7 Teknik dan Cara untuk Membantu Meningkatkan Daya Ingat

loading...
Loading...
Smartphone dan internet telah mengubah segalanya, tidak terkecuali otak kita.

Informasi tanpa batas kini hadir di ujung jari kita. Karena itu, tidak mengherankan jika kemampuan kita untuk menyimpan dan mengingat informasi pun mulai berhenti berkembang.
cara meningkatkan daya ingat

Ketergantungan mental pada teknologi ini sering disebut sebagai "Google Effect".

Lihat: Tips Mengerjakan Ujian Seleksi SKD CPNS

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh kaspersky mengatakan bahwa 50% orang tidak berusaha untuk mengingat informasi atau mencari jawaban dari orang-orang di sekitarnya sebelum mereka mencarinya secara online.

Juga, ada dua pertiga konsumen mengatakan bahwa dengan membiarkan perangkat mereka melakukan pekerjaan mengingat, mereka anggap itu dapat membantu mereka lebih banyak.

Cara Meningkatkan Daya Ingat


Jika perangkat atau ponsel kita dapat dengan sangat baik menyimpan informasi dan menjawab semua pertanyaan, mengapa kita harus repot-repot untuk mengingat sesuatu?

Para ahli mengingatkan bahwa jika kita tidak secara aktif mengingat kembali suatu informasi, maka secara tidak langsung kita telah menghancurkan diri kita sendiri di masa yang akan datang.

Karena dengan memiliki ingatan jangka panjang yang sedikit maka kita akan memiliki banyak kesulitan untuk mempertahankan informasi jangka pendek.

Awambicara akan memberikan beberapa teknik praktis untuk membantu Anda mendapatkan kembali ingatan jangka pendek Anda, seperti yang kami dapatkan dari infografis QuidCorner dibawah ini.

Entah itu untuk mempelajari bahasa-bahasa baru atau hanya sekedar untuk mencoba mengingat kode akses pintu masuk ruangan kantor Anda?

Teknik Memorisasi - Teknik Menghafal


Disini ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda agar lebih efektif mengingat suatu informasi dan membantu meningkatkan daya ingat Anda.

1. Teknik Locus - Tempat


Teknik ini khususnya diperuntukkan pada tugas-tugas yang lebih menuntut hafalan, seperti pidato, cobalah untuk visualisasikan bagian-bagian informasi di sepanjang jalan atau tempat yang Anda kenal baik.

teknik lokus - cara dan teknik menghafal

Teknis ini menggunakan keterampilan navigasi dan memori spasial Anda untuk membantu Anda mengingat informasi secara linear.

Langkah 1 : Ingatlah dan kenali dengan baik setiap sudut rumah Anda, misalnya dengan berjalan-jalan disekitar atau area rumah Anda.

Langkah 2 : Visualisasikan setiap bagian informasi yang ingin Anda ingat disetiap ruangan dan area yang berbeda disudut rumah Anda.

Langkah 3 : Untuk mengingat kembali setiap informasi yang diterima telusuri kembali setiap rute dan setiap bagian logkasi saat Anda berjalan melewati area rumah Anda.

Contohnya, cobalah untuk mengingat dan menavigasi rumah Anda, ruangan-ruangan, kamar-kamar, atau tempat-tempat sepanjang perjalanan Anda dari kantor menuju rumah dan sebaliknya.

Tips: Cobalah untuk menelusiri dan mengingat-ingat kembali didalam pikiran Anda setiap informasi yang Anda terima dan ingin Anda ingat setiap harinya sampai informasi tersebut menetap disana.

Lihat: Tips dan Kunci Sukses Lulus Tes CAT CPNS

2. Teknik Akronim


Teknik Akronim untuk meningkatkan daya ingat ini adalah dimaksudkan atau bertujuan untuk mengingat kumpulan kata.

Penelitian menunjukkan bahwa, kita cenderung lebih mudah mengingat sebuah informasi, ketika kita memberi makna dari sebuah kata.

teknik akronim - cara meningkatkan daya ingat

Teknik atau cara ini bahkan dapat membantu kita mengingat lebih lama.

Ketika kita memberi makna dalam satu kata atau kalimat atau susunan kata yang jelas, kita akan mudah mengingat kata atau informasi tersebut.

Teknik Akronim ini adalah teknik penyingkatan kalimat atau kata menjadi sebuah kata atau kalimat baru yang lebih jelas dan lebih umum kita dengar.

Caranya adalah:

Langkah 1 :  Buat dan kumpulkan serta susun huruf pertama dari setiap kata yang akan kita ingat.

Langkah 2 : Atur setiap huruf yang telah kita ambil dari daftar kata tadi, sehingga membentuk sebuah kata baru yang lebih jelas atau sering kita dengar, agar kita lebih mudah mengingatnya.

Langkah 3 : Untuk mengingat informasi tersebut, susun huruf dari kata pertama tadi menjadi sebuah kata baru yang lebih umum, jelas dan lebih mudah kita ingat.

Tips: Kita cenderung lebih suka mengingat kata-kata yang umum dan jelas. Sehingga dengan demikian, sedapat mungkin buatlah kata-kata baru yang lebih mudah diingat.

Contoh: Untuk menghafal atau mengingat arah mata angin, ambil huruf pertama dari setiap kata arah mata angin, kemudian bentuk menjadi kata baru, yakni NEWS (North, East, West, South)

3. Teknik Pribahasa - Sajak - Puisi


Teknik Pribahasa, Sajak, Puisi adalah cara untuk meningkatkan daya ingat dalam mengingat informasi dalam perintah yang lebih terinci atau spesifik.

teknik pribahasa - sajak - puisi - cara meningkatkan daya ingat

Pribahasa, sajak dan puisi membantu kita dalam mengingat suatu informasi, sebagaimana otak kita mampu untuk membongkar sebuah struktur kalimat.

Ini juga biasanya disebut dengan Encoding Akustik.

Caranya:

Adalah dengan membayangkan gambaran dari pribahasa, sajak atau puisi yang akan kita ingat.

Lihat: Tips Jitu Lulus Tes CPNS

Contohnya: "Seperti membeli kucing dalam karung". Anda dapat membayangkan atau membuat gambaran kucing didalam karung.

4. Teknik Linking - Tautan (menghubungkan)


Teknik Lingking merupakan salah satu teknik atau cara untuk meningkatkan daya ingat, terutama untuk mengingat sebuah daftar.

teknik linking - cara meningkatkan daya ingat

Disebut juga dengan Teknik Tautan atau Teknik Menghubungkan, atau bisa juga disebut dengan teknik visualisasi dan asosiasi.

Yakni sebuah teknik memorisasi yang menautkan atau mengaitkan dengan kecenderungan alami kita untuk memahami dunia melalui sebuah cerita.

Dengan menautkan atau menghubungkan keterkaitan antara beberapa item dalam daftar antara satu dengan yang lainnya secara kreatif, maka Anda akan lebih cenderung mudah mengingatnya daripada Anda menghafal daftar itu.

Caranya:

Langkah 1 : Buat gambaran dalam pikiran Anda untuk setiap item informasi yang ingin Anda ingat.

Langkah 2 : Hubungkan dan kaitkan setiap image atau gambaran dalam pikiran Anda didalam daftar tersebut. Bayangkan seekor lebah terbang mengelilingi daftar informasi Anda, dan mendarat di informasi terakhir dari daftar tersebut.

Tips: Cobala untuk menghubungkan setiap informasi yang ada didalam daftar sehingga membentuk sebuah cerita.

Hal ini dapat membantu untuk tetap menangkap setiap informasi dari daftar dan membantuk meningkatkan daya ingat Anda.

Contohnya adalah mengingat daftar belanjaan sebelum Anda pergi ke pasar.

5. Teknik Chunking


Yakni berupa potongan informasi yang lebih kompleks. Misalnya deretan angka yang panjang.

Deretan angka yang panjang akan lebih mudah diingat apabila kita telah memecahkan angka panjang tersebut menjadi beberapa bagian.

teknik chunking cara meningkatkan daya ingat

Contoh sering kita temui dari "chunking" ini adalah format nomor telepon.

Pada tahun 1950-an, Bell Laboratories bekerja sama dengan profesor George A. Miller dari Universitas Harvard untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana menyandikan informasi ke dalam memori jangka panjang.

Singkatnya, penelitian Miller menentukan bahwa format nomor telepon (555) 555-5555 adalah format deretan angka yang paling efektif agar otak dapat lebih mudah menyimpan informasi kontak telepon.

Lihat: Tips dan Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional

"Dengan mengatur informasi ke dalam beberapa dimensi dan berurutan ke dalam potongan-potongan, maka kita setidaknya bisa memecahkan atau meregangkan hambatan yang ada dalam informasi tersebut" - George A. Miller


6. Teknik PQRST


Teknik PQRST adalah kepanjangan dari Preview, Question, Read, State dan Test.

Merupakan salah satu cara atau teknik untuk meningkatkan daya ingat ketika menghadapi ujian.

teknik pqrst cara meningkatkan daya ingat

Entah itu ujian semester, ujian nasional, ujian menghadapi seleksi penerimaan pegawai (PNS, Swasta, BUMN), ujian masuk perguruan tinggi negeri.

Para ahli mengatakan bahwa teknik ini dapat berhasil, karena dapat memberikan Anda pengembalian ingatan yang lebih kuat.

Caranya:

Preview : Dengan membaca sekilas materi yang akan diujikan.

Question : Pikirkan pertanyaan penting tentang informasi yang sedang Anda baca.

Read : Baca semua materi atau bahan informasi yang akan diujikan secara lengkap.

State : Nyatakan jawaban atas pertanyaan kunci yang Anda pikirkan dengan tegas.

Test : Uji diri Anda sendiri untuk memastikan bahwa Anda mengingat semua informasi penting yang Anda baca.

Tips: Pada saat langkah atau tahapan PREVIEW, bacalah paragraf pertama dan terakhir. Ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan inti dari informasi yang Anda baca.

7. Teknik Menulis - Mencatat


Teknik terakhir untuk membantu meningkatkan daya ingat kita adalah dengan mencatat semua informasi penting tersebut.

Teknik ini bisa dan biasanya digunakan untuk mempelajari bahasa baru.

teknik mencatat - menulis - cara meningkatkan daya ingat

Dengan menulis dan mencatat, Anda secara tidak langsung merangsang bagian sel otak, memicu Reticular Activating System (RAS), yang akan membuat otak Anda untuk aktif dan memberi perhatian lebih dari setiap informasi yang Anda catat atau tulis.

Caranya:

Dengan mencatat dan menulis setiap informasi penting yang Anda terima dalam sebuah kartu catatan khusus, dan ulangi serta beri ulasan sebanyak tiga kali sehari.

Tips: Cobalah untuk memberikan gambar, warna sesuai dengan arti kalimat yang ditulis, serta dengan bentuk tulisan yang berbeda di kartu catatan khusus Anda.

Sebab, dapat merangsang beberapa syaraf sensorik, sehingga informasi lebih mudah diingat.

Kunci Mengingat


Teknik-teknik yang telah kami jelaskan di atas adalah untuk memicu bagian lain dari otak untuk membantu kita dalam membentuk ingatan yang lebih kuat.

Lihat: Cara Mencapai Target Kelulusan

Di era "Digital Distraction" ini, dengan hanya sekadar mengulang beberapa informasi beberapa kali saja tidak cocok dengan visualisasi mental dan menambahkan makna kedalam konteks pada sebuah informasi.

Pahami ini, dan Anda dapat mengingat hampir semua hal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Teknik dan Cara untuk Membantu Meningkatkan Daya Ingat"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum