Loading...

Monday, 4 December 2017

7 Kesalahan Paling Umum yang Harus di Hindari oleh Blogger Pemula

Kebanyakan blogger pemula menganggap bahwa Blogging adalah salah satu cara yang paling cepat dan menguntungkan untuk menghasilkan uang secara online.

Hal ini tidak salah, namun tidaklah tepat juga, karena menghasilkan uang secara online tidak hanya melalui blogging, masih banyak cara lain yang bisa kita manfaatkan dunia Internet sebagai ladang usaha dan mencari penghasilan, seperti: berjualan online, menjadi penulis online, jasa internet marketing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan saya yakin anda yang membaca postingan ini, atau bahkan mungkin setelah tahu bahwa menghasilkan uang secara online yang paling cepat dan menguntungkan adalah dengan menjadi seorang blogger/ blogging melalui browsing dan berseluncur di dunia maya, anda mulai meneliti dan mencari berbagai sumber bagaimana untuk memulai membuat sebuah blog, karena anda berpikir bahwa memiliki sebuah blog berarti mereka akan mulai memperoleh penghasilan bulanan, secepatnya.

Saya akui, begitu juga halnya dengan saya dulu, bagaimana saya berharap mendapatkan penghasilan tambahan dari sebuah blog, dan sebagainya, anda bisa membaca bagaimana pengalaman saya dalam membuat dan membangun sebuah blog yang dulunya hanya berorientasi "uang" / Penghasilan, disini: Ngeblog - Dari Iseng, Hobby, Ikut-ikutan sampai Menghasilkan Uang.

7 Kesalahan Paling Umum yang Harus di Hindari oleh Blogger Pemula

Namun, sebelum anda berakhir dengan saya beberapa tahun yang lalu yang saya ceritakan di postingan saya diatas, saya sarankan Anda untuk melihat 7 Kesalahan Paling Umum yang Harus di Hindari oleh seorang Blogger Pemulaketika anda memulai karir online Anda.

1. Mengharapkan Hasil yang Cepat

Memang pada dasarnya kita semua tidak sabaran, selalu berharap apa-apa yang diusahakan ingin segera terlihat hasilnya, atau dengan kata lain ingin semuanya serba instan. Disini saya tekankan bahwa, tidak ada didunia ini yang INSTAN, semua butuh proses, contoh sederhananya adalah Mie Instan. Mie Instan saja membutuhkan proses, tidak bisa langsung jadi, kita harus memasak air nya terlebih dahulu, bukankah begitu?

Karena itu, yang harus anda lakukan adalah fokus pada isi dan kualitas konten blog anda. Disini saya tambahkan, tidak salah jika tujuan awal anda adalah ingin menghasilkan uang dari blog, namun sekali lagi saya tekankan adalah kontenlah yang harus menjadi perhatian utama anda. Intinya, jika anda berharap blog anda sukses dan mendapatkan banyak pengunjung, maka isi konten blog anda harus benar-benar memberikan nilai lebih bagi pembaca.

Jika Anda ingin mengembangkan blog yang efektif menarik pembaca dan menghasilkan uang, mulai sekarang Anda harus berhenti menganggap diri Anda hanya sebagai penulis konten saja, namun mulailah berfikir dan memperlakukan blog Anda seperti apa yang anda dan pembaca blog anda harapkan, yakni menjadi bermanfaat bagi pembaca, yang dapat memberikan nilai lebih pada pembaca, yang dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi pembaca.

Menurut pendapat saya, memang benar Blogging adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan lebih atau penghasilan tambahan dari internet, namun ada juga yang beranggapan VLOG (Youtube) lebih memiliki prospek, akan tapi hal itu tidak dapat anda laksanakan secara instan dan tergesa-gesa ingin langsung sukses dan menghasilkan uang tanpa memiliki rencana apa-apa terhadap blog anda.

Menurut Sam Baitz, CEO ShieldFunding, mengemukakan bahwa, "Lihatlah kesalahan-kesalahan pebisnis lain, sehingga Anda bisa melakukan hal yang sebaliknya."

Solusinya: 

Fokuslah pada bagaimana cara menarik pemirsa sebanyak-banyaknya, karena satu hal yang pasti: Anda tidak akan pernah bisa menghasilkan uang tanpa pembaca dan pembaca setia.

Bagaimana cara mendapatkan pemirsa atau pembaca dengan membuat sebuah postingan yang efektif untuk menarik pembaca, silahkan anda lihat di Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif Memikat Pembaca.

Setelah anda membangun audiens yang tepat, yang berikutnya yang anda butuhkan adalah hanyalah strategi monetisasi.

2. Menulis Bukan Tentang Hal Yang Anda Kuasai

Blogging pada dasarnya adalah konten, dan Konten adalah Raja. Aspek yang paling penting yang akan membantu Anda menentukan apakah Anda akan menjadi seorang blogger yang sukses atau bukan adalah jika anda menulis bukanlah dalam hal yang Anda kuasai.

"Menulis Bukan Tentang Hal Yang Anda Kuasai" berarti Anda menulis hanya berdasarkan karena ingin berharap memperoleh penghasilan yang cepat, dengan menulis tentang apa-apa yang tidak anda kuasai.

Misalnya, anda telah mempelajari dan meneliti bahwa konten bisnis adalah konten yang memiliki banyak pencarian di mesin-mesin pencari terkenal, dan memiliki nilai yang tinggi dalam hal monetisasi, maka anda menulis tentang hal itu. Padahal anda sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang bisnis.

Dan sudah dapat dipastikan anda akan kesulitan untuk mencari ungkapan-ungkapan atau istilah-istilah seputaran dunia bisnis. Atau bahkan mungkin anda akan kesulitan ingin menulis tentang apa.

Atau bisa juga karena anda tahu bahwa monetisasi blog Indonesia nilainya kecil anda mencoba untuk menulis blog berbahasa inggris, atau istilah para blogger yakni membuat "Blog Bule". Disinia anda tidak mahir dalam berbahasa inggris, bahkan mungkin pengetahuan anda tentang bahasa inggris sangat mengerikan, dan yang pasti anda tidak akan bisa membuat ungkapan-ungkapan dalam bahasa Inggris.

Solusinya: 

Anda bisa saja membuat Blog Bule, dan malah sebenarnya tidak perlu memiliki tingkat yang sempurna dalam berbahasa Inggris untuk sukses sebagai blogger. Yang pasti anda membuat konten yang memang sesuai dengan keahlian anda, atau setidaknya sesuai dengan pengetahuan anda, dalam pengertian anda memiliki pengetahuan tentang itu. Karena, jika anda menguasai konten yang akan anda buat, dengan berlatih dan konsisten Anda akan dapat terus meningkatkan kemampuan Anda.

Masalahnya, mungkin adalah jika Anda mendapati bahwa tulisan anda itu sangat membosankan setiap kali Anda mulai meletakkan jari Anda di keyboard, dan mulai menulis, namun yakinlah sebosan apapun cara penyampaian anda atau cara penyajian anda dalam bentuk tulisan, jika konten anda bermanfaat dan memiliki nilai lebih, serta dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi pembaca blog anda, tentu saja mereka akan tetap membaca dan kembali lagi untuk melihat blog anda, bahkan sangat antusias untuk melihat tulisan atau konten terbaru anda.

Namun, teknik menulis dan penyajian konten blog anda seiringnya waktu pasti akan berkembang, dan anda akan bisa menyampaikan atau membuat sebuah tulisan yang lebih segar dan menarik lagi, tidak lagi terlalu membosankan.

Untuk itu, mulai sekarang, cobalah mengembangkan ketertarikan anda dalam hal menulis, dan gunakan setiap kesempatan untuk mengerjakan topik baru. Saya yakin, Anda akan segera menemukan bahwa menulis itu benar-benar sederhana dan menarik.

Anda bisa mempelajari sedikit Tips Singkat Mulai Menulis Blog dan Menghasilkan Uang dengan mengikuti tautan ini.

3. Anda Tidak Meningkatkan Pengetahuan Anda

Jika Anda ingin menjadi blogger yang efektif dan sukses, maka Anda perlu untuk memahami bahwa Anda harus secara teratur memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan Anda, baik dengan cara banyak membaca atau dengan cara menonton.

Coba anda ingat-ingat, berapa banyak waktu yang anda investasikan untuk membaca? Apa yang anda pelajari selama masa itu? Apakah hanya tentang hal-hal yang terbatas tentang apa yang anda kuasai saja, atau tentang topik lainnya?

Solusinya: 

Investasikan sejumlah waktu harian Anda dengan membaca blog-blog populer yang se niche dengan blog Anda, atau anda dapat membaca tentang pengetahuan lain yang mungkin masih berhubungan dengan niche blog anda. Anda juga bisa melakukannya dengan banyak menonton film-film dokumenter seperti di NGC (National Geografic Channel), NGC People, Acara-acara bisnis, atau NetBizz, di mana Anda dapat belajar dan mengembangkan pengetahuan anda dalam membangun bisnis online anda.

Jadi Anda perlu mulai menginvestasikan lebih banyak waktu untuk mempelajari tentang apa pun yang bisa Anda dapatkan. Bisa jadi apa saja, dari publikasi konten yang mungkin disarankan oleh teman-teman Anda, atau mungkin melalui platform konten informasi terkini di internet.

Setiap bertambahnya informasi yang anda dapatkan, maka hal ini akan menjadi sumber kreativitas untuk anda yang akan anda rasakan nantinya di masa yang akan datang.

4. Anda Tidak Punya Gairah/ Kecintaan Pada Blogging

Kebanyakan dari blogger-blogger pemula masuk kedalam dunia blogging hanya dengan tujuan untuk menghasilkan uang. Namun hanya sedikit yang terjun ke dunia blogging dengan maksud dan tujuan utamanya adalah menjadi lebih bermanfaat untuk orang banyak, atau mungkin karena hobi dan kecintaan pada dunia tulis menulis dan dunia blogging.

Saya tidak menyangkal, tentu saja, semua orang ingin menghasilkan uang, apalagi seorang blogger pasti ingin blognya dapat menghasilkan uang, akan tetapi sekali lagi, tidak seharusnya anda berharap akan hal itu disaat anda memulai karir anda didunia blogging.

Solusinya: 

Gairah dalam hal apa yang Anda lakukan akan mendefinisikan kesuksesan Anda untuk hal itu dimasa yang akan datang. Jika Anda bergairah tentang blogging, maka tidak ada yang bisa menghentikan Anda untuk menjadi sukses, begitu juga jika anda bergairah tentang menulis, maka tidak akan ada yang dapat menghentikan anda untuk menulis.

Gary Vaynerchuk dalam sebuah wawancara di FastCompany mengatakan: "Beri banyak waktu untuk apa yang paling Anda cintai. Anda bisa tumbuh dengan itu. Anda akan lebih besar dari yang bisa Anda bayangkan jika melakukan hal yang paling Anda cintai."

5. Anda Serakah

Mereka yang mencintai dunia blogging dan tulis menulis, yang tidak akan pernah berhenti untuk menulis atau menjadi seorang blogger karena alasan apapun juga, karena pada dasarnya mereka mencintai dan menyukai hal itu, mempunyai gairah yang besar akan dunia blogging dan menulis.

Dan kemudian mereka berhasil dan sukses dengan blog yang mereka bangun, dan kesempatan yang mereka miliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari dunia bloggingpun telah mereka raih.

Namun, terkadang blog yang sukses dan memiliki pembaca setia, terkadang menghasilkan uang yang terlalu kecil atau sedikit, dan hal ini paling sering dikeluhkan oleh mereka, baik dari forum-forum atau dari grup-grup blogging dan monetisasi, dan saya yakin anda juga pernah mendengar atau menyaksikannya.

Sehingga, mereka tidak sabaran, mereka serakah, membanding-bandingkan penghasilan dan jumlah audiens yang mereka miliki untuk blog mereka, yang pada akhirnya mereka hanya fokus pada bagaimana mendapatkan penghasilan lebih, bagaimana cara meningkatkan pendapatan. Yang mana apapun yang mereka lakukan, yang mereka buat, hanya berdasarkan orientasi keuntungan, sehingga lupa akan ide dasar dari blogging, yakni memberikan nilai lebih, dan bermanfaat bagi audiens atau pemirsa/ pembaca.

Konten tidak lagi berisi banyak manfaat, tidak lagi menjadi jalan keluar dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi pembaca. Konten terlalu banyak retorika, terlalu banyak bujuk rayu yang berisi kata kunci - kata kunci atau keyword yang memiliki nilai tinggi didalam hal monetisasi (yang biasanya dikenal dengan CPC/ BPK yang tinggi).

Solusinya: 

Untuk itu, fokuslah pada konten, fokus memberi pada komunitas penggemar setia atau pembaca blog anda konten yang berkualitas dan hanya yang berkualitas yang memberikan banyak manfaat dan jalan keluar dari semua permasalahan yang dihadapi pembaca/ pemirsa blog anda. Karena hanya dengan begitu, pada akhirnya nanti, Anda bisa mengadopsi berbagai macam strategi monetisasi, yang tentunya akan sesuai dengan kebutuhan pengguna/ pembaca blog anda.

Jika yang ada dalam pikiran anda hanyalah berharap mendapatkan penghasilan dan keuntungan yang besar, dan pada saat semua tidak sesuai dengan pengharapan anda, yakinlah anda akan sangat kecewa dan terpukul, hingga akhirnya anda melakukan sesuatu yang selama ini mungkin anda hindari, bermain curang. Ingatlah rezeki sudah ada yang mengatur, satu menit, satu hari yang akan datang, tidak ada siapapun yang dapat mengukur rezeki seseorang. Seekor semut pun kita tidak pantas untuk mengukur rezekinya, karena semua rezeki makhluk didunia ini sudah ada yang mengatur, dan tidak akan tertukar. 

Lalu, bagaimana caranya? Caranya! Hanya dengan membuat konten dengan nilai tambah lebih bagi pembaca Anda lah satu-satunya cara untuk membuka kesempatan dan pintu rezeki anda akan penghasilan yang didapatkan dari blog yang dibangun. Tidak ada gunanya untuk terburu-buru dalam menghasilkan uang online dari blogging, jadi berhenti menjadi Serakah.

6. Anda Tidak Memiliki Rencana

Menjadi seorang blogger berarti bersiap-siap untuk jatuh bangun, menghadapi banyak sekali kesulitan-kesulitan. Itulah gaya hidup seorang blogger, kesulitan dan jatuh bangun.

Internet dipehuni dengan banyak sekali godaan-godaan yang dapat mengalihkan perhatian anda pada blog yang anda bangun. Saya pun mengalami hal ini diawal-awal saya menekuni dunia blogging. Kita akan sangat mudah tergoda untuk bermain game-game online atau yang sedang viral dan sedang trend, bermain-main di media-media sosial, tanpa kita sadari banyak menghabiskan waktu kita. Sehingga kita akan banyak kehilangan waktu dalam membangun blog kita.

Ini sering terjadi pada blogger pemula yang tidak memiliki rencana dalam pengembangan blognya. Tidak membuat dan memiliki jadwal untuk membangun dan mengembangkan blognya. Bagaimana anda bisa membangun dan mengembangkan blog anda, sedangkan anda tidak merencanakannya apa-apa yang harus anda lakukan, apa yang harus anda buat, dan kapan harus anda publikasikan.

Blogger yang telah membuat rencana dan jadwal-jadwal dalam pengembangan blognya, terkadang juga masih lalai karena tergoda dengan banyak hal di internet, mulai bermain game, berselancar di media-media sosial, dan lain sebagainya. Apalagi anda yang sama sekali tidak memiliki rencana, dan mengatur jadwal pengembangan blog anda.

Jujur saja saya mengalami hal ini, karena itu saya berbagi dengan anda semua atas apa yang telah saya alami, dan mengambil pelajaran dari kesalahan-kesalahan yang telah saya lakukan, sehingga pada akhirnya kita akan menjadi seorang blogger yang sukses dan bermanfaat bagi banyak orang.

Solusinya: 

Yang kita butuhkan adalah sebuah strategi. Sesuatu yang benar-benar sesuai dengan aktifitas harianmu sebelum anda memulai hari anda, rencanakan kedepan hasil yang ingin anda capai. 

Misalnya:
  1. Fokus pada dedikasi waktu yang telah anda tentukan dan jadwalkan dalam menciptakan konten baru.
  2. Menjadwalkan waktu promosi konten atau blog anda, baik melalui media-media sosial ataupun secara offline.
  3. Menjadwalkan membangun brand blog anda, serta fokus dalam mempromosikannya, contohnya dengan aktif di grup-grup yang memang se niche dengan blog anda dan berbagi informasi serta memberikan solusi kepada anggota grup, sehingga anda dikenal seluruh anggota grup karena memberikan banyak manfaat untuk grup, dan dengan begitu brand blog anda akan melekat di semua anggota grup tadi.
Dan ini juga merupakan salah satu keuntungan menjadi seorang blogger, yakni bisa mengelola dirinya sendiri, menjadi lebih disiplin serta menjadi lebih produktif. Jika anda gagal melakukan itu semua, tidak merencanakan dan membuat jadwal untuk semua kegiatan blogging anda, maka sudah dapat dipastikan anda akan kesulitan sendiri, yang pada akhirnya akan membuat anda kesulitan dalam mendapatkan penghasilan online lewat blogging.

7. Anda Tidak Memiliki Kesabaran

Untuk anda yang belum tahu, maka saya katakan lagi...

Kesuksesan dalam blogging adalah proses yang sangat lamban, jadi jika pada hari ini anda memulai terjun kedalam dunia blogging dan berharap besok atau bulan depan menjadi sukses, maka berhentilah berfikir untuk menjadi seorang blogger mulai dari sekarang.

Semua blogger paham sekali akan hal ini, seorang blogger yang sukses pun membutuhkan waktu yang panjang untuk berhasil dan sukses. Jika selama ini anda mengira bahwa kesuksesan akan menjadi milik Anda setelah satu atau dua bulan kedepan, maka sudah saatnya anda memperbarui pemikiran anda tentang hal itu.

Solusinya: 

Namun ingatlah, "Hasil Tidak Pernah Mengkhianati Usaha". Jadi anda harus yakin bahwa semua yang anda usahakan dalam membangun blog, semua yang anda investasikan, baik uang, waktu dan gairah anda, pada akhirnya akan terbalaskan dengan sangat manis sekali.

Blogging adalah proses yang sangat lamban, satu langkah kecil yang anda mulai membangun blog, merupakan satu langkah awal anda yang akan membawa Anda ke puncak kesuksesan, karena itu sekali lagi saya tekankan, tidak ada yang namanya Sukses Instan, semua butuh proses, semua butuh usaha, dan semua butuh untuk di MULAI

Anda harus cukup sabar untuk menunggu, dan harus memiliki usaha yang cukup besar untuk tetap konsisten dalam menanti hasilnya kelak. Dengan usaha yang dibarengi dengan kesabaran, anda akan memiliki banyak pengalaman yang pastinya akan membuat anda lebih matang dan lebih baik lagi didalam pengembangan blog anda. Kesabaran adalah kunci sukses dalam blogging. Namun, sekali lagi jika Anda tidak memiliki kualitas diri yang satu ini, maka maaf, blogging bukan untuk Anda.

Dijaman yang serba digital ini, internet yang telah menjadi semacam satu kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari kita, informasi yang bagaikan sengatan listrik yang mengalir dengan sekejab dan seketika, dengan waktu yang kita miliki, untuk itu, MULAI lah dari sekarang. Karena di zaman millenial ini, untuk kalian yang merupakan para Generasi Y, Generasi Millenial - Manfaatkan Waktu Luang Mu Wahai Generasi Millenial - Ini Waktunya Kita.

Namun, pada akhrinya semua pilihan terletak ditangan anda sendiri, karena itu BERGABUNGLAH, jika anda cukup BERANI!

Akhir Kata:

Diakhir postingan ini, setelah anda membaca 7 Kesalahan Paling Umum yang Harus di Hindari oleh Blogger Pemula, sekarang anda jadi mengetahuinya bahwa ketujuh kesalahan paling umum tadi pada akhirnya yang menjadi penyebab kegagalan seseorang sebagai blogger. Untuk itu, cobalah untuk menghindarinya, dan ikuti solusi yang telah saya bagikan, dan saya berharap semoga anda semua dan saya juga bisa sukses didunia blogging dan menghasilkan uang secara online.

Sekali lagi, seperti yang saya katakan sebelumnya, satu-satunya hal yang harus anda lakukan saat ini adalah MULAI. Iya, mulai untuk mengambil suatu tindakan, mulai untuk melangkah, mulai untuk mengambil satu langkah awal untuk menuju kesuksesan anda sebagai seorang blogger.

Karena, tidak akan terjadi apa-apa jika Anda membaca artikel ini, dan mengetahui semuanya namun tidak anda mulai untuk lakukan. Mari semua teman-teman blogger ku, Mulai hari ini, kita bekerja, kita menjadi lebih disiplin lagi, menjadi lebih produktif lagi dan tentunya menjadi bermanfaat bagi semua orang, semoga apa-apa yang kita semua bagikan didalam dunia blogging ini, menjadi bermanfaat, menjadi solusi bagi pemirsa kita, bagi pembaca kita. Dan penghasilan online yang kita semua harapkan dari blogging Insyaallah akan meningkat seiringnya waktu.

Jika ada halangan, rintangan ataupun pengalaman-pengalaman yang anda hadapi dalam blogging, silahkan untuk berbagi dikolom komentar, sehingga kita bisa belajar dan berbagi pengalaman satu dengan yang lainnya. Salam Awambicara Blogging!

No comments:

Post a Comment

Subscribe