Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Virus Corona Mewabah! Jadwal Tes SKB CPNS 2019 Tidak Jelas!

Virus corona mewabah, jadwal pelaksanaan tes SKB CPNS 2019 tidak jelas karena ditunda sampai tanggal yang belum ditentukan.

akibat virus corona, jadwal tes skb cpns 2019 ditunda

Penyebaran virus corona di Indonesia saat ini semakin meluas, yang menyebabkan BKN mengkaji ulang untuk menunda pelaksanaan tes Seleksi Komptensi Bidang (SKB) CPNS 2019.

Kepala BKN menyebutkan bahwa tes SKB CPNS 2019 bakal ditunda akibat mewabahnya virus corona.

Adapun terkait pengumuman hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 yang telah dilaksanakan sebelumnya, tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Baca: Seleksi CPNS 2020 Dibuka Kembali September?

Penundaan jadwal pelaksanaan tes SKB CPNS 2019 ini dikarenakan mewabahnya virus Corona, yang saat ini telah ditetapkan oleh WHO sebagai Pandemi global.

Jadwal Tes SKB CPNS 2019 Ditunda Akibat Corona

Penundaan jadwal pelaksaan tes SKB CPNS 2019 ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala BKN melalui postingan di akun media sosial facebooknya, pada hari Senin 16 Maret 2020.

"Pengumuman hasil tes SKD tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal. Namun demikian, pelaksanaan SKB rencananya akan ditunda beberapa saat sebagai bagian dari tindakan pencegahan Covid 19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah"

Mengenai sampai kapan penundaan jadwal pelaksanaan tes SKB CPNS 2019 ini belum dapat dipastikan akan berlangsung sampai kapan.

Sebelumnya, sesuai jadwal yang telah ditentukan jadwal SKB CPNS 2019 sedianya akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Maret 2020 hingga 10 April 2020.

Tes SKB CPNS 2019 itu sendiri akan diikuti oleh para peserta CPNS 2019 yang telah dinyatakan lolos tes SKD CPNS 2019.

Nah, untuk pengumuman peserta yang lolos tes SKD CPNS 2019 dan akan mengikuti tes SKB CPNS 2019 akan diumumkan pada tanggal 22 s.d 23 Maret 2020.

Keputusan mengenai kapan jadwal pasti pelaksanaan SKB CPNS 2019 ini akan ditentukan pada rapat Panselnas yang akan diadakan pada hari ini Selasa 17 Maret 2020.

Baca: Penentuan Kelulusan SKD untuk Skor Nilai yang Sama

Panselnas akan melakukan rapat untuk membahas kelanjutan proses seleksi CPNS 2019 di tengah-tengah mewabahnya virus corona ini.

Apa itu tes SKB CPNS 2019?

Tes SKB CPNS 2019 adalah tahapan lanjutan yang harus ditempuh oleh peserta seleksi penerimaan CPNS 2019 yang telah mengikuti dan lulus tes SKD CPNS 2019.

Kelulusan tes SKD CPNS 2019 dan kemudian berhak mengikuti tes SKB CPNS 2019 adalah mereka yang telah dinyatakan lolos passing grade dan perangkingan nilai SKD.

Sedangkan untuk jumlah peserta yang mengikuti tes SKB CPNS 2019 adalah 3 kali jumlah kebutuhan formasi untuk masing-masing formasi jabatan.

Tes SKB untuk instansi daerah itu sendiri wajib menggunakan sistem CAT BKN.

Sedangkan, bagi instansi pusat yang tidak menyelenggarakan SKB dengan sistem CAT bisa menggunakan paling sedikit dua jenis tes lainnya.

Pelaksanaan dan materi tes SKB CPNS 2019 di instansi pusat selain menggunakan sistem CAT, dapat pula berupa:
  1. Tes Potensi Akademik
  2. Tes Praktik Kerja
  3. Tes Bahasa Asing
  4. Tes Fisik atau Kesamaptaan Psikotes,
  5. Tes Kesehatan Jiwa, dan/ atau
  6. Wawancara
Dalam hal jabatan keahlian khusus atau yang bersifat teknis seperti contohnya jabatan atau keahlian "pranata komputer", instansi daerah bisa melaksanakan SKB dalam bentuk tes praktik kerja.

Baca: Kisi-kisi Soal SKB CPNS 2019

Untuk instansi daerah sendiri hanya diperbolehkan untuk menambah 1 jenis tes selain tes SKB dengan menggunakan sistem CAT.

Jenis tes SKB tersebut diberikan bobot nilai paling tinggi 40 persen dari total nilai atau hasil tes SKB.

Sehingga bobot nilai tes SKB dengan sistem CAT menjadi 60 persen dari total nilai atau hasil tes SKB.

Untuk Anda yang mengikuti tes SKD CPNS 2019 dan lulus passing grade sehingga kemungkinan untuk lolos dan mengikuti tes SKB CPNS 2019 besar, ada baiknya Anda mulai mempersiapkan diri untuk belajar contoh soal tes skb cpns 2019.

Belajar dirumah sekaligus melakukan #SocialDistancing, untuk mencegah penyebaran virus corona, sekaligus memproteksi diri dari terjangkit covid-19. 

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Virus Corona Mewabah! Jadwal Tes SKB CPNS 2019 Tidak Jelas!"