Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pekerjaan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran Idul Fitri

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini, umat Islam diseluruh dunia menjalankan ibadah dengan berpuasa selama satu bulan penuh.

Pada bulan ini, semua usaha dan kegiatan baik yang dilakukan oleh umat Muslim bernilai ibadah.

Disebut dengan bulan penuh berkah, karena pada bulan ini tidak hanya berkesempatan untuk beribadah, namun juga dapat menjadi sebuah peluang usaha dalam mendapatkan tambahan rezeki yang halal.

pekerjaan dan bisnis sampingan menjelang hari raya lebaran idul fitri

Rezeki yang dapat menjadi tambahan biaya untuk ongkos pulang mudik ke kampung halaman pada tahun ini.

Selain itu, bisa menjadi tambahan rezeki untuk memberikan THR kepada sanak saudara kita dikampung.

Namun sebagai seorang Muslim, kita juga diwajibkan untuk bersedekah dan berzakat, mengeluarkan sebagian harta kita kepada yang membutuhkan.

Mungkin ada banyak dari kita yang merasa sangat membutuhkan penghasilan tambahan yang dapat digunakan untuk pengeluaran menjelang Lebaran tiba.

Dan salah satu caranya adalah dengan mendapatkan pekerjaan sampingan.

Baca juga: Jenis Bisnis Online Kekinian yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Pekerjaan Sampingan Menjelang Lebaran


Pekerjaan yang memang banyak dibutuhkan orang disaat-saat menjelang hari raya lebaran idul fitri tiba.

Nah, pekerjaan apa saja yang sering dicari orang selama bulan suci ramadhan dan menjelang lebaran idul fitri tiba?

Simak daftar pekerjaan yang dibutuhkan selama bulan ramadhan dan menjelang hari raya lebaran idul fitri dari kami berikut ini:

1. Menjadi Supir Paruh Waktu


pekerjaan sampingan menjelang lebaran idul fitri

Diera digital ini pekerjaan sebagai supir dipermudah dengan adanya berbagai aplikasi angkutan online.

Sebut saja Grab, GoJek, OkeJek, Bang Ojek, Indo-Jek, Uber, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya pilihan angkutan online ini semakin mempermudah kita mencari pekerjaan sebagai supir paruh waktu.

Dan tidak sedikit pula masyarakat yang memanfaatkan aplikasi angkutan online ini sebagai usaha sampingan.

Bahkan pekerjaan sopir paruh waktu yang memanfaatkan aplikasi angkutan online ini dimanfaatkan PNS sebagai usaha sampingan mereka.

2. Jasa Penjaga Rumah


pekerjaan sampingan menjelang lebaran idul fitri

Pekerjaan yang satu ini tidak banyak yang tahu, namun cukup banyak yang mencarinya, khususnya untuk daerah-daerah perkotaan dan perumahan-perumahan.

Banyak pemilik rumah diperkotaan dan perumahan-perumahan yang pulang mudik kekampung halaman mereka.

Sehingga, rumah mereka yang ada dikota ditinggalkannya.

Dan banyak dari mereka yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk pulang mudik tidak dapat mereka biarkan kosong begitu saja.

Mereka membutuhkan orang yang menjaganya.

Membutuhkan seseorang untuk mengawasi listrik, air, menjaga kebersihannya, merawat kebun halaman, merawat kolam, akuarium, dan lain sebagainya.

Serta yang paling utama adalah membutuhkan orang untuk menjaga rumah mereka dari aksi kejahatan yang marak terjadi pada rumah-rumah yang ditinggal mudik dan dibiarkan kosong oleh pemiliknya.

Baca juga: Jenis Usaha Sampingan Saat Hari Raya Imlek

Pemilik rumah yang akan pulang mudik biasanya kewalahan saat akan meninggalkan rumahnya, karena walaupun biasanya mereka memperkerjakan asisten rumah tangga, namun biasanya asisten rumah tangganya juga pada pulang kampung semua.

Nah, disinilah kesempatan usaha sampingan menjelang lebaran ini datang.

Anda dapat menawarkan jasa menjaga, merawat sekaligus membersihkan rumah tersebut.

Selain itu, pada kesempatan lain, Anda yang menjaga rumah pastinya akan tinggal dikawasan rumah tersebut, yang kebanyakannya adalah perumahan-perumahan yang cukup elite.

Nah, pekerjaan sampingan menjaga rumah ini juga dapat membuat Anda memperluas pergaulan serta menambah teman di sekitar lingkungan rumah tersebut.

3. Jasa Renovasi Rumah


bisnis sampingan menjelang lebaran idul fitri

Usaha sampingan lainnya menjelang lebaran tiba, selain menjadi penjaga rumah adalah memberikan jasa renovasi rumah.

Ketika orang-orang pada pergi mudik, pastinya keadaan rumah mereka ditinggalkan kosong.

Serta banyak dari mereka yang ketika ingin kembali kerumah ingin mendapati kondisi rumah yang fresh, baru dan bagus.

Jasa renovasi rumah menjelang lebaran idul fitri ini tidak hanya bisa ditawarkan kepada mereka yang mudik, tapi juga kepada mereka yang tidak mudik.

Alasannya adalah karena tradisi lebaran di masyarakat kita adalah ingin semuanya memiliki tampilan baru.

Baik itu dari penampilan, seperti pakaian atau baju baru lebaran, maupun tempat tinggal/ rumah.

Sebab, hal ini merupakan salah satu bentuk simbolis dari merayakan hari kemenangan, hari raya Idul Fitri.

Oleh karena itu, Anda bisa menawarkan jasa renovasi rumah kecil-kecilan, seperti mengecat dinding, menata kembali kebun halaman, membersihkan interior dan eksterior, serta pekerjaan sederhana lainnya.

Baca juga: Daftar Ide Bisnis Tanpa Modal

4. Menjaga dan Merawat Hewan Peliharaan


bisnis sampingan menjelang lebaran idul fitri

Bisnis atau usaha sampingan menjelang hari raya lebaran menjaga dan merawat hewan peliharaan ini jika ditekuni bisa menjadi usaha yang besar.

Mengapa?

Karena tidak sedikit orang yang memiliki hewan peliharaan yang kebingungan untuk menitipkan hewan peliharaan mereka ketika mereka bepergian atau mudik pulang ke kampung halaman.

Tentu saja, hewan peliharaan tidak mungkin untuk dibawa ikut serta mudik kekampung halaman.

Oleh sebab itu, sudah barang tentu akan ada banyak orang yang ingin menitipkan hewan peliharaannya ketika mereka akan mudik lebaran.

Bahkan hal ini sering admin temui, teman kantor yang memiliki hewan peliharaan, seperti kucing, burung kicau, ikan, dan hewan peliharaan lainnya, kebingungan akan menitipkannya kepada siapa saat mereka akan mudik lebaran.

Namun, ada juga yang menitipkannya ke tempat penitipan hewan, akan tetapi terkadang mereka urungkan niatnya karena harganya yang terlalu mahal.

Belum lagi, banyak pula penitipan hewan yang tutup atau penuh karena hari raya lebaran Idul Fitri ini biasanya bertepatan dengan hari libur lebaran dan cuti bersama.

Seringnya mereka menitipkannya kepada tetangga mereka yang tidak ikut mudik.

Nah, karena itulah, usaha sampingan menjelang lebaran menjaga dan merawat hewan peliharaan ini bisa menjadi sebuah usaha sampingan yang cukup menjanjikan.

Daripada mereka harus menitipkan hewan di tempat penitipan hewan yang biaya penitipannya lebih mahal, belum lagi khawatir apakah hewan peliharaan mereka dijaga dengan baik sebab dari banyaknya hewan peliharaan yang dititipkan disana.

Sehingga, banyak dari pemilik hewan peliharaan yang akan pergi mudik lebih memilih mencari tempat penitipan dan perawat hewan peliharaan sementara.

Apalagi jika Anda termasuk tipe orang yang menyayangi binatang, pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda.

Hitung-hitung selain menyalurkan hobi sekaligus juga dapat menambah penghasilan, serta berkesempatan memperluas koneksi kerja Anda.

Baca juga: Panduan Memulai Usaha Rumahan Secara Online Terbaru

5. Jasa Kurir - Jasa Angkutan Barang


bisnis sampingan menjelang lebaran idul fitri

Menjadi kurir atau pengantar barang adalah salah satu pekerjaan sampingan yang paling banyak dilakukan orang ketika bulan ramadhan tiba.

Permintaan jasa kurir atau pengantar barang ketika bulan ramadhan dan menjelang idul fitri sedang tinggi-tingginya.

Dan tidak sedikit dari biro jasa angkutan yang menutup atau menyetop layanan mereka dua minggu sebelum lebaran tiba, karena banyaknya pesanan jasa antar barang yang masuk.

Karena itu pekerjaan jasa kurir atau jasa angkutan barang ini adalah sebuah kesempatan yang sangat baik untuk Anda coba.

Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang memang suka bekerja di lapangan dibandingkan dengan pekerjaan kantoran dan dibelakang meja.

Anda bisa menerima jasa angkutan barang untuk parcel, makanan, dan lain sebagainya, untuk diantarkan didalam kota maupun luar kota.

Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan keselamatan Anda sendiri, sebab pada waktu-waktu mendekati lebaran, lalu lintas jalan sedang padat-padatnya, berkenaan dengan adanya arus mudik lebaran.

Itulah tadi lima daftar pekerjaan sampingan yang dapat Anda coba lakukan menjelang hari raya lebaran Idul Fitri tiba.

Selain dapat menjadi rezeki tambahan menghadapi lebaran, jika ditekuni bukan tidak mungkin akan menjadi bisnis utama Anda.

Baca juga: Tips Mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H/ 2019 M

Ada banyak pilihan pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan ketika lebaran Idul Fitri tiba, maka pilihlah usaha sampingan yang sesuai dengan bidang dan passion Anda.

Selain itu Anda juga perlu untuk mencocokkannya dengan waktu luang yang Anda miliki jika Anda telah memiliki pekerjaan tetap atau berstatus karyawan swasta, bumn ataupun pns.

Pilihlah jenis usaha atau pekerjaan sampingan yang sesuai dengan bakat dan keterampilan Anda sehingga pekerjaan sampingan yang Anda lakukan dapat Anda jalani dengan nyaman.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

Posting Komentar untuk "Pekerjaan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran Idul Fitri"