Kini Kecepatan Halaman Situs Jadi Faktor Peringkat Hasil Pencarian Google Mobile Search
Kini Kecepatan Halaman Situs Jadi Faktor Peringkat Hasil Pencarian Google Mobile Search

Kini Kecepatan Halaman Situs Jadi Faktor Peringkat Hasil Pencarian Google Mobile Search

Baca juga:

Segera audit dan cek kecepatan situs/ blog Anda, Google telah mengupdate algoritma search engine nya untuk memberikan peringkat kepada semua pengguna diperangkat selulernya.
Kecepatan Halaman Situs Jadi Faktor Peringkat Google

Terhitung mulai tanggal 9 Juli 2018, kecepatan halaman "Google Speed Update for Mobile Search" kini menjadi salah satu faktor dari 200 lebih faktor yang digunakan google dalam memberi peringkat terhadap suatu situs/ blog. 

Update Kecepatan Halaman Situs Untuk Pencarian Seluler


Dan untuk update 9 Juli 2018 ini khusus untuk kecepatan halaman situs/ blog untuk pencarian mobile.

Google mengatakan di portal resmi google webmaster bahwa ini adalah "Upadte atau Pembaruan Kecepatan Laman" dan telah secara resmi diumumkan dan diluncurkan ke seluruh dunia.

Untuk itu, jika situs/ blog Anda masih cukup lamban dan masih bernilai merah segera lakukan perbaikan-perbaikan.

Ikuti petunjuk yang ada agar laman situs/ blog Anda memiliki kecepatan yang dianjurkan google.

Anda bisa mengecek kecepatan situs/ blog milik Anda di Pagespeed Insights atau di Test My Site Think With Google.

Sebelumnya, sekitar bulan Januari 2018, google mengatakan akan memperbaharui algoritma search engine nya di bulan Juli 2018 mendatang bagi pengguna dari perangkat seluler, dalam hal ini kecepatan halaman situs/ blog yang dibuka di perangkat mobile.

Google Speed Update for Mobile Search

Dan sekarang, tepatnya tanggal 9 Juli 2018, update/ kembaruan kecepatan halaman resmi diumumkan dan diluncurkan tepat waktu, sesuai janji google.

Seperti kami kutip dari blog Official Google Webmaster :

"Pembaruan Kecepatan", sebagaimana kami menyebutnya, hanya akan memengaruhi laman yang memberikan pengalaman paling lambat kepada pengguna dan hanya akan memengaruhi sebagian kecil kueri."

"Ini menerapkan standar yang sama untuk semua halaman, terlepas dari teknologi yang digunakan untuk membangun sebuah halaman. Maksud dari permintaan pencarian masih merupakan sinyal yang sangat kuat, sehingga halaman yang lambat mungkin masih memiliki peringkat tinggi jika memiliki konten yang bagus dan relevan."

Kecepatan halaman tadinya adalah faktor peringkat search engine untuk pencarian versi desktop saja, namun sekarang hadir juga dipencarian seluler/ mobile.

Faktor Peringkat Hasil Pencarian Google


Update peringkat search engine google untuk kecepatan memuat halaman situs/ blog ini bukanlah menjadi faktor utama dari lebih dari sekitar 200 faktor yang dinilai google dalam memberikan peringkat kepada penggunanya. (Lihat: Mulai Bangun Blog Anda Sendiri dari Sekarang)

Artinya, walaupun situs/ blog yang cepat dan dioptimalkan untuk perangkat seluler dan memang selalu rekomendasi, bukan berarti faktor kecepatan dan optimalisasi perangkat seluler akan menjadi penentu penuh dalam hasil pencarian google di perangkat seluler.

Sekarang kecepatan memuat konten halaman situs menjadi salah satu pertimbangan search engine ketika memberi peringkat pada laman diperangkat seluler. 

Dan tentunya, semakin cepat sebuah situs/ blog dibuka melalui perangkat seluler, maka akan semakin baik.

Hal ini adalah merupakan salah satu faktor yang terpenting bagi SEO dan pemilik situs serta para blogger untuk mengetahui tentang pembaruan terbaru dari google search engine ini.

Sebagai catatan, google telah mengatakan bahwa pembaruan ini hanya akan mempengaruhi situs seluler yang paling lambat. (Lihat: Cara Paling Efektif Menghemat Waktu Loading Blog)

Yang artinya, jika suatu situs atau blog sudah cukup cepat diakses dari perangkat mobile atau seluler, dan situs atau blog pesaing ternyata sepersepuluh lebih cepat akan tetapi memiliki konten yang kurang relevan atau kurang baik, tentu itu tidak akan mungkin akan membuat perbedaan yang cukup berarti dan mengalahkan situs/ blog dengan konten yang relevan dan bagus.

Dengan perbedaan beberapa mikrodetik dari sebuah situs atau blog yang sudah cepat tidak akan mengubah dan membuat perbedaan yang mengarah pada peningkatan peringkat di google search engine.

Konten yang Relevan/ Relevansi


Update serta pembaruan kecepatan seluler ini hanya akan mempengaruhi situs yang memang terasa sangat lambat. Yang mana pengguna harus menunggu beberapa detik atau bahkan lebih untuk memuat sebuah konten di perangkat selulernya.

Terakhir yang perlu diperhatikan dari pembaharuan kecepatan seluler ini adalah tidak akan mencegah situs atau blog yang pemuatan selulernya lambat dari peringkat sama sekali. 

Konten yang Relevan

Artinya, situs atau blog yang lambat diversi seluler akan tetap terindeks dan tetap berada diperingkat google jika konten yang disajikan bermanfaat, relevan dan baik.

Jadi relevansi adalah kuncinya, seperti yang selalu dikatakan Google. 

Jadi, jika sebuah situs/ blog memuat laman yang lambat diperangkat seluler dan terjadi untuk memuat konten yang paling relevan.

Sesuai dengan yang dicari oleh pengguna (Lihat: Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif Memikat Pembaca), maka itu mungkin akan masih mendapat peringkat yang menguntungkan dalam hasil pencarian google search engine.
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments