Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantau Link sscn.bkn.go.id untuk Jadwal Tes SKB CPNS 2019 Disaat Pandemi Covid-19

Merebaknya pandemi virus Corona atau Covid-19, membuat kepastian jadwal Tes SKB CPNS TA 2019, selalu dinanti-nanti para peserta.

jadwal tes skb cpns tahun anggaran 2019

Terutama bagi mereka yang dinyatakan lulus tes SKD (seleksi kompetensi dasar) dan berhak mengikuti tes SKB CPNS 2019.

Dimana seharusnya Tes SKB CPNS 2019 ini sudah digelar sejak 25 Maret 2020 lalu.

Namun sayang, akibat pandemi virus Corona atau covid-19 yang mewabah, pelaksanaan Tes SKB CPNS 2019 pun terpaksa ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Akibat penundaan dan ketidakpastian pelaksanaan Tes SKB CPNS 2019 ini, sempat beredar isu yang menyebutkan bahwa Tes SKB CPNS 2019 dibatalkan, dimana kelulusan CPNS TA 2019 didasarkan pada ranking Tes SKD.

Baca: Pendaftaran Calon Taruna Sekolah Kedinasan 2020

Atas isu yang beredar tersebut Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengklarifikasi dan memastikan bahwa SKB CPNS TA 2019 pasti tetap digelar.

Jadwal Tes SKB CPNS 2019

Untuk itu, pada rilis terbaru yang dibagikan oleh BKN pada 19 Mei 2020 yang lalu, BKN menyampaikan bahwa Tes SKB CPNS 2019 akan digelar antara Agustus-September 2020 mendatang.

jadwal tes skb cpns 2019

Yakni digelar setelah pelaksanaan tes SKD penerimaan sekolah ikatan dinas (Dikdin) TA 2020.

Dimana menurut jadwal yang telah dirilis oleh BKN beberapa waktu lalu, Tes SKD sekolah dinas akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

Keputusan pelaksanaan Tes SKB CPNS TA 2019 nantinya akan menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang melanda Indonesia.

Sehingga tekait dengan penyelenggaraan seleksi tersebut pihak Panselnas akan tetap mempertimbangkan rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19.

BKN sendiri saat ini terus melakukan uji coba sistem Computer Assisted Test (CAT) secara daring sebagai antisipasi pelaksanaan Tes SKD sekolah kedinasan maupun tes SKB CPNS 2019.

Uji coba tersebut sudah dilakukan pada pelaksanaan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kementerian Agama dengan menggunakan metode CAT Online pada 12 Mei 2020 lalu.

Kisi-kisi Materi SKB CPNS 2019

Mengenai kisi-kisi materi Tes SKB CPNS 2019, BKN melalui akun media sosial resminya telah memberikan petunjuk mengenai materi tes SKB yang akan diujikan nanti.

Yakni, dengan mempelajari Permenpan dan peraturan instansi terkait mengenai jabatan yang diambil oleh peserta seleksi penerimaan CPNS 2019.

Selanjutnya, Permenpan maupun peraturan instansi terkait dimana peserta mendaftarkan diri untuk jabatan tertentu juga mempelajari bidang pendidikan yang berkaitan dengan jabatan tersebut.

kisi-kisi materi soal skb cpns 2019

Sebab penyusun soal SKB adalah oleh masing-masing instansi pembina jabatan.

Misalnya, jabatan fungsional yang membuat soal SKB adalah instansi pembina jabatan fungsional (JF).

Sedangkan untuk soal jabatan pelaksana (JP) dibuat oleh instansi masing-masing.

Baca: Kisi-kisi Soal SKB Kementerian dan Lembaga

Menurut data terbaru dari BKN, per Februari 2020, ada 199 jabatan fungsional (JF), dan 3.417 jabatan pelaksana (JP) di 51 bidang.

Materi SKB CPNS 2019

Mengutip Permenpan-RB Nomor 23 Tahun 2019, ada sejumlah ketentuan dan materi SKB CPNS yang dapat diperhatikan oleh para peserta CPNS 2019.

Materi SKB untuk jabatan fungsional (JF) disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional yang selanjutnya diintegrasikan dalam bank soal CAT BKN.

Sedangkan materi SKB jabatan pelaksana (JP) yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang bersesuaian atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait.

Adapun mengenai pelaksaan tes SKB CPNS dan materi SKB di instansi pusat selain dengan sistem CAT, dapat juga berupa:
  • Tes potensi akademik
  • Tes praktik kerja
  • Tes bahasa asing
  • Tes fisik atau kesamaptaan
  • Psikotes
  • Tes kesehatan jiwa
  • Wawancara
Baca: Tips Super Lulus Tes Sekolah Kedinasan

Hal tersebut sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh jabatan yang dilamar, dengan paling sedikit dua jenis atau bentuk tes.

Agar tidak ketinggalan informasi seputar pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS pantau terus link resmi penerimaan CPNS di SINI.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Pantau Link sscn.bkn.go.id untuk Jadwal Tes SKB CPNS 2019 Disaat Pandemi Covid-19"