CATAT! Jangan Sampai Keliru - Begini Cara Daftar CPNS 2018
CATAT! Jangan Sampai Keliru - Begini Cara Daftar CPNS 2018

CATAT! Jangan Sampai Keliru - Begini Cara Daftar CPNS 2018

Sering dilihat:

Jika Anda telah mempersiapkan diri Anda untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2018, Anda wajib untuk mengetahui bagaimana cara daftar CPNS 2018.

Catat! Begini Cara Daftar CPNS 2018


Simak dan catat serta baca baik-baik, jangan sampai Anda keliru dan gagal di tahapan paling awal karena tidak tahu bagaimana cara daftar CPNS 2018 nanti. 

Melalui siaran Pers BKN Nomor: 014/RILIS/BKN/VII/2018, menjelaskan bahwa jelang pengumuman pembukaan penerimaan CPNS 2018 secara resmi dirilis.

cara daftar cpns 2018

Adapun mengenai mekanisme dan pelaksanaan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terpusat dan terintegrasi. 

Jadi, untuk pendaftaran dan seleksi penerimaan CPNS 2018 ini tidak lagi dilaksanakan oleh instansi masing-masing seperti pada tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) akan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN).

Selain itu untuk pendaftaran CPNS nya pun akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh masing-masing instansi.

Artinya, semua proses, baik itu pengumuman, pendaftaran dan seleksi akan diadakan dengan sistem satu pintu, yakni melalui panselnas penerimaan CPNS 2018.

Baca: Cara Jitu Lulus Tes CPNS 2018

Jadi, untuk anda yang ngebet banget ingin jadi PNS, jangan sampai termakan oleh berbagai tipu daya yang menjanjikan akan meluluskan Anda atau memudahkan Anda untuk diangkat sebagai CPNS.

Selalu lihat info resmi pengumuman pendaftaran maupun formasi CPNS 2018 dari BKN dan Kemenpan RI ya.
Jangan sampai mendapatkan informasi hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, apalagi sampai ikut menyebarkannya.

Tata Cara dan Mekanisme Pendaftaran CPNS 2018


BKN secara resmi merilis tata cara dan mekanisme pendaftaran CPNS 2018, pada hari Senin tanggal 16 Juli 2018

Tata cara dan mekanisme pendaftaran CPNS 2018 ini telah di posting di akun-akun resmi BKN, yakni di twitter @BKNgoid, dan di channel youtube BKNgoid.

Baca dan Catat Setiap Informasi dari BKN 


Para peserta diharapkan untuk membaca dan mencatat baik-baik semua informasi ini.

Semua tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meminimalisir kesalahan dari para peserta saat melakukan proses pendaftaran nanti, seperti saat mengupload syarat-syarat yang dibutuhkan pada saat pendaftaran nanti, dan sebagainya.

Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN)


Mekanisme seleksi penerimaan CPNS 2018 terintegrasi, yakni seluruh proses seleksi CPNS 2018 nanti akan dilakukan melalui satu link saja, yakni SSCN.

Yang artinya calon peserta CPNS 2018 hanya dapat mendaftar melalui link sscn.bkn.go.id

Jangan salah! Untuk proses seleksi administrasi dilakukan melalui portal SSCN, sedangkan untuk seleksi ujian CPNS nya dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN melalui portal cat.bkn.go.id
Jadi untuk semua proses pendaftaran, mulai dari daftar, regestrasi sampai mengupload berkas, sampai mendapatkan nomor peserta, dilakukan melalui portal SSCN yang artinya paperless, dikirim secara elektronik.

Kemudian datang ke instansi tempat dimana Anda mendaftar, kemudian nanti akan diverifikasi oleh instansi bersangkutan mengenai berkas yang telah Anda upload di portal sscn.bkn.go.id dengan yang aslinya.

Computer Assisted Test (CAT) BKN


Untuk seleksi penyaringan penerimaan CPNS 2018 dilakukan dengan sistem CAT atau Computer Assisted Test (CAT) BKN di portal cat.bkn.go.id
Jadi jangan sampai Anda salah. Catat baik-baik, untuk seleksi administrasi, mulai dari pendaftaran, mengupload berkas hingga mendapatkan nomor peserta itu melalui SSCN.

Sedangkan untuk seleksi penyaringannya sendiri dengan sistem CAT BKN, di portal cat.bkn.go.id

Cara Daftar CPNS 2018


Dalam tahapan ini, Anda harus benar-benar memperhatikan dan membaca baik-baik apa yang akan disampaikan, karena ini adalah permulaan langkah Anda untuk menjadi CPNS.

Jangan sampai langkah awal ini, yang karena alasan teknis atau karena ketidaktahuan Anda membuat Anda gagal sebelum sampai pada seleksi ujian penyaringan CPNS 2018 nanti.

Bagan Alur Pendaftaran CPNS 2018

Berikut mekanisme atau cara mendaftar penerimaan CPNS 2018 melalui link sscn.bkn.go.id:

1. Mendaftar Menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan)


Pertama sekali yang dilakukan dalam mendaftar CPNS 2018, calon peserta diwajibkan untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pada tahap ini, Anda harus sudah memastikan terlebih dahulu bahwa NIK anda telah terdaftar di sistem dukcapil.

Karena sampai saat ini pemerintah sendiri mengakui bahwa NIK belum 100 persen valid dan terdaftar semua.

Jadi agar anda tidak gagal di tahap ini, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu, apakah NIK Anda sudah terdaftar atau belum di sistem kependudukan nasional.

NIK juga digunakan untuk log in di laman sscn.bkn.go.id, jika NIK Anda terdaftar maka sistem akan mengenalinya, dengan kata lain sistem akan mengecek kevalidan NIK setiap calon peserta.

2. Mendapatkan Bukti Daftar Akun


Jika NIK Anda valid dan dikenali oleh sistem SSCN, Anda akan mendapat bukti daftar akun.

Bukti daftar akun ini nanti akan Anda gunakan untuk mendaftar posisi atau formasi di Instansi dimana Anda akan melamar nanti.

Calon peserta tetap melakukan pendaftaran melalui link SSCN, artinya di SSCN inilah seleksi admnistrasi para calon peserta CPNS 2018.

3. Upload Dokumen pdf


Setelah Anda mendapatkan bukti daftar akun dan mendaftar di posisi di instansi tempat anda melamar, Anda wajib mengunggah atau mengupload dokumen dengan format pdf.

Kemungkinan dokumen yang harus Anda persiapkan nanti adalah ijazah, surat lamaran dan KTP.

4. Cetak Kartu Pendaftaran


Setelah Anda mengupload dokumen format pdf yang diperlukan, Anda akan mendapatkan kartu pendaftaran.

Kartu pendaftaran ini diperlukan untuk verifikasi ke instansi tempat Anda mendaftar.

Jadi, setelah Anda mencetak kartu pendaftaran CPNS 2018, anda mendatangi instansi dimana anda melamar, dengan membawa dokumen asli yang telah anda upload pada tahap 3 upload dokumen pdf tadi.

Panitia seleksi penerimaan CPNS 2018 daerah/ instansi akan memverifikasi dokumen yang anda upload dengan dokumen asli yang Anda bawa.

5. Cetak Kartu Peserta dan TMS (Tidak Memenuhi Syarat)


Setelah semua berkas terverifikasi oleh sistem, dan terverifikasi oleh instansi dimana anda melamar, Anda akan mendapatkan kartu peserta ujian seleksi penerimaan CPNS 2018.

Namun untuk anda yang gagal verifikasi di instansi tempat anda melamar, maka Anda akan dianggap TMS atau tidak memenuhi syarat, sehingga Anda tidak dapat mengikuti ujian CAT seleksi penerimaan CPNS 2018.

Kartu peserta ujian seleksi penerimaan CPNS 2018 tersebut dapat Anda disimpan dalam penyimpanan ponsel maupun dicetak untuk dibawa saat akan melaksanakan ujian.

Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018

Semua yang telah dijelaskan diatas tentu tidak akan berarti apa-apa jika pengumuman pendaftaran CPNS nya sendiri tidak dilakukan pemerintah.

Yang artinya, gimana mau daftar, pengumuman juga belum....

Jadi yang tidak kalah pentingnya adalah kapan pengumuman pendaftaran CPNS 2018 dibuka.

Sekali lagi kami tegaskan, pengumuman pendaftaran akan disampaikan secara resmi oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dan Menteri PAN RB, sendiri sudah memastikan bahwa pengumuman pendaftaran CPNS 2018 paling lambat akhir Juli 2018 ini.

Dan yang paling utama adalah Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 akan disampaikan melalui website resmi Kemenpan RB, www.menpan.go.id, atau sscn.bkn.go.id bukan portal yang lain.

Jadi jangan sampai Anda termakan berita hoax, atau bahkan ikut menyebar berita hoax seputar penerimaan CPNS 2018.

Setelah pengumuman pendaftaran CPNS 2018 dibuka, Anda dapat mendafatar di website BKN di: http://sscn.bkn.go.id

Jadi, pantau terus dua situs ini:

1. - www.kemenpan.go.id

2. - sscn.bkn.go.id

Formasi Khusus SMA dan SMK Sederajat


Masyarakat banyak yang bertanya-tanya, apakah pada tahun ini akan ada formasi untuk SMU, SMK sederajat? Apakah bisa mendaftar untuk seleksi CPNS 2018 nanti?

Atas pertanyaan ini, akun sosial media resmi BKN pun menjawab diplomatis, "#SobatBKN, mimin infokan masih belum ada info resmi terkait penerimaan CPNS beserta ketentuan & persyaratannya. Jadi u/ yg bertanya lulusan SMA ada tidak, dokumennya apa saja yg dibutuhkan, mimin masih belum bisa jawab. Pantau web & media sosial kami u/ info resmi lebih lanjut."

Simak penjelasan resmi BKN di bawah:

Jadi sabarlah menunggu info resmi pendaftaran dan formasi yang ada.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar