Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengapa Ponsel Bisa Meledak? Dan Bagaimana Cara Mencegahnya!

Mengapa Ponsel Bisa Meledak -  Dalam beberapa tahun terakhir, seiring perkembangan teknologi khususnya smartphone atau ponsel pintar, sering kali kita mendengar headline berita tentang ponsel yang meledak.

Hampir setiap tahun, berita teknologi terkini selalu didominasi oleh headline tentang ponsel yang meledak.

penyebab dan cara mencegah ponsel terbakar atau meledak

Walaupun kecelakaan ponsel yang meledak ini sangat jarang terjadi, dan memang agak sulit untuk dipahami.

Mengapa ponsel bisa meledak? dan bagaimana saya bisa tahu bahwa ponsel saya tidak akan meledak?

Penyebab Ponsel Bisa Meledak


Untuk menjawab pertanyaan diatas, apakah ponsel yang kita miliki saat ini suatu saat nanti akan meledak atau tidak.

Baca: Penyebab Ponsel Android Menjadi Panas dengan Sendirinya

Serta menjadi salah satu headline berita di media-media mainstream, maka ada baiknya kita mengetahui apa yang menjadi penyebab ponsel bisa meledak.

Thermal Runaway Penyebab Ledakan Ponsel


Setiap kali baterai Li-ion meledak atau terbakar, ia mengalami proses yang disebut "Thermal Runaway".

penyebab mengapa ponsel bisa meledak thermal runaway
Wikipedia
Proses ini bisa agak sulit untuk dipahami, jadi kami akan memberikan hal-hal yang singkat, manis, dan bebas dari jargon atau istilah-istilah ilmiah yang kekinian.

Baterai lithium-ion mengandung satu ton sel Li-ion.

Masing-masing sel ini memiliki suhu kritis (anggap ini sebagai titik didih).

Ketika suhu kritis sel tercapai, yang biasanya disebabkan oleh:

  • Panas eksternal
  • Pengisian yang berlebihan
  • Kerusakan 
  • Manufaktur atau pembuatan yang buruk

Ponsel akan memasuki kerusakan eksotermik, yang pada dasarnya, sel itu sendiri mulai melepaskan satu ton panas.

Hal ini akan mengawali proses "Thermal Runaway" atau "Pelarian Termal", yang mana ini pada dasarnya merupakan loop umpan balik positif.

Sama halnya seperti ketika Anda meletakkan mikrofon di dekat speaker.

Begitu sel memasuki eksotermik dan melepaskan panas, sel-sel di sekitarnya ditakdirkan untuk mencapai suhu kritisnya sendiri.

Semua tergantung pada kecepatan proses nya itu sendiri, baterai secara diam-diam bisa mendesis, terbakar, atau membuat ledakan kecil.

Sekarang kita telah memahami proses "Thermal Runaway" atau pelarian termal.

Sekarang jauh lebih mudah untuk menentukan bagaimana, kapan, dan mengapa ponsel dan di antara perangkat yang menggunakan baterai Li-ion lainnya meledak.

Namun, jika ponsel Anda atau perangkat yang lainnya yang memiliki baterai Li-ion yang sudah membengkak, Anda seharusnya sudah mulai melakukan sesuatu tentang itu sekarang juga.

Mencegah Ponsel Agar Tidak Meledak


Selanjutnya adalah bagaimana cara mencegah agar ponsel yang kita miliki saat ini tidak meledak.

Anda tentu tidak ingin masuk headline di media-media mainstream dengan berita bagaimana ponsel Anda meledak di paha Anda, yang bahkan mungkin menghancurkan organ "vital" Anda.

Baca: Yang Harus Dilakukan Ketika Ponsel Terlalu Panas

Nah, berikut ini kami berikan bagaimana cara agar ponsel tidak meledak, yakni:

Jangan Meninggalkan Ponsel di dalam Mobil


Jika Anda tinggal didaerah yang dingin, Anda mungkin sadar bahwa aki mobil bekerja paling baik ketika mereka mendapatkan sedikit panas, yakni katakanlah sekitar 27 derajat Celcius.

Anda mungkin juga sadar bahwa terlalu banyak panas dapat merusak baterai (aki mobil), bersamaan dengan komponen-komponen lain di dalam mobil.

Yah.. Betul sekali! Hal ini juga berlaku sama untuk baterai ponsel.

Ketika baterai Li-ion habis pada suhu tinggi (di luar atau di dalam mobil), sel-sel baterainya bisa menjadi sedikit tidak stabil.

Mereka mungkin tidak memasuki gangguan eksotermik, tetapi mereka dapat secara singkat, memburuk, atau anehnya menghasilkan gas seperti oksigen dan karbon dioksida.

Gas-gas ini dapat menyebabkan baterai mengembang seperti balon, yang menciptakan tekanan, yakni berupa energi yang dapat menyebabkan ledakan atau membahayakan struktur baterai.

Secara alami, proses ini dapat lebih cepat jika baterai Li-ion ponsel sedang diisi, sementara itu pada suhu luar/ eksternal cukup panas.

Karena itu sebagian besar ponsel akan menghentikan proses pengisian daya atau mati jika terlalu panas.

Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa ponsel tidak akan mungkin meledak jika ditinggalkan didalam mobil dibawah terik sinar matahari.

Sementara itu, sebagai pengetahuan untuk kita, kantong celana yang sempit, yang rentan akan gesekan-gesekan, dapat menyebabkan "Thermal Runaway".

Yang lambat laun, dapat menyebabkan baterai rusak, sebelum akhirnya memiliki kesempatan untuk meledak.

Apalagi, jika ditinggalkan didalam mobil dalam waktu lama, terparkir dibawah terik sinar matahari.

Bentuk-bentuk kemunduran mekanis inilah yang biasanya menyebabkan baterai ponsel Anda rusak sampai akhirnya menyebabkan ponsel meledak.

Selain itu, ini juga salah satu penyebab, mengapa ponsel Anda tidak menyala, karena ponsel dan baterai Li-ion saat ini memiliki fitur keselamatan internal yang mencegah masalah mekanis lambat yangterbentuk.

Gunakan Perangkat Pengisian yang Asli atau Bersertifikat


Secara umum, alat pengisi daya (charger) apa pun pasti akan berfungsi dengan perangkat apa pun juga.

Begitu juga dengan kabel micro-USB (kabel charger) nya.

Charger atau kabel charger yang lama atau yang murah akan tetap bekerja dengan ponsel yang lebih baru atau terbaru, dan sebaliknya charger super cepat terbaru akan tetap bekerja dengan perangkat atau ponsel yang lama.

cara mencegah ponsel agar tidak meledak

Karena itu, Anda harus tetap menggunakan pengisi daya atau charger yang asli atau charger yang dapat diandalkan dari perusahaan yang terbaik, atau pengisi daya (charger) yang disertifikasi oleh produsen ponsel Anda.

Pengisi daya yang murah atau tidak bersertifikat (apalagi untuk charger nirkabel yang jelek) dapat menghasilkan panas yang berlebih dan merusak baterai ponsel Anda.

Biasanya, kerusakan ini terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, yang menyebabkan "gelembung" di baterai ponsel Anda.

Sekali lagi, kerusakan mekanis yang lambat seperti ini hampir selalu akan merusak ponsel Anda secara keseluruhan sebelum akhirnya bisa terbakar atau meledak.

Tapi jangan khawatir, charger yang murah tidak akan “dijual dengan harga yang mahal” ponsel Anda, walaupun itu pasti akan menyebabkan ledakan.

Baca: Cara Mengisi Baterai Ponsel Ketika Listrik PLN Padam

Ponsel memiliki pembatas tegangan bawaan yang mencegah pengisian berlebih atau pengisian daya yang "terlalu cepat" untuk ditangani oleh baterai.

Menemukan charger yang tepat untuk ponsel Anda ternyata sangat mudah.

Anda dapat membeli pengisi daya langsung dari pabrikan ponsel Anda, atau memeriksa review dari pembeli lainnya di toko belanja online seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dan lain sebagainya, sebelum Anda membelinya.

Atau Anda bisa melakukan pencarian di Google untuk merk ponsel Anda dengan kata-kata “charger ponsel terbaik”.

Jika Anda memiliki perangkat Apple, Anda harus mencari pengisi daya bersertifikasi MFi , dan jika Anda membeli pengisi daya nirkabel, maka Anda harus mencari perangkat bersertifikasi Qi .

Jangan Melempar, Menekuk atau Menusuk Ponsel Anda


Ketika baterai Li-ion rusak secara fisik, baterai dapat mengalami hubungan pendek, menumpuk gas, atau terbakar di tempat.

Kecuali jika Anda membongkar telepon atau merusaknya untuk bersenang-senang atau untuk membuat konten youtube dan mendapatkan banyak subscriber, ini bukan masalah yang perlu Anda khawatirkan.

Saat ponsel jatuh, komponen penting seperti layar biasanya akan pecah sebelum baterai mengalami kerusakan.

Mengapa ini terjadi?

Nah, baterai Li-ion mengandung selembar tipis lithium dan selembar tipis oksigen.

Larutan elektrolit memisahkan lembaran-lembaran ini.

Ketika larutan itu pecah atau tertusuk, lapisan litium dan oksigen bereaksi, yang akan memicu kerusakan eksotermik dan thermal runaway.

Dalam beberapa kasus, hal ini dapat terjadi pada saat mengganti baterai ponsel.

Menusuk atau menekuk Li-ion dapat menyebabkan kerusakan mekanis, dan jika baterai tidak ditangani dengan benar selama pemasangan, baterai dapat terbakar segera atau seiringnya waktu.

Baru-baru ini, iPhone seorang wanita terbakar setelah baterai diganti di sebuah toko tidak resmi, dan beberapa Toko Apple telah menangani kebakaran saat mengganti baterai iPhone 6.

Sebagai catatan, jangan menusuk-nusuk atau menekuk baterai untuk bersenang-senang, atau untuk membuat konten youtube.

Anda mungkin dapat terhindar dari kebakaran atau ledakan kecil, akan tetapi Anda tidak akan dapat terhindar dari gas beracun yang dilepaskan oleh baterai li-ion yang terbakar.

Sebagian Besar Ledakan Ponsel Akibat Buruknya Pembuatan - Manufaktur


Walaupun pengisian daya berlebihan dan panas berlebih bisa menjadi seperti mimpi buruk yang berbahaya, dan membuat baterai meledak, namun kasus ini sangat jarang terjadi.

Kerusakan mekanis yang terbentuk lambat cenderung merusak baterai sebelum ia berkesempatan untuk masuk ke "thermal runaway", yang akhirnya akan terbakar dan meledak.

Juga karena adanya fitur keselamatan bawaan yang mencegah kegagalan ini sehingga tidak lepas kendali.

penyebab mengapa ponsel bisa meledak

Sebaliknya, nasib ponsel biasanya ditentukan selama proses pembuatannya (manufakturing).

Jika ponsel ditakdirkan untuk meledak, maka tidak banyak yang dapat Anda lakukan.

Baterai Li-ion mengandung lithium, logam yang sangat tidak stabil.

Ketidakstabilan itu bagus untuk menahan dan memindahkan listrik, akan tetapi bisa menjadi bencana jika dicampur dengan logam lain secara tidak patut.

Sayangnya, baterai Li-ion juga harus mengandung nikel, kobalt, dan grafit.

Selama proses pembuatan, logam-logam ini dapat membentuk endapan pada peralatan pabrik, yang kemudian dapat mencemari jeroan atau isi dalam baterai Li-ion.

Dan pada akhirnya dapat menyebabkan ketidakstabilan kimiawi, korsleting, dan ledakan.

Perakitan yang buruk juga bisa menjadi masalah.

Seperti gedung pencakar langit atau mobil, baterai Li-ion dilas bersama-sama dari berbagai bit dan potongan, dan pengelasan yang buruk dapat menciptakan banyak hambatan listrik.

Baca: Ponsel dan Tab Android yang Ramah untuk Anak

Gesekan ini menghasilkan panas, yang dapat menyebabkan hubungan pendek dan masalah mekanis dalam periode yang sangat singkat.


Tenang..! Ponsel Anda "Mungkin" Tidak Akan Meledak



Selama kontroversi tentang Galaxy Note 7 yang terjadi pada beberapa waktu yang silam, antara 90 hingga 100 Note 7 meledak, terbakar, atau terlalu panas.

Itu sebenarnya kurang dari 1% dari 2,5 juta Note 7 yang dikirimkan Samsung ke toko-toko diseluruh dunia.

Namun, tentu saja penarikan Galaxy Note 7 secara global, mungkin karena Samsung telah memperhitungkan sehingga membuat angka-angka diatas tidak semakin tinggi.

Akan tetapi, sangat jelas bahwa ledakan ponsel sangat-sangat jarang terjadi.

Namun, demikian Anda harus tetap berhati-hati terhadap meledaknya sebuah ponsel.

Mmeskipun masalah mekanis yang lambat sangat jarang menyebabkan ponsel meledak, akan tetapi mencegah akan lebih baik, bukan risiko yang pantas untuk diambil.

Terutama, jangan pernah meninggalkan ponsel Anda di tempat yang panas, seperti dalam mobil yang diparkir dibawah terik matahari misalnya.

Juga cobalah untuk menggunakan perangkat pengisian daya (charger) asli, atau yang benar-benar andal serta bersertifikat.

Dan, terakhir tolong, jangan melempar, menusuk atau menekuk ponsel Anda.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Mengapa Ponsel Bisa Meledak? Dan Bagaimana Cara Mencegahnya!"