Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan-kesalahan Umum yang Sering Terjadi Saat Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang umum digunakan oleh orang dari seluruh dunia.

Sehingga memiliki kemampuan berbahasa Inggris hampir menjadi suatu keharusan, mengingat perkembangan dunia saat ini.

kesalahan-kesalahan saat belajar bahasa inggris

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris memberikan banyak keuntungan, apalagi bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan keluar negeri, ataupun mereka yang baru memasuki dunia kerja.

Di dunia kerja, ketika seseorang memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik, maka ia mampu membangun relasi yang cukup banyak dan luas.

Baca: Materi Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak untuk Pemula

Sehingga memudahkan karir dan juga pengembangan usahanya.

Kesalahan Umum Saat Belajar Bahasa Inggris 

Namun sayang, tidak semua orang mampu dan mahir dalam berbahasa Inggris. Banyak alasan yang membuat orang merasa susah dalam mempelajari bahasa Inggris dengan baik. 

Agar bisa mudah dan lancar dalam belajar bahasa Inggris, ada beberapa kesalahan yang umum terjadi dan harus kita hindari.

Apa saja kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi saat belajar Bahasa Inggris tersebut? berikut ulasannya.

1. Kurang Percaya Diri Saat Berbicara

Kurang percaya diri saat berbicara dan mengucapkan bahasa Inggris ini adalah kesalahan yang paling umum dan sering terjadi ketika seseorang belajar bahasa Inggris.

Bahkan sebenarnya tidak hanya belajar bahasa Inggris, belajar bahasa daerah atau bahasa lainnya pun pasti membuat kita gugup dan kurang percaya diri saat mengucapkannya.

Jadi, jangan biarkan rasa malu dan kurang percaya diri mengucapkan bahasa Inggris itu menjadi penghambat proses belajar bahasa Inggris Anda.

Buang rasa malu dan rasa kurang percaya diri itu jauh-jauh dengan jalan mengasah keberanian untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Selain itu, tanam keyakinan dalam hati bahwa kesalahan yang terjadi saat kita berbicara dalam bahasa inggris itu bisa dimaklumi oleh lawan bicara kita.

Sebab, orang yang sudah level expert dalam bahasa Inggris sekalipun masih melakukan kesalahan saat berbicara dalam bahasa Inggris.

Dengan demikian tugas Anda hanyalah mengasah kemampuan bahasa inggris dengan terus berucap dan berbicara dalam bahasa inggris serta memperbaiki setiap kesalahan-kesalahan yang terjadi.
Baca juga:
  1. Dasar-dasar Tenses
  2. Verba Bantu Modal-Modal Auxiliaries
  3. Belajar Menaklukkan TOEFL Sendiri
Sebab, tidak ada gunanya proses belajar bahasa inggris yang telah Anda pelajari itu, jika tidak dipraktekkan langsung dengan berbicara dalam bahasa Inggris.

2. Hanya Fokus pada Grammar

Iya, tidak Anda salah, grammar itu penting. Namun bukan berarti Anda harus fokus dan terus memperhatikan grammar, seakan-akan bahasa inggris Anda itu NOTHING jika tanpa grammar.

Hanya fokus pada grammar akan menghambat proses belajar bahasa inggris Anda. Sebab akan membuat kesalahan pertama diatas (kurang percaya diri saat speak-up) semakin menjadi-jadi.

Point nya adalah apa yang kita maksud ketika mengucapkan bahasa inggris, dan lawan bicara kita memahami maksudnya, itu sudah lebih dari cukup.

Sebab orang asing yang bahasa inggris merupakan bahasa nasionalnya masih sering salah apabila ucapan mereka dikoreksi dengan grammar.

So, jangan terlalu fokus dan terlalu dipusingkan oleh grammar, teruslah melatih kemampuan bicara Anda agar mengalir lancar saat berbicara bahasa inggris.

3. Terlalu Banyak Mikir

Saat belajar bahasa inggris, terutama saat berada dalam obrolan bahasa inggris, sering kali kita terlalu fokus pada setiap kata dan kalimat, dan mikir apa maksud yang disampaikan oleh lawan bicara.

Sehingga akibat kita terlalu banyak mikir tadi, membuat lawan bicara kita akan keburu jengkel duluan sebab kita membutuhkan waktu lama untuk mengucapkan satu dua kalimat.

Selain itu, kita tidak harus memahami setiap kalimat yang diucapkan lawan bicara kita, tapi cukup ambil poin dan inti kalimatnya saja.

Anda juga tidak perlu memikirkan setiap kata dan kalimat yang akan Anda ucapkan, pokoknya sampaikan saja apa yang terlintas di dalam kepala Anda.

Benar atau tidaknya susunan kalimat yang Anda ucapkan, penggunaan verba, dan lain sebaiknya jangan dipermasalahkan.

Lagi pula saat Anda sudah terbiasa berbicara, kesalahan-kesalahan kata dan kalimat bahasa Inggris akan semakin berkurang.

4. Mengartikan Kata per Kata

Sebaiknya, jangan mengartikan setiap kata-kata dalam bahasa inggris dalam sebuah kalimat, karena maknanya bisa sangat berbeda.

Selain itu, kebiasaan mengartikan setiap kata dalam kalimat bahasa inggris akan membuatmu gagap dan gagal paham terhadap poin apa yang ingin disampaikan oleh orang lain.

Contohnya: “What have you been up to?” yang bila diartikan secara satu per satu menjadi “apa yang kamu miliki di atas itu”. Padahal, makna sebenarnya adalah “Apa yang sudah Anda lakukan?”

Karena itu, belajarlah untuk memahami kalimat secara utuh, pahami kata apa yang ditekankan dalam kalimat tersebut, jadi Anda bisa lebih mudah memahami artinya.

5. Terlalu Menekankan Aksen

Ini adalah sebuah kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Sebab untuk apa kita terlalu memikirkan dan mengedepankan aksen dalam bicara bahasa inggris?

Pertama, Anda bukanlah orang Inggris atau orang Amerika, yang memiliki aksen berbeda.

Selain itu, Anda juga bukanlah seorang English active speaker, jadi wajar saja jika aksen Anda sangat berbeda dengan orang barat.

Jadi Anda tidak perlu pusing memikirkan logat bicara dalam bahasa Inggris Anda.

Akan lebih baik jika Anda fokus dalam mempelajari kosakata baru yang pastinya akan membuat belajar bahasa Inggris Anda semakin lancar.

Baca: Kata Baru Bahasa Inggris - Neologisme

Itulah lima kesalahan umum yang sering terjadi saat kita belajar bahasa Inggris.

Dimana kelima kesalahan tersebut seharusnya tidak terjadi dan sangat mungkin untuk kita hindari.

Yang utama dalam belajar bahasa Inggris adalah sering mempraktekkannya.

Sebab teori tanpa praktek pada dasarnya kurang berguna juga. Artinya seberapa banyakpun kosakata, susunan kalimat, tenses yang telah kita kuasai, namun tidak dipraktekkan itu sama juga bohong.

Kemampuan berbahasa inggris kita akan sulit berkembang.

Selain itu, belajarlah rendah hati, jangan merasa diri paling benar, melakukan kesalahan saat belajar itu adalah hal yang wajar terjadi.

Ketika kita mulai berbicara dalam bahasa inggris, pasti akan ada orang yang mengoreksi setiap kalimat yang kita ucapkan.

Nah, ketika itu terjadi, rendah hatilah, jangan merasa paling benar, terima dan jadikan sebagai bahan pembelajaran ke depannya.

Temukan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat Anda belajar bahasa Inggris, kemudian perbaiki setiap kesalahannya.

Koreksi diri, cari tahu kesalahan-kesalahan apa yang sering Anda lakukan saat belajar bahasa inggris.

Kemudian segera perbaiki agar kemampuan bahasa Inggris Anda semakin baik seiring berjalannya waktu.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Kesalahan-kesalahan Umum yang Sering Terjadi Saat Belajar Bahasa Inggris"