Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mungkin Ini Sumber Masalah Saat Mendengar Suara-Suara Aneh Pada Mobil

penyebab suara-suara aneh pada mobil

Suara Aneh pada Mobil - Mungkin banyak dari Anda yang merasa mobilnya baik-baik saja, namun sering kali mendengar suara-suara aneh pada mobil.

Ada apa dengan mobil saya? kok ada suara-suara aneh gitu?

Padahal tarikan mesinnya baik-baik saja, gak ada masalah!

Mungkin Anda pernah mengalami hal yang demikian. Bertanya-tanya, ada apa dengan mobil Anda, padahal Anda yakin bahwa mobil dalam keadaan sehat-sehat saja.

Sebenarnya, ketika kita mendengar ada suara-suara aneh yang tidak biasa terjadi dan kita dengar saat mengendara atau berada di kabin mobil, berarti memang benar ada masalah dengan mobil Anda.

Mungkin benar mobil Anda tidak dalam keadaan baik-baik saja.

Dan Anda harus segera memeriksanya sebelum terjadi hal-hal lain yang tidak Anda inginkan, yang akan lebih merugikan Anda dikemudian hari..

Ada banyak jenis suara-suara atau bunyi-bunyi aneh yang terdengar ketika kita mengendarai mobil yang terdampak masalah.

Baca juga: Cara Merawat Mobil Berwarna Cerah agar Tetap Kinclong

Suara-suara Aneh pada Mobil


Namun, suara-suara aneh seperti apa yang patut kita waspadai apabila sebelumnya kita tidak pernah mendengarnya, dan kemudian tiba-tiba terdengar.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya dari kami!

1. Suara Gemerisik Berlebihan Pada AC


Hampir semua pemilik mobil pasti pernah mendengar suara gemerisik saat AC dinyalakan.

Suara gemerisik saat AC mobil diaktifkan ini memang umum terjadi, terutama pada mobil yang usianya diatas lima tahun.

Suara gemerisik pada AC terjadi saat peranti pendingin ruangan (AC) diaktifkan itu sebenarnya dapat diakibatkan oleh beberapa faktor.

Seperti misalnya bantalan atau bearing kompresor yang telah aus.

Bearing atau bantalan kompresor yang telah aus ini sering kali menjadi biang suara berisik pada AC mobil berusia tua.

Karena itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan jalan memeriksa bearing kompresor.

Apabila kondisi komponen bearing kompresor tersebut ternyata tidak ada masalah apa-apa, selanjutnya adalah memeriksa oli kompresor.

Oli kompresor yang berkurang, artinya minyak pelumas kompresor berkurang, yang artinya lagi adanya kebocoran atau jumlahnya yang menyusut karena penggunaan.

Oli kompresor yang berkurang ini juga bisa menjadi memicu kompresor mengeluarkan suara berisik dari AC mobil tadi.

2. Suara Mendengung di Mesin Mobil


Bunyi mendengung pada bagian mesin mobil ini sering terjadi juga pada mobil yang berusia lebih dari lima tahun.

Suara mendengung yang kerap kali terdengar pada bagian mesin mobil ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Dua di antaranya adalah pertama karena van belt (v-belt) yang terpasang terlalu kencang atau terlalu kendor, dan kedua leher alternator yang aus.

Van blet atau v-belt yang terlalu kencang atau terlalu kendor, selain dapat menimbulkan suara yang mendengung, juga bisa karena v-belt nya memang sudah harus diganti.

Karena jika tidak segera diperbaiki v-belt akan rawan putus.

Nah, ketika ini terjadi, maka water pump mesin pun tidak akan bekerja dengan optimal, sehingga mengakibatkan mesin menjadi terlalu panas.

Jika suhu mesin menjadi terlalu panas, akibatnya bisa mengalami overheating pada mesin mobil.

Jika overheating terjadi, dan penangannya salah, tidak menutup kemungkinan akan merusak head cylendernya.

Selain itu, V-belt yang disetel terlalu kencang juga dapat membuat putaran alternator dipaksa bekerja atau berputar melebihi kapasitas atau kemampuannya.

Akibatnya laher alternator akan cepat rusak dan menimbulkan suara mendengung pada mesin mobil.

Baca juga: Penyebab Kopling Mobil Cepat Aus dan Rusak

3. Suara Gemuruh di Kolong Mobil


Suara bergemuruh dibagian bawah atau kolong mobil ini juga dapat diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya disebabkan oleh komponen bagian kaki-kaki mobil yang bermasalah.

Komponen kaki-kaki mobil yang bermasalah dapat kita deteksi saat mobil melaju dengan kecepatan 50 kilometer per jam atau lebih dari itu.

Karet bushing arm yang pecah atau telah aus, ball joint yang telah aus, tie rod, shock breaker yang telah aus juga merupakan penyebab utama dari suara gemuruh dibawah kolong mobil.

Jika mobil Anda menggunakan stabilizer strut bar atau sway bar, maka karet pada peranti itu yang telah aus juga bisa menyebabkan suara mendengung di bagian kolong mobil.

Oleh sebab itu, untuk hal ini, yakni suara bergemuruh dibawah kolong mobil ini sangat dianjuurkan untuk segera ditangani.

Anda harus segera mengganti bagian-bagian yang rusak tersebut. Agar laju mobil Anda tetap bisa stabil.

4. Suara Mendecit di Luar dan di Dalam Kabin Mobil


Suara mendecit seperti ini terjadi karena adanya gesekan antar logam.

Nah, ketika Anda mendengar suara mendecit diluar maupun didalam kabin mobil, segeralah untuk memeriksanya dan mencari sumber bunyi mendecit tersebut.

Dan ketika Anda menemukannya, segera lumasi dengan grease yang lebih awet dan tidak mudah menciprat ke bagian-bagian logam lainnya.

Sebab jika tidak Anda lakukan, akan membuat kerusakan akibat gesekan tersebut menjadi semakin parah bahkan bisa merembet ke bagian lain pada mobil Anda.

5. Suara Mesin Terdengar Lebih Kasar dan Tersendat-Sendat


Suara mesin mobil yang terdengar lebih kasar dan tersendat-sendat ini biasanya merupakan gejala awal dari mesin yang knocking (menggelitik).

Salah satu faktor penyebab suara mesin lebih kasar dan tersendat-sendat ini bisa jadi karena kualitas bahan bakar yang jelek yang mengakibatkan pembakaran dalam mesin prematur atau tidak sempurna.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Bermotor dengan Samsat Online

Selain faktor bahan bakar yang jelek, atau pembakaran yang tidak sempurna didalam mesin, bisa juga disebabkan oleh busi yang telah aus.

Bisa juga disebabkan oleh oli yang bocor dan merembes ke ruang bakar mesin.

Apabila tidak segera Anda atasi, mesin mobil Anda lama kelamaan akan mengalami knocking yang dapat berakibat buruk pada mobil Anda.

Itulah tadi, beberapa kemungkinan yang menjadi sumber masalah dari suara-suara aneh yang sering terdengar pada mobil. Semoga bermanfaat.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

Posting Komentar untuk "Mungkin Ini Sumber Masalah Saat Mendengar Suara-Suara Aneh Pada Mobil"