Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Batal Dibuka 31 Mei 2021

Awalnya pada tanggal 31 Mei 2021 nanti, pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 akan dibuka untuk formasi ASN 2021 yakni CPNS dan PPPK sebanyak 1,3 juta formasi. 

penerimaan cpns dan pppk 2021 diundur

Namun, mengingat pengalaman penerimaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, sudah dapat ditebak bahwa waktu dimulainya pendaftaran CPNS pasti akan molor seperti biasanya.

Masyarakat yang mengikuti perkembangan berita kapan akan dibukanya pendaftaran CPNS pun sudah terbiasa di PHP oleh pemerintah.

Pada era pemerintah Jokowi ini, kebohongan dan ingkar janji itu sudah biasa dan sudah menjadi makanan sehari-hari.

Baca: Tips Menjawab Soal CAT BKN agar Lulus jadi CPNS  

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021

Kami dari awambicara cpns pun sudah menebak dari awal pasti tidak sesuai jadwal seperti yang telah dijanjikan.

Pada saat kami memposting berita cpns Siapkan Diri Anda, 31 Mei Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka, tadinya akan langsung kami buat postingan bahwa pendaftaran CPNS 2021 kembali ditunda.

Kepastian penundaan pendaftaran penerimaan CPNS dan PPPK 2021 ini disampaikan oleh Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN, melalui akun Twitter-resminya, @abiridwan2173. 

Alasan penundaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 ini tidak lain dan tidak bukan karena masih banyak yang harus dipersiapkan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Tgl 31 Mei 2021 penerimaan #CPNS2021 #P3K2021 BELUM DIBUKA. Masih banyak persiapan yg dilakukan oleh Panselnas. Pada saatnya, @BKNgoid akan menyampaikan pada publik.

“Tanggal 31 Mei 2021 penerimaan #CPNS2021 #P3K2021 BELUM DIBUKA. Masih banyak persiapan yg dilakukan oleh Panselnas. Pada saatnya, @BKNgoid akan menyampaikan pada publik,” cuit Ridwan.

Padahal, sebelumnya Kepala Biro Hukum, Informasi dan Komunikasi Publik Kemenpan-RB, mengkonfirmasi bahwa pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 dibuka pada 31 Mei hingga 21 Juni 2021.

Artinya,  sekali lagi para pelamar yang sudah menanti-nanti penerimaan seleksi CPNS dan PPPK kembali untuk bersabar menunggu pengumuman selanjutnya.

Jadi seraya menunggu pengumuman resmi dari BKN kapan kepastian dibukanya pendaftaran CPNS 2021, ada baiknya Anda mengetahui beberapa informasi terkait pendaftaran CPNS dan PPPK 2021.

Seperti misalnya untuk link pendaftaran, Anda dapat langsung mengakses portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN yakni melalui sscasn.bkn.go.id

Sebagai informasi SSCASN adalah portal resmi pendaftaran CPNS dan PPPK yang sudah terintegrasi dan sudah mendapatkan pembaharuan terbaru.

Sekarang pelamar tidak perlu lagi mengunggah beberapa dokumen penting seperti misalnya KTP, KK, Ijazah, karena data di SSCAN sudah terhubung dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, serta akses data ijazah dan akreditasi perguruan tinggi di Kementerian Ristekdikti.

Baca: Download Contoh Soal CPNS beserta Kunci Jawabannya

Pendaftaran CPNS Selalu Diundur

Tadinya Kemenpan RB dan BKN menyebut bahwa pendaftaran CPNS 2021 akan dimulai pada April atau Mei 2021, kemudian diundur lagi menjadi akhir Juni 2021. 

Nah, dibulan Juni 2021 nanti, apakah pendaftaran CPNS 2021 bisa dilakukan dan sesuai jadwal? mari kita berkaca pada pengalaman pendaftaran CPNS pada 3 tahun sebelumnya.

Ada fakta-fakta menarik seputar pembukaan pendaftaran CPNS beberapa tahun sebelumnya. 

Dari tiga kali seleksi penerimaan CPNS tahun sebelumnya, tidak sekalipun ada pendaftaran CPNS yang dapat dimulai tepat waktu sesuai janji.

Dan dari tiga kali seleksi penerimaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, tidak pernah sekalipun pendaftaran CPNS bisa dimulai sebelum bulan Juni. 

Pendaftaran CPNS selalu melesat dari rencana awal yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Entah itu karena alasan belum siap, formasi belum lengkap, dan sebagainya. 

Berikut beberapa fakta menarik seputar kapan dimulainya pembukaan pendaftaran CPNS pada tiga kali penerimaan CPNS sebelumnya.

  1. Pada penerimaan CPNS 2017, semula dijadwalkan pendaftaran akan dibuka sebelum bulan Juni dan seleksinya berlangsung dibulan September. Namun pada kenyataannya pendaftaran CPNS 2017 baru dimulai pada 11 September 2017. 
  2. Pada penerimaan CPNS 2018, semula dijadwalkan pendaftaran akan dibuka sebelum bulan Juni juga, namun lagi-lagi pada kenyataannya baru dibuka pada 26 September 2018, dan 
  3. Pada penerimaan CPNS 2019 yang baru kemarin, sebab ditahun 2020 tidak ada penerimaan CPNS, rencana awal dibuka sebelum bulan Juni, bahkan sempat dipastikan dibuka diakhir Maret 2019, namun lagi-lagi pada kenyataannya baru mulai dibuka pada November 2019. 

Bila Anda perhatikan fakta diatas, pada awalnya baik CPNS 2017, CPNS 2018, dan CPNS 2019, seluruhnya menyebutkan bahwa pendaftaran CPNS akan dibuka sebelum bulan Juni, namun kenyataannya selalu dibuka diakhir tahun.

Berkaca dari 3 kali penerimaan CPNS sebelumnya, maka sangat dimungkinkan bahwa pendaftaran penerimaan CPNS dan PPPK 2021 juga akan diundur 4 bulan atau 6 bulan dari waktu perkiraan awal.

Apalagi, pada penerimaan CPNS kali ini diserantakkan dengan penerimaan PPPK, yang jika ditotalkan ada sebanyak 1,3 juta formasi.

Jadi, bisa diperkirakan bahwa pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 mungkin saja baru dibuka pada bulan September, Oktober, atau bahkan November 2021 nanti. 


TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Batal Dibuka 31 Mei 2021"