Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Apple Perkenalkan iOS 14 - Apa Saja yang Baru dari Sistem Operasi Apple Ini? Simak Ulasannya!

Awal bulan ini Apple baru saja merilis update terbaru untuk sistem operasi Apple - iOS 13.5.1 dan iPadOS 13.5.1.

apa saja yang baru sistem operasi apple ios 14

Update baru ini mulai tersedia 1 Juni 2020, untuk iPhone 6s dan yang lebih baru, iPad Air 2 dan yang lebih baru, iPad mini 4 dan yang lebih baru, dan iPod touch generasi ke-7.

Namun pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diselenggarakan secara virtual oleh Apple, dan bisa dilihat semua orang didunia secara gratis.

Apple memperkenalkan sistem operasi (OS) terbaru mereka - iOS 14, yang mana hal ini sangat ditunggu-tunggu oleh pengguna iPhone diseluruh dunia.

Baca: Apa Saja yang Terbaru dari iOS 13?

Sebelumnya, Apple secara mengejutkan akan mengganti nama iPhone menjadi Apple Phone dan sistem operasinya menjadi iOS menjadi iPHoneOS.

Tentang sistem operasi terbaru dari iOS 14 ini, apa saja yang terbaru yang bisa diharapkan dari para pengguna iPhone?

Dari apa yang diungkapkan Apple dari acara WWDC virtual tersebut, ada beberapa perbaikan dan perubahan besar yang diperkenalkan oleh Apple.

Apa Saja yang Baru dari Sistem Operasi iOS 14?

Perbaikan dan perubahan besar terjadi pada layar beranda dan bagaimana cara halaman aplikasi bekerja, widget yang mengalami perombakan yang cukup signifikan.

Siri juga mengalami sejumlah peningkatan, begitu juga dengan pengiriman pesan.

Ada juga beberapa jenis aplikasi baru yang disebut App Clips.

Apa saja yang baru dari iOS 14 itu? Ikuti ulasannya dari kami Awambicara teknologi berikut ini!

Homescreen dan Aplikasi

Perbaikan dan perubahan besar yang pertama diperkenalkan Appla ada pada Homescreen atau layar beranda.

Layar beranda baru (Homescreen) membahas pemuatan beberapa halaman dan pustaka aplikasi. Semua aplikasi yang telah diinstal akan secara otomatis disusun kedalam berbagai kategori.

Hal ini dibuat untuk memudahkan pengguna menemukan aplikasi yang telah mereka instal.

Selain itu, iOS 14 juga menempatkan folder pintar (smart folders) yang menyertakan saran untuk pengguna tentang aplikasi apa yang akan mereka luncurkan serta daftar aplikasi yang baru diinstal.

Apple juga telah membuatnya lebih mudah untuk pengguna menyembunyikan halaman aplikasi mereka.

Widgets

Widgets pada sistem operasi iOS 14 terbaru mengalami perombakan yang cukup serius. Widget pada iOS 14 telah dirancang ulang dan Apple mengatakan bahwa sekarang akan "lebih banyak data".

Widget juga tersedia untuk beberapa ukuran yang berbeda.

Baca: iPhone SE Terbaru Secepat iPhone 11 Pro dengan Harga yang Terjangkau

Ada juga Smart Stack baru dimana pengguna dapat melihat lebih banyak widget ditempat yang sama, baik dengan menggeseknya secara manual atau secara otomatis merubahnya sesuai waktu dan hari.

SIRI

Siri mengalami beberapa peningkatan. Siri kini telah diperbarui dengan desain yang cukup ringkas. Ini artinya asisten digital tidak lagi memenuhi seluruh layar beranda.

Saat diaktifkan, ikon Siri mengambang muncul di bagian bawah layar, sementara oitu ketika pengguna mengirimkan informasi, ikon siri akan ditampilkan di bagian atas.

Selain itu, kemampuan terjemahan Siri juga semakin ditingkatkan berkat adanya aplikasi Terjemahan baru.

Namun hanya tersedia untuk 11 bahasa, yang bekerja sangat mirip dengan Google Translate.

Ada juga fitur percakapan dalam mode lansekap dimana dua orang yang berbicara satu sama lain dalam bahasa yang berbeda, bahasa asli mereka masing-masing dan akan diterjemahkan secara otomatis ke bahasa lain.

Mode Picture-in-picture

Setelah sekian lama banyak diminta oleh pengguna Apple, mode gambar-dalam-gambar (picture-in-picture) akhirnya hadir pada update terbaru iOS 14.

Mode ini memungkinkan pengguna untuk terus menonton video saat menggunakan aplikasi lainnya.

Aplikasi Pesan - The Messages App

Aplikasi Pesan kini memiliki opsi baru untuk menyematkan percakapan, serta tampilan pemberitahuan baru.

Memoji juga kini semakin diperbarui dengan opsi tambahan, usia, dan penutup wajah.

Apple juga kini telah meningkatkan perpesanan grup dengan balasan inline dengan threading yang dapat disesuaikan.

Baca: 10 Tips dan Trik Kamera Ponsel iPhone

Mengambil petunjuk dari para pengguna iPhone, Apple juga memberi dukungan untuk menyebutkan atau memperjelas untuk siapa pesan yang dimaksudkan.

Maps

Aplikasi Maps pada iOS 14 juga memiliki berbagai opsi dan fitur baru. Termasuk arahan yang dapat membantu pengguna mengurangi jejak mereka.

Sedangkan untuk pengguna sepeda pada iOS 14 juga memiliki opsi arah yang baru, lengkap dengan saran tentang bukit, tangga, dan hal-hal lain yang perlu untuk dipertimbangkan.

Untuk pemilik mobil listrik juga dapat mengambil manfaat dari rute EV yang dapat memperhitungkan kondisi cuaca dan sejenisnya.

Serta memastikan bahwa rute pengguna mencakup pemberhentian pengisian listrik sebelum semuanya terlambat.

Car Play

Car Play juga mendapatkan update baru di iOS 14, seperti latar belakang dan opsi baru lainnya.

Ada juga opsi baru untuk membuka kunci mobil yang didukung dengan iPhone, sehingga pengguna tidak lagi perlu membawa kunci mobil.

Salah satu fitur hebat ini adalah bahwa kunci elektronik dapat dibagikan melalui iMessage, dengan opsi menempatkan pembatasan pada saat mengemudi.

App Store

Untuk App Store, Apple kini telah memperkenalkan App Clips yang menyediakan akses ke fungsi-fungsi penting suatu aplikasi.

Seperti misalnya, pengguna dapat meluncurkan App Clips untuk membayar makanan yang dibawa pulang tanpa perlu menginstal aplikasi lengkap untuk restoran tempat mereka memesan makanan.

Menggunakan kode NFC dan jenis-QR, App Clips juga dapat diakses di toko, dan ada juga dukungan untuk Apple Pay dan Sign in dengan Apple.

Ruang penyimpanan untuk App Clips sangat kecil, berada di bawah 10MB, sebab App Clips fokus pada kecepatan serta mendapatkan ke fungsi yang Anda butuhkan secara instan.

Sebagai informasi, hingga saat ini, Apple belum mengatakan kapan iOS 14 akan dirilis.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Apple Perkenalkan iOS 14 - Apa Saja yang Baru dari Sistem Operasi Apple Ini? Simak Ulasannya!"