Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Soal CPNS 2019 Siap! Menpan Pastikan Tes SKD Sesuai Jadwal!

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2019 terima naskah soal tes cpns 2019 dari kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud).

jadwal pasti tes skd cpns 2019

Penyerahan naskah soal cpns 2019 tersebut dilakukan langsung oleh Mendikbud (Nadiem Makarim) kepada Menteri PAN RB dan Kepala BKN di Kemendikbud pada Senin 13 Januari 2020.

Selanjutnya setelah menerima naskah soal skd cpns 2019 tersebut, pihak Panselnas CPNS 2019 akan segera melakukan proses input data soal cpns kedalam sistem CAT BKN.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa seleksi tertulis penerimaan  cpns 2019 dilakukan secara komputerisasi yang lebih dikenal dengan CAT - Computer Assisted Test.

Baca: Soal CPNS yang Sering Keluar dalam Tes SKD CPNS

Tahapan Tes SKD CPNS 2019


Sedangkan mengenai perihal tahap seleksi kompetensi dasar atau tes skd cpns 2019 ini rencananya akan digelar pada Januari hingga Februari 2020.

Adapun untuk materi soal skd nya sendiri sesuai dengan kisi-kisi soal yang dikeluarkan pemerintah yakni kisi-kisi soal cpns sesuai permenpan rb no. 23/ 2019.

Kisi-kisi soal skd berdasarkan permenpan rb no 23 tahun 2019 tersebut meliputi:
  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU)
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Naskah soal skd cpns 2019 tersebut disusun dengan melibatkan kurang lebih 18 universitas negeri diseluruh Indonesia, atas dasar kehati-hatian, jaminan kerahasiaan, serta keamanan data.

Sehingga diharapkan seleksi skd cpns 2019 nanti akan berlangsung lebih kompetitif, adil, bersih dan transparan serta bebas dari praktik KKN.

Yang pada akhirnya nanti akan menghasilkan para abdi negara (CPNS) yang berkualitas, kompeten, memiliki daya saing yang tinggi, berintegritas tinggi, serta selalu berusaha untuk menjadikan Indonesia lebih maju.

Ujian SKD CPNS 2019 Dipastikan Sesuai Jadwal


Terkait telah diserah terimanya naskah soal skd cpns 2019 dari Kemendikbud kepada BKN, Menpan RB menyatakan bahwa ujian skd cpns 2019 akan digelar sesuai jadwal.

Tes SKD CPNS 2019 itu sendiri menurut rencana akan digelar pada akhir 27 Januari hingga 28 Februari 2020.

Ujian SKD CPNS 2019 tersebut masih dilaksanakan dengan berbasis komputer yakni Computer Assisted Test - CAT BKN.

Sedangkan mengenai tahapan seleksi administrasi telah selesai dilakukan, sehingga seharusnya tidak lagi ada hambatan untuk melaksanakan tes skd cpns sesuai jadwal.

Tahapan seleksi administrasi CPNS 2019 tersebut meloloskan kurang lebih 3,7 pelamar dari total jumlah pendaftar yang mencapai 4,6 juta orang.

Panselnas CPNS 2019 telah merampungkan proses seleksi administrasi penerimaan CPNS 2019, yang diikuti sebanyak 4.197.218 peserta.

Dari 4.197.218 peserta yang mendaftar di portal resmi BKN SSCASN tersebut ada sebanyak 3.364.897 peserta lolos verifikasi administrasi.

Baca: Catat! Ini Lokasi dan Jadwal Tes SKD untuk Wilayah Jawa Timur

Mengingat besarnya jumlah peserta yang mengikuti seleksi penerimaan CPNS ini, pastinya akan membuat persaingan untuk memperebutkan satu jatah kursi CPNS menjadi sangat ketat.

Sehingga mau tidak mau, untuk bisa lulus dan jadi PNS para peserta yang akan mengikuti tes skd cpns harus mempersiapkan dirinya semaksimal mungkin.

Mempersiapkan diri sejak dini dengan belajar sendiri dari buku-buku menghadapi tes skd cpns atau dengan melihat contoh soal cpns yang banyak tersebar di internet.

Bahkan jika perlu mengikuti bimbingan belajar atau bimbel yang diadakan dikota-kota tempat tinggal para peserta.

Atau bisa juga dengan mendaftar dan mengikuti Simulasi CAT yang diadakan secara resmi oleh pihak BKN sendiri.

Naskah soal skd cpns 2019 saat ini sudah ada di BKN, dan sedang dalam tahap penginputan kedalam sistem CAT BKN.

Sehingga, sangat kecil kemungkinan jadwal tes skd cpns akan dimundurkan.

Jadi, siapkan diri Anda, jangan tunggu lagi, mulailah dengan belajar contoh-contoh soal cpns yang ada.

Serta tidak lupa juga untuk selalu berdoa dan memohon kepada Tuhan yang maha kuasa, agar hasil yang terbaik (lulus jadi PNS) diberikan Tuhan untuk Anda. Amin!

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Naskah Soal CPNS 2019 Siap! Menpan Pastikan Tes SKD Sesuai Jadwal!"