Bocoran Jadwal Penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2018
Bocoran Jadwal Penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2018

Bocoran Jadwal Penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2018

Baca juga:

Banyak alasan mengapa banyak orang ingin jadi PNS, ada yang ingin menjadi bagian merubah kondisi negeri dan menjadi pelayan masyarakat yang baik. 

Bocoran Jadwal Lowongan Penerimaan CPNS 2018


Ada yang karena ingin melanjutkan pendidikan master atau S2 dan S3 ke luar negeri. Namun dari sekian banyak alasan mengapa banyak orang ingin jadi PNS, adalah kebanyakan dari mereka ingin mendapatkan penghasilan dan kehidupan yang layak.
Bocoran Jadwal Penerimaan CPNS 2018

Pemerintah melalui Kemen PAN-RB memang benar telah memberikan sinyal bahwa akan ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk tahun anggaran 2018 ini. 

Namun, jadwal pastinya belumlah resmi diumumkan oleh pemerintah. Hanya saja pemerintah memberikan beberapa bocoran kapan pengumuman resmi pembukaan penerimaan CPNS tahun 2018 ini.

Seperti misalnya bahwa pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS 2018 akan dilaksanakan secara serentak setelah pelaksanaan PILKADA bulan Juli mendatang.

Juga bocoran mengenai jumlah formasi yang akan diterima, yakni untuk menggantikan jumlah PNS yang pensiun untuk tahun ini yang jumlahnya mencapai 200ribu pegawai.

Serta calon pegawai negeri sipil yang akan diangkat nantinya bukanlah tenaga administrasi, akan tetapi tenaga teknis yang akan lebih dapat membantu melancarkan program nawacita pemerintah.

Karena itu, kami dari awambicara ingin menyampaikan apa yang menjadi peringatan dari pemerintah bahwa setiap warga dan masyarakat Indonesia untuk selalu waspada terhadap informasi-informasi hoax terkait penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. 

Karena akhir-akhir ini telah ditemukannya surat palsu yang berisi tentang informasi penerimaan tenaga honorer. Informasi ini telah banyak beredar,terutama di media-media sosial.

Surat yang beredar di masyarakat melalui media sosial tersebut palsu alias hoax. Pemerintah, akan mengumumkan secara resmi hal-hal yang menyangkut Pegawai Negeri Sipil. 

Baik itu mengenai jadwal, formasi maupun instansi mana yang akan membuka penerimaan CPNS, semua akan diumumkan secara resmi dan serentak.

Adapun hingga saat ini, tahapan penerimaan CPNS 2018 masih dalam proses validasi data usulan formasi dari berbagai Kementerian/ Lembaga (K/L) serta Pemerintah Daerah (Pemda). 

Jadi, jika ada informasi yang mengatakan bahwa akan ada pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS, atau jadwal, formasi penerimaan CPNS, dapat dipastikan itu adalah berita hoax.

Pemerintah akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, yang direncanakan akan dimulai setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Saat ini pemerintah masih terus melakukan persiapan terkait seleksi CPNS tersebut, terkait jadwal, jumlah formasi dan kebutuhan pegawai yang renacananya juga akan ditetapkan pada bulan Mei-Juni 2018.

Apabila penetapan jumlah kebutuhan dan formasi rampung dibuat pada bulan Mei 2018, maka maka pendaftaran CPNS bisa dibuka mulai Juni, dan seleksi nya sendiri akan dilaksanakan pada bulan Juli atau setelah Pilkada.

Rangkaian seleksi hingga pengumuman lolos menjadi PNS seyogyanya tidak akan memerlukan waktu yang lama.

Namun demikian setiap kementerian/lembaga (K/L) atau pemerintah daerah (Pemda) akan melakukan tes tambahan bagi para CPNS sesuai dengan bidang yang dibutuhkan, atau tes kemampuan bidang (TKB).

Tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil, tidak hanya tes yang dilakukan oleh BKN saja, K/L (Kementerian/ Lembaga) juga bisa melakukan tes sendiri jika mereka menginginkannya, yakni dengan sistem seleksi kompetensi bidang. 

Sedangkan untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dari BKN akan selesai dalam empat bulan.

Penantian pengumuman maupun seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sudah semakin dekat, dimana sudah hampir bisa dipastikan bahwa pendaftaran CPNS akan dibuka pada Juni 2018, dan seleksinya akan digelar di bulan Juli setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Bocoran terbaru jadwal seleksi CPNS 2018 saat ini baru sampai pada melakukan persiapan untuk jumlah formasi dan kebutuhannya. Yang rencananya akan ditetapkan pada bulan ini (Mei).

Alasan pemerintah untuk membuka lowongan penerimaan CPNS secara besar-besaran pada tahun anggaran 2018 ini adalah karena banyaknya jumlah pegawai negeri sipil yang memasuki atau akan memasuki usia pensiun pada tahun ini.

Apalagi, setelah moratorium penerimaan CPNS, pemerintah baru membuka kembali lowongan CPNS pada tahun 2017 yang lalu, dan itu juga masih belum dapat memenuhi kuota jumlah PNS yang pensiun. 

Karena itulah, mengapa pemerintah kembali membuka penerimaan CPNS secara besar-besaran pada tahun 2018 ini, semua karena untuk memenuhi kuota jumlah pegawai negeri sipil yang pensiun.

Penerimaan CPNS tahun 2018 ini cukup berbeda dari tahun 2017 yang lalu, karena pada tahun 2017 pemerintah hanya membuka lowongan CPNS bagi instansi, kementerian/ lembaga pusat saja, tidak untuk daerah, kecuali Kalimantan Utara.

Dan untuk tahun 2018, selain pemerintah pusat, pemerintah daerah juga banyak yang akan membuka lowongan untuk penerimaan CPNS 2018 ini, apalagi semenjak tahun 2014 (moratorium cpns) pemerintah daerah tidak pernah mendapatkan formasi apa-apa.

Pemerintah menjamin formasi CPNS yang diberikan kepada K/L dan pemerintah daerah bukanlah untuk jabatan yang bersifat administratif, namun merekrut CPNS yang nantinya akan diberikan tugas untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan teknis. 

Pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018 untuk pemerintah daerah adalah merupakan tanggung jawab para Gubernur maupun Bupati, dan BKN hanya memfasilitasi saja.

Jadi, semua proses seleksinya nanti dilakukan oleh pemerintah daerah masing-masing, sedangkan pemerintah pusat (BKN) hanya memfasilitasinya saja. 

Nah, untuk itu bagi Anda yang yang semakin ngebet ingin menjadi PNS, menjadi salah satu abdi negara dan memiliki karier yang moncer, serta dicintai pacar, isteri, calon mertua dan mertua Anda, saat nya bagi Anda untuk lebih semangat lagi dalam berusaha.

Kami telah memiliki beberapa tips super lulus tes seleksi penerimaan CPNS, yang disertai dengan contoh soal beserta kunci jawabannya. Lengkap dengan tips dan trik dalam menjawabnya. 

Silahkan berselancar di blog awambicara ini, temukan berbagai contoh soal dengan kunci jawaban lengkap dengan pembahasannya. Atau Anda bisa mengkuti beberapa link terkait didalam artikel ini. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar dibawah ini.

Dan jika Anda berkenan, dapat kiranya membagikan artikel ini, terimakasih dan Sukses untuk Anda!
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments