Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Fakta Menarik Tentang Mobil Sejuta Umat - Toyota Avanza

Siapa yang tidak tahu dengan mobil toyota avanza ini. Hampir semua orang di Indonesia ini pasti tahu dan pernah lihat di jalanan Indonesia.

Bahkan mungkin tidak hanya itu, mungkin hampir seluruh penduduk Indonesia pernah merasakan naik mobil Aavanza ini.
fakta menarik mobil sejuta umat toyota avanza

Ya, begitulah kenyataannya. Mobil paling laris dan paling banyak digunakan oleh keluarga Indonesia.

Lihat: Cara Merawat Mobil Berwarna Cerah agar Tetap Kinclong

Fakta Menarik Toyota Avanza


Mobil sejuta umat Toyota Avanza pertama kali diperkenalkan ke publik pada acara Gaikindo Auto Expo tahun 2003.

Generasi pertama mobil LMVP produksi pabrikan Daihatsu ini terjual 100.000 unit pada tahun tersebut setelah peluncurannya.

Mobil yang diproduksi oleh pabrikan Daihatsu ini dipasarkan dalam dua nama dan merek yakni Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Ketika pertama kali diluncurkan, Toyota Avanza hanya tersedia dalam dua model, yakni 1.3 E dan 1.3 G.

Dan sekarang telah menjadi salah satu mobil paling laris di Indonesia hingga dikenal dengan "mobil sejuta umat".

Pada pertengahan tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru yang berteknologi pengaturan katup variabel VVT-i yang melengkapi semua versi/varian (facelift).

Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New Avanza S (1.5 S VVT-i) yang merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1.500 cc VVT-i dengan dilengkapi fitur sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS serta pelek aluminium 15".

Mesin 1.500 cc VVT-i yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush.

Perubahan model secara keseluruhan (full model change) dilakukan pada tanggal 7 November 2011 yang menandai mulainya generasi kedua dikenal sebagai All New Avanza.

Munculnya varian baru Veloz dari kata Velocity yang artinya kecepatan yang menjadi varian teratas juga menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya.

Selain itu, pada bulan Juni 2014, Toyota juga menghadirkan Avanza Luxury sebagai varian termewah dari mobil Avanza.

Versi facelift pertama dari Avanza generasi kedua dikenal sebagai Grand New Avanza dan Grand New Veloz yang diluncurkan pada tanggal Agustus 2015.

Toyota Avanza tidak hanya dipasarkan didalam negeri saja, namun juga telah di ekspor sampai ke beberapa negara Asia Pasifik seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina, juga dipasarkan di Afrika Selatan dan Meksiko.

Lihat: Electronic Traffic Law Enforcement e-TLE

6 Fakta Menarik Seputar Toyota Avanza - Mobil Sejuta Umat


Nah, setelah keberadaannya lebih dari 15 tahun sejak tahun 2003 silam, mobil Toyota Avanza ternyata punya beberapa fakta yang cukup menarik untuk diketahui.

Apa saja fakta menarik tentang mobil sejuta umat - Avanza ini? simak ulasan dari awambicara.id berikut.

1. Hadir Saat Krisis


fakta menarik tentang mobil avanza

Krisis moneter yang melanda Indonesia sejak awal Juli 1997, telah berubah menjadi krisis ekonomi, yakni lumpuhnya kegiatan ekonomi karena semakin banyak perusahaan yang tutup dan meningkatnya jumlah pekerja yang menganggur.

Krisis ekonomi pada waktu itu tidak seluruhnya disebabkan karena terjadinya krisis moneter saja, karena sebagian diperberat lagi oleh berbagai musibah nasional yang datang secara bertubi-tubi di tengah kesulitan ekonomi.

Seperti kegagalan panen padi di banyak tempat karena musim kering yang panjang dan terparah selama 50 tahun terakhir, hama, kebakaran hutan secara besar-besaran di Kalimantan dan peristiwa kerusuhan yang melanda banyak kota pada pertengahan Mei 1998.

Krisis ekonomi ini tidak hanya berdampak pada disektor inflasi harga kebutuhan pokok saja, krisis ekonomi ini juga berimbas pada harga mobil.

Karena itu, Toyota menghadirkan LMPV terjangkau yang sesuai dengan kantong masyarakat kala itu.

2. Harga Bekas Pernah Lebih Mahal dari Harga Baru


fakta menarik mobil avanza bekas

Harga bekas mobil toyota avanza dalam sejarahnya pernah mencatat lebih mahal dibandingkan dari harga barunya.

Ini terjadi pada tahun 2004 silam. Hal ini dikarenakan antrian pemesanan atau inden toyota avanza yang bisa mencapai lebih dari 6 bulan lamanya.

3. Terjual Lebih dari 1 Juta Unit


mobil sejuta umat avanza

Sesuai dengan julukannya, mobil sejuta umat, mobil Avanza ini selama 15 tahun hadir di Indonesia, telah terjual mencapai 1,7 juta unit.

Sebuah prestasi yang luas biasa. Karena belum pernah ada mobil yang terjual hingga dalam jumlah melebihi satu juta unit di Indonesia.

Jadi, tidak berlebihan pula mobil ini dijuluki dengan mobil sejuta umat, karena memang demikianlah keadaannya.

4. Mobil Jepang Rasa Lokal


mobil jepang rasa indonesia avanza

Mobil ini membawa merek asal jepang, yakni toyota. Namun jangan salah bahan yang digunakan untuk merakit mobil avanza ini 90% nya adalah buatan Indonesia.

Karena itulah teknologi yang digunakannya pun disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia.

5. Lebih Tinggi dari Burj Khalifa


burj khalifa vs avanza

Anda tentu sudah tahu, gedung pencakar langit tertinggi didunia Burj Khalifa di Dubai bukan?

Saking tingginya gedung ini, ketika berada dipuncak gedung, kita terasa berada dan berjalan diatas awan.

Namun, tahukah Anda jika mobil Avanza ini ditumpuk, maka gedung pencakar langit burj khalifa masih kalah tinggi.

Bahkan tidak hanya itu, 3 gedung burj khalifa di tumpuk, lalu dibandingkan dengan tumpukan mobil avanza masih tetap kalah tinggi dengan tumpukan mobil avanza. Luar biasa.

6. Brand Cameo di Film Hollywood "24 Hours to Live"


mobil avanza dalam film 24 hour to live

Selain telah menjadi mobil kebanggaan keluarga Indonesia, ternyata mobil ini juga pernah digunakan untuk salah satu film hollywood, 24 Hours to Live.

Dalam film yang diperankan oleh Ethan Hawke beradegan kejar-kejaran mobil di jalan raya, dan mobil yang digunakannya adalah mobil avanza tipe paling rendah yakni tipe E lawas.

Lihat juga: Plus Minus Mobil Baru dan Mobil Bekas

Avanza Mesin Bandel dan Perawatan Mudah


Mobil avanza ini pernah mencatat sejarah dengan harga jual bekasnya lebih mahal dari harga barunya ini, bukan tanpa alasan mengapa menjadi andalan keluarga Indonesia.

Mobil avanza ini bukan kaleng-kaleng, terkenal bandel, untuk urusan tenaga tidak diragukan lagi. Mobil ini bahkan sering membawa hingga 14 penumpang dikala mudik lebaran.

Apakah sobat Awam salah satu pemilik dari mobil sejuta umat satu ini? Jika iya, share pengalamanmu selama memiliki mobil ini di kolom komentar kami.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

Posting Komentar untuk "6 Fakta Menarik Tentang Mobil Sejuta Umat - Toyota Avanza"