Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Materi Pokok Soal SKB CPNS 2019? Berikut Rinciannya!

Update terkini seleksi penerimaan CPNS formasi tahun 2019 saat ini adalah masih menunggu jadwal pelaksanaan tes SKB CPNS 2019.

materi pokok soal skb cpns 2019

Setelah sebelumnya sempat tertunda hingga waktu yang belum ditentukan akibat pandemi covid-19, rangkaian seleksi penerimaan CPNS kembali bergulir.

Para peserta seleksi penerimaan CPNS formasi tahun 2019 yang dinyatakan lulus pada tahapan SKD, selanjutnya akan mengikuti tahapan tes berikutnya, yakni Tes Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB.

Sebelumnya, para peserta yang dinyatakan lolos tahapan tes SKD CPNS 2019, diharuskan untuk mendaftar ulang pada tanggal 1 sd 7 Agustus 2020 yang lalu.

Baca: Kisi kisi Soal SKB Kementerian dan Lembaga CPNS 2019

Selanjutnya setelah melewati tahapan pendaftaran ulang untuk mengikuti tes SKB CPNS 2019, para peserta pun dapat mencetak kartu ujian SKB mulai 8 Agustus 2020.

Rincian Materi Pokok Soal SKB CPNS 2019

Setelah pendaftaran ulang dan pencetakan kartu ujian tes SKB, selanjutnya para peserta hanya tinggal menunggu jadwal tes SKB yang akan diumumkan oleh masing-masing instansi dimana peserta tersebut mendaftar.

Pengumuman jadwal pelaksanaan tes SKB CPNS akan diumumkan pada tanggal 18 Agustus 2020.

Selanjutnya bagaimana dengan materi tes SKB CPNS 2019 yang akan diujikan nanti?

Tentunya materi tes SKB CPNS 2019 tidak sama dengan materi tes SKD. Untuk itu, para peserta diminta untuk terus mengikuti informasi terkini mengenai tahapan seleksi penerimaan CPNS 2019 ini.

Untuk materi tes SKB CPNS 2019 yang akan diujikan nantinya akan dibuat oleh masing-masing instansi pembina jabatan.

Sementara itu terkait dengan materi pokok dari tes SKB CPNS 2019, telah dijelaskan dalam surat edaran yang baru dikeluarkan oleh Sekretaris Kementerian PAN RB.

Surat Edaran barudari Kemenpan RB tentang materi pokok tes SKB CPNS 2019 tersebut telah diunggah oleh akun media sosial resmi Badan Kepegawaian Daerah Jawa Timur di alamat @bkdjatim.

Berikut isi surat edaran terbaru Kemenpan RB terkait materi pokok SKB CPNS 2019 tertanggal 10 Agustus 2020, dengan nomor surat: B/750/M.SM.01.00/2020.

Dengan perihal surat: "Materi pokok soal SKB dengan CAT untuk seleksi CPNS 2019"

Yang ditujukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Daerah:

"Dalam rangka mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bersih, kompeten dan melayani, maka setiap PNS wajib memiliki kompetensi dasar dan kompetensi bidang yang sesuai dengan tuntutan jabatan.

Sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, maka dengan berakhirnya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), selanjutnya proses pengadaan CPNS dilaksanakan dengan menyelenggarakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang bertujuan untuk menilai kesesuaian antaran kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan jabatan.

Berdasarkan hal tersebut, dipandang perlu adanya penyampaian Materi Pokok Soal SKB agar para peserta seleksi CPNS TA. 2019 dapat mengenali poin penting dari soal SKB dengan CAT yang akan diujikan sesuai dengan kompetensi jabatannya, sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.

PANSELNAS memberikan Materi Pokok Soal SKB dengan CAT untuk jabatan fungsional yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis digunakan soal SKB yang bersesuaian (masih satu rumpun) degnan jabatan fungsional terkait, sesuai yang tercantum pada Permenpan No. 23 tahun 2019, mengenai Kreteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019.

Untuk selanjutnya, Materi Pokok Soal SKB tersebut dapat disebarluaskan melalui situs resmi instansi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terimakasih."

surat edara kemenpan rb tentang materi pokok soal skb cpns 2019

Dalam surat edaran ini juga dirinci tiap-tiap jabatan fungsional beserta materi pokok Soal SKB nya.

Baca: Kisi-kisi Contoh Soal SKB CPNS Berdasarkan Formasi Jabatan

Contohnya: untuk posisi Analis Kepegawaian Terampil, materi pokok yang diujikan:

Materi Pokok Analis Kepegawaian

1. Kemampuan umum:

  • Pemahaman kebijakan dan manajemen ASN mencakup prinsip dasar ASN, kelembagaan ASN, manajemen ASN, dan sistem informasi ASN.

2. Kemampuan khusus:

  • Pemahaman kerangka kerja manajemen SDM aparatur strategik mencakup manajemen SDM berbasis sistem merit, human capital management, competency-based, talent based dan strength-based HR management.
  • Pemahaman kerangka kerja analisis dan perancangan organisasi publik.
  • Pemahaman kerangka kerja analisis dan proses kebijakan bidang SDM aparatur.
Sedangkan untuk materi pokok lengkap soal SKB posisi jabatan yang lainnya, dapat Anda download lampiran Surat Edaran terbaru dari Kemenpan RB Nomor B/750/M.SM.01.00/2020 tersebut disini: Lampiran Materi Soal SKB CPNS 2019.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga memberikan petunjuk materi yang akan diujikan dalam tes SKB, dalam dalam salah satu cuitannya di media sosial, yakni:

"Cari Permenpan dan peraturan instansi terkait mengenai jabatan itu. Kombinasikan dengan bidang pendidikanmu yang berkaitan dengan jabatan tersebut. Ingat, penyusun soal bidang adalah masing-masing instansi pembina jabatan."

"Jabatan fungsional yang membuat adalah instansi pembina jabatan fungsional. Sedangkan soal jabatan pelaksana dibuat oleh instansi masing-masing."

petunjuk soal skb cpns 2019 resmi dari bkn

Mengutip Permenpan-RB Nomor 23 Tahun 2019, ada sejumlah ketentuan dan materi SKB yang dapat diperhatikan oleh para peserta CPNS 2019.

Yang mana ada juga pelaksanaan dan materi SKB di instansi pusat selain dengan sistem CAT, yang dapat berupa:
  1. Tes potensi akademik
  2. Tes praktik kerja
  3. Tes bahasa asing
  4. Tes fisik atau kesamaptaan
  5. Psikotes
  6. Tes kesehatan jiwa
  7. Wawancara
Sesuai petunjuk dari BKN diatas, kombinasikan bidang pendidikan Anda dan formasi jabatan yang Anda lamar. Selanjutnya belajar, dan tentunya berdoa kepada Tuhan YME agar Anda dapat lulus dan jadi PNS.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Apa Saja Materi Pokok Soal SKB CPNS 2019? Berikut Rinciannya!"