Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Settingan Smart-TV Android dan Android TV Box

Iya, memang Google yang membuatnya. Yang bisa membuat perangkat TV Anda menjadi Smart-TV.

tips setting smart-tv android dan android tv box

Namun Anda adalah tuannya, jadi Anda bisa menkonfigurasi dan meng-kustomisasi nya sesuai keinginan Anda.

Sekarang, sudah banyak beredar Smart-TV berbasis Android TV terutama dari pemain besar seperti Samsung dan LG.

Sony, TCL, dan Sharp pun kini menghadirkan jajaran perangkat Smart-TV berbasis Android.

Ada juga perangkat mandiri yang membuat LED TV, TV 4K bahkan TV jadul menjadi layaknya sebuah smart-TV.

Tips Settingan Smart-TV Android dan Android TV Box 


Kita mengenalnya dengan Android TV Box. Salah satu produk terbaik Android TV Box adalah Nvidia Shield TV.

Baca: Daftar Android TV Box Terbaik 2020

Dan yang paling terbaru adalah produk terbaru dari Beelink GT King. Dengan perangkat terbaru dari Beelink GT King ini, Anda bahkan bisa bermain PUBG Mobile menggunakan layar Televisi.

Kami dari Awambicara.id Teknologi sedikit menggali lebih dalam ke dalam OS Android TV dan Android TV Box dan menemukan berbagai fitur dan trik yang dapat membuat pengalaman Anda menggunakan Smart-TV Android dan Android TV Box Anda menjadi lebih berguna, lebih efisien, dan lebih menyenangkan.

Mari kita mulai!

1. Pengaturan Cepat


Anda tentu tidak ingin membuang-buang waktu berharga Anda saat akan menonton TV dengan terpaku hanya pada menu dan konfigurasi layar bukan?

Jadi Anda dapat melakukan akses cepat ke pengaturan Smart-TV Android atau Android TV Box yang paling sering Anda gunakan dengan mengisi panel Pengaturan Cepat/ Quick Settings.

Panel ini akan muncul di bagian atas layar setiap kali Anda menggunakan ikon roda gigi (kanan atas) untuk membuka pengaturan.

Dan Anda akan dapat dengan mudah mengakses apa pun yang Anda simpan di sana hanya dengan beberapa ketukan pada remote smart-tv Android atau Android TV Box Anda.

Untuk memulai, buka Pengaturan/ Setting. Kemudian pilih Preferensi Perangkat/ Device Preferences, Sistem/ System , dan Kustomisasi Pengaturan Cepat/ Customize Quick Settings.

Dari sana, siapkan tautan cepat untuk mematikan perangkat Smart-TV Android atau Android TV Box Anda, restart, memperlihatkan on-screen keyboards, dan banyak lagi.

2. Merubah Home Screen


Home Screen atau layar beranda Smart-TV Android atau Android TV Box akan menampilkan baris aplikasi yang diinstal, ditambah baris "Play Next" di mana aplikasi yang dipilih akan memperlihatkan konten yang menurut mereka mungkin Anda sukai: episode berikutnya dari pertunjukan di Netflix, atau video YouTube yang direkomendasikan.

Anda dapat menyesuaikan semuanya. Cukup buka Pengaturan/ Settings dan pilih Perangkat Preferences/ Device Preferences, diikuti oleh Home Screen.

Anda dapat mengubah urutan aplikasi seperti yang muncul di layar dan memilih aplikasi ditampilkan di Play Next berikutnya.

Jika Anda tidak suka jika ada beberapa aplikasi yang mulai memutar klip audio dan video saat Anda menggulir layar beranda, maka Anda dapat menonaktifkan pratinjau dari menu yang sama (atau mengaktifkannya jika itu yang Anda inginkan).

3. Menjalankan Google Assistant dengan Suara


Sama seperti smartphone, Anda dapat mengakses Google Assistant di Smart-TV Android atau Android TV Box Anda.

Luncurkan melalui ikon mikrofon warna-warni di bagian atas layar beranda, atau cukup ucapkan “OK Google” di dekat perangkat atau melalui remote Smart-TV Android dan Android TV Box Anda.

tips setting smart-tv android dan android tv box

Untuk perangkat Android TV Box, biasanya tidak disertakan remote yang dilengkapi dengan mic didalam remote-nya.

Jadi Anda bisa membeli perangkat remote tersendiri yang sudah tertanam mic untuk melakukan pencarian atau menggunakan aplikasi Google Assistant, seperti misalnya Minix Neo A2.

Untuk memastikan aktivasi suara diaktifkan, buka Pengaturan, lalu pilih Preferensi Perangkat, Asisten Google, dan Aktifkan deteksi "Oke Google".

Baca: Perhatikan Ini Sebelum Membeli Perangkat Android TV Box

Jika sudah aktif, Anda akan melihat opsi untuk menonaktifkan fitur.

Pengaturan ini tidak tersedia di setiap perangkat Smart-TV Android, jadi jika tidak muncul, Anda bisa meluncurkan Google Assistant dengan menggunakan remote seperti yang kami sebutkan diatas.

4. Ketuk Google Assistant


Apakah Google Assistant di Smart-TV Android Anda merespons suara Anda atau tidak, itu akan menjawab semua pertanyaan Google Assistant standar.

Anda dapat mengetahui seperti apa cuaca besok, mendapatkan skor pertandingan olahraga terbaru, dan menjalankan konversi atau perhitungan.

Asisten Google juga berguna untuk browsing, hal ini tentu akan lebih mudah daripada mengetik pencarian di Browser dengan menggunakan tombol huruf di remote control.

Cukup ucapkan "drakor terbaru sub indo," "film avanger endgame sub indo," atau apa pun yang ingin Anda tonton selanjutnya.

Anda juga dapat menentukan film atau acara tertentu, dengan mengucapkan "Play Hi, Bye Mama!".

5. Merubah Screen Saver


Smart-TV Android dan Android TV Box dapat berguna bahkan ketika Anda tidak sedang menonton apa pun.

Buka Pengaturan, dan pilih Preferensi Perangkat, diikuti oleh Screen Saver, untuk menentukan apa yang dilakukan perangkat Anda saat tidak digunakan.

Di antara opsi screen saver adalah latar belakang gradien berwarna dan latar belakang Chromecast standar, yang mengguliar gambar lanskap, alam, dan kota.

Anda juga dapat memilih berapa lama Smart-TV Android dan Android TV Box Anda menunggu sebelum memulai screen saver tersebut.

Pada perangkat Smart-TV Android, Anda tidak dapat menggunakan gambar dari Foto Google Anda sebagai screen saver.

tips setting smart-tv android dan android tv box

Akan tetapi dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga Fotoo Anda dapat mengisi kekosongan yang ada (mencarinya di Play Store di TV Android Anda).

Aplikasi ini bisa berjalan dengan Foto Google dan layanan lainnya, termasuk Dropbox, dan tersedia gratis untuk paket dasar.

Namun jika Anda ingin membeli dan meng-upgrade nya ke versi berbayar maka Anda akan memiliki fitur ekstra seperti beralih foto tanpa batas dan efek transisi.

Namun, untuk Android TV Box, Screen Saver bisa langsung Anda gunakan dari Foto Google Anda.

6. Menggunakan Ponsel sebagai Remote


Anda bisa menggunakan ponsel Anda sebagai remote control Smart-TV Android dan Android TV Box Anda.

Remote bawaan dari Smart-TV ataupun Android TV Box biasanya tidak berfungsi secara maksimal, hanya baik untuk mengganti saluran, mengubah volume, dan melakukan tindakan dasar lainnya.

Mengetikkan kata sandi atau melakukan pencarian di browser bisa memakan waktu lama di remote bawaannya, namun dengan menggunakan ponsel sebagai remote akan memberikan nilai lebih.

Yang Anda perlukan hanyalah aplikasi remote Smart-TV Android atau aplikasi remote Android TV Box untuk Android atau iOS.

Selama perangkat Anda berada di jaringan Wi-Fi yang sama, maka koneksinya otomatis.

Baca: Cara Mengembalikan Foto yang Hilang di Ponsel (iOS dan Android)

Anda dapat menggunakan aplikasi remote diponsel untuk menelusuri menu dan layar, mengetik teks, dan mengakses Google Assistant.

7. Mulai Chromecasting


Setiap Smart-TV Android memiliki fungsi ganda sebagai Chromecast, dan itu artinya Anda dapat mengirimkan audio dan video dari puluhan aplikasi di ponsel atau tablet Anda.

Cukup cari tombol Chromecast di dalam aplikasi Anda biasanya terlihat seperti ikon Wi-Fi.

Selama Smart-TV Android Anda berada di jaringan Wi-Fi yang sama dengan ponsel atau tablet Anda, maka Smart-TV Android Anda akan muncul sebagai salah satu perangkat Chromecast yang tersedia.

Anda tidak perlu mengaktifkan atau mengkonfigurasi perangkat dengan cara apa pun.

Anda bisa dengan mudah untuk menjalankan musik dari Spotify, atau video dari YouTube, daripada menelusuri aplikasi di perangkat Smart-TV Android itu sendiri.

Menggunakan metode Chromecast juga memungkinkan Anda menggunakan ponsel atau tablet sebagai remote control.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Tips Settingan Smart-TV Android dan Android TV Box"