Jangan Salah! Youtuber adalah Profesi yang Sangat Menggiurkan. Ini Alasannya!

loading...
Loading...
Beberapa minggu ini ramai diberitakan rumor tentang NET TV bangkrut. Kabar ini menyusul adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan NET TV.

Belakangan dikabarkan bahwa NET TV menawarkan kepada karyawannya yang ingin mengundurkan diri atau resign dan inilah yang menjadi buah bibir dikhalayak banyak.
youtuber profesi yang menggiurkan

Padahal televisi besutan Wishnutama ini berhasil menarik pemirsanya karena kualitas gambar yang sangat baik yang mereka tawarkan.

Bahkan tidak hanya itu, beberapa programnya boleh dibilang lebih kekinian dibandingkan dengan stasiun televisi tetangga.

Namun, ternyata hal itu belum cukup untuk membuat manajemen terbebas dari ancaman-ancaman kesulitan yang mendera.

Baca: Cara Menghasilkan Uang Secara Online

Jangan Anggap Remeh Profesi Youtuber


Belajar dari kasus NET TV tersebut, jelas terlihat masyarakat telah bergeser dalam hal mencari hiburan atau tontonan dirumah.

Stasiun televisi konvensional saat ini mulai ditinggalkan oleh pemirsanya.

Sekarang ini adalah jamannya dunia digital, apapun yang ingin kita cari dan yang ingin kita nikmati, semua ada diujung jari kita.

Begitu pula untuk dunia hiburan. Tontonan digital bagi generasi milenial sekarang ini ada banyak sekali jenisnya.

Ada banyak platform konten digital yang tersedia diluar sana, dan salah satunya adalah YouTube.

Siapa yang tidak kenal dengan YouTube?

Platform berbagi video atau bisa juga disebut dengan media sosial khusus video YouTube ini memang sangat sering kita dengar.

Baik oleh orang-orang yang berada dikota-kota besar maupun bagi mereka yang ada dipelosok-pelosok desa.

YouTube kini telah menjelma sebagai rajanya platform berbagi konten video paling terpopuler didunia maya.

Mengalahkan platform-platform berbagi video lainnya seperti Dailymotion ataupun Vimeo.

Kami yakin dan percaya bahwa khalayak ramai kini lebih sering melihat video di YouTube dibandingkan menonton acara-acara yang ada di stastiun-stasiun televisi konvensional.

Mengapa?

Ada banyak alasan, mengapa khalayak ramai mulai beralih dari mendapatkan tontonan hiburan yang konvensional ke tontonan digital.

Namun, yang menjadi salah satu alasan pentingnya adalah karena keragaman konten serta interaksi langsung antara konten kreator dan pemirsanya.

Sebagai penikmat konten YouTube kita dapat berinteraksi secara langsung dengan pembuat konten, yakni dengan berbalas komentar dikolom komentar,

Atau tanya jawab secara langsung dengan pembuat konten ketika mereka sedang live atau siaran langsung.

Dan itu semua tidak akan kita dapatkan di dunia hiburan konvensional stasiun televisi.

Selain itu, salah satu hal yang menjadi daya tarik dari dunia hiburan digital ini adalah, siapa saja bisa terlibat langsung, atau menjadi konten kreator.

Artinya, dimanapun dan kapanpun kita berada, kita bisa menghasilkan atau memproduksi konten video YouTube.

Nah, inilah yang menjadi daya tarik dunia hiburan digital, selain bisa menjadi penikmat, kita juga bisa menjadi konten kreatornya.

Dulu, untuk dapat menunjukkan bakat yang dimiliki oleh seseorang kepada khalayak luas, seorang seniman akan berusaha mencari promotor atau sponsor yang mau menerbitkan hasil karyanya.

Mereka biasanya akan mendatangi rumah-rumah produksi, atau studio-studio rekaman, dan lain sebagainya.

Namun kini, cukup dengan bermodalkan kamera atau minilam HP, siapapun yang memiliki bakat dibidangnya masing-masing, dapat membuat dan menyebarkan luaskannya kepada khalayak ramai, tanpa harus bersusah payah mencari sponsor atau promotor.

Perubahan dunia hiburan ini mau tidak mau dan suka tidak suka mulai menggerus gaya-gaya dunia hiburan konvensional dulu.

Masyakarat kini sudah semakin cerdas, mereka dapat memilih konten apa yang ingin mereka saksikan dan memilih konten apa yang tidak ingin mereka saksikan.

Bahkan kini, artis-artis besar tidak lagi datang oleh rumah-rumah produksi, studio-studio rekaman atau oleh stasiun-stasiun televisi, namun dihasilkan dari YouTube.

Sebut saja keluarga Gen-Halilintar, Ria Ricis, dan lain sebagainya. Dari YouTube, baru mereka merambah dunia televisi, film maupun rekaman.

Masih banyak nama-nama konten kreator di YouTube yang telah memiliki nama besar dengan jumlah subscriber jutaan hingga puluhan juta subscriber, yang tidak terkenal di televisi namun terkenal dikalangan milenial dan YouTuber.

YouTuber adalah sebutan bagi pembuat konten atau konten kreator di platform berbagi video YouTube.

Baca: Tips Singkat Mulai Menulis Blog dan Menghasilkan Uang

Dan jangan salah, hampir sebagian besar dari pembuat konten video YouTube (konten kreator youtube) itu memiliki pendapatan atau penghasilan yang luar biasa besar.

Bahkan tidak sedikit pula YouTuber yang memiliki penghasilan hingga ratusan juta rupiah perbulannya.

YouTube memang sangat menjanjikan dalam hal mendapatkan penghasilan secara online atau dari internet.

Iming-iming penghasilan yang berlimpah ini membuat profesi sebagai Youtuber telah menjelma menjadi salah satu profesi yang banyak diinginkan.

Terutama oleh para generasi millenial dan generasi Z.

Selain iming-iming mendapatkan penghasilan yang berlimpah, para Youtuber juga akan mendapatkan popularitas yang jika kembali kepada masa beberapa tahun yang silam mungkin sangat sulit untuk diwujudkan.

Nah, karena itu untuk Anda yang tertarik untuk mencoba peruntungan melalui platform berbagi video Youtube, ada beberapa tahap yang harus Anda perhatikan.

Simak tahapan dan tata cara bagaimana menjadi Youtuber hingga bisa menghasilkan dan bahkan akan membuat Anda populer alias terkenal.

Kami jamin, Anda akan memahami tentang bagaimana seseorang dapat menghasilkan uang dari platform berbagi video Youtuber tersebut.

1. Cara Kerja Menjadi Konten Kreator YouTube

youtuber profesi yang menjanjikan

Kisah-kisah sukse dari youtuber-youtuber yang berhasil mendulang rupiah dari Youtube mungkin sudah sering Anda dengar.

Yang mungkin pula menjadi salah satu motivasi Anda untuk menjadi Youtuber.

Anda tidak salah, youtuber memang telah menjadi salah satu profesi yang menggiurkan saat ini.

Akan tetapi, sebelum Anda benar-benar terjun ke dalam profesi tersebut, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja untuk menjadi konten kreator youtube atau menjadi seorang Youtuber.

Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk menjadi Youtuber adalah tentu saja membuat akun Youtube.

Akun youtube Anda ini sama dengan akun gmail atau email google Anda.

Selanjutnya Anda tinggal mengaktifkan kanal youtube dan memberikan nama channel youtube Anda.

Dalam hal memberi nama channel youtube Anda, usahakan untuk memberi nama yang unik, yang mudah diingat dan gampang dicari oleh penonton youtube.

Selanjutnya adalah, menentukan konten yang akan Anda buat.

Dalam membuat konten youtube, hal yang paling mendasar adalah ide dan inspirasi konten video yang akan Anda di kanal/ channel youtube Anda.

Setelah Anda mendapatkan ide akan membuat konten apa, baru kemudian Anda bisa membuat konsepnya.

Kunci dari keberhasilan konten youtube adalah kreatifitas.

Semakin kreatif Anda dalam mengamas ide dan konsep video yang akan Anda unggah di Youtube, maka akan semakin cepat pula kanal/ channel youtube Anda disenangi oleh pengunjung.

Untuk itu, carilah konsep dan ide video youtube dengan sebaik mungkin, agar penonton di channel Anda juga semakin banyak.

Untuk ide dan konsep video yang akan Anda bagikan ini, bisa dari bakat yang Anda miliki atau sesuatu ilmu yang Anda kuasai.

Sebagai contoh, jika Anda adalah seorang penegak hukum, sebut saja disini Polisi, Jaksa, Hakim ataupun Pengacara, Anda dapat membuat konten berupa memberikan informasi-informasi seputar hukum.

Sebab, sebagaimana kita ketahui, masyarakat kita masih sangat awam tentang hukum. Terkadang hal yang terkecil pun mereka tidak tahu.

Seperti misalnya, banyak orang yang beranggapan bahwa Jaksa dan Hakim itu sama, padahal Jaksa dan Hakim itu jelas sangatlah berbeda.

Instansinya saja berbeda, jangankan tugas pokok dan fungsinya. Seperti Channel YouTube Awam Bicara Hukum ini.


Atau contoh lain misalnya Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang suka memasak. Anda bisa membuat konten youtube eksperimen-eksperiman resep-resep masakan yang Anda miliki.

Setelah Anda memiliki idenya, baru kemudian Anda buat konsep videonya seperti apa.

Bisa seperti acara-acara talkshow ditelevisi atau bisa pula dengan konsep yang lebih membumi, yakni lebih sederhana seperti orang kebanyakan.

Setelah itu, baru Anda memikirkan bagaimana caranya agar video youtube Anda mudah ditemukan oleh penonton.

Hal ini memerlukan sedikit ilmu SEO (Search Engine Optimization).

Anda bisa belajar teknik-teknik SEO youtube dari internet, silahkan Anda cari/ search di Google, banyak sekali konten-koten teknik SEO youtube, tinggal kesungguhan dan keseriusan Anda saja dalam mempelajarinya.

Setelah semua hal tersebut dilakukan, selanjutnya adalah mengaktifkan fitur monetization pada channel Youtube Anda.

Nah, fitur monetisasi youtube inilah yang nantinya dapat membuat akun Youtube Anda bisa menghasilkan uang.

Setelah menyetujui semua agreement dari pengaktifan fitur monetization, Anda harus menyambungkan kanal Youtube ke AdSense.

AdSense ini adalah alat dari Google yang akan menampilkan iklan untuk disisipkan pada video yang Anda unggah di channel Youtube Anda.

Dengan begitu, penonton video bisa melihat iklan tersebut dan dari iklan yang muncul di video YouTube inilah Anda dapat menghasilkan uang dari Youtube.

Tapi tunggu dulu, ini bukan berarti setelah Anda mendaftarkan akun youtube, dan memiliki beberapa video disana, Anda bisa langsung me-monetisasi channel youtube Anda.

Agar konten video youtube Anda bisa dimonetisasi, terlebih dahulu Anda harus memenuhi kebijakan-kebijakan konten yang sesuai dengan apa yang telah ditentukan oleh Google.

Ada kriteria-kriteria video youtube yang disetujui dan telah ditentukan oleh Google.

Jika konten video youtube Anda tidak sesuai dengan kriteria yang telah mereka tetapkan, maka jangan harap konten video Anda bisa dimonetisasi atau disisipi iklan oleh google.

Namun, kriteria yang ditentukan oleh Google itu sendiri pada umumnya adalah konten-konten video yang ramah pengguna, original atau asli buatan sendiri, yakni bebas reupload (upload ulang)/ plagiat, serta memenuhi term of service dan community guidlines dari Youtube.

Nah, setelah konten video Anda lulus kriteria yang telah ditentukan oleh Google, juga tidak pula berarti video youtube Anda langsung bisa disisipi iklan adsense oleh Google.

Ada beberapa syarat monetisasi youtube, yakni jumlah jam tayang minilam 4.000 jam tayang, serta memiliki minimal 1.000 subscriber.

Jika semua sudah terpenuhi, Anda tinggal meminta atau mengajukan monetisasi untuk channel youtube Anda, lalu selanjutnya menunggu untuk di review oleh tim dari Google, apakah channel Anda memenuhi syarat atau tidak.

Jika memenuhi syarat, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email, bahwa konten video youtube Anda sudah siap menampilkan iklan.

Namun jika tidak, Google juga akan memberitahu Anda melalui email, bahwa channel youtube Anda belum memenuhi syarat untuk di monetisasi.

Selengkapnya tentang cara menghasilkan uang secara online dari youtube lihat disini.

2. Meningkatkan Penonton Channel Youtube

youtuber profesi yang menjanjikan

Kesuksesan seorang youtuber bisa dilihat dari berapa banyak penonton setia yang ia miliki. Hal ini dapat dilihat dari jumlah subscriber dan jam tayang video youtubenya.

Jumlah tayang channel youtube ini sering kali bergaris lurus dengan jumlah subscriber yang Anda miliki.

Namun, untuk mendapatkan penonton atau subscriber yang banyak, Anda perlu berusaha keras. Terlebih lagi jika Anda tidak memiliki basis popularitas yang bisa meningkatkan jumlah penonton di akun Youtube Anda.

Salah satu cara yang harus Anda lakukan sebagai seorang Youtuber untuk menarik minat banyak penonton adalah dengan membuat video atau konten yang unik, yang lain daripada yang lain.

Namun, tentu saja untuk bisa mendapatkan ide video yang out of the box ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Anda harus mengetahui konsep video yang diunggah oleh ‘pesaing’ Anda.

Sebagai contoh, coba Anda lihat konten dari Frozz Diamond, fikrifadlu atau mael lee.

Barulah dengan begitu Anda dapat memiliki konten video yang unik dan berbeda dari yang lain.

Dengan begitu, channel Youtube Anda akan sangat mudah untuk dikenal dan penonton Youtube pun lebih tertarik untuk berlangganan (subscribes) pada akun Youtube Anda.

Anda juga dapat menambah intensitas penonton video Youtube dengan cara melakukan kegiatan bersama pelanggan atau subscriber channel Youtube Anda, yakni dengan melakukan live streaming video.

Dengan begitu, Anda dapat membuat konten video sekaligus bercengkrama dengan subscriber kanal Youtube Anda.

Sehingga loyalitas dari pelanggan channel Youtube Anda pun akan semakin kuat dan tidak akan melakukan unsubscribes.

Baca: Blogging - Dari Iseng, Coba-coba Hingga Menghasilkan Uang

3. Penghasilan Selain Monetisasi

youtuber profesi yang menggiurkan

Jika Anda telah memiliki akun Youtube yang cukup populer, akan membuka banyak peluang penghasilan untuk Anda.

Memang, penghasilan yang mainstream dari Youtube adalah monetisasi adsense yakni penghasilan dari iklan yang disisipkan pada video yang Anda unggah.

Namun, jika channel youtube Anda telah memiliki basis penonton yang banyak dan tetap, Anda akan mudah mendapatkan sumber pendapatan tambahan selain dari monetisasi, yakni dengan melakukan soft promotion, biasanya dikenal dengan endorse.

Channel Youtube yang telah memiliki jumlah penonton yang tinggi biasanya akan mendapat tawaran dari pihak ketiga untuk mempromosikan produk atau brand mereka.

Selain itu, untuk yang mahir video editing, Anda dapat membuat konten video pendek yang setara film atau short movie.

Dan Anda dapat menjualnya melalui akun Youtube Anda. Caranya adalah dengan mengunggah teaser dari film yang dibuat dan menuliskan link video penuhnya di deskripsi.

4. Ide dan Konsep Video Youtube yang Paling Digemari

youtuber profesi yang menjanjikan dan menggiurkan

Saat ini, persaingan profesi Youtuber semakin ketat. Hingga jika dipikir-pikir, hampir semua ide dan konsep video telah ada di youtube.

Nah, jika sudah demikian, Anda dapat memilih ide atau konsep video youtube yang paling digemari, atau paling tinggi peminatnya.

Sehingga Anda dapat menarik peminat yang cukup tinggi tersebut karena jumlah penontonnya sangat banyak.

Sebagai contoh, konsep untuk konten video tentang game.

Channel dan konten video game, memang banyak di Youtube, namun peminat dan pemirsanya pun juga banyak, terlebih lagi di Indonesia.

Sehingga walaupun banyak konten kreator game di youtube, peluang untuk Anda dalam mendapatkan penonton masih cukup tinggi.

Nah, agar Anda bisa bersaing dengan konten kreator game youtube lainnya, Anda harus membuat konten game yang lebih unik, lebih spesial dan lain dari pada yang lain.

Dengan demikian Anda akan mendapatkan pemirsa tersendiri yang lebih spesifik dan lebih loyal dibandingkan konten kreator game youtube mainstream lainnya.

Baca: Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat

5. Pantangan Bagi Seorang Youtuber

youtuber profesi dengan penghasilan hingga ratusan juta rupiah

Pada beberapa tahun yang lalu, youtube banyak dikritik dan ditinggalkan oleh para pengiklannya.

Karena pada saat itu, youtube belum begitu ketat dalam menyaring konten-konten yang beredar di platform mereka.

Para pengiklan beranggapan bahwa mereka tidak mau uang yang mereka habiskan untuk memasang iklan di youtube masuk ke kantong konten kreator yang nakal, dan sebagainya.

Namun kini, youtube telah berbenah diri, peraturan-peraturan yang mereka tetapkanpun semakin ketat.

Pemilik channel Youtube harus patuh dan tunduk dengan ketentuan-ketentuan yang telah mereka tentukan.

Jika melanggar, tiada ampun dari youtube, bukan hanya fitur monetisasi Anda yang di non-aktifkan, namun juga bisa jadi akun Youtube yang Anda miliki akan dihapus secara sepihak oleh platform Youtube.

Pelanggaran yang paling umum dan sering terjadi adalah re-upload, atau mengupload ulang video milik orang lain (youtuber lain).

Biasanya pelanggaran jenis ini, masih diberi sanksi tingkat akun, yakni fitur monetisasinya di non-aktifkan, sehingga walaupun Anda memiliki banyak subscriber dan jam tayang, Anda tidak mendapatkan penghasilan apa-apa dari video tersbeut.

Namun, jika Anda terus menerus melakukan pelanggaran ini, maka bukan hal yang mustahil akun youtube dan bahkan akun adsense Anda akan dibanned oleh Google.

Pelanggaran berikutnya yang sering terjadi adalah tidak patuh pada ketentuan Youtube yang tercantum pada Terms of service.

Kita hidup di dunia yang serba digital. Hiburan dan tontonanpun serba digital.

Berkaca dari kasus NET TV, bukan tidak mungkin suatu saat nanti, semua stasiun televisi didunia ini akan gulung tikar, digantikan oleh platform gratisan seperti Youtube ini.

Youtube telah menjadi pemimpin untuk dunia hiburan digital saat ini, mengalahkan platform-platform serupa lainnya.

Sehingga dengan demikian, menjadi seorang Youtuber atau berprofesi sebagai youtuber tidak bisa dipandang sebelah mata.

Menjadi youtuber bisa menjadi peluang usaha yang memberikan penghasilan yang cukup melimpah.

Karena itu, jangan pernah remehkan mereka yang saat ini baru memulai karir sebagai youtuber.

Mungkin saat ini Anda tertawa ketika melihat mereka teriak-teriak, ngoceh didepan kamera, dengan jumlah subscriber dan jam tayang yang masih sedikit.

Baca: Membuat Konten Media Sosial Agar Banyak Follower

Namun, bukan tidak mungkin satu bulan, setengah tahun, atau setahun yang akan datang, mereka menjadi salah satu konten kreator youtube yang sangat populer dengan penghasilan hingga ratusan juta rupiah.

Nah, bagi yang ingin menjadi seorang Youtuber atau bagi Anda yang sedang merintis usaha dengan menjadi seorang youtuber, jangan menyerah, tetaplah berkreasi, tetaplah menghasilkan konten-konten yang menghibur dan bermanfaat.

Serta jangan lupa untuk terus mengikuti segala ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh sang pemilik youtube yakni Google, serta tetaplah terus berusaha mencari ide-ide yang kreatif, unik bahkan mungkin yang nyeleneh, agar penonton channel Youtube Anda terus bertambah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Jangan Salah! Youtuber adalah Profesi yang Sangat Menggiurkan. Ini Alasannya!"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum