4 Fakta Terbaru Terkait Penerimaan CPNS 2019

Pemerintah secara resmi melalui Menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi MenPAN-RB, akan membuka penerimaan CPNS pada tahun ini.
fakta terbaru penerimaan cpns 2019

Adapun pengumuman dan pendaftarannya direncanakan akan diadakan pada akhir tahun atau triwulan ke-3 2019.

Lihat: Informasi CPNS Terkini

Fakta Terbaru Terkait Rekrutmen CPNS 2019


Rekrutmen cpns tahun ini diberitakan akan diprioritaskan untuk tenaga teknis fungsional disektor kesehatan dan pendidikan.

Artinya, masih sama seperti penerimaan cpns tahun yang lalu.

MenPAN-RB, Sayfruddin mengatakan bahwa rekrutmen para abdi negara ini akan diadakan enam bulan lagi, pada konferensi pers pada tanggal 26 Maret 2019 yang lalu.

Selanjutnya, Kabiro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemanterian PAN-RB (Mudzakir) mengatakan, bahwa untuk rekrutmen cpns tahun ini tidak akan ada tambahan atau formasi baru.

Jadi, diperkirakan masih formasinya masih sama seperti pada tahun yang lalu, yakni diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan pendidikan.

Kembali pada penerimaan cpns tahun 2018, saat itu pemerintah telah melaksanakan seleksi penerimaan cpns dengan jumlah formasi sebanyak 238.015 formasi.

Yang fokus pada tenaga pendidik, tenaga teknis, dan tenaga kesehatan.

Pelamar yang masuk dalam rekrutmen cpns 2018 itu sendiri tercatat sebanyak 3,6 juta lebih pelamar, dengan jumlah yang lolos seleksi sebesar 178.557 peserta.

Formasi cpns 2018 itu sendiri diperuntukkan untuk instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Lihat: Contoh Soal CPNS 2019

4 Fakta Terbaru Terkait Penerimaan CPNS 2019


Nah, untuk Anda yang masih berminat untuk mengikuti seleksi CPNS pada tahun ini,

Atau untuk Anda pendatang baru dalam seleksi penerimaan cpns, ada baiknya Anda mengikuti informasi terbaru terkait penerimaan cpns.

Kami akan selalu memberikan informasi terkini terkait seleksi penerimaan cpns untuk Anda.

Mulai dari contoh soal cpns untuk Anda pelajari, hingga simulasi cat online, akan tersedia untuk Anda di situs awambicara ini.

Fakta informasi terbaru apa saja terkait penerimaan cpns tahun 2019 ini? simak dan ikuti rangkuman dari kami awambicara id.

1. Proses Rekrutmen dan Seleksi Dilaksanakan Oktober - November 2019


Seperti yang dikatakan oleh Menteri PAN-RB, Syafruddin, proses rekrutmen cpns tahun ini akan diadakan 6 bulan kemudian, atau pada akhir tahun nanti.

Maka, dapatlah diperkirakan segala proses dan seleksi penerimaan cpns tahun ini nanti, waktunya akan sama seperti rekrutmen cpns 2018 yang lalu.

Yakni akan dilaksanakan pada akhir tahun, sekitar bulan Oktoer hingga November 2019.

"Nanti, akhir tahun. Mungkin sama dengan tahun lalu, Oktober atau November," ungkap Syafruddin.

2. Formasi CPNS 2019 Sebesar 100.000


Formasi cpns 2019 ini tidak sebesar penerimaan cpns 2018 yang lalu, yakni hanya sebanyak 100.000 formasi.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh MenPAN-RB, bahwa formasi pada CPNS tahun ini akan berjumlah sebanyak 100.000 posisi.

"Formasi cpns seperti 2018, tapi jumlahnya tidak sebanyak 2018. Kalau 2018 itu kan 238.000 kursi, kalau 2019 sekitar 100.000 kursi," ungkap Menteri Syafruddin.

3. Dilaksanakan Setelah Penerimaan PPPK Tahap II


Sebelum segala proses penerimaan cpns 2019, yakni mulai dari pendaftaran, seleksi berkas hingga seleksi skd dan skb penerimaan cpns dilaksanakan, terlebih dahulu akan diadakan proses rekrutmen PPPK tahap II.

Adapun, proses rekrutmen PPPK tahap II, seperti yang dikatakan oleh Syafruddin, akan dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2019.

Sehingga, dengan demikian dapat dipastikan bahwa penerimaan cpns 2019 akan dilaksanakan setelah pelaksanaan PPPK tahap ke 2 tahun 2019.

4. Penerimaan CPNS 2018 yang Tertunda dan Dilaksanakan Tahun 2019


Dari informasi terbaru seputar cpns yang beradar akhir-akhir ini, ada kabar bahwa beberapa daerah melaksanakan proses seleksi penerimaan cpns.

Sebenarnya hal itu bukanlah penerimaan cpns terbaru 2019, akan tetapi penerimaan cpns untuk formasi tahun 2018 yang tertunda dibeberapa daerah.

Penundaan seleksi penerimaan cpns 2018 ini, disebabkan karena adanya bencana alam yang dialami oleh beberapa daerah di Indonesia.

Jadi, penerimaan cpns yang telah terjadi beberapa waktu yang lalu ditahun 2019 ini bukan karena adanya formasi baru.

Atau bukan untuk formasi cpns 2019, namun merupakan formasi cpns 2018 yang dilaksanakan pada tahun 2019.

"Itu bukan rekrutmen baru ya, tapi untuk daerah yang tertunda," ujar Menteri PAN-RB.

Lihat: Amalan dan Doa Agar Keinginan Menjadi PNS Terkabul

Anggaran Belanja Pegawai Semakin Besar


Terkait telah ditetapkannya NIP CPNS formasi tahun 2018, dan akan kembali diadakan rekrutmen CPNS 2019, Dirjen Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan, anggara pegawai diprediksi akan lebih besar dibanding tahun lalu.

Begitu pula untuk anggaran pengadaan atau rekrutmen cpns yakni yang meliputi segala proses rekrutmen, mulai dari pendaftaran hingga seleksi dan penetapan NIP, diperkirakan akan lebih besar dibanding tahun lalu.

Meskipun, penerimaan cpns tahun ini formasinya tidak sebesar penerimaan cpns tahun 2018, namun anggaran untuk segala proses seleksi penerimaan cpns, yang diajukan pemerintah melalui BKN, lebih besar dari tahun sebelumnya.

Sebagai informasi, anggaran untuk keseluruhan proses pelaksanaan penerimaan cpns 2018 lalu yang diajukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebesar Rp 370 miliar.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "4 Fakta Terbaru Terkait Penerimaan CPNS 2019"

Posting Komentar

Contoh Soal CPNS, PPPK, Psikotes dan SNMPTN

Belajar hukum, Bahasa Inggris, Blog dan Bisnis

Informasi Lowongan Kerja, Lifestyle, Teknologi dan Otomotif

Tata Persuratan dan Do It Yourself