Kisi kisi Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kementerian dan Lembaga CPNS 2019

loading...
Loading...
Ketika mengikuti ujian seleksi penerimaan CPNS, terutama untuk ujian seleksi kompetensi bidang, para peserta diminta untuk mengerjakan soal-soal ujian yang berkaitan dengan jabatan yang dilamarnya.

Jadi sebagai peserta seleksi penerimaan CPNS, Anda hanya berkonsentrasi mengerjakan soal-soal berbasis CAT (computer assistet test) SKB untuk formasi atau jabatan yang Anda lamar.

Nah, agar dalam tes SKB CPNS 2019 nanti nilainya memuaskan, Anda harus berusaha keras, belajar dan mencari kisi-kisi soal Tes SKB CPNS 2019 atau materi soal SKB CPNS 2019 agar dapat lolos tes kompetensi bidang ini.

Sangat penting untuk Anda ketahui bahwa soal-soal Tes SKB CPNS 2019 nanti akan berbeda-beda untuk setiap formasi jabatan.

Jadi jangan sampai anda salah mempelajari materi soal Tes SKB CPNS 2019 nanti.

materi skb kementerian dan lembaga cpns

Ketahui dan pahami jenis formasi yang anda lamar, yang bisa Anda lihat berdasarkan penjelasan dari BKN ini.

Kisi kisi Soal SKB Kementerian dan Lembaga CPNS 2019


Sebagai catatan jika posisi yang dilamar tidak ada dalam daftar berarti posisi yang dilamar adalah JP (Jabatan Pelaksana).

Materi soal SKB CPNS 2019 akan dibedakan menjadi dua jenis menurut jabatan.

Kedua jabatan itu dibedakan menjadi Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP).

Contoh jabatan JFT adalah guru, dokter, apoteker, dan lain-lain yang sejenis.

Untuk JFT, materi yang harus dipersiapkan adalah tentang Permenpan RB atau Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Hal ini dikarenakan bagi jabatan JFT, dinaungi oleh Kemenpan RB.

Peserta pendaftar JFT dapat mencari Permenpan RB yang sesuai dengan posisi yang dilamar dan mempelajari isinya.

Anda dapat mencari dengan mengetikkan kata kunci di google.

Misalkan saja formasi yang Anda lamar adalah JFT untuk formasi tenaga pendidik, formasi tenaga kesehatan, dan sebagainya.

Materi tersebut berlaku untuk formasi di instansi Pusat, Kementerian, Lembaga, maupun Daerah.

Sekali lagi, cek terlebih dahulu apakah formasi yang Anda lamar masuk dalam kategori JFT atau JP.

Sehingga saat anda akan mempelajari materi soal SKB tidak salah dan sesuai dengan yang akan diujikan nanti.

Sebagai informasi untuk Anda, Siti Riza Azmiyati adalah lulusan CPNS 2018 peraih nilai tertinggi ujian seleksi penerimaan CPNS 2018.

Ia mengungkapkan ”Dari awal saya memang berniat utk menjadi PNS, karena saya melihat PNS adalah jalan hidup yang mulia, mengabdikan dan mendedikasikan diri bagi masyarakat, dan saya ingin jadi bagian dari orang-orang hebat tersebut”.

“Jauh-jauh hari sebelum proses seleksi, saya mempelajari tes SKD, baik dari buku maupun internet. Saya membiasakan diri dengan tipe-tipe soal SKD, seperti TIU (Tes Intelegensi Umum) yg biasanya mempunyai pola-pola soal tertentu dan menguji logika serta analisis, TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) yg diharuskan memahami tentang sejarah bangsa, falsafah bangsa, pancasila dan UUD 1945, dan sistem kepemerintahan, serta TKP (Tes Karakteristik Pribadi) yg menguji apakah karakter kita sesuai dg karakter seorang PNS yang berjiwa melayani,” ungkap Riza.

Jadi jelas dari cerita sukses Riza yang lulus semua tahapan seleksi penerimaan CPNS tahun 2018, adalah karena keinginannya yang teguh, niatnya yang kuat, yang disertai dengan usaha yang maksimal dengan belajar dan mengenali bentuk-bentuk soal tes SKD dan SKB CPNS, serta tidak lupa juga berdoa dengan diiringi doa dan restu orang tua.

Dari kisah Riza, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk bisa lulus dan menjadi CPNS adalah dengan usaha yang keras, dan juga doa, bukan tergantung dan bergantung pada nasib, atau hanya sekedar coba-coba.

Ingatlah bahwa, hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Jadi teruslah berusaha, belajar dengan tekun dan giat serta selalu mencari soal-soal latihan cpns baik dari buku-buku soal cpns maupun dari internet.

Dan kami dari awambicara.id hadir disini untuk membantu Anda mengenal bentuk-bentuk soal CPNS yang akan diujikan nanti.

Baik itu soal SKD CPNS 2019 maupun soal SKB CPNS 2019.

Untuk Soal SKD CPNS telah kami berikan dalam situs ini lengkap dengan tips dan trik dalam menjawab pola soal nya.

Sedangkan untuk soal SKB CPNS, telah kami bagi dalam beberapa bagian, yakni:

- Soal SKB Tenaga Kependidikan - Guru CPNS 2019
- Soal SKB Tenaga Kesehatan CPNS 2019

Dan kali ini kami akan memberikan contoh soal latihan tes SKB Kementerian dan Lembaga CPNS 2019.

Contoh soal cpns skb (Tes Seleksi Kompetensi Bidang) tahun 2019 ini kami sajikan secara gratis.

Sebagai persiapan Anda dalam menghadapi semua tahapan ujian seleksi penerimaan CPNS 2019 nanti.

Namun sebelum itu, kami ingin mengingatkan kepada Anda bahwa seleksi penerimaan CPNS itu ada 3 tahap, yakni:
  1. Seleksi Admnistrasi
  2. Seleksi Kompetensi Dasar
  3. Seleksi Kompetensi Bidang

Jadi sebelum Anda mengikuti tahapan seleksi berupa soal ujian baik itu SKD maupun SKB, terlebih dahulu Anda harus lulus seleksi Administrasi.

Karena itu, sekali lagi kami ingatkan, akan lebih baik jika Anda mempersiapkan segala jenis dokumen persyaratan cpns yang diperlukan nanti mulai dari sekarang.

Sehingga untuk selanjutnya Anda hanya sibuk dalam mempersiapkan diri menghadapi soal-soal ujian SKD dan SKB CPNS 2019 saja.

Kisi kisi Soal SKB Kementerian dan Lembaga CPNS 2019


Kembali kami ingatkan, berkaca pada kisah sukses Riza diatas, kita bisa mengambil pelajaran bahwa tidak ada istilah lulus seleksi CPNS hanya dengan modal coba-coba, apalagi dengan sogok menyogok.

Yakinlah dijaman sekarang ini tidak ada lagi istilah sogok menyogok dalam hal penerimaan CPNS.

Kunci sukses lulus tes cpns ada empat, yakni; 1. kuatkan tekad dan niat, 2. belajar soal-soal cpns dengan sungguh-sungguh, 3. Memohon dan berdoa kepada Tuhan YME, agar lulus dan menjadi CPNS, dan 4. Meminta restu dan doa dari orang tua.

Setelah Anda berniat dan bertekad untuk menjadi CPNS, berikutnya untuk membantu usaha Anda dalam belajar soal-soal CPNS, kami dari awambicara.id akan membantu Anda.

Kami akan memberikan soal-soal cpns baik itu SKD maupun SKB sebagai usaha Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi segala jenis dan bentuk soal yang akan diujikan dalam penerimaan CPNS 2019 nanti.

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, tes SKB adalah ujian seleksi penerimaan CPNS berdasarkan formasi atau jabatan yang diambil oleh pelamar CPNS.

Soal tes SKB ini sesuai dan sejalan dengan jabatan yang di ambil oleh pelamar.

Tes SKB ini banyak sekali jenisnya, dan biasanya disesuaikan dengan bidang atau jabatan dan formasi yang diambil masing-masing.

Inilah mengapa ujian seleksi penerimaan CPNS tahap berikutnya setelah lulus tes Seleksi Kompetensi Dasar atau Tes SKD ini disebut dengan Tes SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang.

Artinya, soal-soal tes yang akan diujikan nanti sesuai dengan bidang-bidang yang diambil oleh setiap peserta seleksi penerimaan CPNS.

Jadi setiap soal tes SKB tidak akan sama antara peserta CPNS yang satu dengan yang lainnya.

Oleh karena Tes SKB ini adalah tes tersendiri dan tes yang lebih khusus, maka tes SKB ini memiliki jenis-jenis yang sangat bervariasi.

Seperti pada contoh soal SKB bidang pendidikan ini (lihat link), ada Soal Tes SKB Guru Mata Pelajaran untuk Guru SMP SMA SMK, ada pula Soal Tes SKB Guru kelas untuk Guru SD dan TK.

Sedangkan untuk kementerian dan lembaga tinggi negara, kami juga telah membagikannya dalam beberapa contoh soal SKB kementerian dan lembaga, sebagai berikut:

1. SKB Kementerian Dalam Negeri
2. SKB Kementerian Luar Negeri
3. SKB Kementerian Kelautan dan Perikanan
3. SKB Kementerian Pertanian
4. SKB Kementerian PUPR
5. SKB Badan Pusat Statistik
6. SKB Bidang Hukum
8. Kementerian perhubungan

Siapkan diri Anda sedini mungkin dalam menghadapi ujian seleksi penerimaan CPNS 2019.

BKN selalu mengajak dan meminta para peserta seleksi penerimaan CPNS untuk selalu belajar giat agar lolos setiap tahapan termasuk tes SKB nanti.

Ada banyak sekali tips-tips yang akan Anda temui jika Anda mencarinya di internet, maupun dimedia-media sosial, namun keyakinan dan kepercayaan dirilah yang sebenarnya menjadi modal utama Anda untuk lulus tes SKD dan SKB CPNS 2019 nanti.

Selamat berjuang, kami tungggu dan nantikan Anda untuk bergabunglah dengan kami di Korps Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia (KORPRI)!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kisi kisi Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kementerian dan Lembaga CPNS 2019"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum