Dapat SMS Spam dan Terlanjut Klik Link Chat-V? Atasi dengan Cara Ini!

Semakin kita dimudahkan dengan perkembangan teknologi informasi dalam urusan sehari-hari, baik itu berkomunikasi, menyimpan data-data penting, hingga bertransaksi keuangan, semakin besar pula resiko peretasan yang akan kita hadapi.

sms spam chat-v dan cara mengatasinya

Ada banyak modus yang digunakan oleh para penjahat cyber dalam melancarkan aksinya. Baik itu dengan cara phishing, ataupun dengan jalan mengirim sms spam ke nomor ponsel kita.

Nah, baru-baru ini sedang viral modus serangan cyber dengan cara mengirimkan SMS SPAM.

Southeast Asia Freedom of Expression Network/ SAFEnet sebuah perkumpulan yang melindungi pengguna internet dan bertujuan membela kebebasan berinternet dalam hal hak akses, hak ekspresi dan hak keamanan di internet, menerima aduan tentang SMS SPAM beisi link chat-V ini.

Baca: Segera Hapus Aplikasi Berikut, Jika Ada di HP Anda

Serangan cyber berupa sms spam yang berisi link Chat-V ini sejatinya mengandalkan sebuah link atau tautan yang dikirimkan melalui SMS dari nomor yang tidak dikenal.

SMS SPAM Berisi Link Chat-V


Nah, link atau tautan chat-V tadi biasanya berasal dari domain "chat-v.com", "michat.sg", "vchat.im", dan sebagainya.

Untuk mengelabui pengguna, pelaku kejahatan cyber ini menyertakan nama korban, dengan memulai sms nya menyebut nama aslinya korban.

Kemudian diikuti kalimat yang mengajakan korban untuk memasang sebuah aplikasi, semacam aplikasi chat atau percakapan.

Admin sendiri mendapatkan SMS SPAM CHAT-V ini, seperti yang terlihat digambar berikut.

Para korban yang merasa SMS tersebut valid karena menyebut nama mereka pada akhirnya tertipu dan kemudian "mungkin" meng-klik tautan yang berbahaya tersebut.

Selain itu, isi SMS nya juga mengandung kata yang clickbait yang membuat si penerima penasaran ingin mengklik link aplikasi tersebut.

Nah, ketika link tautan tersebut diklik, maka pengguna akan dialihkan ke app store, yang kemudian akan mengunduh aplikasi percakapan populer Mi Chat.

Sampai disini, masih terlihat wajar dan tidak ada yang mencurigakan.

Namun, sebenarnya itu hanyalah kedok belaka, sebab penjahat cyber yang mengirimkan sms spam chat-v yang berisi tautan ini juga secara otomatis akan memasang 5 aplikasi Android (APK) yang berbahaya tanpa mereka sadari.

Aplikasi-aplikasi yang berbahaya tersebut dapat mengakses ponsel pengguna, yang salah satunya adalah "base.apk".

Pakar keamanan Symantec, yakni perusahaan yang terkenal dengan produk antivirus Norton ini mengatakan bahwa base.apk ini sangat berbahaya dan dianggap sebagai jenis aplikasi AppRisk.Generisk (Android.Generisk).

Jenis aplikasi seperti ini dapat menimbulkan risiko pada keamanan privasi, atau gangguan stabilitas pada perangkat Android yang kita gunakan.

Aplikasi-aplikasi ini juga memanfaatkan perintah atau command operating system (OS) berbasis Linux "su".

Command "su" ini digunakan untuk mengubah akses pengguna ketika baru masuk atau login ke dalam aplikasi.

Yang artinya, para pelaku bisa mendapatkan atau mencuri data-data penting pengguna yang tersimpan di dalam ponsel seperti username, password, foto, video, dll, lantaran ada izin untuk mengakses ponsel tersebut oleh pengguna lain.

Untuk itu, jika Anda menerima sms spam semacam sms chat-v ini jangan sampai terpedaya dan dengan isi sms yang clickbait dan berisi tautan.

Intinya, apabila Anda menerima sms yang tidak dikenal dan berisi tautan, jangan sekali-kali Anda mengklik tautan tersebut, bila perlu jika memang tidak diketahui siapa pengirimnya langsung hapus.

Namun, jika Anda terlanjur meng-klik tautan tersebut, berikut ini cara mengatasinya.

Cara Mengatasi SMS Spam Chat-V yang Terlanjur Di-klik


Apabila Anda menerima sms spam yang berisi tautan semacam chat-v ini dan terlanjur atau tidak yakin apakah telah mengklik tautan yang disertai atau belum, dapat mengeceknya dengan cara sebagai berikut:

Pertama: Apabila Anda menerima SMS yang berisi ajakan mengklik tautan yang berasal dari nomor tidak dikenal, abaikan dan hapus SMS tersebut.

Bahkan, jika perlu walaupun itu datang dari nomor yang Anda kenal, jangan asal klik tautan yang ada di sms tersebut.

Karena kita tidak tahu pasti apa yang ada dibalik tautan tersebut. Seringkali url tautan yang disertai itu telah disingkatkan (short url), sehingga tidak jelas apa yang ada di dalam tautan tersebut.

Kedua: Segeralah pasang aplikasi antivirus yang bisa Anda download secara gratis di app store semacam Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Baca: Membuka HP Android yang Lupa Password

SAFEnet merekomendasikan Malwarebytes, dan admin sendiri menggunakan aplikasi ini untuk memindai ponsel admin.

sms spam chat-v dan cara mengatasinya

Sebab, saya juga menerima sms spam chat-v ini, dan saya memang tidak mengklik tautan yang disertai, namun untuk lebih meyakinkannya lagi saya tetap memindainya.

Baik itu dengan aplikasi bawaan dari ponsel saya sendiri ataupun dari aplikasi antivirus pihak ketiga yang saya download dari Google Play Store.

Setelah mendownload aplikasi Malwarebytes, selanjutnya scan atau pindai ponsel Anda, dan berikan aplikasi tersebut izin untuk melihat perangkat penyimpanan ponsel Anda, baik itu internal maupun ekternal.

Agar, tidak ada yang terlewatkan dari aplikasi antivirus untuk mengetahui apakah ada program berbahaya yang berjalan di perangkat atau tidak.

Biasanya, pada saat aplikasi ini terinstall, maka secara otomatis ia akan mendeteksi jika memang ada aplikasi atau program yang berbahaya yang berjalan dilatar belakang.

sms spam chat-v dan cara mengatasinya

Aplikasi antivirus ini juga mampu untuk menghapus program tersebut dan menjaga ponsel Anda tetap aman dan terlindungi.

Ketiga: Namun, jika dengan menggunakan aplikasi antivirus juga masih belum bisa meyakinkan Anda apakah ada aplikasi yang berbahaya atau tidak berjalan dibelakang layar, satu-satunya cara yang paling mustajab adalah dengan jalan menyetel ulang perangkat ponsel Anda secara keseluruhan atau factory reset.

Baca: Melacak HP Android dengan Akun Google untuk Semua Merk

Yakni dengan jalan pergi ke menu pengaturan (Settings) di perangkatnya masing-masing, kemudian ke Reset Data Pabrik.

sms spam chat-v dan cara mengatasinya

Dengan begitu, maka ponsel Anda akan kembali seperti sedia kala, seperti saat baru pertama kali Anda beli.

Karena seluruh data dan pengaturan yang ada dan tersimpan di dalam ponsel akan dihapus dan perangkat akan kembali ke kondisi awal sebelum ponsel digunakan.

Keempat: Apabila Anda terlanjut mengklik tautan dan aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut sudah terinstal dan menginfeksi ponsel Anda, dan membuat ponsel Anda me-restart secara tiba-tiba, atau ponsel sering mengalami panas atau overheat walaupun tidak digunakan, ada baiknya Anda untuk mempertimbangkan membeli ponsel baru.

Selain itu, perlu juga untuk mempertimbangkan mengganti nomor ponsel untuk mengantisipasi kembalinya SMS spam yang berbahaya tersebut. Sebab, tidak menutup kemungkinan nomor yang telah terinfeksi tersebut telah tersebar dikalangan penjahat cyber.
Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Tidak ada komentar untuk "Dapat SMS Spam dan Terlanjut Klik Link Chat-V? Atasi dengan Cara Ini!"