Hari Kemerdekaan Indonesia dan Perayaan 17 Agustusan

loading...
Loading...
Selamat datang Agustus. Sebentar lagi dibulan Agustus ini, sebagai bangsa kita akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Hari kemerdekaan RI adalah hari yang keramat bagi seluruh tumpah darah rakyat Indonesia.

perayaan-perayaan yang erat dengan hari kemerdekaan 17 agustusan

Hari itu, 17 Agustus 1945 adalah hari dimana bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Diproklamasikan dengan lantang oleh Ir. Soekarno pada 17 Agustus 1945,

Disiarkan hingga ke pelosok penjuru tanah air, yang memiliki beribu-ribu pulau, suku bangsa dan bahasa, dan disambut dengan gegap gempita oleh seluruh rakyat Indonesia.

Indonesia telah menjadi bangsa yang merdeka, terbebas dari segala penjajahan dan segala campur tangan negara-negara asing.

Perayaan-perayaan yang Erat dengan Hari Kemerdekaan 17 Agustusan


Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 tersebut menjadi tonggak sejarah, dan menjadi momen yang selalu dikenang oleh seluruh bangsa Indonesia.

Karena itu, tanggal 17 Agustus sebagai Hari Kemerdekaan senantiasa selalu diperingati dengan meriah setiap tahunnya oleh segenap rakyat Indonesia.

Semua adalah karena bangsa ini merdeka bukanlah karena pemberian bangsa penjajah, namun murni karena perjuangan para pahlawan yang berkorban harta, jiwa dan raga.

Semangat kemerdekaan yang begitu membara harus tetap terjaga hingga pada generasi-generasi berikutnya.

Untuk menjaga dan meningkatkan kembali semangat kemerdekaan Republik Indonesia, kami awambicara.id telah mengumpulkan beberapa informasi terkait dengan perayaan-perayaan yang telah menjadi bagian dari peringatan hari Kemerdekaan 17 agustusan di tanah air.

Baca: Usaha Sampingan di Momen Hari Kemerdekaan 17 Agustusan

1. Perlombaan Khas 17 Agustusan


Meriahnya setiap perayaan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, tidak luput dari peran serta segenap warganegara Indonesia.

Perayaan hari kemerdekaan 17 agustusan ini telah mendarah daging, dan telah menjadi kebiasaan yang umum terjadi disaat momen 17an.

Setiap warganegara Indonesia, dari kota hingga kepelosok-pelosok desa, di seluruh wilayah Indonesia pasti menggelar kegiatan perlombaan khas ‘Agustusan’.

Tidak hanya itu, banyak dari kegiatan yang dilombakan di perayaan 17 agustusan itu kini telah menjadi ciri khas perayaan Hari Merdeka di Indonesia.

Sebut saja perayaan lomba panjat pinang, lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan masih banyak lagi lomba-lomba lainnya.

Bahkan ada beberapa daerah yang merayakan kemerdekaannya hingga satu bulan penuh selama bulan Agustus.

Ada pula yang menjadikan pawai hari kemerdekaan menjadi agenda rutin dari pemerintah daerah setempat.

Seperti yang terjadi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Setiap 17 agustusan, pasti diadakan pawai hari kemerdekaan yang menyusuri jalan-jalan protokol di ibu kota provinsi babel.

Tidak hanya itu, pawai hari kemerdekaan ini dilaksanakan hingga 3 hari berturut-turut.

Hari pertama diawali dengan pawai baris-berbaris, hari kedua pawai kendaraan hias, dan dihari ketiga diisi dengan pawai karnaval.

2. 17 Agustus Diperingati dengan Meriah


Tanggal 17 Agustus 1945 yang menjadi hari kemerdekaan bangsa Indonesia, bukanlah tanpa tantangan.

Bangsa penjajah (Belanda) tidak mengakui kemerdekaan kita ini pada saat itu, bahkan dengan diboncengi oleh bangsa lain, masih ingin masuk dan menjajah negara kita.

Namun, karena semangat persatuan, semangat kemerdekaan yang membara, kita tidak pernah mundur sedikitpun.

Untuk itu, dalam memperingati momen yang berharga ini, setiap tahunnya pada tanggal dan bulan yang sama warga Indonesia pasti akan merayakan hari kemerdekaannya dengan penuh kemeriahan.

Semua demi menjaga dan membangkitkan kembali semangat yang membara dari para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara kita.

Serangkaian acara yang telah disusun sejak jauh-jauh hari bahkan sebelum bulan Agustus tiba, seperti pelaksanaan upacara bendera yang diselenggarakan diseluruh institusi di Indonesia.

Mulai dari siswa sekolah, pegawai negeri sipil, hingga para petinggi negara pasti akan menghadiri upacara bendera 17 Agustus.

Baca: Quotes dan Kata-kata Motivasi Orang-orang Sukses

3. Tema-tema di Setiap Hari Kemerdekaan Republik Indonesia


Mengingat hari kemerdekaan 17 agustus ini adalah hari yang sakral, dan biasanya segenap warganegara Indonesia pasti sedang dilanda eforia hari kemerdekaan, maka pemerintah pasti menyiapkan tema khusus disetiap perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain sebagai pembangkit semangat seluruh warganegara Indonesia, juga sebagai moto dalam hidup sebagai bangsa dan negara.

Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia pasti menyiapkan dan merampungkan segala bentuk acara peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Begitu juga dengan tema dan logo peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 ini.

Melalui akun resmi media sosial Twitter Setneg, perayaan HUT RI tahun 2019 mengangkat tema:

“74th Menuju Indonesia Unggul” 

Begitu juga dengan logo resmi HUT RI yang ke-74 juga turut dipublikasikan melalui akun Twitter resmi Setneg itu.

Dengan tema dan logo tersebut, pemerintah berharap agar Bangsa Indonesia menjadi negara yang unggul dan dapat bersaing dalam lingkup global.

Agar harapan tersebut dapat terwujud, kekompakan dari seluruh aspek bernegara di Indonesia haruslah selalu terjaga.

Dengan begitu, cita-cita Bangsa Indonesia yang tertanam dalam tema HUT RI 2019, “74th Menuju Indonesia Unggul”, dapat terealisasikan secepatnya.

4. Mengenang Sejarah Bangsa Indonesia


Jalan menuju tercapainya kemerdekaan Bangsa Indonesia ini tidaklah mudah.

Semua bermula dari perang dunia ke 2, dengan masuknya Jepang yang juga ikut menyeret Amerika Serikat untuk terlibat kedalam perang global tersebut.

Hingga akhirnya Bom Atom dijatuhkan oleh Amerika Serikat di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada 6 dan 9 Agustus 1945.

Ini adalah tonggak sejarah, penggunaan bom atom dalam peradaban manusia. Dan satu-satunya nuklir yang digunakan untuk perang.

Jepang yang pada masa itu memegang kekuasaan atas Bangsa Indonesia, mulai memberikan tanda menyerah pada Amerika dan sekutunya.

Satu hari pasca pengumuman menyerah Jepang, Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang disingkat BPUPKI yang kemudian berubah menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI menegaskan bahwa Negara Indonesia akan segera memproklamasikan kemerdekaannya.

Setelah itu, Soekarno dan Hatta, sebagai pimpinan PPKI bersama Radjiman Wedyodiningrat berangkat untuk menemui Marsekal Tekauchi.

Dalam pertemuan tersebut, Marsekal Tekauchi selaku pemerintah Jepang akan segera memberikan kemerdekaan kepada Bangsa Indonesia.

Proklamasi kemerdekaan pun dapat dilaksanakan dalam waktu beberapa hari saja.

Dengan desakan dari Sutan Syahrir yang telah mendapat informasi bahwa Jepang telah menyerah dalam perang.

Soekarno, Hatta dan anggota dari PPKI lainnya menyiapkan teks proklamasi pada tanggal 16 Agustus 1945.

Keesokan paginya, pada hari Jumat, 17 Agustus 1945, teks proklamasi tersebut dibacakan oleh Ir. Soekarno sebagai tanda bahwa Bangsa Indonesia telah mencapai kedaulatan.

Mengingat kembali bagaimana para pendiri bangsa ini, para pahlawan yang rela berkorban jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa ini, membuat kita semua akan selalu tetap semangat menjaga kemerdekaan Indonesia dengan berbagai cara.

5. Nilai-nilai Kemerdekaan Indonesia


Melihat sejarah singkat Hari Kemerdekaan Indonesia diatas, perjuangan para pahlawan dan leluhur kita dalam mendapatkan status negara yang berdaulat tidaklah mudah.

Karena itu, sebagai generasi penerus bangsa, kita harusnya memiliki kepedulian dengan tetap menjaga keutuhan bangsa ini.

Baca: Produk Asli Indonesia yang Mendunia

Memiliki kepedulian untuk tetap semangat mengisi kemerdekaan ini dengan segala hal yang bermanfaat bagi orang banyak yang juga bermanfaat bagi bangsa tentunya.

Selalu berusaha untuk menjadi warganegara yang unggul yang dapat menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang unggul, sehingga disegani oleh seluruh bangsa di dunia.

Semua itu membutuhkan semangat dan tekad serta kerja keras dari seluruh lapisan warga negara Indonesia agar mimpi itu dapat terwujud.

Karena, maju dan unggulnya bangsa ini ditandai dengan unggul dan majunya setiap warganegara Indonesia.

Untuk itu, sebagai warga negara Indonesia kita hendak selalu berusaha untuk memberikan kontribusi yang positif pada Bangsa ini.

Semua dapat kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berusaha keras dan berjuang demi kemakmuran diri sendiri dan keluarga dengan jalan yang baik, maka dengan sendirinya akan membuat negara ini menjadi maju dan unggul.

Selain itu, tetap menjaga keutuhan dan persatuan bangsa, dengan tetap mengedepankan rasa toleransi pada warganegara Indonesia yang lainnya.

Karena tanpa adanya hal tersebut, suatu bangsa akan menjadi negara yang rapuh dan rawan perpecahan.

Untuk itu, agar cita-cita bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unggul dapat tercapai, menjaga rasa persatuan adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini jangalah hanya menjadi acara seremonial semata, namun menjadi semangat kita dalam meningkatkan kualitas hidup.

Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt serta rasa hormat kita terhadap jasa para pahlawan, yang telah menjadikan bangsa ini satu.

Awambicara.id mengucapkan selamat merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, semoga Bangsa Indonesia Menjadi Bangsa yang Unggul.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Hari Kemerdekaan Indonesia dan Perayaan 17 Agustusan"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum