kirim, ternyata terdapat pesan error, yang bunyinya menyatakan bahwa saya tidak mengisi captcha, atau captcha tidak sesuai.

komplain ke jne melalui ask joni

Padahal, pada saat mengisi data-data sebelum dikirim, tidak pernah ada perintah untuk mengisi captcha, sehingga saya pun tidak dapat menghubungi pihak JNE untuk melakukan komplain melalui layanan ask Joni ini.

3. Komplain atau Melakukan Pengaduan ke JNE via email

cara komplain ke jne melalui email costumercare@jne.co.id

Selanjutnya adalah saya komplain atau membuat pengaduan melalui email: customercare@jne.co.id.

Lihat: Cara Menghitung Pajak Bumi dan Bangunan

Saya komplain kepada pihak JNE dengan mengirimkan email dengan memberikan data-data yang lengkap, seperti:

- Memberikan Nomor Resi, dan Meminta untuk di cek tentang status paket.
- Memberikan Nama lengkap Penerima
- Memberikan Alamat lengkap penerima
- Menyertakan Nomor HP Penerima.
- Memberikan Nama Lengkap Pengirim

Yang isinya seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

cara komplain ke jne melalui email costumercare@jne.co.id

Melalui situs resmi JNE, pihak JNE akan membalas email kita dalam waktu 1 hingga 2 jam, akan tetapi hingga saat ini email yang telah saya kirim dua kali kepada JNE tidak pernah dibalas.

4. Komplain dan Melakukan Pengaduan Langsung Ke Kantor JNE

cara komplain ke jne melalui kantor cabang

Kita juga bisa langsung datang ke kantor cabang dikota Anda.

Untuk komplain atau membuat pengaduan dengan datang langsung ke kantor cabang JNE, sudah pernah saya lakukan, untuk pengiriman paket saya yang lain.

Dan saya hanya mendapatkan jawaban bahwa, paket masih tertahan di kota pengirim, atau di Jakarta.

Serta jawaban klise seperti "kami tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut, semua informasi tentang status paket lebih jelasnya tanyakan langsung ke kantor pusat JNE".

Karena itu, saya tidak melakukan komplain ke JNE dengan mendatangi kantor cabangnya. Selain tempatnya jauh dari rumah, saya juga tidak memiliki waktu untuk pergi kesana.

Dan yang menjadi alasan mengapa saya lebih memilih belanja secara online adalah karena keterbatasan waktu yang saya miliki.

5. Komplain dan Membuat Pengaduan ke JNE via Akun Sosial Media JNE Express

cara komplain ke jne melalui sosial media
Putus asa, akhirnya saya mencoba untuk menghubungi dan melakukan komplain serta membuat pengaduan kepada JNE via akun-akun sosial media JNE Express.

Pertama saya mentweet keluhan dan komplain saya dengan memantion akun twitter JNE, yakni @JNE_ID, dan hingga saat ini tweet saya tidak pernah dibalas.

Selanjutnya adalah saya mengirimkan pesan melalui akun sosial media Facebook JNE, yakni facebook: JNE, dan hanya melalui akun facebook JNE inilah saya mendapatkan balasan.

Walaupun balasannya saya terima dalam waktu 24 jam lamanya.

Dan jawaban yang saya terimapun hanya menyatakan bahwa paket saya belum sampai di kota tujuan, baru sampai Jakarta, yaitu informasi yang sama yang ditampilkan oleh aplikasi tracking resi JNE, bukan tentang informasi yang saya butuhkan.

Yakni mengenai mengapa paket saya belum sampai hingga saat ini, hingga satu minggu lebih.

Jika hanya menyampaikan informasi tentang sampai dimana status paket, saya rasa tidak harus repot-repot mencari cara bagaimana menghubungi dan melakukan komplain kepada JNE.

Terakhir adalah melalui akun Instagram JNE,yakni di @JNE_ID. Untuk akun sosial media instagram ini, saya tidak mengirimkan komplain ataupun pengaduan.

Saya sendiri telah menggunakan cara komplain ke JNE melalui ask Joni, email, akun media sosial JNE.

Namun hanya melalui akun media sosial Facebook JNE lah saya menerima jawaban. Itupun setelah menunggu 24 jam, dan jawaban yang diterimapun sama dengan apa yang ditampilkan didalam hasil tracking nomor resi.

Dari pengalaman yang kurang mengenakkan menggunakan jasa pengiriman JNE ini, satu hal yang harus menjadi perhatian kita, yakni menyiapkan data-data yang diperlukan.

Karena saat kita akan komplain ke JNE kita harus menyiapkan data Nama Penerima, Nama Pengirim, Alamat tujuan, no tlp/ HP, dan juga informasi mengenai isi/ barang apa yang ada didalam paket yang kita kirim.

Selanjutnya karena hingga hari ini paket saya belum juga sampai, dan masih distatus tracking nomor resi yang sama, nyangkut di Gateway Jakarta.

Selebihnya saya tidak tau lagi harus komplain dan mengadu kemana. Akhirnya saya hanya bisa pasrah, mungkin belum rezeki saja.

Lihat: Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor - PKB

Akan tetapi, permasalahannya adalah bukan tentang kecil atau besarnya kerugian yang saya alami, namun tentang janji-janji dari pihak JNE sendiri yang katanya akan memberikan pelayanan terbaik pada pelanggannya.

Buktinya, ketika saya mengalami masalah tentang pengiriman paket saya yang tidak sampai-sampai dan nyangkut di suatu tempat, untuk menghubungi pihak JNE saja sangat susah.

Jangan harap mereka akan menjawab semua keluhan kita dengan cepat, dan lengkap.

Jikapun ada jawaban, hanyalah jawaban formalitas, yang tidak memberikan informasi apapun.

Karena itu, jika memang tidak ada lagi jasa pengiriman yang lain, dan hanya JNE lah yang bisa melayani jasa pengiriman untuk sampai ke desa-desa dimana Anda tinggal, maka ada beberapa tips yang bisa saya berikan untuk Anda.

Tips Menghindari Masalah Menggunakan Layanan JNE

Packing barang jangan terlalu kecil 

Walaupun barang yang akan Anda kirim bentuk atau ukurannya kecil, sedapat mungkin hindari untuk memaketnya atau mempackingnya dengan ukuran kecil juga.

Hal ini untuk menghindari paket Anda hilang karena terselip oleh paket-paket yang lain yang ukurannya besar-besar.

Sebab yang menggunakan layanan pengiriman paket JNE itu ribuan, dan barang yang tersimpan digudang merekapun jumlahnya sudah pasti ribuan juga.

Alamat yang jelas

Selanjutnya adalah memberikan alamat yang sangat lengkap dan jelas.

Walaupun Anda telah menyertakan nomor telepon/ HP penerima saat Anda mengirimkan paket, namun untuk menghindari tidak sampainya paket ketempat tujuan, ada baiknya Anda mengisi alamat penerima dengan jelas dan lengkap.

Jangan lupa untuk menyertai RT/ RW nya, Kelurahannya serta kode posnya, yang pasti adalah nomor rumahnya, kecamatannya hingga pada kota dan propinsinya.

Bila perlu Anda bisa menggunakan keterangan sebagai patokan, misalnya:

Jl. JNE cek ongkir Gang. JNE Balikpapan, JT Reg No 212 RT.RW 01/01 Kel. Live Chat JNE Kec. Paket JNE Belum Datang (samping Kantor JNE Balikpapan, belakang masjid Al-Aziz, Rumah Gubuk. Jika tidak ada orang titip tetangga sebelah an. Joni)

Apabila alamatnya lengkap seperti itu, kurir JNE pun akan mudah untuk mencari dan menemukan alamat kita, karena kurir pun manusia, yang tidak luput dari lupa dan khilaf, serta mereka juga dikejar-kejar oleh target.

Kesimpulan Pengalaman Menggunakan Jasa Pengiriman Paket JNE

Jika Anda sama seperti saya, yang lebih suka berbelanja secara online ketimbang belanja secara konvensional, jadilah pembeli yang bijak.

Ketika Anda berbelanja online ditoko-toko atau situs-situs belanja online yang terpercaya semacam toped, blibli dan sebagainya, jangan dulu marah-marah atau mencurigai penjualnya.

layanan pengaduan jne

Status pemesanan di situs jual beli dengan keterangan barang telah dikirim, maka hal itu telah menjadi kewajiban jasa pengiriman barang.

Jadi 100% tanggung jawabnya ada dipihak pihak ekspedisi dalam hal ini JNE.

Lihat: Standar Prosedur Pengeluaran Paket Kiriman Melalui POS atau EMS

Sedangkan untuk pihak kurir pengiriman barang seperti JNE ini, ada baiknya mereka mempelajari lagi mengenai Undang-undang perlindungan konsumen.

Karena pelaku usaha dapat dikenakan sanksi pidana sesuai dengan pasal 61 s.d. pasal 63, dengan ancaman pidana paling lama 5 tahun dan denda 2 miliar.

Serta hukuman tambahan berupa perampasan barang tertentu, pengumuman putusan hakim, pembayaran ganti rugi, perintah penghentian kegiatan tertentu yang menyebabkan timbulnya kerugian konsumen, kewajiban penarikan barang dari peredaran, hingga pada pencabutan izin usahanya.

Selain itu, konsumen juga bisa melakukan tuntutan secara perdata meminta pertanggungjawaban dan ganti rugi dari pelaku usaha, dalam hal ini JNE.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

72 komentar untuk "Cara Komplain dan Mengirim Pengaduan ke JNE untuk Jadwal Pengiriman JNE Reguler"

  1. Saya juga mengalami hal yang sama. Dan saya rasa jne buruk sekali dalam pelayanan.

    BalasHapus
  2. Kapok pake pke jne udh telat dtg, dus sampai bolong gitu..konsumen sy jelas marah dan saya kecewa berat.. 2kali sprti ini... Dari jne Subang, ke sawangan Depok sy komplain k agen sawangan jwbny klise, tanya k pusat... Lohhh bukanya yg kirim kurir sawangan??? Knp hrs k pusat? Sy tdk suka teori... Yg jelas agen dan kurirnya yg hrs bertanggung jawab.. Krn secara mrk praktek lapangan. ... Kesel..

    BalasHapus
  3. paket pun belum kunjung datang udah 1 minggu

    BalasHapus
  4. Punya saya sudah 20 hari belum sampai paketan nya... Status nya masih di Jakarta, dr tgl 26 sampai sekarang.... Benar benar mengecewakan.....

    BalasHapus
  5. Paketan sy juga dikirim dr bekasi ke depok dari tgl 20 mei sampe sy ngetik ini juga belum sampai. Sy telp berkali2 sedang di proses2 trus. Sampe skrg ini sy lgsg dtg ke gudang jne di gdc pun sampai 2 jam menunggu belum ada kabar.
    Payah, gak profesional..!!

    Yg sy kecewa telp ke jne pusat di Jakarta bilangnya paket sy per tgl 31 sudah hilang. Whaat?? Gillaaaak.
    Padahal tgl 3 juni sy telp barang masih ada di gudang jne gdc dan akan segera di proses..
    Ini Bener2 bikin sy kecewa.

    BalasHapus
  6. Saya mengalami hal yang sama dan nyangkut di surabya
    Maaf kak, apa sampai sekarang barang masih belum di terima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir sebulan..paket reguler yang paling lama 4 hari...

      Hapus
  7. Barang saya juga masih di sorting bekasi udah 2 hari ga ada perubahan.
    Ini gmana sih baru pertama kali saya ngalamin hal seperti ini sebelum² nya belum pernah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan punya saya disorting 4 hari masih belum ada perubahan bikin emosi aja

      Hapus
  8. Mohon untuk menjadikan perhatian masalah pelayanan, jne tugasnya khan melayani, layanilah customer sebaik mungkin... Ramah dan bersahabatt, saya kesel dg pelayanan jne di Wil bogor tepatnya di kompleks inkopad... Pelayannya jutek dan judes... Kapok saya jadinya... Ternyata ini bukan hanya saya yg mengalami... Ada bbrp kawan saya juga mengalami hal yg sama... Jd utk attensi jne carilah karyawati yg baik dan bersahabat.. Melayani dg sepenuh hati, wajah ramah dan sopan santun terjaga... Trmksh

    BalasHapus
  9. Saya merasa kecewa dengan pihak JNE , masa paket saya sudah 2 hari masih tertahan di kota pengirim ,

    BalasHapus
  10. Saya juga mengalami hal yang sama. Lebih parahnya rumah saya hanya sebelahan dengan agen jne. Tiap kali saya menggunakan jasa ini pasti sampai di rumah malah sore menjelang malam, kadang paket saya malah menginap di agen semalam. Parah kan, padal cuma sebelahan malah tidak di anter dulu kadang, kalau di ambil ke agen suka bilang di bawa kurir kan aneh emang kurir tidak tau alamat kantornya sendiri. Dah kapok saya pake jne masih mending pakai jnt atau wahana.

    BalasHapus
  11. ini kenapa ya paketan belom sampai juga, udah make jne yes

    BalasHapus
  12. Parah jne . Dari dulu tdk pernah brubah .

    BalasHapus
  13. Memang parah koq, apalagi jne ngadiluwih-kediri, pelayanan sangat tidak memuaskan, teman sy pernah kehilangan hp yg diletakkan di meja operatornya krn tertinggal, padahal blm ada 5 menit pas balik udah gk ada, padahal gk ada customer lain, lapor satpam dan petugas yg jaga tidak ada respon, kantor tidak dilengkapi cctv,
    Pernah juga belanja lewat shopee, krn tidak ada opsi pengiriman selain JNE yg ada ditoko terpaksa pake JNE, pas nganter kurirnya tidak mengantar ke alamat yg sesuai d paket, dan paket sy dibawa balik itupun kurirnya tidak menghubungi no yg tertera d paket buat konfirmasi, pas q ambil k jne ny tidak dikasih malah suruh nunggu kurir yg antar, pdahal sy udah jauh ambil k JNE, besoknya kurirnya anter dgn muka jutek dan gk ramah sama skali,
    Ini td baru san sya juga terpaksa k JNE krn harus kirim paket yg harus nyampe besok, paket q ditolak karena alasan kemasan barang yg ada dlm paket terbuat dr kaca, padahal udh q bungkus pake bubble wrap, memang JNE tiap daerah beda peraturan y? Sy sering belanja parfum online kemasan kaca dkrm pake JNE, tp knp sy gk bs kirim balik lewat JNE, mengecewakan sangat JNE

    BalasHapus
  14. JNE Sebanarnya Knp???
    Sy Jg Kecewa Yg Bermasalah Sebenarnya Pihak Kurir Atau Siapa nya,,,
    Klo Sy Telfon Call Center Enak Bngt Ngomong nya,,,Mikir Ngk Sih

    BalasHapus
  15. KESIMPULANNYA. .
    SAYA JERA PAKAI JNE.. .TIDAK PROFESIONAL.. MASA BARANG UDAH NGINAP 2 HARI TAPI BELUM DIANTAR DENGAN ALASAN BARANG SAYA CUMA SATU !!! TANGGUNG NGANTAR KE ALAMAT SAYA DI LUAR KOTA PADAHA KITA BAYAR SESUAI TARIF. . KALAH PROFESIONAL SAMA TRAVEL

    BalasHapus
  16. SAYA MENGALAMI KEJADIAN LUAR BIASA MEMAKAI JASA JNE,

    KRONOLOGI :

    SAYA MENDAPAT ORDERAN TANGGAL 16 SEPTEMBER 2019 MALAM, PEMBELI MEMILIH MENGGUNAKAN JASA JNE DENGAN TUJUAN DARI DEPOK KE BEKASI. PADA TANGGAL 17 SEPTEMBER 2019 PAGI PAKET SAYA KIRIMKAN KE AGEN JNE, SETELAH WAKTU 24 JAM SAYA CEK DI APLIKASI MARKETPLACE BARANG MASIH PERLU DIKIRIM, SAYA MULAI CURIGA, KEMUDIAN SAYA MENELPON KE CSO JNE BAGAIMANA PAKET SAYA BLA,, BLA,, BLA,, SETELAH DI CEK DENGAN MENGGUNAKAN RESI DATA TIDAK DITEMUKAN, SAYA MAKIN CURIGA AKHIRNYA SAYA MENDATANGI LANGSUNG KE AGEN TEMPAT SAYA KIRIM PAKET. TERNYATA SETELAH SAYA TANYAKAN PAKET BELUM DI TRACK. DAN YANG MEMBUAT SAYA AMAT SANGAT KECEWA SAMA JNE PAKET SAYA DIKIRIM KE PALEMBANG YANG SEHARUSNYA PAKET DIKIRIM KE BEKASI, UNTUNG YANG MENERIMA PAKET (DI PALEMBANG) ORANGNYA BAIK SI ORANG BAIK INI LANGSUNG WA SAYA KALAU BELIAU TIDAK MERASA PESEN BARANG TP KOK ADA BARANG DATANG, SAYA TAMBAH GERAM SAMA JNE BAGAIMANA BISA PAKET YANG SEHARUSNYA DIKIRIM KE BEKASI BISA SAMPAI KE PALEMBANG, BUKAN MASALAH BESAR KECILNYA HARGA TETAPI BAGAIMANA KOMITMEN JNE MELAYANI CUSTOMERNYA, AKHIRNYA KEMAREN TGL 19 SEPTEMBER 2019 SAYA DATANG KE AGEN JNE MINTA PETANGGUNGJAWABAN DAN DIJANJIKAN PAKET AKAN DIKIRIM DENGAN WAKTU 4 HARI KERJA, KALAU SAYA HITUNG BERARTI ESTIMASI SAMPAI HARI RABU TANGGAL 25 SEPTEMBER 2019, TERUS TERANG SAYA RUGI WAKTU DAN TENAGA YG SEHARUSNYA PAKET SDH SAMPAI AKHIRNYA JADI TERLAMBAT, SECARA TIDAK LANGSUNG MERUGIKAN SAYA SEBAGAI PENJUAL DAN MERUGIKAN CUSTOMER SAYA, SAYA BERHARAP KEDEPANNYA JNE SESUAI DENGAN SLOGANNYA.

    BalasHapus
  17. sudah 2 minggu barang yg ku kirim tidak ada berita nya, parah

    BalasHapus
  18. JNE semakin buruk reputasinya, jasa pengiriman tervuruk di negara ini adalah JNE.
    Sy sangat kecewa, JNE makin buruk, makin lambat, makin tdk konsisten, pelayanan costumer service payah.

    Paket sy sering terlambat dan tdk jelas beritanya di JNE

    Sy tidak akan pernah pake jasa JNE selamanya.

    BalasHapus
  19. JNE UDAH KACAU TIDAK ADA TANGGUNG JAWABANYA !!

    BalasHapus
  20. Saya sangat kecewa dgn jne, barang di kirim tgl 14 Nop 2019 dari Balikpapan ke Amuntai, smp sekarang tgl 23 Nop 2019 blum kami terima, padahal alamat sangat jelas, info dari kantor jne setempat sdh smp tp berhubung kurirnya sakit jadi tidak ada yg mengantar, penerima di suruh mengambil ke kantor. Kami sbg penerima tidak mau karena alamat yg dituju sdh sangat jelas, alasan pihak kantor tgg sembuh sakit. Gimana kalau kurirnya sakitnya lama gak sembuh sembuh bahkan smp meninggal dunia berarti paketan pelanggan gak diantar jadi hak milik jne. Gimana itu...?

    BalasHapus
  21. Sy sdh 4 hari paket tdk bergerak di surabaya...aneh memang jne,,,masa bs kandas di kargo pesawat sampe 4 hari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, paket tertahan di Surabaya 5 hari dan tidak bergerak sama sekali. Padahal dekat..

      Hapus
  22. Maaf mba/mas paket syaa blm dtng masih di kab purwakarta tapi di status nya barang sudah d trima padahal blm. Gmna ini? Sudah 6 hari , Tolong yaa
    No resi: 8819911901112641

    BalasHapus
  23. Maaf mba/mas paket syaa blm dtng masih di kab purwakarta tapi di status nya barang sudah d trima padahal blm. Gmna ini? Sudah 6 hari , Tolong yaa
    No resi: 8819911901112641

    BalasHapus
  24. Saya juga merasakan hal yang sama jadi saya sangat kecewa dengan layanan jasa JNE ini

    BalasHapus
  25. Paket saya sudah seminggu belum ada perubahan dari status dikemas.. Padahal udah tanya sama seller paket sudah dikirim 4 hari yg lalu ke kantor jne.. Kata seller ada masalah di pengiriman jadi status barang belum terupdate.. Dan ngeselinnya lagi saya gac bisa cek resi karena statusnya masih dikemas.. Lain kali gac mau pakek jne lagi sumpah kecewa banget

    BalasHapus
  26. Sama sy juga merasakan hal yg sama...sampe pergi k gudangnya barangnya masih d cari-cari ga jelas

    BalasHapus
  27. Pengalaman yang sama,saya sebagai pihak penjual merasa rugi,paket nyangkut transit gak ada perubahan di resi...parah JNE,mending beralih ke sebelah...ayo rame" tinggalin jne

    BalasHapus
  28. Kejadian udah ke sekian kali, kasih keterangan bohong bahwa rumah kosong, padahal kami sekeluarga ada di rumah seharian minimal istri dan anak2 saya ada. JNE tutup saja lah

    BalasHapus
  29. Saya juga hari ini pertanggal 16/05/20 masa pengiriman sesama surabaya sampai 3hari gag nyampai...status tracking delivered kurir terus..di complaint lewat email gag di balas,lewat askjoin juga gag bisa dll...memang kalo bisa ada jasa pengiriman yang lain mending gag usah pakai JNE apalagi barang urgent bakalan nunggu lama meskipun pakai yang nextday yang kata'a cuman sehari nyata'a sesama surabaya 3hri gag nyampai...dan di tgl yang sama saya juga melakukan pembelian dri tangerang ka surabaya pakai si cepat hanya 2hri barang sampai...

    BalasHapus
  30. JNE tidak profesional cara kerjanya tidak sesuai dengan semboyan nya yang tepat waktu.
    Saya ngirim pempek dari Palembang ke Depok tgl 16 Mei 2020 dan sampai di Depok Renc nya tgl 17 Mei 2020. Alamat lengkap beserta no hp pengirim dan penerima.

    Sampai tgl 19 Mei 2020. Pempek yg saya kirim belum d terima adik di Depok. Setelah kita cek ternyata alamat TDK lengkap. Padahal saya sudah tulis lengkap.

    Yg tidak habis pikir. No hp kita tercatat di kotak paket, dan di faktur JNE, kenapa TDK menghubungi no adik saya yg di Depok, kan ada di faktur/ kotak paket.

    Mgkn ini kebiasaan org JNE yg malas lalai. Klu TDK bisa mengantar, ngomong biar kami kirim dgn travel lain.

    Dan paket saya dijadwalkan ulang nunggu 2 s.d 3 hari. Ini makanan bisa basi.

    Kita TLP ke JNE, nti d hubgi.
    Gmn klu itu paket anda JNE.

    BalasHapus
  31. Pengalaman nya sama dengan saya yg skrg d alami,,mana pesanan orang waktunya mepet ke idul Fitri
    ....

    BalasHapus
  32. JNE jelek banget, makanya kapok pake JNE

    BalasHapus
  33. No resi 012710116149820
    Isi pesan,
    Nama. Ria hj juriyah
    Tlong kirim ke alamat
    Kp.petung rt/rw 004/002 ds.sentul kec.kragilan kab.serang banten
    No tlfon. 085217434424
    087773633636
    Tolong dong pket sy kmna ?? 2 mnggu gk sampai2!!!!! Kecewa saya.

    BalasHapus
  34. No resi 012710116149820
    Isi pesan,
    Nama. Ria hj juriyah
    Tlong kirim ke alamat
    Kp.petung rt/rw 004/002 ds.sentul kec.kragilan kab.serang banten
    No tlfon. 085217434424
    087773633636
    Mau smpai kpn pket saya dateng. Cost sy smpai kecewa. Memalukan.

    BalasHapus
  35. Kejadian yang persis saya alami, paketan diam di jakarta.
    kapok saya menggunakan expedisi jne.

    BalasHapus
  36. 023690022815220 paket nomor resi ini belum jalan jalan yah masih dbandung trus ?

    BalasHapus
  37. Tolong perhatianya jne cabang tanjung pandan belitung
    Pelayanan kurir dan pihak jne tanjung pandan sangat tidak baik karna karna lambat mengirim berkas saya sedangkan berkas itu sangat penting
    Tanggal 22 mei kurir tlpn mau antar barang saya tunggu sampai tanggal 26 saya tanya ke kantor jne saya minta di pertemukan dengan kurir nomor tersebut jawaban pegawainya ngk tahu dan banyak sekali kurirnya
    Dan sampai sekarang saya blm terima berkas saya sedangkan itu penting sekali
    Resi pengiriman 030070015892720

    BalasHapus
  38. Payah payah payah...gak bisa di andelin ah...sengaja pesen jauh juah hari,masih lama juga...ditimbun dulu apa barang orang...kalo udah ada di kota kita udah di ambil ,masih di luar kota gimana ngambilnya....

    BalasHapus
  39. Sama sy juga ngalami paket masih tertahan dijakarta....entah kapan bisa samapai ke t4 7an. Udah 1 minggu paket masih tertahan. Sangat mengecewakan jasa JNE. Dan ini untuk terakhir kalinya sy memakai jasa JNE. Saatnya pindah ke jasa lain yg bisa bertanggung jawab.

    BalasHapus
  40. Saya belanja online ,paket dikirim dari Cempaka mas ke Cempaka Putih yg hanya nyebrang jalan saja dikirim dari tgl 08 Juni 2020 tetapi sampai hari ini tgl 11 Juni 2020 belum datang juga, saya coba cek resi katanya sudah 2x dtg rumah kosong, jelas2 saya buka usaha didepan rumah gimana bisa kosong ... Saya komplain ke CS JNE sampai pulsa habis cuma disuruh tunggu Karena CS sedang sibuk begitu terus sampai pulsa habis... Saya dtg ke JNE terdekat katanya disuruh tunggu karena barang sudah dibawa kurir dan disuruh tunggunya gak nanggung2 sampai jam 12 malam karena batas maksimalnya jam 12 malam, seperti tidak punya etika JNE, sedangkan ekspedisi lain saja jam 6 sore sudah plg lama ngantarnya ...

    Saya komplain terus jawabannya sama disuruh tunggu sampai jam 12 malam ...

    Minta nomor tlp gudang jne biar saya ambil sendiri aja gak dikasih katanya privasi operational, dan disuruh minta ke JNE pusat ...

    Asli ya mulai dari kasir sampai ke CS apalagi kuriernya seperti tidak di training, kecewa sekali padahal saya beli HP online utk kado, sampai penjual nya pun marah2 takut hp nya di nakalin sama kurirnya karena sudah 3 Hari dari tgl 9 juni sampai 11 juni ini statusnya ada di kurier... Emang perlu di viralin dan di beritakan di Surat terbuka agar JNE kapok ....

    BalasHapus
  41. Sama saya juga begitu, status pengiriman gak berubah rubah darj tanggal 7 hingga sekarang, padahal paket dikirim dari tanggal 5, kecewa banget sama JNE.

    BalasHapus
  42. saya jg sangat kecewa sdh 10 hari gak bergerak

    BalasHapus
  43. Saya juga sama,buruk sekali,sudah 10 hr pket blum sampai,saya rencana bawa ke jalur hukum perlindungan konsumen,biar jadi koreksi buat JNE,sangat mengecewakan

    BalasHapus
  44. Saya juga sama,buruk sekali,sudah 10 hr pket blum sampai,saya rencana bawa ke jalur hukum perlindungan konsumen,biar jadi koreksi buat JNE,sangat mengecewakan

    BalasHapus
  45. Saya juga sama,buruk sekali,sudah 10 hr pket blum sampai,saya rencana bawa ke jalur hukum perlindungan konsumen,biar jadi koreksi buat JNE,sangat mengecewakan

    BalasHapus
  46. Saya juga sama,buruk sekali,sudah 10 hr pket blum sampai,saya rencana bawa ke jalur hukum perlindungan konsumen,biar jadi koreksi buat JNE,sangat mengecewakan

    BalasHapus
  47. Saya juga sama,buruk sekali,sudah 10 hr pket blum sampai,saya rencana bawa ke jalur hukum perlindungan konsumen,biar jadi koreksi buat JNE,sangat mengecewakan

    BalasHapus
  48. Paket saya ke kp bojong badak rt 02/07 cikasungka cikancung kab bandung kok blm nyampe dan barang blm keterima tp di laporannya barang di tolak penerima mksdnya apa ya ini? Aneh ?

    BalasHapus
  49. Kalau ada orang yg mendirikan JNE di hadapan saya, saya cuma mau bilang perusahaan anda itu bubarin aja, JNE anjing bangsat, pekerja JNE bangsat semua kayak anjing

    BalasHapus
  50. Saya jg mengalami yg sama paket saya blm ada sampai satu minggu lebih pengiran dari tanggal 29 sampai skrg blm ada sampai.ststus tdk ada beruba

    BalasHapus
  51. Sumpahhh gw nyeselll sekarang pake JNE parah semakin busuk kinerja nya,masa 4 hari masih di gudang logistik belum bisa di cek resi nya,malah bagusan ninja xpress 4 hari dah nyampe tujuan,gak lagi gw pake JNE sekarang mah nyeselllllllllllll goblok JNE yg sekarang JNE busuk

    BalasHapus
  52. jne kontol pengiriman gagal tidak lulus x ray d karenakan tidak d buat karantina pada ikan saya padahal saya bayar uang karantina pada jne tersebuttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kontol lagi ..lebiih .bangsat. tifak sesuai undang undang

      Hapus
  53. Kenapa jne sekarang telat sampai

    BalasHapus
  54. Kapok banget pakai JNE , barang saya udh 2 minggu lebih belum nyampai smp hari ni tgl 17 desember dikirim tgl 2 desember tidak ada kejelasan paket ada dimana.. bener2 kecewa sama JNE. Kalo lagi perlu barangnya jangan pake JNE saya benar2 kapok pake JNE. Di tlp Cs nya jawab nya selalu sama.. smp pulsa saya habis byk tiap hRi nanya kejelasan paketnya ada dimana.. terakhir2 saya tlp CS nya gk mau angkat sibuk trus.. parahhhh JNE.. gk bakal lagi pake JNE kapok luarrrr biasaaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang begitu aku ambil paket expres .3 hari .seminggu belum sampai

      Hapus
  55. Kapoooook sama JNE ..paket expres .katanya .3 hari .seminggu gak .sampai .jga paket nya ...penipuan secara halus ..

    BalasHapus
  56. JNE luar biasa parah. paket saya dari tanggal 19 Februari dikirim dari Makassar ke Kaimana, sampai saat ini (9 Maret 2021) belum juga sampai.
    Parahnya lagi, kantor JNE di Kaimana selalu tutup (tidak ada pelayanan) sesuka hati.

    BalasHapus
  57. JNE luar biasa parah. paket saya dari tanggal 19 Februari dikirim dari Makassar ke Kaimana, sampai saat ini (9 Maret 2021) belum juga sampai.
    Parahnya lagi, kantor JNE di Kaimana selalu tutup (tidak ada pelayanan) sesuka hati.

    BalasHapus
  58. cukup kecewa banget sma JNE pokoknya mending di j&t alamat udah bener ada rt rw nya ko mlah ga dianter,udah di tungguin ehhh mlah statusnya alamat tidak di kenal,cuma kesalahan saya cuma nomer doang yng slah ,kan bisa tanya dong sma org ini mana gitu aja repot.trs gua hampiri ke kantornya ehhh paketnya sudah di retur sma kurirnya, kecewa bnget deh pelayanannya juga kurang ramah yg di kantor 😣

    BalasHapus
  59. pelayanan kurir jne di palembang yg buruk, sangat2 buruk dan mengecewakan

    BalasHapus