Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Penjelasan BKN Mengapa Ada Peserta yang Belum Bisa Cetak Kartu Ujian SKD CPNS 2019

Banyak peserta seleksi penerimaan CPNS 2019 yang lulus seleksi administrasi mengeluh kesulitan saat ingin mencetak kartu ujian SKD CPNS.

Keluhan kesulitan mencetak kartu ujian SKD CPNS ini membanjiri lini masa twitter resmi milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) @BKNgoid.

Para pelamar cpns 2019 yang namanya tercantum dalam daftar peserta yang lulus seleksi administrasi diwajibkan untuk mencetak kartu ujian SKD.

mengapa tidak bisa cetak kartu ujian skd cpns 2019?

Kartu ujian SKD ini wajib dibawa dalam rangkap dua pada saat akan mengikuti tes seleksi kompetensi dasar - SKD CPNS 2019 yang akan dilaksanakan pada akhir januari hingga awal februari 2020 mendatang.

Baca: Ringkasan Materi Soal Pancasila - TWK CPNS 2019

Alasan Mengapa Tidak Bisa Cetak Kartu Ujian SKD CPNS


Banyaknya keluhan mengapa ada peserta yang lulus seleksi administrasi CPNS 2019 tapi belum bisa mencetak kartu ujian tes SKD mendapat perhatian dari BKN.

Melalui Kebiro Humasnya, BKN mengatakan bahwa penyebab mengapa ada pelamar yang belum bisa mencetak kartu ujian SKD adalah karena instansi tempat peserta melamar CPNS belum mengumumkan hasil sanggah pada seleksi administrasi CPNS 2019.

Jadi apabila instansi tempat peserta melamar CPNS belum mengumumkan hasil sanggahan administrasi, maka pelamar tersebut belum bisa mencetak kartu ujian SKD.

Selanjutnya Kabiro Humas BKN mengatakan bahwa setelah instansi tersebut mengumumkan hasil sanggah seleksi administrasi, maka menu cetak kartu ujian di portal SSCN pasti akan muncul.

Sehingga selanjutnya peserta dapat mencetak kartu ujian SKD CPNS mereka.

Akan tetapi terkait informasi lokasi serta waktu ujian SKD belum atau tidak akan langsung diumumkan ketika peserta bisa mencetak kartu ujian.

Untuk itu, diharapkan kepada para peserta seleksi SKD CPNS 2019 dapat mengikuti perkembangan informasi terkait tes SKD di masing-masing instansi.

Sebab, terkait tempat atau lokasi serta waktu ujian SKD yang menentukannya adalah instansi masing-masing tempat peserta cpns melamar.

Jadi, teruslah untuk membuka portal resmi instansi tempat Anda melamar, untuk mengetahui tentang tempat dan tanggal tes SKD CPNS 2019 nanti.

Jika tidak ada halangan dan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan, mengenai lokasi dan tanggal tes SKD akan diumumkan pada minggu kedua bulan Januari 2020.

Tahapan seleksi Tes SKD CPNS 2019, yang akan diujikan nanti berdasarkan materi dan kisi-kisi soal berdasarkan Permenpan RB No 23 tahun 2019 terdiri dari 3 materi soal, yakni:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
2. Tes Intelegensia Umum (TIU)
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Ketiga tes tersebut mempunyai cara penilaian dan passing grade atau nilai ambang batas masing-masing, seperti yang dijelaskan pada Permenpan RB No. 24 tahun 2019. (Lihat: Syarat Lulus SKD CPNS 2019 Berdasarkan Permenpan RB No. 24 Tahun 2019)

BKN sendiri telah menyiapkan 13 Kantor Regional (Kanreg) BKN dan kantor unit sebagai lokasi tes SKD.

Ke-13 Kanreg yang digunakan sebagai lokasi tes CPNS 2019 tersebut yakni:
  1. Kanreg I BKN Yogyakarta
  2. Kanreg II BKN Surabaya 
  3. Kanreg III BKN Bandung
  4. Kanreg IV BKN Makassar
  5. Kanreg V BKN Jakarta
  6. Kanreg VI BKN Medan
  7. Kanreg VII BKN Palembang
  8. Kanreg VIII BKN Banjarmasin
  9. Kanreg IX BKN Jayapura
  10. Kanreg X BKN Denpasar
  11. Kanreg XI BKN Manado
  12. Kanreg XII BKN Pekanbaru
  13. Kanreg XIII BKN Aceh

Baca: 100 Contoh Soal SKD CPNS 2019

Untuk itu, kepada Anda yang lulus seleksi administrasi cpns 2019, dan akan mengikuti seleksi tes skd cpns 2019, persiapkan diri Anda mulai dari sekarang.

Jangan tunda lagi, persiapkan diri Anda sedini dan semaksimal mungkin.

Ikuti simulasi CAT BKN baik yang diadakan oleh BKN sendiri atau dengan mengikuti simulasi CAT yang banyak tersedia di internet.

Semua itu untuk menambah wawasan Anda, menambah materi soal ujian untuk Anda pelajari.

Jadi, jangan mengandalkan "orang dalam", "orang pintar", atau siapapun juga yang menjanjikan akan meluluskan Anda menjadi PNS.

Sebab, tidak ada pihak mana pun yang dapat membantu Anda lolos menjadi CPNS 2020.

Lulus atau tidaknya Anda menjadi PNS murni adalah karena usaha Anda sendiri, bukan karena orang lain atau makhluk lain.

Oleh karena itu, selalu waspada terhadap pihak manapun yang mengiming-imingi dan bisa membantu Anda lulus menjadi CPNS.

Titik Lokasi Tes SKD CPNS


Seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 menurut rencana akan digelar pada akhir Januari hingga Februari 2020, yakni pada tanggal 27 Januari-28 Februari 2020.

Menghadapi ujian tes SKD CPNS ini, BKN telah mematangkan persiapan lokasi yang akan menjadi tempat tes SKD CPNS 2019.

Setidaknya saat ini, BKN telah menyediakan 361 titik lokasi tes SKD CPNS 2019, yang berada di 13 kantor regional dan 20 kantor unit BKN.

Sementara itu, BKN sebenarnya memiliki 14 kantor regional yang tersebar di wilayah Indonesia, dan satu kantor regional yang tidak digunakan sebagai titik lokasi tes SKD yakni Kantor Regional Manokwari.

Selain itu, ada juga titik lokasi tes SKD CPNS yang pengadaannya dilakukan secara mandiri oleh instansi masing-masing, yakni sekitar kurang lebih 394 tempat.

BKN sendiri mengatakan jumlah lokasi tes skd cpns ini akan terus bertambah seiring dengan kemampuan infrastruktur disetiap daerah.

Setiap titik lokasi memiliki tim pelaksana CAT yang sudah disiapkan BKN sesuai dengan kebutuhan.

Kementerian pusat difasilitasi oleh BKN Pusat dan instansi daerah (provinsi, kabupaten, dan kota) difasilitasi oleh Kantor Regional BKN wilayah kerja masing-masing.

Baca: Latihan Soal UUD 1945 - TWK CPNS 2019

Peserta tes CPNS diimbau untuk terus mengikuti informasi terkini dari situs instansi tempat mereka melamar.

Sebab, para peserta tes SKD CPNS dituntut untuk tepat waktu dan sesuai jadwal dan lokasi di hari pelaksanaan tes SKD nanti.

Lokasi dan tanggal tes Instansi yang sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS di lingkungannya, akan memberi tahu peserta lolos kapan waktu pencetakan kartu ujian peserta.

Kartu ujian peserta ini dapat diunduh melalui portal SSCN dengan login menggunakan akun masing-masing.

Dengan demikian, sebagai peserta yang lolos seleksi administrasi, Anda disarankan untuk terus mengikuti setiap perkembangan informasi terkait seleksi CPNS 2019 ini di instansi tempat Anda mendftar.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Penjelasan BKN Mengapa Ada Peserta yang Belum Bisa Cetak Kartu Ujian SKD CPNS 2019"