Contoh Soal PPPK Bahasa Indonesia P3K 2019

loading...
Loading...
Contoh soal Bahasa Indonesia untuk ujian seleksi penerimaan pegawai telah kami bahas pada pembahasan contoh soal penerimaan CNPS.
contoh soal pppk formasi umum bahasa indonesia

Dan karena Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K ini baru pertama kali diselenggarakan oleh pemerintah, maka pastinya belum pernah ada soal-soal tes penerimaan PPPK sebelumnya.

Dengan demikian, bagaimana bentuk, jenis, dan kreteria soal-soal yang akan diujikan dalam seleksi penerimaan P3K, belum dapat dipastikan.

Contoh Soal PPPK Bahasa Indonesia


Walaupun demikian, standar tes, atau standar ujian seleksi, baik itu ujian seleksi penerimaan pegawai atau karyawan seperti CPNS, BUMN, maupun swasta, pada dasarnya sama saja.

Bahkan juga sama dengan ujian seleksi SNMTPN (seleksi penerimaan mahasiswa).

Yakni menggunakan standar ujian Tes Potensi Akademik (TPA) atau sering juga disebut dengan Tes Bakat Skolastik (TBS).

TPA atau Tes Potensi Akademik ini sering juga disebut dengan Tes Psikotes, yang sering digunakan untuk menguji peserta pelamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan swasta.

Dalam penerimaan CPNS Tes Potensi Akademik atau Tes Bakat Skolastik ini disebut dengan Seleksi Kompetensi Dasar, (SKD) yang terdiri dari:

  • Tes Intelegensia Umum (TIU), 
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan 
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 

Adapun dalam Penerimaan PPPK atau P3K perdana ini dilaksanakan pemerintah dalam dua tahap, yakni:

Tahap pertama adalah penerimaan P3K khusus untuk eks tenaga honorer kategori II (Eks THK2), dan

Tahap kedua, yakni penerimaan P3K untuk pelamar umum atau formasi umum.

Penerimaan PPPK khusus untuk mantan tenaga honorer KII bentuk ujian soal seleksi yang diadakannya tidak sama dengan penerimaan CPNS.

Artinya tidak ada tes kompetensi dasar, seperti TIU, TWK dan TKP.

Kisi-kisi soal PPPK untuk eks tenaga honorer KII berupa seleksi kompetensi, yang terdiri dari:

  • Seleksi kompetensi manajerial
  • Seleksi kompetensi teknis
  • Seleksi kompetensi sosial kultural

Seleksi kompetensi PPPK ini dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Yang artinya, soal-soal seleksi PPPK untuk mantan tenaga honorer K2 dijamin tidak akan sesulit soal-soal SKD CPNS yang lalu.

Sebagai contoh, misalnya untuk PPPK Guru akan di tes mengenai guru, yakni sesuai dengan bidang pekerjaannya masing-masing.

Begitu juga dengan PPPK tenaga penyuluh pertanian, akan dites mengenai penyuluhan pertanian saja, PPPK tenaga kesehatan nanti akan dites bagaimana cara mereka melayani orang-orang seperti biasanya.

Jadi bentuk soal atau kisi kisi soal PPPK eks tenaga honorer K2 tidak akan out of the box, artinya sesuai dengan yang menjadi kegiatan mereka sehari-hari.

Persamaannya terletak pada pelaksanaannya ujian/ seleksi, yakni dengan menggunakan sistem CAT (Computer Asissted Test).

Contoh Soal Bahasa Indonesia P3K Formasi Umum


Penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja formasi untuk eks tenaga honorer K2 dengan kisi kisi soal kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural.

Lalu, bagaimana dengan kisi-kisi soal PPPK formasi umum?

Penerimaan PPPK dari formasi umum, diuji dengan seleksi kompetensi untuk menentukan batas kelulusan dan peringkat.

Dalam PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Seleksi kompetensi teknis terdiri atas:

  • Seleksi kompetensi untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi; dan 
  • Seleksi kompetensi untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi. 

Seleksi kompetensi teknis untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi dilakukan dengan uji kompetensi untuk menentukan peringkat.

Sedangkan Seleksi kompetensi teknis untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi dilakukan dengan uji kompetensi untuk menentukan ambang batas kelulusan dan peringkat.

Sehingga dengan begitu, dapat kita asumsikan bahwa bentuk soal yang akan diujikan dalam penerimaan PPPK formasi umum nanti, tidak akan jauh berbeda dengan bentuk soal penerimaan pegawai negeri, swasta, BUMN, maupun seleksi penerimaan mahasiswa baru (SNMPTN).

Untuk itu, sebagai bahan untuk pembelajaran Anda dalam menghadapi ujian seleksi penerimaan P3K, kami akan memberikan Anda contoh-contoh soal sebagaimana yang sering dipakai untuk menyeleksi penerimaan pegawai negeri, pegawai swasta, pegawai BUMN, dan seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Kali ini, kami akan memberikan Anda contoh soal, dari daftar contoh soal yang kami miliki untuk seleksi penerimaan pegawai negeri sipil dan bumn.

Yang mana dalam contoh soal PPPK ini, kami akan memberikan contoh soal PPPK Bahasa Indonesia.

Termasuk dalam tes potensi akademik atau seleksi kompetensi dasar.

Contoh soal Bahasa Indonesia yang kami berikan ini, kami sajikan lengkap dengan kunci jawabanannya.

Dan kami berharap Anda dapat menjawab semua soal bahasa Indonesia dengan mudah dan cepat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal PPPK Bahasa Indonesia P3K 2019"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum