Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Fasilitas-fasilitas Umum

Kemajuan teknologi selain memberikan banyak sekali kemudahan dalam kehidupan sehari-hari, juga tidak terlepas dari sisi negatifnya.

Seperti yang terjadi pada kasus yang baru-baru ini menghebohkan media sosial, dan banyak diberitakan oleh media-media mainstream, yakni Ada Kamera Tersembunyi di Toilet Wanita di UIN Alauddin Makassar.

Kasus yang menjadi viral ini semakin membuat kita terutama kaum hawa menjadi takut untuk menggunakan fasilitas kamar mandi umum.

Baik yang ada dikampus-kampus, perkantoran hingga di mall-mall.

tips cara mendeteksi kamera tersembunyi di wc umum

Kasus penyadapan atau bisa kita sebut sebagai kasus mengintip canggih ini biasanya yang menjadi target adalah kaum hawa/ perempuan.

Apalagi sekarang, ada banyak sekali bentuk kamera yang bisa menjadi alat untuk menyadap atau mengintip.

Ada kamera yang berbentuk pulpen, wadah sabun, gantungan baju, dan lain sebagainya.

Bahkan sekarang sudah tercipta kamera yang berukuran sangat kecil sekali sebesar butiran pasir.

Baca: Fungsi Tidak Terduga dari Ponsel yang Tidak Pernah Anda Duga Sebelumnya

Untuk itu, sebagai generasi milenial, kita harus berpikir digital, bertindak digital dan harus melek teknologi informasi.

Agar kita tidak menjadi korban para pelaku tindak kejahatan asusila.

Tips Mendeteksi Kamera Tersembunyi


Karena itu kami dari awambicara teknologi telah mengumpulkan beberapa tips untuk terhindar dan mendeteksi perangkat kamera tersembunyi yang dipasang pelaku kejahatan untuk mengintip Anda.

1. Periksa Seluruh Area Fasilitas Umum yang Mencurigakan


Tips pertama saat Anda menggunakan area fasilitas umum yang tertutup, baik itu toilet, kamar hotel, maupun fasilitas-fasilitas yang lainnya adalah dengan memeriksa secara fisik.

Yakni dengan memanfaatkan indera penghihatan dan pendengaran kita.

Yang paling utama agar terhindar dari aksi kejahatan asusila ini adalah dengan selalu waspada.

Perhatikan daerah sekeliling Anda. Dengarkan dengan seksama apakah ada suara-suara aneh atau mendesing/ dengung, buzz, klik, dan sejenisnya.

Pencarian dengan mendengar dan melihat ini akan lebih mudah dilakukan apabila suasananya hening dan sepi.

Lihat sekeliling Anda, perhatikan asesoris-asesoris ruangan yang mencurigakan, seperti gantungan baju, tombol listrik, keran air, gagang pintu hingga smoke detektor.

Karena saat ini, sudah banyak tersedia kamera dengan berbagai bentuk, termasuk berbentuk gagang pintu.

Perhatikan benda-benda tersebut apakah terdapat kilauan kaca, karena kamera walaupun berbentuk gantungan baju pasti memiliki kaca.

2. Memeriksa Cahaya yang Ada dalam Ruangan


Setelah Anda memeriksa secara fisik dengan memperhatikan, melihat dan mendengar, selanjutnya adalah dengan memperhatikan cahaya atau sinar-sinar yang ada didalam ruangan.

Karena lensa kamera terbuat dari kaca, maka biasanya akan ada pantulan cahaya dari lensa yang terpasang pada perangkat kamera.

Baca: Mengapa Ponsel Bisa Meledak?

Sehingga jika Anda melihat ada pantulan cahaya yang tidak wajar, Anda dapat melihat dari mana datangnya pantulan cahaya tersebut.

Apabila Anda melihat ada pantulan cahaya yang mencurigakan, Anda dapat mengidentifikasinya dengan cara melihat lebih dekat objek tersebut serta memastikan apakah sebuah kamera atau bukan.

3. Menggunakan Handphone


Salah satu cara yang bisa dikatakan sangat efektif adalah dengan memanfaatkan smartphone atau ponsel Anda.

Caranya adalah dengan mengaktifkan kamera ponsel Anda.

Aktifkan dan gunakan kamera ponsel Anda untuk mencari sinar infrared (inframerah). Sebab sebagian besar ponsel dan kamera digital dapat melihat cahaya infra merah yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia.

Sinar infrared ini biasanya terdapat pada kamera tersembunyi.

Nyalakan kamera ponsel Anda, dan pindai atau scan kamera Anda di sekitar ruangan untuk melihat melalui layar dalam mencari sumber cahaya atau kilatan tak terduga, yang mungkin mengarah ke kamera tersembunyi.

4. Menggunakan Wifi Ponsel


Cara berikutnya adalah dengan menggunakan wifi yang ada pada ponsel atau smartphone Anda.

Caranya adalah dengan mengaktifkan wifi ponsel Anda dan mencari sinyal wifi yang tersedia saat itu.

Jika Anda berada ditempat umum, biasanya akan banyak sekali jaringan wifi yang tersedia. Jaringan wifi ini biasanya memiliki nama sesuai tempat umum tersebut.

Seperti nama restoran, nama toko dan lain sebagainya.

Perhatikan apakah disana terdapat sinyal wifi yang cukup aneh terdengar, atau yang patut Anda curigai.

Baca: Cara Mendapatkan Nomor Luar Negeri untuk Daftar WhatsApp

Sebab ada banyak sekali kamera tersembunyi yang mengirimkan data melalui internet dengan jaringan wifi.

Artinya tidak butuh peralatan yang cukup besar agar mudah disembunyikan dan kamera tersembunyi dapat diakses dari mana saja oleh pelaku kejahatan asusila.

Untuk itu itu perhatikan apakah ada sinyal WiFi yang mencurigakan disana dan jika iya maka segeralah keluar dari sana apabila Anda tidak dapat menemukan dimana kamera tersebut disembunyikan.

Demikianlah beberapa tips dari awambicara.id teknologi dalam mendeteksi kamera tersembunyi dan terhindar dari tindakan kejahatan asusila. Semoga bermanfaat!

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

Posting Komentar untuk "Tips Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Fasilitas-fasilitas Umum"