Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Amalan dan Doa Agar Keinginan dan Diterima Sebagai CPNS Terkabul

Ragam bentuk dan contoh soal CPNS telah saya berikan di blog awambicara ini.

Lengkap dengan kunci jawaban, tips dan trik cara menjawabnya pun telah saya bagikan.

Pun begitu dengan hal-hal dan persyaratan yang harus Anda persiapkan untuk pendaftaran CPNS 2019 telah saya berikan sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh BKN.

Amalan dan Doa Agar Keinginan Terkabul


Saat ini, semuanya berada dipundak Anda, ada diusaha Anda. Tergantung dari kuatnya keinginan dan cita-cita Anda untuk diterima sebagai PNS. 
Amalan dan Doa Agar Keinginan dan Diterima Sebagai CPNS Terkabul

Jika Anda memang berkeinginan kuat serta bersungguh-sungguh ingin menjadi PNS, tentu Anda tidak akan membuang-buang waktu Anda untuk; bersungguh-sungguh dalam belajar, bersungguh-sungguh dalam ikhtiar.

Jika semua usaha dan ikhtiar telah Anda lakukan, yang terakhir yang harus Anda lakukan adalah berdoa dan pasrah pada kehendak Yang Maha Kuasa.

Karena, segala apa yang dicapai oleh seseorang itu adalah atas kehendak Yang Maha Kuasa. Yang Maha pemberi rezeki, yang maha mengabulkan doa.

Dan kali ini saya ingin membagikan untuk Anda macam-macam doa dan amalan yang dapat memudahkan dan melancarkan Anda dalam usaha Anda menjadi PNS.


Sebagai orang Islam, kita tentu percaya kekuatan sebuah doa, dan kita pasti juga percaya bahwa segala yang terjadi atas diri kita adalah atas kehendak Allah Swt.

Karena saya percaya, apa yang kita dapatkan hari ini, semua adalah atas kehendak Yang Maha Kuasa, Allah Swt.

Sudah menjadi fitrah dari setiap manusia untuk memiliki banyak keinginan. Walaupun terkadang terasa sulit atau bahkan mungkin hampir mustahil untuk diwujudkan.

Sejatinya setiap sesuatu yang kita miliki adalah pemberian dari Allah SWT. Sekeras apapun usaha kita untuk mewujudkan sebuah keinginan, akan tetapi jika Allah SWT tidak menghendakinya, maka keinginan itupun tidak akan pernah terwujud.

Pun sebaliknya, sekeras apapun usaha orang untuk menzolimi kita agar kita tidak mendapatkan keinginan kita, namun jika Allah berkehendak bahwa itu adalah rezeki kita, maka tidak ada makhluk apapun yang dapat menghalanginya.

Sesungguhnya, kita ini hanyalah makhluk yang tidak memiliki kuasa dan kekuatan apapun juga dalam hidup ini, kita sangat bergantung pada Allah SWT Tuhan semesta alam yang patut disembah dan hanya Dia-lah yang mampu memberikan segala kebutuhan kita.

Amalan dan Doa Agar Diterima Sebagai PNS Terkabul


Dan untuk Anda ketahui bahwa, berdoa merupakan salah satu perintah Allah kepada hamba-Nya.

Allah SWT berfirman:

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mu’min: 60)

Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR. Ath-Thabrani)

Berikut beberapa amalan dan doa agar keinginan Anda tercapai, yang dalam hal ini diterima sebagai PNS.

1. Membaca Surat Al Fatihah


Surat Al Fatihah adalah salah satu bacaan surat yang mustajab dijadikan doa agar keinginan tercapai. 

Surat Al Fatihah merupakan “Ummul Kitab” atau induk dari Al Qur’an. 

Surat Al Fatihah juga merupakan surat yang wajib dibaca ketika shalat. Ayat ke 5 surat Al Fatihah berbunyi:

“Iyyakana’budu wa iyyakansta’in.”

Artinya: 

“Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.”

Inti dari ayat di atas adalah bahwa kita mengakui hanya kepada Allah lah kita meminta pertolongan, dan mengharapkan bantuan untuk dapat menyelesaikan apapun yang tidak sanggup dikerjakan sendiri.

Mengapa membaca surat Al Fatihah dapat mengabulkan suatu permohonan juga ditegaskan dalam hadits.

Nabi Muhammad Saw. bersabda:

Allah berfirman dalam hadist Qudsi: 

“Aku membagi shalat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta.” Maka jika sang hamba membaca (Alhamdulillahirabbil’alamin) Allah berkata: “Hamba-Ku menyukuri aku,” dan jika membaca (Araahman arrahiim) Allah berkata: “Hamba-Ku memuji Aku,” dan jika membaca (Maalikiyaumiddiin) Allah berkata: “Hamba-Ku pasrah kepada-Ku, dan jika membaca (Iyyakana’budu wa iyyakanasta’iin), Allah berkata: “Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta,” dan jika membaca (Ihdinashiratolmustaqiim shiratoladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi’alaihim waladhoollin), Allah berkata: “Ini untuk hamba-Ku dan untuk hamba-Ku apa yang ia pinta.” (HR. Muslim)

Dengan banyak membaca surat Al Fatihah diharapkan doa kita akan cepat terkabul. Sebagaimana inti dari ayat ke 5 surat tersebut.

2. Membaca Surat Al Ikhlas


Surat ini hanya terdiri dari empat ayat. 

Adapun inti dari surat ini adalah tentang mengesakan Allah SWT. 

Kelebihan dari surat ini adalah seperti membaca sepertiga Al Qur’an, asbab masuk surga, dan asbab terampuninya dosa. 

Membaca surat Al Ikhlas juga dapat membantu terkabulnya sebuah doa.

Dalam sebuah hadist dikatakan:

“Sesungguhnya Rasullah Saw. mendengar seseorang berkata: “Ya, Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula dipernakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,” kemudian Rasullah Saw. bersabda: “Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseur dengannya, (pasti akan) mengabulkannya.” (HR. Abu Daud)

3. Membaca Doa Hajat


Begitu banyak doa-doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada kita untuk kehidupan sehari-hari. 

Mulai dari hal-hal yang kecil yang kita lakukan sehari-hari, seperti doa untuk makan, bercermin, masuk kamar mandi, dll. 

Doa-doa tersebut diajarkan kepada kita agar setiap perbuatan yang akan kita lakukan hendaklah selalu meminta perlindungan kepada Allah SWT. 

Begitupun ketika kita saat memiliki hajat. Kita dianjurkan untuk melakukan shalat hajat dan berdoa. 

Adapun doa hajat adalah:

“Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.”

Artinya: 

“Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru seklaian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang.”

4. Membaca Surat Al Baqarah: 285-286


Ayat-ayat ini merupakan ayat terakhir dalam surat Al Baqarah. 

Biasanya ayat-ayat ini dibaca setelah ayat kursi atau sebagai penerus dari ayat kursi ketika hendak memanjatkan hajat atau keinginan.

Dari Abu Mas’ud Al Badri Ra. bahwasannya Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Siapa yang membaca dua ayat terkahir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari Muslim)

Kecukupan yang dimaksud dalam hadist tersebut adalah kecukupan bagi dunia dan akhirat. 

Maka segala kebutuhan kita di dunia dan akhirat akan terpenuhi jika kita mengamalkannya dengan baik. 

Tentunya, di samping itu kita juga harus senantiasa taat kepada Allah dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Amalan dan doa Lainnya Agar Cepat Terkabul Permintaannya


Berikut adalah amalan dan doa lainnya terkait doa agar keinginan tercapai, yakni keinginan Anda untuk diterima sebagai PNS, diantaranya:

1. Perbanyak Berdzikir


Berdzikir artinya mengingat Allah. 

Dengan memperbanyak mengingat Allah, maka kita pun akan lebih sering diingat oleh Allah, logikanya seperti itu. 

Selain itu, apabila kita sering mengingat Allah, maka akan lebih mudah terjaga dari perbutan maksiat yang dapat menghambat terkabulnya sebuah doa.

2. Perbanyak Membaca Istighfar


Alasan utama seseorang berdoa kepada Allah SWT adalah agar segala kebutuhan dan keinginannya terpenuhi. Entah itu masalah ekonomi, konflik sosial, pekerjaan atau lain sebagainya. Membaca istighfar dapat mengeluarkan kita dari segala kesulitan.

Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesuakarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga-duga.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

3. Membaca Ayat Kursi (Al Baqarah: 255)


Ayat kursi merupakan ayat ke 255 dalam surat Al Baqarah. 

Disebut sebagai ayat kursi karena isi dari ayat tersebut menjelaskan tentang kemartabatan Allah SWT dan mencakup nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum. 

Karena alasan tersebut ayat ini juga diberi julukan sebagai ayat yang paling agung dalam Al Qur’an. 

Kesitimewaan tersebut memberikan nilai tambah ketika kita membacanya saat memiliki hajat atau keinginan agar tercapai. 

4. Membaca Asmaul Husna


Asmaul Husna adalah sebutan bagi nama-nama Allah. 

Jumlah dari Asmaul Husna ada 99. 

Beberapa manfaat dari membaca Asmaul Husna, diantaranya: 
  • Mendapatkan kebaikan, 
  • Berkah, 
  • Perlindungan dari Allah SWT dan 
  • Dikabulkannya doa.


Allah SWT berfirman:

“Allah mempunyai Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu…” (QS. Al-A’raf 7:180)

5. Membaca Shalawat Nabi


Bershalawat kepada Rosullullah, Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah penghormatan dan kecintaan kita kepada beliau. 

Bahkan Allah SWT dan para malaikat-Nya pun bershalawat kepada Nabi. 

Suatu perbuatan yang amat tidak terpuji apabila kita mendengar nama Nabi Muhammad SAW disebut, maka kita tidak bershalawat kepadanya. 


Selain bershalawat merupakan penghormatan dan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW, bershalawat juga dapat menjadi asbab terkabulnya doa.

Umar bin Khattab Ra. berkata: 

“Saya mendengar bahwa doa itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan dapat naik, sehingga dibacakan shalawat atas Nabi Muhammad Saw.” (HR. Tirmidzi)

6. Membaca Surat Yasin


Selayaknya sebuah tubuh yang memiliki jantung, Al Qur’an juga memilikinya. 

Jantung Al Qur’an adalah surat yasin. 

Keistimewaan dari surat yasin sangatlah banyak, salah satunya adalah diampuni dosa-dosanya. 

Dengan diampuninya dosa, akan membuat diri kita menjadi lebih bersih. 

Sehingga dalam berdoa dapat dikabulkan dengan cepat.

Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Barang siapa yang membaca surat yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR. Abasy Syaikhi dari Abi Hurairah Ra.)

(daftar doa dan amalan tersebut diatas, kami kutip dari dalamislam.com)

7. Sholat Tahajud


Bangunlan dimalam hari, untuk melaksanakan sholat tahajud. Setelah itu berdoa hajat dan lanjutkan dengan amalan dan doa diatas.

Selanjutnya Anda bisa mulai membuka buku belajar tes CPNS, atau bisa membuka blog ini di tips jitu lulus tes CPNS 2019.

Setelah semua amalan dan doa agar keinginan dan diterima sebagai PNS terkabul dilakukan, terakhir dari Admin adalah untuk tidak lupa bernazar atau berkaul kepada Allah SWT.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

11 komentar untuk "Amalan dan Doa Agar Keinginan dan Diterima Sebagai CPNS Terkabul"

  1. Alhamdulillah semoga dgn do'a ini bisa membantu tercapainya keinginan kita.amiin

    BalasHapus
  2. Amin semoga keinginan terkabul...

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat artikel ini...
    Syukron... 😊

    BalasHapus
  4. Alhamdullilah sangat bermanfaat artikelnya, semoga terkabulkan doa dan niat baik kita semua Aamiin Ya Allah

    BalasHapus
  5. Aminnnnnn . Semoga ikhtiar kita dpt ridho dri Allah . Amin

    BalasHapus
  6. smoga doa & niat baik kita terkabulkan.Aamin

    BalasHapus
  7. Semoga allah mengabulkan doa ku. Sehingga aku lolos menjadi PNS tahun ini, aamiin allahumma aamiin.

    BalasHapus
  8. Aamiin ya Allah.
    Semoga tahun ini lulus cpns.

    BalasHapus